Laris Manis Jualan di Bukalapak, Siapa Takut?

Jualan online kini menjadi pilihan banyak pebisnis dalam memasarkan produk mereka. Ada banyak pilihan yang dapat dilakukan untuk jualan online ini, mulai dari menjualnya melalui situs web, media sosial, atau bisa juga melalui marketplace. Di antara ketiga tempat jualan online, jualan di marketplace saat ini sangat popular. Hal ini dikarenakan fitur-fitur yang dimiliki marketplace akan memudahkan pengguna, baik penjual ataupun pembeli. Salah satu marketplace yang cukup terkenal di Indonesia adalah Bukalapak. Buat Kawan Kledo yang sering belanja online di marketplace atau Kawan Kledo yang memiliki bisnis pasti tidak asing dengan marketplace satu ini. Tapi meskipun banyak yang sudah mengetahui marketplace Bukalapak, namun ternyata masih banyak yang tidak tahu cara berjualan di Bukalapak. Jangan-jangan Kawan Kledo salah satunya. Sebenarnya gimana sih cara jualan di Bukalapak hingga produk yang dijual laris manis?

Jualan di Bukalapak

jualan di bukalapak

Bukalapak merupakan salah satu marketplace yang ada di Indonesia. Bukalapak didirikan pada tahun 2010 oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Muhamad Fajrin Rasyid. Pada awalnya Bukalapak merupakan sebuah toko online yang membantu pelaku UMKM untuk memasarkan produk mereka secara online. Bukalapak menjadi salah satu unicorn yang ada di Indonesia. Di tahun 2019, Bukalapak memiliki 4,5 juta pedagang online, 70 juta pengguna aktif bulanan, 1,9 juta mitra buka warung, dan ada 2 juta transaksi setiap harinya.

Dengan slogan jual-beli online mudah dan terpercaya, Bukalapak akan memberikan jaminan 100% uang kembali ke pembeli jika barang tidak dikirimkan oleh penjual. Produk yang bisa dijual dan dibeli di Bukalapak meliputi buku, personal care, kamera, perlengkapan bayi, ponsel, komputer dan laptop, sepeda, peralatan elektronik, pakaian dan fashion, makanan, motor, dan juga perlengkapan kantor. Bukalapak merupakan situs belanja online yang aman karena dilengkapi Payment System yaitu suatu sistem untuk pembeli yang menjamin suatu transaksi aman karena pembeli tidak mentransfer langsung ke penjual namun melalui Bukalapak. Dengan begitu pembeli akan aman dari penipuan.

Kelebihan dan Kekurangan Bukalapak

marketplace

Kelebihan Bukalapak

Berikut kelebihan yang dimiliki oleh Bukalapak:

1. Semuanya Bisa Dinego

Buat Kawan Kledo yang suka melakukan nego barang yang ingin dibeli, Bukalapak menyediakan fasilitas ini. Ini merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Bukalapak dibandingkan marketplace yang lain yang akan menguntungkan pembeli yang suka nego. Kawan Kledo dapat melakukan nego dengan fitur Nego Bukalapak yang ada di Bukalapak.

2. Lebih Simpel dan Mudah

Bukalapak memberikan kemudahan bagi Kawan Kledo yang ingin berbelanja di sini, mulai dari kemudahan dalam pendaftaran, pencarian produk, hingga pembayaran. Kawan Kledo akan mendapatkan semua itu hanya di aplikasi Bukalapak.

3. Customer Service yang Fast Respon

Punya masalah terkait penggunaan aplikasi Bukalapak seperti pembatalan pembelian, refund dana, dan permasalahan lainnya? Jangan khawatir! Bukalapak memiliki customer service yang akan membantu penggunanya dalam menangani permasalahan tersebut. Tidak hanya membantu, customer service Bukalapak juga fast respon, jadi Kawan Kledo bisa mengatasi permasalahn tersebut secepat mungkin.

4. Memprioritaskan Pembeli

Bukalapak memiliki program prioritas yang khusus diberikan kepada pembeli yang telah memenuhi beberapa persyaratan. Pengguna yang telah melakukan pembelian minimal Rp75.000 akan mendapatkan potongan ongkos kirim sebesar Rp15.000 selama satu bulan. Selain itu setiap pengguna tersebut melakukan komplain akan selalu diutamakan. Untuk menikmati semua fitur tersebut, pengguna harus membayar Rp50.000 setiap bulan.

5. Adanya Program Referral

Salah satu kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Bukalapak yaitu adanya program Referral yaitu program dimana Kawan Kledo mengajak teman berbelanja minimal Rp100.000, Kawan Kledo dan teman akan mendapatkan kredit sebesar Rp10.000. Kredit ini dapat digunakan untuk berbelanja di Bukalapak.

Kekurangan Bukalapak

Berikut kekurangan yang dimiliki oleh Bukalapak:

1. Sering Terjadi Chat Eror

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh aplikasi Bukalapak adalah sering terjadi chat eror, seperti telat terkirim dan gagal refresh. Hal itu bisa terjadi meski koneksi internet di ponsel lancar.

2. Tidak Ada Fitur Ulasan Produk

Bukalapak tidak memiliki ulasan produk dari publik. Bukalapak hanya menyediakan ulasan yang bisa dilakukan oleh pembeli produk tersebut. Dengan begitu jika Kawan Kledo ingin mengetahui ulasan secara detail, Kawan Kledo harus bertanya langsung ke pembeli.

3. Masih Adanya Quick Buyer

Di Bukalapak masih ada quick buyer atau kemampuan membeli tanpa melakukan login. Hal ini merupakan kekurangan, karena quick buyer memiliki manfaat yang sedikit sedangkan risikonya cukup besar dan berlaku baik bagi pembeli ataupun penjual.

4. Nego yang Terbatas

Nego merupakan salah stau fitur yang ada di Bukalapak, namun fitur ini masih memiliki keterbatasan dan juga kekurangan.

5. Saldo Kredit yang Low Funtion

Bukalapak memiliki fitur saldo kredit namun sayangnya tidak semua bisa dibeli dengan saldo ini, seperti pulsa dan paket data. Padahal Bukalapak sering memberikan voucher berupa saldo kredit.

Cara Jualan di Bukalapak Laris Manis

online marketing

Ingin memulai jualan di Bukalapak? Kawan Kledo bisa gunakan cara-cara berikut ini:

1. Buka Situs Bukalapak

Langkah pertama yang harus Kawan Kledo lakukan untuk memulai jualan di Bukalapak adalah membuka situs Bukalapak melalui PC atau mengunduh aplikasi Bukalapak yang tersedia di Playstore dan Appstore. Untuk situs web, Kawan Kledo bisa mengunjunginya di https://www.bukalapak.com. Setelah membuka web Bukalapak atau mengunduh dan menginstal aplikasi di smartphone, selanjutnya klik Daftar yang ada di kanan atas layar.

2. Isi Formulir Pendaftaran

Setelah klik Daftar yang ada di bagian kanan atas, selanjutnya Kawan Kledo akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran. Kawan Kledo bisa mengisinya menggunakan email namun lebih mudahnya adalah dengan mendaftar melalui Facebook atau Google, dimana Kawan Kledo bisa langsung otomatis terdaftar di Bukalapak. Jangan lupa masukan nomor handphone untuk dilakukan verifikasi.

3. Tentukan Nama Toko di Bukalapak

Langkah selanjutnya adalah menentukan nama toko di Bukalapak. Kawan Kledo bisa melakukannya setelah berhasil mendaftar di Bukalapak. Pilihlah nama yang unik dan mudah diingat oleh pelanggan.

4. Tentukan Kata Kunci Akun di Bukalapak

Setelah menentukan nama akun, berikutnya adalah Kawan Kledo akan diminta untuk menentukan kata kunci atau password akun di Bukalapak. Pilihlah kombinasi huruf dan angka yang mudah diingat namun jangan terlalu sederhana agar tidak mudah ditebak orang lain.

5. Baca secara Teliti Syarat dan Ketentuan

Baca dengan teliti syarat dan ketentuan yang ada di Bukalapak. Syarat dan ketentuan ini mengenai cara jualan di Bukalapak dan sistem pengiriman barang, juga sistem pembayaran di sana. Pastikan Kawan Kledo sudah membaca semuanya sebelum memilih Setuju.

6. Klik Daftar

Selanjutnya klik Daftar setelah Kawan Kledo mengisi formulir pendaftaran seller dengan lengkap. Setelah itu tunggu sampai mendapatkan e-mail dari Bukalapak.

7. Konfirmasi E-mail

Kawan Kledo akan mendapatkan e-mail konfirmasi dalam 1×24 jam. Kawan Kledo bisa langsung pilih konfirmasi e-mail setelah mendapatkan e-mail dari Bukalapak.

8. Lengkapi Profil

Kawan Kled akan diminta untuk melengkapi profil sebagai tanda akun Kawan Kledo sudah siap untuk digunakan. Lengkapi profil Kawan Kledo untuk memudahkan pembeli dalam berbelanja. Jangan lupa cantumkan detail-detail toko online seperti syarat pengiriman, pembayaran, jumlah produk, dan lainnya.

9. Unggah Foto Produk di Bukalapak

Setelah melengkapi profil di Bukalapak, saatnya mengunggah foto produk di Bukalapak. Pilihlah foto paling menarik dan paling jelas untuk diunggah di Bukalapak. Juga, berikan keterangan di foto yang Kawan Kledo unggah dengan jelas dan mampu mewakili produk yang Kawan Kledo jual.

Tips Jadi Top Seller di Bukalapak

jualan bukalapak

Setelah berhasil mendaftar sebagai seller di Bukalapak, pasti tujuan selanjutnya adalah menjadi top seller di Bukalapak. Menjadi top seller di Bukalapak bukan sesuatu yang mudah, namun bukan berarti tidak mungkin. Setidaknya Kawan Kledo bisa mencoba beberapa tips berikut ini untuk menjadi top seller di Bukalapak.

1. Upload Foto Sebanyak Mungkin

Upload foto sebanyak mungkin bisa menjadi salah satu tips top seller di Bukalapak. Dengan beragamnya foto yang diupload, konsumen akan memiliki banyak pilihan untuk memilih. Namun bukan berarti Kawan Kledo bisa asal upload. Pastikan Kawan Kledo memiliki stok barang dan juga foto yang di-upload sesuai dengan aslinya.

2. Tulislah Deskripsi Produk secara Lengkap

Penulisan deskripsi produk sangat penting ketika Kawan Kledo berjualan di marketplace seperti Bukalapak. Deskripsi ini ditulis untuk menerangkan peraturan di toko tersebut agar tidak terjadi miskomunikasi di kemudian hari. Berikut beberapa contoh deskripsi yang bisa Kawan Kledo tulis:

  • Barang yang sudah dibeli tidak dapat ditukar
  • Barang akan dikirim satu hari setelah pembayaran dilakukan
  • Jika terjadi kerusakan karena pengiriman, pembeli yang akan menanggung.

3. Aktiflah Menjawab Pertanyaan yang Diajukan Pengunjung

Tips ketiga yang bisa Kawan Kledo lakukan adalah lebih aktif dalam menjawab pertanyaan dari pengunjung. Menjawab pertanyaan menjadi pertimbangan tersendiri oleh pembeli yang ingin membeli produk di toko Kawan Kledo. Respon dengan cepat dan jangan sampai membuat pembeli kecewa.

4. Berikan Pelayanan After Sales

Kawan Kledo harus tetap memberikan pelayanan after sales atau setelah proses transaksi pembelian. Dengan begitu Kawan Kledo bisa lebih efektif dalam menjual barang atau jasa di Bukalapak. Jawablah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pengunjung dengan cepat dan berikan kesan terbaik kepada pengunjung agar mereka percaya dengan kualitas produk yang Kawan Kledo jual.

5. Manfaatkan Fitur Push

Bukalapak memiliki fitur yang akan memudahkan penggunanya dalam menempati posisi top seller. Fitur ini bernama Push. Setelah menggunakan fitur ini, postingan Kawan Kledo dapat menempati posisi paling atas di Bukalapak. Untuk menggunakan fitur ini, Kawan Kledo cukup membayar Rp2 ribu/push.

6. Aktiflah di Forum Bukalapak

Pengguna di Bukalapak dapat mengikuti komunitas Bukalapak dan gabung dengan forum yang ada di sana. Di forum tersebut, Kawan Kledo akan bertemu sesama pengguna Bukalapak dan tentu ini dapat meningkatkan penjualan Kawan Kledo di Bukalapak jika Kawan Kledo dapat memanfaatkan dengan baik.

Kesimpulan

Jualan di Bukalapak bisa menjadi salah pilihan buat Kawan Kledo yang ingin berjualan online di marketplace. Kawan Kledo bisa menggunakan cara-cara di atas untuk memulai jualan di Bukalapak dan jangan lupa gunakan tips di atas agar Kawan Kledo bisa menjadi top seller di Bukalapak.

Selain berjualan di marketplace, ada satu hal lagi yang sangat penting dan harus Kawan Kledo perhatikan saat berbisnis yaitu pengelolaan keuangan. Kawan Kledo dapat mengelola keuangan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Bersama Kledo, pengelolaan keuangan yang awalnya ribet jadi super mudah. Yuk daftar Kledo sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *