10+ Rekomendasi Software Akuntansi Untuk Bisnis yang Baru Mulai

software akuntansi bisnis baru banner

Menggunakan software akuntansi untuk bisnis yang baru mulai sangatlah penging.

Memulai bisnis melibatkan periode trial and error, tetapi ada beberapa kesalahan yang bisa dihindari oleh pemilik bisnis sejak awal. Salah satu kesalahan umum yang dilakukan oleh para pemula bisnis adalah tidak berinvestasi pada teknologi yang tepat yang dapat merampingkan bagian-bagian penting dari operasi bisnis, dan ini termasuk pembukuan.

Meskipun mengetahui pentingnya pembukuan yang cermat dalam kelangsungan dan pertumbuhan bisnis, pemilik bisnis baru cenderung mempekerjakan tenaga profesional yang tidak berpengalaman atau melakukan pembukuan sendiri.

Meskipun ide di balik pilihan ini adalah untuk menghemat uang, ada risiko tinggi kesalahan manusia yang dapat merugikan bisnis pada kenyataannya.

Menyerahkan tanggung jawab pembukuan kepada profesional yang berpengalaman, bagaimanapun, tidak lagi cukup. Di zaman sekarang, ketika sebagian besar transaksi bisnis diselesaikan secara online, bahkan bisnis baru mulai pun didorong untuk berinvestasi dalam sistem perangkat lunak pembukuan.

Di sinilah dilema lain muncul, terutama dalam hal memilih solusi software akuntansi yang memenuhi kebutuhan pembukuan bisnis baru tanpa menghabiskan banyak biaya dan bahkan jika pemiliknya tidak memiliki pengalaman akuntansi.

Dalam artikel ini, kami membuat lebih dari 10 software akuntansi terbaik untuk bisnis baru yang akan membantu Anda memutuskan mana yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dalam hal fungsionalitas, harga, dan skalabilitas.

Tantangan Akuntansi untuk Bisnis Baru

Berdasarkan laporan WASP Barcode, 47% pemilik UKM mengeluhkan bahwa akuntan mereka lebih reaktif daripada proaktif dalam menangani masalah keuangan, yang kemudian mengarah pada masalah yang lebih besar yang mempengaruhi kesehatan keuangan bisnis secara keseluruhan.

Sebagian dari masalah ini adalah fakta bahwa masih ada akuntan dan pemegang buku yang berpegang teguh pada praktik tradisional menggunakan spreadsheet dan bahkan buku besar kertas.

Metode lama ini tidak hanya membuat akuntansi dan pembukuan menjadi kurang efisien, tetapi juga membuat prosesnya lebih rentan terhadap kesalahan.

Penelitian yang dilakukan oleh Xero mengungkapkan bahwa 45% penasihat setuju bahwa mengadopsi praktik digital adalah kunci untuk tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang dalam kondisi industri bisnis saat ini.

Ini adalah alasan mengapa sejumlah besar bisnis di seluruh dunia masih dalam proses mentransformasi operasi pembukuan mereka secara digital.

Namun, bisnis yang baru saja diluncurkan, tidak hanya memiliki keuntungan dengan beralih ke digital sejak awal-mereka sekarang juga memiliki beragam pilihan software akuntansi untuk startup dan di bawah ini adalah beberapa yang terbaik yang dapat Anda temukan.

Baca juga: Analisis Kelayakan Finansial: Arti, Manfaat, Komponen, dan Tahapannya

10+ Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Baru

software akuntansi bisnis baru 1

1. Software akuntansi Kledo

Kledo adalah software akuntansi buatan Indonesia yang sangat cocok jika Anda pemilik bisnis baru karen fitur yang lengkap dan sangat mudah digunakan.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa dengan mudah membuat laporan keuangan, manajemen persediaan, mengelola multi pengguna dan approval, dan bisa digunakan secara mobile, baik di Android dan iOs.

Memiliki keterbatasan anggaran? Tenang saja, Kledo juga menyediakan paket gratis selamanya untuk bisnis UMKM yang ingin mengelola pembukuan dengan lebih pasti.

Jika bisnis Anda sudah menguntungkan, Anda bisa mencoba menggunakan paket berbayar.

Selain itu implementasi dan proses pelatihan menggunakan Kledo juga dipastikan gratis selamanya. Jadi kapanpun Anda membutuhkan bantuan, tim Kledo akan segera menghubungi Anda.

Jika Anda tertarik Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 3 kledo

2. Software akuntansi FreshBooks

FreshBooks menyediakan fitur-fitur canggih pada UKM dan bisnis baru dengan paket hemat biaya. Software akuntansi ini cocok untuk bisnis baru dengan fitur akuntansi entri ganda, yang memungkinkan pemilik bisnis mengotomatiskan proses yang memakan waktu untuk mengelola arus kas mereka.

Fitur lainnya adalah pembuatan faktur dan penagihan yang mudah dengan bantuan generator faktur FreshBooks. Fitur ini memungkinkan bisnis dan pekerja lepas untuk membuat faktur yang terlihat profesional yang mencerminkan merek mereka.

Fitur utama lainnya mencakup pelacakan waktu, pelacakan pengeluaran, manajemen proyek, dan pelaporan. Fitur pemrosesan pembayaran platform ini sangat komprehensif dan mudah digunakan, bahkan untuk klien.

Klien Anda dapat membayar langsung dari faktur itu sendiri menggunakan kartu kredit mereka atau platform gateway pembayaran lainnya, seperti Stripe dan PayPal.

Selain itu, FreshBooks tidak hanya memberi Anda lebih banyak kontrol atas proses pembayaran tetapi juga memberi Anda alat otomatisasi yang berguna.

Ini memungkinkan pengguna untuk mengatur pembayaran berulang, mengirim pengingat, membebankan biaya keterlambatan, dan proses penagihan dan faktur lainnya secara otomatis.

Hal ini memberi mereka lebih banyak waktu untuk lebih fokus pada area lain dari bisnis mereka.

Selain itu, FreshBooks memiliki aplikasi seluler untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi ini memungkinkan Anda membuat faktur untuk klien Anda di mana pun Anda berada. Harga mulai dari $15 per bulan.

Baca juga: Perkembangan AI dan Akuntansi dalam Pengembangan Bisnis

3. NetSuite ERP

NetSuite ERP memiliki software akuntansi cloud yang menyederhanakan proses akuntansi dan pembukuan bisnis baru Anda dari secara mudah.

Proses-proses ini termasuk pembuatan faktur, pemrosesan pembayaran, manajemen pajak domestik dan global, dan visibilitas real-time atas data keuangan Anda.

Bisnis yang berbeda memiliki proses akuntansi dan pembukuan yang berbeda. NetSuite ERP mengatasi hal ini dengan menyediakan buku besar dinamis untuk bisnis baru yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Di antara fitur-fitur buku besar yang dapat disesuaikan adalah jenis akun, jenis transaksi, dan pelaporan. Selain itu, Anda dapat mengotomatiskan berbagai proses, seperti alur kerja, pencocokan transaksi, dan posting entri jurnal. Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir memiliki catatan keuangan yang tidak akurat.

Selain itu, platform ini dikenal dengan modul pengakuan pendapatannya. Ini memberi pengguna alat untuk menghasilkan laporan keuangan yang tepat waktu dan mematuhi peraturan.

4. Software akuntansi QuickBooks Online

Solusi akuntansi terkemuka lainnya yang dibuat untuk usaha kecil dan bisnis baru adalah QuickBooks Online. Solusi ini menawarkan semua alat pembukuan dan akuntansi yang penting dalam satu platform-juga, dengan paket harga yang sangat terjangkau.

Platform ini termasuk pembuatan dan manajemen faktur, manajemen tagihan, dan manajemen pembayaran.

Selain itu, QuickBooks Online menyediakan penghitungan pajak otomatis, sinkronisasi perbankan dan data, dan opsi otomatisasi lainnya.

Dengan harga mulai dari $12 per bulan, sebuah bisnis dapat memiliki akses ke fitur manajemen pendapatan dan pengeluaran QuickBooks Online.

Fitur ini berguna untuk menyimpan catatan yang akurat dan terorganisir tentang pengeluaran yang berhubungan dengan bisnis Anda. Fitur ini mengimpor rincian transaksi dari kartu kredit atau kartu debit bisnis Anda, serta akun PayPal dan Square bisnis Anda.

Selain itu, jika pengeluaran Anda memiliki tanda terima fisik, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengambil foto tanda terima dan sistem akan secara otomatis mencocokkannya dengan pengeluaran Anda.

Pajak yang disertakan dalam setiap transaksi juga langsung disortir ke dalam kategori pajak yang berbeda.

Hal ini tidak hanya memudahkan Anda dari pekerjaan administrasi yang melelahkan, tetapi juga memberi Anda lebih banyak waktu untuk fokus pada tugas-tugas penting lainnya untuk mengembangkan bisnis Anda.

Selain itu, jika Anda adalah pemilik bisnis baru yang tidak terbiasa dengan cara-cara pembukuan yang benar, software akuntansi QuickBooks Online menawarkan layanan pembukuan bersertifikat.

Pemegang buku ini dapat membantu Anda dengan pengaturan QuickBooks Online Anda, yang mencakup mengotomatiskan berbagai proses, menghubungkan kartu kredit dan bank Anda, membuat laporan, dan banyak lagi dengan biaya tambahan $ 50.

Baca juga: Tips Efektif dalam Pengendalian Pengeluaran Bisnis

5. Sage Business Cloud Accounting

Sebelumnya dikenal sebagai Sage One, Sage Business Cloud Accounting memungkinkan pemilik bisnis baru dan bisnis kecil untuk mengambil alih operasi pembukuan dan akuntansi mereka dengan lebih mudah, efisien, dan mudah diakses.

Platform berbasis cloud ini membuat pembuatan faktur dan penagihan menjadi sangat mudah, tidak hanya karena mudah diatur, tetapi juga lebih mudah dioperasikan.

Dilengkapi dengan kemampuan otomatisasi yang mumpuni, Sage Business Cloud Accounting mengurangi waktu yang dihabiskan untuk pekerjaan admin yang terkait dengan melacak dan mengatur pembayaran dan pengeluaran.

Selain itu, Anda dapat mengatur berbagai jenis alur kerja, seperti posting otomatis pengeluaran dan pembayaran ke dan dari rekening bank Anda.

Dengan cara ini, Anda tidak hanya dapat memantau pengeluaran yang berhubungan dengan bisnis Anda, tetapi juga status pembayaran klien Anda.

Selain itu, fitur AutoEntry memudahkan Anda untuk mengambil data dari tanda terima, laporan bank, dan lain-lain, dan mengaturnya dalam kategori yang tepat.

Selain kemampuan untuk membuat, mengirim, dan melacak faktur secara otomatis, Anda juga dapat membuat penawaran harga khusus untuk klien Anda jika Anda menawarkan jenis paket harga untuk produk atau layanan Anda.

Dengan semua otomatisasi ini, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk fokus membangun dan mempromosikan bisnis Anda.

Selain itu, dasbor Sage Business Cloud Accounting memberi Anda pandangan menyeluruh tentang arus kas Anda, sehingga Anda dapat melacak keuangan bisnis Anda bahkan dari perangkat seluler Anda.

6. Software akuntansi AvidXchange

AvidXchange adalah otomatisasi pembayaran dan paket manajemen faktur yang digunakan untuk pembukuan oleh perusahaan rintisan.

Ini dirancang untuk UKM yang ingin beralih dari proses berbasis kertas ke otomatisasi digital. Ini karena memiliki fungsionalitas out-of-the-box yang tinggi. Artinya, dapat dengan mudah diatur dan dioperasikan tanpa banyak pelatihan.

Fitur-fitur utama termasuk manajemen pengeluaran, aplikasi pesanan pembelian, aplikasi faktur, portal pemasok, akselerator faktur, manajemen kas, dan, tentu saja, buku besar.

Selain itu, sistem ini juga memiliki portal pemasok yang membantu pengguna berkolaborasi dengan vendor mereka. Dengan cara ini, setiap transaksi dicatat di dalam sistem.

Dengan demikian, tidak perlu keluar dari sistem untuk menyalin dan menempel atau mengunggah catatan.

Semua fitur ini ditempatkan dalam antarmuka berbasis web yang sangat intuitif. Selain itu, AvidXchange juga sangat mudah disesuaikan. Bahkan, ini digunakan oleh banyak jenis bisnis di semua industri.

Selain itu, solusinya terintegrasi dengan alat bisnis lainnya. Ini termasuk Viewpoint, QuickBooks Enterprise, Oracle NetSuite, Microsoft Dynamics GP, dan lainnya.

Terakhir, AvidXchange hanya tersedia melalui paket berbasis penawaran karena digunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Baca juga: 10 Contoh Software Akuntansi Desktop untuk Bisnis Anda

7. Software akuntansi A2X

A2X merupakan software akuntansi yang bagus untuk bisnis online. Alat ini mengarahkan data dari transaksi dari berbagai saluran seperti Shopify dan Amazon ke platform akuntansi.

Ini termasuk Sage, QuickBooks Online, dan Xero. Dengan demikian, ini meningkatkan akurasi bisnis dalam pembukuan. Integrasi lainnya termasuk untuk pasar online seperti eBay, Walmart, dan Shopify.

Tentu saja, produk ini memiliki tools akuntansi pada umumnya. Ini termasuk buku besar, rekonsiliasi keuangan, fungsionalitas harga pokok, dan akuntansi persediaan.

A2X juga mendukung banyak mata uang dan banyak akun penjual. Seperti aplikasi top lainnya, aplikasi ini juga menghasilkan laporan dari riwayat transaksi Anda.

Selain itu, platform ini cukup mudah digunakan. Semua fiturnya dilengkapi dengan antarmuka yang mudah dipahami dan dapat diakses hanya dengan beberapa klik.

Produk ini tersedia dalam berbagai paket. Selain itu, ada versi uji coba gratis sehingga Anda bisa mencoba semua fiturnya dengan mudah. Paket berbayar mulai dari $19 per bulan.

8. Software DocuPhase

DocuPhase adalah solusi bisnis berbasis manajemen dokumen lainnya dengan banyak kasus penggunaan. Dan, salah satunya adalah pembukuan.

Pendekatannya untuk melakukan hal ini menggabungkan tiga modul: Pengenalan Karakter Optik (OCR), Formulir, dan Alur Kerja.

Diterapkan pada dokumen digital dan dokumen yang dapat Anda ambil melalui aplikasi selulernya, sistem ini memungkinkan pengguna membangun alur kerja dan otomatisasi mereka sendiri.

Ini termasuk perutean berbasis aturan yang dapat disesuaikan dan pencocokan tiga arah otomatis.

Dengan jenis pengaturan ini, Anda tidak hanya memiliki software akuntansi, tetapi juga solusi manajemen bisnis.

Selain itu, pembuatan alur kerja mudah dilakukan di DocuPhase. Platform ini menawarkan antarmuka seret dan lepaskan dan tidak mengharuskan pengguna untuk mengetahui kode apa pun.

Dengan ini, Anda bisa mengotomatiskan pembayaran pelanggan, pembayaran vendor, dan utang usaha. Dan, karena ini adalah solusi berbasis manajemen dokumen, Anda akan memiliki semua yang Anda perlukan untuk pembukuan.

Selain itu, DocuPhase terintegrasi secara mulus dengan aplikasi bisnis lainnya. Ini termasuk Acumatica, QuickBooks, NetSuite, Sage Intacct, dan Microsoft Dynamics.

Dengan cara ini, Anda dapat memperluas kemampuannya dengan membuat proses pembukuan Anda dapat diakses di alat akuntansi lainnya.

Terakhir, DocuPhase digunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Jadi, ini hanya tersedia melalui paket langganan berbasis penawaran.

Baca juga: 10 Software Akuntansi Terbaik untuk UMKM

9. Software akuntansi Zoho Books

Zoho Books adalah platform pembukuan populer lainnya dari raksasa software Zoho. Karena ini adalah bagian dari Zoho Suite, maka paling baik digunakan dalam arsitektur Zoho.

Namun, ini juga merupakan produk mandiri yang bagus. Selain itu, paket gratis juga ditawarkan untuk bisnis dengan omset kurang dari $50.000 per tahun.

Jadi, untuk bisnis baru, software akuntansi ini sangat bagus untuk dipertimbangkan. Akun gratisnya memberi Anda satu pengguna plus, satu akun.

Selain itu, ia memiliki modul-modul yang berguna untuk kustomisasi faktur, manajemen pajak, faktur berulang, catatan kredit, jurnal manual, dan bahkan portal klien. Tetapi, ada batas 1.000 faktur per bulan.

Paket berbayarnya, tentu saja memiliki lebih banyak fitur untuk organisasi yang lebih besar. Ini termasuk alur kerja otomatis, manajemen proyek, transaksi berulang, persetujuan penjualan, dan rekonsiliasi bank.

Dan, paket dengan tingkatan terendah hanya berharga $20 per organisasi per bulan. Fitur-fitur canggih lainnya termasuk modul untuk manajemen inventaris, umpan bank otomatis, pesanan pembelian, dan laporan lengkap.

Seperti yang telah disebutkan, Zoho Books bekerja paling baik dengan produk Zoho lainnya, tetapi juga berfungsi dengan sangat baik dengan alat bisnis lainnya. Ini termasuk Google Drive, Dropbox, PayPal, Braintree, dan Temponia.

Terakhir, Zoho Books juga dapat diakses melalui aplikasi selulernya untuk perangkat iOS dan Android.

Baca juga: Sedang Mencari Software Akuntansi Kontraktor? Perhatikan Hal Ini!

10. Software akuntansi Sage 50cloud

Sage 50cloud adalah software akuntansi berbasis web yang dirancang untuk UKM dan pemilik bisnis baru.

Selain itu, yang unik dari Sage 50cloud adalah penerapan hibridanya. Artinya, Anda bisa menginstalnya di PC Anda dan juga mengaksesnya melalui portal webnya.

Selain itu, juga memiliki aplikasi seluler untuk perangkat Android dan iOS. Jadi, Anda bisa mengaksesnya di mana saja.

Fitur utamanya meliputi penagihan dan faktur, rekonsiliasi bank, penganggaran, peramalan, konsolidasi keuangan, manajemen pesanan, pelacakan pesanan, pembelian, manajemen penerimaan, dan manajemen pemasok.

Ini saja sudah cukup untuk pembukuan. Namun, Sage 50cloud adalah software akuntansi mandiri dengan serangkaian fitur yang komprehensif. Untuk perusahaan rintisan, ini dapat digunakan sebagai pusat pusat untuk semua proses keuangan mereka.

Selain itu, produk ini mudah digunakan. Juga, dapat disesuaikan. Semua fiturnya dilengkapi dengan UI yang intuitif dan dapat diakses hanya dengan beberapa klik.

Produk ini juga memiliki fungsionalitas seret dan lepas untuk penyesuaian yang mudah. Selain itu, sangat fleksibel. Artinya, ini adalah solusi software yang dapat tumbuh bersama perusahaan Anda. Ini karena modul tambahan yang tersedia seperti inventaris dan manajemen stok.

Sage50cloud memiliki uji coba gratis yang tersedia sehingga Anda dapat melihat sendiri semua fiturnya.

Selain itu, juga terintegrasi secara mulus dengan aplikasi pihak ketiga lainnya. Daftar ini mencakup Microsoft Excel, QCommission, dan BQE Core. Terakhir, paket berbayar mulai dari $50,58 per bulan.

11. Software akuntansi Xero

software akuntansi bisnis baru 2

Xero adalah platform software akuntansi yang populer. Ini dirancang untuk UKM dan sangat cocok untuk bisnis baru yang ingin berkembang.

Selain itu, Xero memiliki fitur akuntansi yang cukup untuk menjadi pusat komando untuk proses keuangan Anda termasuk pembukuan.

Fitur-fitur utama termasuk pelaporan keuangan, klaim pengeluaran, rekonsiliasi bank, faktur, pesanan pembelian, dan manajemen aset tetap.

Selain itu, software ini juga memiliki modul untuk mengelola aktivitas penggajian dan memiliki dukungan multi-mata uang. Jadi, ini sangat berguna untuk startup dengan operasi internasional.

Faktanya, produk ini dirancang dengan mempertimbangkan perusahaan baru. Hal ini terlihat jelas pada paket harga bulanannya: Early ($5,50), Growing ($16), dan Established ($31).

Jadi, Anda bisa meningkatkan fitur dan kemampuannya mulai dari mendirikan bisnis Anda hingga menjadikannya pemain yang mapan dalam industri Anda.

UI-nya memiliki desain yang rapi dan sangat intuitif. Tidak banyak pelatihan yang diperlukan untuk mengoperasikannya.

Seperti aplikasi top lainnya, Xero bekerja dengan baik dengan solusi pihak ketiga lainnya. Ini termasuk Square, Vend, Expensify, Mogul, dan Zenpayroll. Terakhir, Xero juga memiliki aplikasi seluler untuk perangkat iOS dan Android. Jadi, Anda bisa mengaksesnya kapan saja, di mana saja.

Baca juga: Sedang Mencari Software Akuntansi Retail? Perhatikan Hal Ini

Mana Software Akuntansi yang Anda Pilih?

Sebagai seseorang yang baru memulai sebuah bisnis, memilih software akuntansi untuk proses pembukuan bisnis adalah hal sangat penting untuk memastikan kesehatan finansial Anda kedepannya.

Apapun software akuntansi untuk bisnis yang Anda pilih, penting bagi Anda untuk mencoba semua fitur agar sesuai kebutuhan bisnis Anda kedepannya.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo yang bisa Anda coba secara gratis 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Kledo merupakan software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur yang cocok untuk semua jenis dan skala bisnis di Indonsia dan sangat mudah digunakan.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × four =