Cara Berjualan Di Facebook yang Tepat Supaya Laris Manis

berjualan di facebook banner

Dalam hal media sosial, hanya sedikit platform yang memiliki jangkauan seperti Facebook. Meskipun ada banyak aplikasi sosial yang lebih baru, pengguna Facebook masih lebih banyak daripada pengguna platform lain, yang berarti bahwa apa pun bisnis yang Anda geluti, kemungkinan besar Anda memiliki banyak pelanggan potensial dan bisa berjualan di Facebook dan Instagram.

Survei menunjukkan semakin banyak pembeli online yang melakukan pembelian melalui perdagangan sosial-yaitu, langsung di platform media sosial-daripada melalui platform ecommerce.

Jika Anda ingin berjualan di Facebook tetapi tidak tahu harus mulai dari mana, panduan langkah demi langkah ini cocok untuk Anda.

Bagaimana Cara Berjualan di Facebook?

Facebook menawarkan banyak alat untuk membantu pedagang dan pengguna menjual secara online. Kami akan membahas masing-masing secara mendetail di bawah, tetapi pertama-tama, berikut rekap singkat berbagai cara berjualan di Facebook:

1. Facebook Shop

Jika Anda adalah pemilik usaha kecil yang ingin membangun audiens, mengembangkan merek Anda, dan meningkatkan penjualan sekaligus, Facebook Shop adalah saluran penjualan terbaik untuk memulai.

Dengan Facebook Shop, pedagang dapat menyiapkan toko online yang berfungsi penuh langsung di halaman Facebook Business mereka. Pelanggan Anda tidak perlu keluar dari Facebook untuk membeli item—mereka dapat melakukannya sambil scrolling.

Banner 3 kledo

2. Facebook Marketplace

Facebook Marketplace awalnya didirikan sebagai alat penjualan konsumen-ke-konsumen (C2C), mirip dengan Craigslist. Pengguna memasang iklan baris dan mengatur pembayaran langsung.

Marketplace masih digunakan dengan cara ini oleh banyak orang. Kabarnya, platform ini menarik lebih dari satu miliar pengguna setiap bulannya.

Namun selama beberapa tahun terakhir, Facebook juga telah menambahkan fitur ke marketplacenya untuk mengakomodasi kebutuhan usaha kecil—seperti pembayaran di tempat atau COD dan opsi pengiriman.

Baca juga: Cara Jualan di Tiktok Supaya Laris Manis

3. Grup jual beli Facebook

Salah satu langkah untuk menjadikan Marketplace lebih ramah pedagang berasal dari fakta bahwa transaksi C2C sering kali dilakukan melalui grup jual beli Facebook.

Grup Facebook dapat mengaktifkan fitur beli dan jual, menambahkan opsi perdagangan untuk komunitas lokal yang mungkin berpusat pada topik atau lokasi tertentu.

Grup jual beli adalah yang terbaik bagi individu yang mencari pengalaman berbelanja bergaya garage sale. Grup bukanlah cara utama bagi pedagang untuk berjualan di Facebook, namun pedagang dapat menggunakan grup ini untuk membangun merek mereka, terutama di tingkat lokal.

Selanjutnya mari kita lihat cara berjualan di ketiga platform berjualan Facebook ini lebih detail.

Cara Berjualan di Facebook Shop

Jika Anda adalah bisnis kecil yang ingin menjual langsung di Facebook, Anda dapat memulai dengan membuat Facebook Shop. Ini harus dimiliki jika Anda ingin berjualan di Facebook.

1. Buat halaman bisnis Facebook

Jika bisnis Anda belum memiliki halaman Facebook, Anda harus membuatnya.

Anda tidak perlu membuat akun Facebook yang sepenuhnya terpisah, karena halaman bisnis Anda akan dikelola secara terpisah dari profil Facebook pribadi Anda dan visibilitas tidak akan terikat padanya (kecuali Anda memilih untuk memposting dari toko Anda ke halaman pribadi Anda).

Untuk menggunakan integrasi Facebook Shop dan Marketplace, produk Anda harus mematuhi kebijakan perdagangan Facebook dan ketentuan yang diuraikan dalam Perjanjian Penjual Facebook.

Untuk membuat halaman bisnis Facebook Anda, masuk ke Facebook, pilih tombol Menu, lalu pilih Halaman dari menu Buat atau Create:

berjualan di facebook 1

Dari sini, Anda dapat menambahkan foto sampul, foto profil, dan informasi tentang bisnis Anda. Ingatlah bahwa bidang informasi yang lengkap dan terperinci tampak lebih profesional bagi calon pembeli, jadi pastikan Anda tidak melewatkan apa pun.

Penting: Untuk menjual di Facebook Shop, Anda harus menggunakan template Belanja untuk halaman bisnis Anda. Anda dapat mengubah templat halaman Facebook setelah menambahkan informasi dasar tentang bisnis Anda.

Baca juga: Social Media Management: Pengertian, Strategi, dan Tantangannya

2. Tambahkan bagian toko

Buka halaman Buat toko Anda dan klik Berikutnya. Jika Anda sudah berjualan di Shopify, Anda dapat membuat toko dengan menyinkronkan produk Anda. Klik tautan Sinkronkan platform mitra dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan penyiapan.

berjualan di facebook 2

3. Pilih metode pembayaran

Anda memiliki tiga opsi untuk menerima pembayaran di toko Facebook Anda:

  • Bayar di website lain. Jika Anda memilih opsi ini, pelanggan akan diarahkan ke website Anda untuk melakukan pembayaran.
  • Bayar melalui pesan. Artinya pelanggan akan menghubungi Anda melalui Facebook Messenger atau WhatsApp untuk mengatur pembayaran.
  • Bayar di Facebook. Opsi ini memungkinkan pelanggan membeli langsung di Facebook.

Mengizinkan pelanggan melakukan pembayaran langsung di Facebook adalah cara terbaik untuk meningkatkan kenyamanan. Namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Pembayaran Facebook menghitung tarif pajaknya sendiri dan tidak mendukung harga termasuk pajak.

4. Pilih saluran penjualan dan akun Manajer Bisnis Anda

Selanjutnya, pilih halaman tempat Anda ingin menjual, atau buat halaman baru. Jika Anda berencana untuk berjualan di Instagram, pilih akun bisnis Instagram Anda dan klik Berikutnya.

Di halaman berikutnya, pilih akun Manajer Bisnis Anda, atau buat yang baru. Kemudian klik Berikutnya.

Baca juga: 10 Tips Melakukan Social Media Marketing untuk Bisnis

5. Pilih katalog

Pilih katalog yang ingin Anda terapkan ke toko Anda dan klik Berikutnya. Untuk menggunakan katalog, katalog harus memenuhi kriteria kelayakan toko.

6. Atur pengiriman dan pengembalian Anda

Putuskan bagaimana Anda akan mengirimkan pesanan, dan berikan informasi tentang bagaimana Anda akan menangani pengembalian atau return barang. Isi opsi pengiriman Anda, termasuk:

  • Lokasi tujuan pengiriman Anda
  • Waktu penanganan
  • Minimum keranjang untuk pengiriman gratis
  • Waktu pengiriman
  • Return barang
berjualan di facebook 3

7. Tinjau toko Anda dan selesaikan penyiapan

Tinjau detail toko Anda, baca dan setujui perjanjian penjual, lalu klik “Selesai penyiapan”.

Sekarang setelah Anda membuat toko, pastikan Anda:

  • Kelola katalog Anda. Tambahkan produk apa pun yang ingin Anda jual.
  • Buat koleksi. Atur produk Anda ke dalam koleksi untuk memudahkan pelanggan menjelajahi toko Anda. Koleksi dapat didasarkan pada kategori produk, musim, atau pengelompokan lainnya yang sesuai untuk bisnis Anda.
  • Sesuaikan tampilan toko Anda. Ubah warna tombol, atur koleksi unggulan dan promosi, dan pilih koleksi unggulan untuk disorot di bagian atas toko Anda.

Baca juga: Apa Saja Metrik Pemasaran dan Bagaimana Cara Mengukurnya?

Cara Berjualan di Facebook Marketplace

Facebook Marketplace menjadi salah satu tempat belanja populer di Indoneia selain marketplace lokal, dan sekarang toko online dapat menggunakan alat tersebut sebagai saluran penjualan.

Jika Anda ingin menjual di Facebook Marketplace, kemungkinan besar Anda termasuk dalam salah satu dari dua kategori:

  • Penjual biasa, mencari pembeli lokal untuk satu atau lebih barang bekas.
  • Kreator atau pemilik bisnis yang ingin mengembangkan basis pelanggannya.

Berikut adalah cara Anda dapat menjual di Facebook Marketplace.

Tahapan Berjualan di Facebook Marketplace?

Masuk ke Facebook. Klik tombol Marketplace di menu sebelah kiri. Lalu klik Buat Daftar Baru.

berjualan di facebook 4

Pilih barang untuk dijual

berjualan di facebook 5

Isi semua informasi daftar. Tambahkan foto produk Anda yang berkualitas tinggi, deskripsi produk yang menarik, serta harga, kondisi, dan detail tambahan lainnya (seperti nomor SKU dan tag produk). Setelah Anda menambahkan semua info produk Anda, klik Berikutnya.

Di halaman berikutnya, Anda akan diperlihatkan pratinjau listingan Marketplace Anda, dengan daftar grup lokal yang dapat Anda ikuti. Bergabung dengan grup ini tidak wajib, namun hal ini memungkinkan Anda memposting listingan Marketplace kepada pembeli lokal di grup tersebut. (Lihat selengkapnya tentang menjual di grup Facebook di bawah.)

berjualan di facebook 6

Publikasikan dan mulailah menjual di Facebook Marketplace

Baca juga: Cara Promosi Online Shop di Facebook Ini Terbukti Efektif

Cara Berjualan di Grup Jual Beli Facebook

Setiap admin grup Facebook dapat mengaktifkan fitur jual beli. Namun, sebagian besar grup yang mengaktifkan fitur penjualan adalah jaringan lokal, dengan anggota yang tinggal di kota, kota kecil, atau lingkungan tertentu. Itu karena penjualan biasanya diatur secara pribadi antara pembeli dan penjual.

Meskipun kelompok jual beli sebagian besar digunakan oleh penjual biasa, kelompok ini menawarkan peluang bagi usaha kecil yang ingin membangun audiens lokal.

Anda tidak dapat mengintegrasikan pembayaran di halaman grup, namun bisnis dapat mengarahkan pembeli yang berminat ke Facebook Shop atau website mereka untuk melakukan pembelian.

Jika Anda ingin berjualan melalui grup jual beli Facebook, berikut caranya:

  • Bergabunglah dengan grup tempat Anda ingin menjual. Untuk menemukan grup lokal dengan fitur penjualan yang diaktifkan, cukup buka Facebook > Grup, dan cari “Beli & jual.” Anda juga akan disajikan daftar grup jual beli lokal saat Anda membuat daftar Marketplace.
  • Klik Jual Sesuatu di bagian atas halaman grup beli dan jual.
  • Pilih Barang Dijual dari opsi yang diberikan.
  • Di halaman berikutnya, Anda dapat memasukkan semua informasi produk Anda, termasuk gambar, deskripsi, dan lokasi tempat Anda ingin menjual. Masukkan informasi yang diperlukan dan klik Berikutnya.
  • Setelah memasukkan informasi produk, Anda akan diberikan opsi untuk Tambahkan Listing Anda ke Marketplace. Jika Anda memilih opsi ini, item akan muncul di feed pengguna yang diyakini Facebook paling tertarik dengan produk Anda. Anda juga dapat bergabung dengan grup Beli dan Jual lainnya dan membuat daftar item di sana juga.
  • Setelah Anda memilih grup tempat Anda ingin memposting, klik Posting.

Baca juga: Coba Cara Ini untuk Memasang Iklan di Facebook, Anti Ribet!

Tips Berjualan di Facebook Marketplace

Apa yang tidak boleh dilakukan saat berjualan di Facebook Marketplace?

  • Jangan memposting informasi pribadi apa pun (seperti alamat, nomor telepon, atau alamat email Anda).
  • Jangan memposting item yang ilegal atau dilarang oleh ketentuan layanan Facebook Marketplace.
  • Jangan menyertakan bahasa yang menyinggung atau tidak pantas dalam postingan Anda.
  • Jangan menggunakan bahasa yang menipu atau menyesatkan dalam postingan Anda.
  • Jangan memposting gambar barang yang sebenarnya tidak dijual.
  • Jangan memposting barang apa pun yang palsu, dicuri, atau ilegal.
  • Jangan gunakan proses otomatis apa pun untuk memposting atau mengelola listingan Anda.
  • Jangan gunakan Facebook Marketplace untuk melakukan aktivitas apa pun yang dapat dianggap scam atau penipuan.

Bagaimana cara menghindari penipuan di Facebook Marketplace?

  • Pastikan pembeli memberikan nama lengkap dan informasi kontaknya sebelum menyetujui penjualan.
  • Minta pembayaran melalui metode pembayaran yang aman
  • Pastikan Anda melakukan COD, jika memungkinkan.
  • Mintalah tanda pengenal lainnya untuk memverifikasi identitas mereka.
  • Jangan berikan informasi pribadi apa pun seperti alamat atau detail rekening bank Anda.
  • Hindari transaksi dengan pembeli yang berlokasi di negara lain.

Baca juga: Mudahnya Jualan Online di Facebook Marketplace, Berani Coba?

Kesimpulan

Hal ini perlu Anda ketahui: pada tahun 2021, satu miliar orang di seluruh dunia menggunakan Facebook Marketplace setiap bulannya untuk menelusuri, membeli, atau menjual barang.

Ketika persaingan meningkat dan strategi omnichannel mulai diterapkan, pedagang mencari cara baru untuk mendiversifikasi saluran penjualan mereka, termasuk memanfaatkan jaringan dan platform online yang ada.

Facebook adalah tempat bagi orang-orang untuk menemukan, membeli, dan menjual barang. Dengan mendaftar di Marketplace, Anda dapat menjangkau pembeli di mana pun mereka berada.

Catat juga setiap penjualan yang terjadi di Facebook untuk mendapatkan data keuangan yang valid. Jika belum memiliki sistem pencatatan yang moden, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur terlengkap.

Kledo adalah software akuntansi online buatan Indonesia yang memiliki fitur terlengkap, mudah digunakan, dan memiliki harga terjangkau. Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven + 16 =