11 Cara Memulai Usaha Dari Nol Hingga Sukses, Berani Coba?

cara memulai usaha

Memulai usaha bisnis sendiri dari nol memang bermanfaat sekaligus menantang. Anda harus tepat dalam menentukan cara memulai usaha Selain harus memperoleh dana, waktu, dukungan pribadi, dan dukungan profesional yang memadai, Anda harus memilih struktur bisnis dan memikirkan hal-hal seperti pajak dan pembukuan.

Memulai bisnis memang mengasyikkan tetapi dapat menimbulkan tantangan yang tidak terduga jika Anda tidak mempersiapkan diri untuk apa yang mungkin terjadi.

Artikel ini akan memberikan panduancara memulai usaha untuk calon wirausahawan tentang cara memulai bisnis impian mereka, mulai dari nol hingga sukses.

Cara Memulai Usaha dari Nol

cara memulai usaha

Langkah 1: Pilih Ide Bisnis yang Tepat

Cara memulai usaha yang pertama adalah memutuskan jenis bisnis apa yang akan dimulai. Carilah ide bisnis kecil yang sesuai dengan minat Anda, tujuan pribadi Anda, dan kemampuan alami Anda.

Ini akan membantu Anda tetap termotivasi ketika keadaan menjadi sulit dan akan sangat meningkatkan peluang Anda untuk sukses.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Kasir Terbaik untuk Bisnis dan Cara Memilihnya

Langkah 2: Rencanakan Bisnis Anda

Bisnis yang sukses dibangun melalui perencanaan yang matang. Sebelum melakukan sejumlah besar uang dan sumber daya lainnya untuk bisnis Anda, analisis secara kritis ide Anda, dan buat rencana permainan. Setidaknya, Anda harus menyelesaikan hal berikut:

Pilih Nama Bisnis

Apa yang akan Anda beri nama bisnis Anda? Saat menamai bisnis, sebaiknya pilih nama yang tersedia yang mengikuti aturan penamaan negara bagian Anda dan sesuai dengan pelanggan Anda.

Temukan Lokasi Bisnis

Apakah Anda tahu di mana bisnis Anda akan berlokasi? Baik Anda membuka usaha fisik atau memulai bisnis dari rumah — lokasi bisnis Anda menginformasikan jenis lisensi dan izin yang Anda perlukan serta potensi pertumbuhan bisnis Anda.

Lakukan Riset Pasar

Sudahkah Anda mengenal pasar Anda? Sebelum Anda menulis rencana bisnis Anda, melakukan riset pasar secara menyeluruh sangat penting. Ini dapat melibatkan melakukan survei, melakukan penelitian optimisasi mesin pencari (SEO), atau mengadakan kelompok fokus.

Tujuan dari riset pasar adalah untuk lebih memahami target pasar dan pesaing Anda untuk menyusun rencana bisnis yang efektif.

Tulis Rencana Bisnis

Sudahkah Anda  menulis rencana bisnis ? Rencana bisnis yang dibuat dengan baik tidak hanya membantu Anda terorganisir saat Anda memulai bisnis kecil Anda. Rencana bisnis digunakan untuk mendapatkan pendanaan bisnis dan membantu Anda mencapai tonggak penting.

Berikut adalah beberapa komponen utama dari rencana bisnis yang ditulis dengan baik:

  • Pengembangan Produk:  Masalah apa yang dipecahkan bisnis Anda? Apa yang akan membedakan produk atau layanan Anda dari pesaing?
  • Penjualan & Pemasaran:  Siapa pelanggan potensial Anda? Bagaimana Anda akan mendapatkan perhatian mereka dan mengubah mereka menjadi pembeli?
  • Orang dan Kemitraan:  Peran apa yang perlu Anda rekrut, dan hubungan profesional apa yang perlu Anda bentuk agar berhasil?
  • Perencanaan keuangan:  Berapa banyak klien atau penjualan yang Anda perlukan untuk mencapai titik impas? Berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk sampai ke sana, dan dari mana Anda akan mendapatkan dana?

Sumber Daya Perencanaan Bisnis

  • Butuh bantuan? Temukan organisasi di daerah Anda yang dapat membantu Anda membuat perencanaan.
  • Jika Anda seorang wanita dalam bisnis, temukan pendanaan, alat, dan sumber daya dengan seri Women in Business yang hebat ini.

Langkah 3: Dapatkan Pendanaan

Bukan rahasia lagi bahwa Anda memerlukan dana untuk memulai bisnis, tetapi sebelum Anda dapat mengamankan uang yang Anda perlukan untuk menutupi biaya awal, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu.

Hitung biaya bisnis Anda sebelum mencari pendanaan dari luar. Ini akan membantu Anda memilih sumber pendanaan yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda. Selanjutnya, cerdaslah dengan pengeluaran Anda dan atur dengan membuat rencana keuangan yang terperinci.

Jelajahi Opsi Pendanaan Bisnis

  • Bootstrapping: Ini adalah pendekatan do-it-yourself untuk pendanaan bisnis yang berarti Anda menyediakan modal untuk bisnis Anda melalui tabungan pribadi serta pendapatan Anda saat ini. Setelah bisnis Anda beroperasi, keuntungan diinvestasikan kembali ke dalam bisnis untuk melanjutkan pertumbuhannya.
  • Teman dan keluarga: Membiayai bisnis Anda melalui pinjaman teman dan keluarga dapat menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan modal yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis kecil Anda. Saat menggabungkan bisnis dengan keluarga dan teman, ada baiknya untuk membuat perjanjian tertulis dan rencana pembayaran.
  • Hibah usaha kecil: Hibah usaha kecil pada dasarnya adalah pendanaan bisnis untuk bisnis Anda yang tidak perlu Anda bayar kembali. Anda dapat memperoleh hibah usaha kecil dengan menyelesaikan proses aplikasi dengan pemberi hibah.
  • Pinjaman usaha kecil: Anda biasanya dapat mengajukan pinjaman usaha kecil melalui bank atau lembaga pemberi pinjaman lainnya. Metode pendanaan ini memerlukan pembayaran kembali tetapi akan memberi Anda modal untuk menutupi biaya awal atau lebih.

Baca juga: Mengenal Konsep Penjualan dan Bedanya dengan Konsep Pemasaran

Langkah 4: Pilih Struktur Bisnis

Cara memulai usaha keempat adalah dengan mendaftarkan perusahaan Anda sebagai entitas bisnis yang sah — seperti , korporasi, atau nirlaba — memiliki dua keuntungan utama yaitu:

  • Meningkatkan kredibilitas
  • Perlindungan dari tanggung jawab pribadi jika bisnis Anda digugat

Cari tahu struktur bisnis mana yang tepat untuk bisnis baru Anda. Di bawah ini adalah bentuk kepemilikan bisnis yang bisa Anda jadikan sebagai referensi pilihan:

Perusahaan Perseorangan

Perusahaan perseorangan adalah struktur bisnis informal yang tidak tergabung atau terpisah dari pemiliknya. Ini berarti bahwa 100% keuntungan bisnis jatuh ke tangan pemiliknya.

Namun, 100% dari kewajiban keuangan jika bisnis menimbulkan hutang atau dituntut jatuh pada pemiliknya juga.

Kemitraan

Kemitraan , seperti kepemilikan tunggal, adalah struktur bisnis informal yang tidak berhubungan tetapi dengan banyak pemilik. Demikian pula, kemitraan tidak memiliki perlindungan kewajiban yang Anda temukan dengan struktur bisnis formal.

Korporasi

Korporasi adalah badan hukum terpisah yang dimiliki oleh para pemegang sahamnya. Perusahaan memiliki peraturan yang lebih formal daripada LLC dan cenderung lebih menarik bagi investor. Sebagian besar perusahaan besar seperti Apple termasuk dalam kategori korporasi.

Nirlaba

Organisasi nirlaba adalah organisasi yang didanai oleh sumbangan, bukan investor. Organisasi nirlaba biasanya dibuat untuk memajukan tujuan sosial dan dibebaskan dari pembayaran pajak. Palang Merah adalah contoh dari organisasi semacam itu.

Jika Anda memilih untuk tidak mendaftarkan perusahaan Anda sebagai entitas bisnis, Anda akan bertanggung jawab secara pribadi atas hutang dan kewajiban bisnis Anda.

Langkah 5: Menentukan Bentuk Bisnis Anda

Jika menurut Anda memulai sebuah korporasi tepat untuk bisnis Anda, ada lima langkah untuk memulai bisnis Anda sebagai sebuah korporasi. Selain itu, Anda harus memutuskan jenis korporasi yang akan menjadi tujuan bisnis Anda, seperti korporasi C, korporasi S, atau korporasi B.

  1. Beri Nama Perusahaan Anda
  2. Pilih Agen Terdaftar
  3. Mengadakan Rapat Organisasi
  4. Mengurus dokumen pendaftaran
  5. Dapatkan izin pendirian usaha

Baca juga: Tips Menjadi Eksportir Sukses yang Harus Anda Tahu

Langkah 6: Siapkan Perbankan Bisnis, Kartu Kredit, dan Akuntansi

Menggunakan rekening bank dan kredit bisnis khusus sangat penting untuk perlindungan aset pribadi.

Ketika akun pribadi dan bisnis Anda bercampur, aset pribadi Anda (rumah, mobil, dan barang berharga lainnya) berisiko jika bisnis Anda digugat. Dalam hukum bisnis, ini disebut sebagai piercing your corporate veil .

Anda dapat melindungi bisnis Anda dengan tiga langkah berikut:

1. Membuka Rekening Bank Bisnis

  • Memisahkan aset pribadi Anda dari aset perusahaan Anda, yang diperlukan untuk perlindungan aset pribadi.
  • Membuat akuntansi dan pelaporan pajak lebih mudah.

2. Mendapatkan Kartu Kredit Bisnis:

  • Membantu Anda memisahkan pengeluaran pribadi dan bisnis.
  • Membangun sejarah kredit perusahaan Anda, yang dapat berguna untuk meningkatkan modal (misalnya, pinjaman usaha kecil  dan hibah usaha kecil ) di kemudian hari.

3. Menyiapkan Akuntansi Bisnis

Sistem akuntansi membantu Anda melacak kinerja bisnis Anda dan menyederhanakan pengajuan pajak tahunan. Software akuntansi berkualitas memungkinkan Anda mengunduh transaksi bank dan kartu kredit, membuat akuntansi menjadi cepat dan mudah.

Pelajari lebih lanjut tentang pentingnya akuntansi dan bagaimana memulai akuntansi hari ini. Atau, pekerjakan akuntan bisnis untuk membantu Anda menavigasi semua kebutuhan akuntansi dan pajak bisnis Anda, mulai dari penggajian hingga pajak penjualan.

Banner 2 kledo

Langkah 7: Dapatkan Asuransi

cara memulai usaha

Asuransi bisnis membantu Anda mengelola risiko dan fokus pada pertumbuhan bisnis Anda. Jenis asuransi bisnis yang paling umum yang harus Anda pertimbangkan adalah:

  • Asuransi Tanggung Jawab Umum
  • Asuransi Kompensasi Pekerja
  • Asuransi Tanggung Jawab Profesional

Kami menyarankan agar semua usaha kecil, termasuk bisnis rumahan, membeli polis kewajiban umum. Bisnis yang menjual nasihat atau layanan profesional, seperti firma konsultan dan akuntansi, juga harus mempertimbangkan kebijakan kewajiban profesional.

Setiap negara bagian memiliki persyaratan kompensasi pekerjanya sendiri dan seringkali bergantung pada jumlah karyawan yang dimiliki sebuah bisnis.

Langkah 8: Dapatkan Izin dan Lisensi

Untuk menjalankan bisnis baru Anda secara legal, Anda harus mematuhi peraturan pemerintah pusat, daerah, dan lokal.

Dalam banyak kasus, ini melibatkan memperoleh satu atau lebih izin usaha dan/atau lisensi. Misalnya, sebuah restoran kemungkinan akan memerlukan izin kesehatan, izin bangunan, izin signage, dll.

Baca juga: Pentingnya Customer Support dan Tips Meningkatkannya

Langkah 9: Pekerjakan Karyawan

Untuk bisnis apa pun (kecuali jika Anda berencana untuk menjadi satu-satunya karyawan bisnis Anda), membangun tim yang kuat adalah langkah penting berikutnya dalam memulai bisnis yang sukses.

Tapi ini bukan hanya tentang menemukan orang yang tepat; Anda perlu memastikan bahwa Anda tetap mematuhi persyaratan untuk mempekerjakan karyawan secara legal.

Setelah Anda membangun tim, kami sangat menyarankan untuk menggunakan layanan penggajian untuk mengeluarkan cek gaji, melacak waktu, dan membuat musim pajak lebih mudah dikelola.

Langkah 10: Tentukan Merek Anda

Bisnis terkuat dan paling berkesan dibangun di atas merek yang solid. Saat mengembangkan merek Anda, Anda harus mempertimbangkan:

  • apa bisnis Anda berdiri? 
  • apa nilai inti Anda? 
  • apa yang akan mendapatkan kepercayaan pelanggan? 

Setelah Anda merasa yakin dengan jawaban Anda atas pertanyaan-pertanyaan ini, saatnya beralih ke nama bisnis Anda. Nama bisnis Anda adalah landasan branding yang baik dan bisnis yang sukses.

Baca juga: Cara Memilih Partner Bisnis yang Menguntungkan

Langkah 11: Bangun Situs Web Bisnis Anda

Setelah menentukan merek Anda dan membuat logo Anda, cara memulai usaha selanjutnya adalah membuat situs web untuk bisnis Anda.

Meskipun membuat situs web adalah langkah penting, beberapa orang mungkin takut situs tersebut tidak terjangkau karena mereka tidak memiliki pengalaman membuat situs web.

Meskipun ini mungkin merupakan ketakutan yang masuk akal pada tahun 2015, teknologi web telah melihat kemajuan besar dalam beberapa tahun terakhir yang membuat kehidupan pemilik usaha kecil menjadi lebih sederhana.

Berikut adalah alasan utama mengapa Anda tidak boleh menunda membangun situs web Anda:

  • Semua bisnis yang sah memiliki situs web – titik penuh. Ukuran atau industri bisnis Anda tidak masalah dalam hal membuat bisnis Anda online.
  • Akun media sosial seperti halaman Facebook atau profil bisnis LinkedIn bukanlah pengganti situs web bisnis yang Anda miliki dan kendalikan.
  • Alat pembuat situs web seperti blogger dan wordpress telah membuat pembuatan situs web dasar menjadi sangat sederhana.

Langkah 12: Promosikan dan Pasarkan Bisnis Anda

Mempromosikan Bisnis Anda

Ada banyak metode berbeda untuk mempromosikan bisnis Anda, tetapi metode yang paling efektif adalah:

  1. Blog
  2. Facebook
  3. Youtube
  4. Google My Business
Blog

Blog adalah cara yang bagus untuk mempromosikan merek Anda dan merupakan salah satu strategi yang paling hemat biaya karena:

  • Memberikan publisitas
  • Bangun merek Anda di web
  • Tingkatkan SEO situs web Anda, dorong lebih banyak pelanggan ke situs web Anda
  • Apakah biaya satu kali dalam hal usaha dan uang
  • Memiliki manfaat jangka panjang
Facebook

Halaman Facebook adalah cara yang bagus dan gratis untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda. Tapi, itu memang membutuhkan upaya berkelanjutan untuk menjadi sukses.

Halaman Facebook dapat digunakan untuk:

  • Bangun kehadiran bisnis lokal Anda
  • Pamerkan produk dan layanan bisnis Anda
  • Berkomunikasi dengan pelanggan Anda
  • Dapatkan dan bagikan ulasan dari pelanggan
  • Promosikan bisnis Anda melalui iklan, meskipun ini mungkin tidak cocok untuk bisnis Anda.
Youtube

Dengan miliaran pengguna YouTube global, ada basis pelanggan raksasa yang mencari konten yang dapat diproduksi oleh bisnis Anda. Saluran YouTube untuk bisnis Anda dapat digunakan untuk:

  • Tingkatkan SEO Anda dengan meningkatkan peringkat Google dan tingkat konversi Anda.
  • Dorong keterlibatan media sosial dan ciptakan ikatan yang lebih kuat dengan pelanggan Anda.
  • Memberikan penjelasan rinci tentang produk dan layanan.
Google My Business

Google My Business adalah alat yang berguna yang memungkinkan bisnis untuk mengelola bagaimana bisnis mereka muncul di halaman hasil mesin pencari (SERP) Google dan peta Google. Google My Business dapat digunakan untuk:

  • Tautkan ke informasi penting tentang bisnis Anda seperti situs web, alamat fisik, jam operasional, nomor telepon, dan ulasan pelanggan.
  • Tingkatkan kesadaran merek dengan meningkatkan SEO lokal dan mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda.
  • Terlibat dengan pelanggan dan tingkatkan kredibilitas.

Baca juga: Download Nota Kosong Docs, PDF, dan Excel Gratis

Kesimpulan

Sekarang setelah Anda mengetahui cara memulai usaha Anda sendiri, ingatlah bahwa mengembangkannya dengan cepat tidak boleh menjadi tujuan utama Anda.

Dibutuhkan banyak usaha dan waktu untuk menganalisis kebutuhan pelanggan, memberikan layanan pelanggan yang baik, dan membangun loyalitas agar merek Anda berkembang.

Dengan semua informasi yang kami berikan, kami berharap Anda lebih dari siap untuk memulai dan mengembangkan bisnis Anda sendiri.

Guna mendukung kelancaran bisnis, kehadiran software akuntansi seperti Kledo akan sangat membantu proses pengelolaan keuangan bisnis Anda. Denga Kledo, Anda bisa mengelola keuangan lebih mudah dan dapat memantau performa bisnis darimana saja dan kapan saja.

Kledo merupakan software berbasis cloud yang memiliki lebih dari 30 fitur akuntansi terbaik seperti invoice, purchase, manajemen stok, laporan laba rugi, dan beragam fitur terbaik lainnya.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk beralih gunakan Kledo sekarang juga! Jika Anda ingin mencoba Kledo secara gratis selama 14 hari Anda bisa mengunjungi link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − fifteen =