Tips Dekorasi Stand Bazar Agar Menarik Banyak Pengunjung

dekorasi stand bazar

Untuk bisnis apa pun, besar atau kecil, pameran dagang adalah kesempatan sempurna untuk menghasilkan kesadaran merek dan bertemu calon pelanggan. Entah Anda seorang yang terbiasa membuat stand di pameran perdagangan atau pemula, Anda ingin dekorasi stand bazar Anda menonjol dari lautan stan di dalam ruangan.

Namun, menarik perhatian audiens target Anda dimulai jauh sebelum pameran perdagangan dimulai. Ini dimulai dengan desain dan dekorasi stan bazar pameran Anda.

Dalam artikel blog ini, kami akan memberikan tips dekorasi supaya stand bazar Anda menarik banyak pengunjung dari sebuah pamaren atau acara.

Tips Melakukan Dekorasi Stand Bazar yang Efektif

bazaar

1. Tentukan ukuran stand

Kunci untuk dekorasi stand bazar yang sukses adalah memanfaatkan area dengan sebaik-baiknya.

Ukuran memang penting saat memilih stan pameran. Banyak orang berpikir bahwa lebih besar selalu lebih baik, tetapi terkadang ruang yang lebih kecil adalah yang Anda butuhkan.

Pilih ruang dengan denah lantai terbuka yang memungkinkan peserta untuk bebas berkeliaran di seluruh ruangan tanpa merasa sesak.

Baca juga: Mengetahui Jurnal Eleminasi dan Konsolidasi dalam Akuntansi

2. Manfaatkan lokasi

Setelah Anda memutuskan pilihan stand di pameran dagang atau konferensi, sekarang saatnya menandatangani kontrak dan memilih lokasi stan Anda.

Setiap vendor berlomba-lomba mendapatkan tempat terbaik di lantai pameran perdagangan.

Tujuan nomor satu Anda membuka stand bazar adalah mengarahkan lalu lintas ke stand Anda dan menghasilkan prospek masuk.

Lokasi stand yang salah dapat menentukan keberhasilan strategi pemasaran pameran perdagangan Anda. Jika lokasi stan Anda dianggap “tidak dapat diakses”, Anda tidak akan memiliki peluang untuk terhubung dengan audiens target Anda.

Hindari memilih tempat di bagian belakang pameran perdagangan. Anda ingin memastikan stan Anda berada di area lalu lintas yang ramai.

Jika memungkinkan, cobalah memilih ruang stan di dekat pintu masuk yang dapat dilihat dari pintu pembuka. Jika Anda tidak dapat mengamankan ruang di dekat bagian depan, pilihan terbaik berikutnya adalah di dekat kamar mandi atau area makan.

Pastikan stand bazar Anda berlokasi di persimpangan yang sibuk di mana Anda tahu peserta kemungkinan besar akan mengakses stan Anda.

Baca juga: Gimmick Marketing: Pengertian, Contoh, dan Cara Membuatnya

3. Pastikan merek Anda ada di stand

Prioritas pertama saat membuat desain stand Anda adalah memikirkan bagaimana Anda ingin menggabungkan citra merek Anda.

Stan pameran perdagangan yang dirancang dengan baik harus menjadi representasi visual merek Anda. Peserta harus dapat mengenali identitas merek, kepribadian, dan produk Anda dari jauh.

Di ruang pameran dengan ribuan orang, tujuan Anda adalah membedakan diri Anda dari pesaing.

Pilihlah tema dan jalankan dengan tema tersebut. Ini adalah bagian yang menyenangkan dari menjadi penyelenggara acara karena Anda bisa berkreasi dan berpikir di luar kotak. Tema Anda harus menjadi perpanjangan dari identitas merek Anda.

Berikut ini contohnya: sebuah perusahaan minuman organik yang menghadiri Fancy Food Show, mendesain stand mereka sebagai tempat gym dengan minuman yang tersedia untuk dicicipi secara gratis. Konsep desain stan ini adalah pengalaman yang menyenangkan dan interaktif yang memicu percakapan.

Baca juga: Product Launch: Pengertian, Tips, dan Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

4. Tampil menonjol dengan warna-warna berani dan cerah

Pilihan warna stand Anda dapat membantu membedakan Anda dari yang lain.

Bisnis yang sukses di pameran dagang biasanya memilih menggunakan warna tampilan yang berani dan cerah. Ingat, pilihan warna terbaik akan menarik perhatian peserta, memicu percakapan, dan mengubah pengunjung menjadi pelanggan.

Pertimbangkan juga apakah benda-benda yang Anda tempatkan memiliki tujuan yang dimaksudkan? Jika tidak, maka pertimbangkan untuk membuangnya.

Lalu untuk dekorasi stand bazar yang menarik, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut:

Pencahayaan:

Jangan pernah hanya mengandalkan pencahayaan yang disediakan oleh penyelenggara acara untuk Anda.

Selalu siapkan pengaturan pencahayaan khusus Anda sendiri untuk memastikan bahwa Anda dapat menentukan suasana hati dan suasana yang ingin Anda ciptakan untuk para pengunjung di stan pameran Anda.

Pencahayaan warna melakukan pekerjaan yang hebat dalam hal menyampaikan tema yang berbeda dari desain pameran Anda.

Warna:

Pedoman merek Anda akan menentukan palet warna desain stand pameran Anda. Tidak ada banyak ruang untuk inovasi dan tidak perlu melakukannya juga.

Ide stand pameran sederhana juga bisa sangat efektif. Lebih banyak warna dapat menghasilkan lebih banyak kekacauan, yang mengurangi daya ingat merek.

Bertujuan untuk membuat asosiasi merek yang paling jelas dan tercepat yang mungkin ada di benak peserta.

Font dan Grafik

Dalam pameran, font dan grafik digunakan pada tiga titik visual utama, dengan tujuan untuk mengirim pesan yang jelas kepada audiens.

Ketiga titik tersebut adalah High Branding, Eye-level Branding, dan Low-Level Branding.

Baca juga: Asset Turnover Ratio: Arti, Manfaat, Rumus, dan Contoh Perhitungannya

5. Jadikan pengalaman interaktif

Rata-rata peserta menghabiskan 4 jam untuk melihat pameran dagang. Dengan begitu banyak perusahaan yang memamerkan produk mereka, mungkin sulit untuk menarik pengunjung ke stan Anda.

Tampilan stand bazar uang interaktif adalah cara yang bagus untuk meningkatkan lalu lintas stan dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan kepada peserta.

Teknologi telah menjadi komponen yang sangat besar di pameran perdagangan saat ini. Anda tidak dapat masuk ke pameran perdagangan tanpa melihat beberapa tren teknologi acara terbaru.

Memberikan pengalaman interaktif kepada audiens mendorong mereka untuk tinggal lebih lama dan mempelajari lebih lanjut tentang produk Anda.

Beberapa tren interaktif yang populer saat ini adalah penggunaan tampilan layar sentuh, realitas virtual, augmented reality, dan bilik foto. Saat memilih pengalaman interaktif untuk ditambahkan ke konsep stan Anda, berpikirlah di luar kotak.

6. Berikan sesuatu

Memang terdengar klise, nmun semua orang suka mendapatkan barang gratis. Dengan membagikan barang gratis atau promo di pameran perdagangan, Anda menjamin pengunjung akan mampir ke stand Anda.

Barang promosi adalah salah satu alasan utama orang menghadiri pameran perdagangan.

Barang promosi yang dipikirkan dengan matang adalah cara yang bagus untuk membuat orang membicarakan merek Anda selama dan setelah konferensi.

Baca juga: Pajak Subjektif Adalah: Jenis, Contoh, dan Bedanya dengan Pajak Objektif

Banner 3 kledo

Ide Membuat Dekorasi Stand Bazar yang Menarik

Dalam beberapa tahun terakhir, dekorasi stand bazar telah naik ke tingkat yang lebih tinggi. Perencana acara dan pemasar lapangan secara kolektif telah meningkatkan ide mereka di bidang ini.

Berikut adalah beberapa ide desain dekorasi stand bazar yang bisa Anda gunakan:

1. Berikan sentuhan alam pada stand Anda

stand bazar 1

Jika ragu, gunakan warna hijau! Ini selalu menjadi favorit para penggemar, karena secara estetika menyenangkan dan menambahkan elemen hidup yang bagus ke stand Anda.

Memasukkan nuansa alam ke dalam stand bazar Anda adalah elemen desain yang “masuk” dengan standar apa pun, dan terutama memberikan kontras yang bagus di lingkungan yang padat.

2. Gunakan palet warna yang unik

dekorasi stand bazar 2

Perencana acara telah menjadi kreatif dalam hal bermain dengan warna. “Aturan” warna sebelumnya secara bertahap telah dihapus, dan sebagai gantinya telah ada perangkulan palet warna yang hidup dan unik.

Taktik ini juga dapat membantu mengambil desain yang relatif sederhana namun tetap membuat stand Anda menonjol diantara stand lainnya.

Baca juga: 10 Tips Marketing Bisnis Paling Jitu di Tahun Ini, Apa Saja?

3. Tarik banyak perhatian pengunjung dengan objek raksasa

contoh 3

Ada beberapa manfaat untuk memasukkan benda-benda besar ke dalam stand pameran Anda.

Alasan terpenting karena ini terlihat mengagumkan. Cara ini juga merupakan penempatan produk terbaik dan menarik perhatian pada detail yang lebih kecil pada kemasan / desain yang mungkin Anda lewatkan saat ukurannya lebih kecil.

4. Buat audiens Anda merasa seperti berada di rumah

dekorasi stand bazar 4

Ruang yang ditata dengan baik dengan desain stan yang sempurna – lengkap dengan lounge yang nyaman – menciptakan suasana yang mengundang audiens untuk mengunjungi stand bazar Anda.

Membuat area yang nyaman dan santai juga membuat audiens menghabiskan lebih banyak waktu di stand bazar Anda. Pasangkan dengan hotspot Wifi dan game interaktif, maka ini akan menjadi stand bazar impian para target audiens Anda.

Baca juga: Mau Pelanggan Melakukan Repeat Order? Lakukan Strategi Ini

5. Lukis mural yang memukau

contoh 5

Alih-alih membuat latar belakang dengan nama merek Anda berukuran besar, cobalah menggunakan mural sebagai latar belakang Anda.

Tergantung pada anggaran, Anda juga bisa menyewa seorang seniman yang selaras dengan merek Anda untuk karya seni yang dipesan lebih dahulu. Ini adalah titik fokus potensial yang bagus untuk stand bazar Anda.

6. Gunakan kembali barang bekas

stand bazar 6

Cobalah mendaur ulang barang sehari-hari untuk menciptakan momen foto.

Barang-barang bisa menjadi alat peraga, latar belakang… Entah itu sepeda tua dengan lapisan cat baru, kendaraan antik, atau meja yang tampak kasar untuk menampilkan produk Anda, apapun itu, ada banyak peluang di sana.

Ini juga memberikan keunggulan berkelanjutan pada stan Anda, yang akan menjadi lebih populer di seluruh stand bazar yang ada.

7. Gunakan lingkungan tertutup untuk menarik perhatian

contoh 7

Baik mereka yang ekstrovert atau introvert, sama-sama dapat membawa momen foto mereka ke tingkat berikutnya dengan menampilkan ruang tertutup.

Selain cara ini lebih intim, ini juga memicu rasa ingin tahu konsumen dan mengurangi gangguan pada background foto yang diambil.

Mungkin Anda bisa menggunakan bilik foto dengan kendaraan antik yang disebutkan di poin nomor 6? Atau Anda dapat bermain dengan kombinasi desain stand yang berbeda.

Baca juga: Jenis Teknik Marketing Berdasarkan Jenis Bisnis dan Tips Melakukannya

Kesimpulan

Itulah beberapa tips dan ide yang bisa Anda gunakan dalam membuat dekorasi stand bazar yang menarik sehingga menarik banyak audiens untuk mengunjungi stand Anda.

Memastikan identitas merek tetap ada dalam stand sambil membuat konsep yang menarik untuk desain stand bazar memang bukanlah hal yang mudah.

Pastikan Anda tidak sendiri dalam melakukan perencanaan tersebut. Libatkan seluruh tim dan desainer dalam bisnis supaya Anda mendapatkan pandangan dan perspektif baru dalam konsep stand bazar Anda.

Lalu pastikan juga Anda mencatat setiap penjualan yang terjadi dalam pameran dagang tersebut supaya Anda bisa mengetahui keberhasilan dari upaya Anda membuat stand yang menarik dengan menghitung ROI dari acara tersebut.

Untuk memudahkan Anda dalam mencatat setiap penjualan, pengeluran, dan biaya yang terjadi dalam bisnis, Anda harus menggunakan sistem akuntansi modern yang mudah digunakan dan bisa digunakan kapan dan dimana saja, salah satunya adalah Kledo.

Kledo adalah software akuntansi online buatan Indonesia yang sudah dipercaya oleh lebih dari 35 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia.

Karena berbasis cloud, Kledo bisa digunakan kapanpun dan dimanapun Anda mau baik melalui PC, laptop, maupun aplikasi smartphone yang bisa Anda download secara gratis di Playstore dan Appstore.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten + one =