Mulai Berjualan di Tokopedia dengan Cara Mudah Berikut Ini

tokopedia

Bagi Kawan Kledo yang sering berbelanja online khususnya di marketplace, pasti tidak asing dengan Tokopedia. Tokopedia merupakan marketplace yang berasal dari Indonesia dimana penggunanya dapat melakukan transaksi baik untuk pembelian atau untuk penjualan.

Tokopedia pilihan tepat buat Kawan Kledo yang ingin membeli kebutuhan sehari-hari tapi tidak bisa keluar rumah. Dalam hal penjualan, Tokopedia juga memberikan kemudahan bagi seller untuk mempromosikan produknya.

Tapi dengan segala kemudahan itu, masih banyak orang yang belum tahu cara membuka toko di Tokopedia. Untuk itu Kledo khusus akan membahasa cara berjualan di Tokopedia di sini, yuk simak di sini:

Tokopedia

jualan

Tokopedia didirikan pada tahun 2009 dan telah menjadi salah satu unicorn di Indonesia. Pengaruh dari Tokopedia tidak hanya mencakup jangkauan Indonesia, tetapi telah menjangkau seluruh kawasan di Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, Tokopedia menjadi marketplace paling banyak dikunjungi. Bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Tokopedia memiliki pengaruh yang cukup besar. Salah satu program dari Tokopedia yaitu MAKERFEST yang telah diadakan setiap tahun sejak tahun 2018.

Selain itu, Tokopedia memiliki program Tokopedia Center dimana pengunjung dapat melakukan transaksi online-to-offline. Di Tokopedia Center melayani transaksi-transaksi seperti pembayaran tagihan, pembelian tiket, informasi cara penggunaan Tokopedia, belanja secara interaktif, dan buat Kawan Kledo yang ingin mencari inspirasi usaha juga bisa di sini.

Berjualan di Tokopedia

tokopedia

Banyaknya pilihan dalam menjual produk di marketplace membuat pemilik bisnis harus mempelajari cara menjual produk di marketplace tersebut. Buat Kawan Kledo yang sering menggunakan marketplace Shopee, mungkin sudah tidak kesulitan ketika harus belanja atau jualan di sana. Jika pun kesulitan, Kawan Kledo bisa langsung membaca caranya di sini. Tapi apakah cara berjualan di Shopee sama seperti di Tokopedia?

Pada tahap pertama, Kawan Kledo harus membuat akun Tokopedia terlebih dahulu. Berikut cara yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk membuat akun Tokopedia langsung dari smartphone Kawan Kledo:

Cara Membuat Akun Tokopedia

Membuat akun Tokopedia tidak membutuhkan banyak syarat. Kawan Kledo bisa membuat akun Tokopedia langsung dari smartphone yang Kawan Kledo miliki. Dengan satu akun Tokopedia ini, Kawan Kledo dapat menggunakannya untuk jualan ataupun untuk pembelian. Berikut langkah-langkah yang bisa Kawan Kledo lakukan:

  1. Buka website Tokopedia atau bisa unduh aplikasi Tokopedia di Playstore atau Appstore.
  2. Klik Daftar.
  3. Kawan Kledo bisa daftar melalui Facebook, Google Mail, atau nomor handphone. Kawan Kledo bisa memilih salah satu dari pilihan tersebut.
  4. Isilah identitas diri yang ada di sana secara lengkap.
  5. Kawan Kledo akan mendapatkan kode OTP yang akan dikirim ke nomor handphone dan segera lakukan aktivasi.
  6. Akun Tokopedia Kawan Kledo telah selesai dibuat dan dapat langsung digunakan.

Baca juga: Laris Manis Jualan di Bukalapak, Siapa Takut?

Fitur di Tokopedia

Sebagai salah satu marketplace yang sangat terkenal di Indonesia, Tokopedia memiliki berbagai fitur yang memberikan kemudahan pelanggan untuk membeli atau menjual produk. Apa saja yang bisa dilakukan dengan aplikasi Tokopedia?

  1. Memesan Tiket Kereta Api
  2. Pembayaran Angsuran Kredit
  3. Pembayaran Pascabayar
  4. Gas PGN
  5. Air PDAM
  6. Pembelian Pulsa
  7. Pembayaran Cicilan BPJS
  8. Donasi
  9. Pembelian Voucher Game
  10. TokoCash

Selain menerima pembayaran kebutuhan sehari-hari di atas, Tokopedia juga memiliki fitur-fitur yaitu sebagai berikut:

TopAds

Fitur TopAds yang ada di Tokopedia akan memudahkan pengguana dalam mempromosikan toko atau produk agar dilihat oleh banyak calon pembeli. Hal ini dikarenakan produk yang Kawan Kledo jual atau toko Kawan Kledo ada di bagian paling atas postingan di Tokopedia.

Statistik Toko

Kawan Kledo dapat memantau perkembangan toko dengan fitur Statistik Toko yang ada di Tokopedia sehingga Kawan Kledo dapat membuat rencana untuk mengembangkan toko lebih besar lagi. Namun untuk bisa mengkases fitur ini, Kawan Kledo harus menjadi pelanggan Gold Merchant.

Gold Merchant

Gold Merchant merupakan fitur di Tokopedia yang akan memberikan kemudahan dalam pengelolaan toko. Dengan fitur ini, Kawan Kledo dapat menghitung kurs dollar, informasi toko fisik yang dapat diakses melalui katalog, penambahan admin, dan lainnya.

JNE Online Booking

Selain fitur-fitur di atas, Tokopedia juga memiliki fitur JNE Online Booking dimana Kawan Kledo tidak perlu memasukan resi pengiriman secara manual karena sudah masuk secara otomatis melalui fitur JNE Online Booking. Dengan begitu, Kawan Kledo bisa lebih menghemat waktu.

Banner 3 kledo

Preffered Logistic Partner

Tokopedia bekerja sama dengan JNE dalam memberikan logistic partner. Buat Kawan Kledo yang menggunakan ekspedisi JNE akan mendapatkan potongan cashback sebesar 2% dari ongkos kirim yang dikeluarkan.

TopPoint

Bagi Kawan Kledo yang beruntung, Tokopedia memiliki fitur TopPoint. TopPoint akan memberikan keuntungan berupa voucher-voucher yang dapat ditukar dengan cashback sampai 20%.

Lucky Deal

Berbeda dengan TopPoint yang diberikan kepada pembeli aktif, Lucky Deal diberikan kepada penjual aktif di Tokopedia. Dengan Lucky Deal ini, Kawan Kledo akan mendapatkan banyak keuntungan dalam satu periode.

Mulai Berjualan di Tokopedia

meningkatkan-penjualan-mudah

Setelah mengeahui cara membuat akun di Tokopedia dan juga fitur-fitur yang ada di Tokopedia, ini saatnya Kawan Kledo membuka toko di Tokopedia. Gimana sih cara membuka toko di Tokopedia?

Pastikan Kawan Kledo sudah mengunduh aplikasi Tokopedia dan login menggunakan akun Kawan Kledo. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pilih Buka Toko Gratis

Tahap pertama yang harus dilakukan untuk memulai jualan di Tokopedia adalah Kawan Kledo pilih bagian ‘Buka Toko Gratis’ yang ada di Tokopedia. Tanpa memilih ini Kawan Kledo tidak akan bisa memulai jualan di Tokopedia karena ini merupakan tahapan wajib yang harus dilakukan.

2. Tentukan Nama dan Link Toko

Menentuka nama dan link toko dilakukan setelah Kawan Kledo membuka toko gratis. Pilihlah nama yang belum dipakai oleh pemilik bisnis lainnya. Kawan Kledo bisa menggunakan nama asli toko atau menggunakan nama baru.

3. Lengkapilah Informasi Toko

Informasi yang tersedia dalam akun penjual yang Kawan Kledo miliki akan membantu pembeli saat melakukan pembelian. Pastikan Kawan Kledo menulis infomrasi toko secara lengkap dan jelas, agar kedepannya tidak terjadi salah informasi.

4. Isilah Informasi Pengiriman

Informasi pengiriman menjadi sesuatu yang penting ketika Kawan Kledo menjual produk di marketplace seperti Tokopedia. Informasi pengiriman ini termasuk di dalamnya waktu pengiriman yang akan dilakukan.

5. Pilih Layanan Kurir Paling Dekat dengan Tempat Tinggal

Selain informasi pengiriman, Kawan Kledo juga wajib memilih layanan kurir. Pastikan Kawan Kledo memilih layanan kurir yang berada paling dekat dengan alamat tempat tinggal Kawan Kledo agar pengiriman nantinya akan jauh lebih mudah.

6. Unggah Katalog Produk yang Dijual

Setelah menyelesaikan tahapan membuka toko di atas, pada tahap terakhir, Kawan Kledo mengunggah katalog produk yang dijual. Isilah katalog ini dengan produk-produk yang akan dijual. Jangan lupa lengkapi informasi produk dengan harga, deskripsi, dan informasi lainnya yang menurut Kawan Kledo harus diketahui oleh calon pembeli.

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Saat Jualan di Tokopedia

tokopedia

Kawan Kledo sekarang adalah penual di Tokopedia. Sebagai pemula, pasti banyak hal yang membuat Kawan Kledo bingung. Apa sih yang harus dilakukan ketika ada pesanan masuk? Bisakah mengajukan retur penjualan? Pertanyaan-pertanyaan itu sering muncul di benak seller baru di Tokopedia. Agar Kawan Kledo tidak bingung, berikut Kledo akan membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Ada Pesanan

Kawan Kledo mendapatkan pesanan pertama di Tokopedia? Kira-kira apa yang harus dilakukan?

Pertama, Kawan Kledo harus mengecek notifikasi masuk yang ditandai dengan warna merah pada bagian pojok kanan atas. Dari sana Kawan Kledo akan melihat produk apa yang telah laku terjual.

Kedua, lihatlah ketersediaan stok di toko Kawan Kledo. Hal ini dilakukan agar Kawan Kledo bisa segera mengirimkan produk yang Kawan Kledo jual.

Ketiga, Pesanan Mulai Diproses. Setelah melihat ketersediaan stok, tahap selanjutnya yang bisa Kawan Kledo lakukan adalah memproses pesanan konsumen. Kawan Kledo bisa memilih ‘Terima Pesanan’ saat memproses pesanan dari konsumen.

Empat, saatnya packing produk dengan rapi. Pastikan Kawan Kledo melakukan packing dengan rapi agar barang tidak mengalami kerusakan saar berada di perjalanan.

Lima, saatnya mengirim barang. Kirimlah barang setelah packing dengan rapi. Dalam pengiriman barang ini, Kawan Kledo wajib menggunakan ekspedisi yang telah dipilih oleh konsumen.

Enam, input nomor resi. Pengimputan nomor resi ini dilakukan agar konsumen tahu dimana keberadaan paket yang sedang dikirimkan.

Tujuh, tunggulah paketan tiba sampai tempat tujuan.

Baca juga: 5 Fitur Terbaik di Shopee, Jualan Mudah Untung Berlimpah

Mekanisme dalam Retur Penjualan

Dalam beberapa kasus, ada pembeli yang merasa tidak puas dengan produk yang dibeli dan ingin mengajukan retur penjualan. Apakah pembeli bisa mengajukan retur penjualan ketika barang yang dibeli tidak sesuai dengan yang diharapkan?

Untuk mengajukan retur, Kawan Kledo bisa melakukan hal-hal berikut ini:

1. Lakukan diskusi antara penjual dan pembeli. Hal pertama yang harus dilakukan Kawan Kledo sebelum melakukan retur pembelian adalah melakukan diskusi dengan pembeli. Pastikan kesalahan ada pada pihak Kawan Kledo sebagai penjual, seperti barang sudah rusak sebelum sampai di tangan pembeli. Apabila kesalahan ada pihak pembeli, Kawan Kledo berhak menolak. Tokopedia di sini akan membantu diskusi retur ini dan akan menerbitkan keputusan dalam waktu tertentu.

2. Pinta pembeli mengirimkan barang yang ingin diretur. Setelah Tokpedia menyetujui retur barang yang telah dibeli, pembeli dapat mengirimkan barang yang diretur.

3. Pengiriman produk baru. Setelah produk lama diterima oleh penjual, penjual kembali mengirimkan produk baru kepada pembeli. Selain memilih mengganti produk baru, pembeli juga bisa mengajukan refund dimana Tokopedia akan mengembalikan dana yang telah dibayarkan pembeli.

Cara Tarik Saldo Tokopedia

Memiliki saldo di Tokopedia dan ingin melakukan penarikan, Kawan Kledo bisa gunakan cara berikut ini:

  1. Bukalah bagian Beranda akun Tokopedia Kawan Kledo.
  2. Pilih menu akun pribadi Kawan Kledo.
  3. Pilih ‘Tarik Dana’.
  4. Isi data-data terkait penarikan dana, yaitu nominal uang, nomor rekening tujuan, nama pemilik, dan nama bank.
  5. Kirimlah kode OTP ke HP.
  6. Masukkan kode OTP yang telah dikirim ke nomor HP.
  7. Pilih konfirmasi dana.
  8. Tunggulah proses penarikan dana yaitu sekitar 1×24 jam.

Melihat Daftar Transaksi Penjualan

Melihat daftar transaksi penjualan di Tokopedia dilakukan untuk membantu Kawan Kledo dalam rekap transaksi pada waktu tertentu. Ini cara yang bida dilakukan:

  1. Klik pada bagian penjualan yang ada di notifikasi atau menu akun.
  2. Kliklah pada bagian daftar transaksi.
  3. Pilihlah informasi yang ingin Kawan Kledo ketahui.
  4. Pilihlah bagian ‘unduh’ untuk mengunduh invoice ke dalam device.

Tips Sukses Jualan di Tokopedia

fitur tokopedia

Ingin sukses jualan di Tokopedia? Yuk gunakan cara berikut ini:

1. Perhatikan Kualitas Produk dan Layanan

Hal pertama yang harus Kawan Kledo lakukan agar sukses jualan di Tokopedia adalah memperhatikan kualitas produk dan layanan. Produk yang memiliki kualitas baik tentu lebih disukai oleh pembeli. Begitu juga dengan layanan. Penjual yang melayani dengan ramah juga akan lebih disukai dan membuat pembeli tidak ragu untuk membeli di toko Kawan Kledo lagi.

2. Tingkatkan Popularitas Toko dan Produk

Di Tokopedia setiap pembelian yang dilakukan, konsumen dapat memberikan penilaian berupa bintang mulai dari bintang 5 sampai paling rendah bintang 1. Kawan Kledo harus memberikan pelayanan yang baik agar mendapatkan bintang 5.

3. Gunakan Fitur Tokopedia Power Merchant atau Official Store

Agar calon pembeli yakin dengan pelayanan dan produk Kawan Kledo, Kawan Kledo bisa gunakan fitur power merchant dan official store dari Tokopedia.

4. Berikan Promo Menarik

Selain menggunakan fitur yang disediakan dari Tokopedia, Kawan Kledo juga bisa memberikan cashback langsung dari toko Kawan Kledo dan di luar program Tokopedia. Kupon cashback tidak diberikan setiap hari dengan nominal yang berbeda antara satu promo dengan promo lainnya. Dengan memberikan promo sendiri, tentu akan membuat toko Kawan Kledo lebih menarik dan diminati.

Kesimpulan

Di tengah perkembangan teknologi seperti sekarang ini, ada banyak pilihan dalam menjual barang dagangan, salah satunya adalah melalui Tokopedia. Kawan Kledo bisa menjadikan Tokopedia pilihan untuk menjual produk dengan cara mudah di atas dan tingkatkan omzet bisnis hingga puluhan juta rupiah.

Selain memperluas penjualan, Kawan Kledo juga harus mengelola keuangan bisnis dengan baik. Buatlah pembukuan untuk setiap uang yang masuk dan keluar.

Kawan Kledo bisa menggunakan pembukuan secara manual atau bisa juga menggunakan cara mudah yaitu dengan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Yuk daftar Kledo sekarang dan nikmati segala kemudahannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − five =