Ingin Memakai Jasa Endorse Instagram? Berikut Daftar Harganya!

Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis, salah satu cara yang saat ini tengah popular adalah endorse. Endorse biasanya dilakukan oleh pelaku bisnis yang menjual produk di media sosial, khususnya di Instagram. Buat Kawan Kledo yang masih baru di dunia bisnis, pasti penasaran banget dengan teknik promosi endorse ini dan ingin tahu bagaimana cara endorse yang efektif, bukan?

Termasuk berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk satu kali melakukan endorse. Nah, buat Kawan Kledo yang penasaran dengan hal-hal tersebut, Kawan Kledo sudah ada di artikel yang tepat. Di sini Kledo akan membahas semua hal mengenai endorse secara lengkap. Jadi, pastikan Kawan Kledo membaca artikel ini hingga selesai, ya!

Apa itu Endorse?

media sosial

Endorse berasal dari kara endorsement dari bahasa Inggris yang berarti dukungan, pengesahan, dan persetujuan terhadap suatu hal. Dengan kata lain endorse merupakan salah satu jenis promosi pengiklanan yang melibatkan orang lain untuk mendukung dan memasarkan produk baik berupa barang atau jasa. Endorse merupakan salah satu bentuk promosi di dunia digital marketing.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi media sosial sekarang ini, endorsement banyak dipilih oleh pelaku bisnis karena kemudahan yang dimilikinya. Endorsement dipilih karena tidak membutuhkan banyak biaya dan peraturan, sedangkan hasilnya sangat memengaruhi penjualan.

Endorsement juga sangat praktis dan tidak ribet, dimana kedua belah pihak dapat melakukan transaksi hanya dengan pesan singkat. Setelah sepakat dengan ketentuan dan biaya endorse, pihak pemilik bisnis akan mengirimkan barang atau foto yang akan digunakan untuk endorsement.

Keuntungan Endorse

endorse instagram

Setelah mengetahui pengertian endorsement, berikut keuntungan yang akan Kawan Kledo dapatkan dengan melakuakn endorsement:

1. Cara Promosi yang Efektif

Endorsement merupakan cara promosi yang efektif. Selebgram akan mempromosikan produk Kawan Kledo dan akan ada banyak pengikut dari selebgram tersebut yang penasaran dengan produk yang dipromosikan sehingga akan melihat akun bisnis Kawan Kledo dari tag di foto tersebut.

2. Dapat Meminimalisir Biaya Pemasaran

Jika dibandingkan dengan iklan di televisi, biaya endorse jauh lebih kecil. Kawan Kledo cukup mengirimkan barang yang akan di-endorse beserta fee-nya. Dengan cara endorse ini, produk Kawan Kledo dapat dilihat oleh banyak orang. Dengan begitu Kawan Kledo dapat meminimalisir biaya pemasaran.

3. Untuk Meningkatkan Penjualan

Selegram merupakan seorang public figure dan menjadi inspirasi para followers. Para followers akan mengikuti gaya dari selebgram dan ini bisa menjadi cara yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.

4. Produk akan Dikenal

Selain dapat meningkatkan penjualan, teknik endorsement juga akan membuat produk Kawan Kledo dikenal. Produk Kawan Kledo yang dipromosikan oleh selebgram akan dikenal oleh pengikut selebgram tersebut. Terlebih jika Kawan Kledo memilih selebgram dari segmen pasar yang berbeda. Kawan Kledo dapat memperluas pasar dan mendapatkan pasar baru.

5. Dapat Meningkatkan Kredibilitas

Tidak hanya memberikan keuntungan finansial, endorsement juga akan meningkatkan brand awarenss. Oleh karenanya, tidak jarang bisnis yang telah memiliki nama akan tetap melakukan endorse untuk terus meningkatkan brand awareness.

Kriteria Endorsement

endorse instagram

Dalam memilih akun untuk endorse, Kawan Kledo tidak boleh asal memilih. Berikut beberapa kriteria endorsement yang dapat dijadikan patokan Kawan Kledo dalam memilih endorsement:

1. Jumlah Pengikut

Dalam menentukan siapa yang akan Kawan Kledo endorse, Kawan Kledo bebas memilih siapa pun. Namun Kawan Kledo harus mempertimbangkan beberapa hal, salah satunya adalah jumlah pengikut. Pengikut atau followers ini yang akan menentukan berapa jumlah orang yang akan melihat postingan tersebut. Contohnya adalah Kawan Kledo memilih meng-endorse selebgram dengan jumlah followers 1 juta, maka postingan promosi tersebut berpotensi akan mendapatkan pemirsa sebanyak 1 juta.

2. Engegement Rate

Tidak ada jaminan endorse yang Kawan Kledo pilih akan dilihat oleh banyak pengikut selebgram tersebut. Hal ini dikarenakan algoritma postingan di media sosial tidak ditentukan oleh jumlah pengikut namun ini berhubungan dengan engagement rate.

Engagement rate merupakan persentase perbandingan antara jumlah pengikut yang aktif berinteraksi di media sosial, dibandingkan dengan total jumlah pengikut. Semakin banyak engagement rate sebuah akun, maka semakin besar potensi produk yang dipromosikan akan dilihat oleh banyak orang.

Jadi, bagi Kawan Kledo yang ingin mempromosikan bisnis Kawan Kledo dengan teknik endorsement, tanyakan terlebih dahulu berapa engagement rate yang dimilikinya. Selain untuk melihat potensi pemirsa dari promosi yang dilakukan, engagement rate juga dapat mengetahui jika terdapat pengikut palsu atau fake followers. Karena tidak jarang ada artis atau selebgram membeli followers untuk menaikan harga endorsement mereka.

3. Sosok Representatif

Sebelum memilih artis atau selebgram untuk endorse, Kawan Kledo harus memperhatikan kesesuaian akun artis atau selebgram tersebut dengan produk yang akan dipromosikan. Kawan Kledo bisa melihatnya dari apa yang sering ditampilkan di Instagram artis atau selebgram tersebut.

Sebagai contoh, Kawan Kledo menjual produk skincare dan ingin mempromosikan produk tersebuat dengan cara endorse. Jika Kawan Kledo ingin promosi berjalan efektif, pastikan artis atau selebgram yang dipilih yang memang memiliki ketertarikan terhadap skincare.

Dengan begitu, jika selebgram atau artis tersebut sering membahas skincare, maka pengikutnya akan tertarik juga dengan skincare. Dengan begitu, iklan atau promosi yang Kawan Kledo buat akan berjalan dengan efektif. Selain itu, Kawan Kledo juga harus memperhatikan usia pengikut selebgram atau artis tersebut, karena ini juga memengaruhi efektifitas promosi yang dibuat.

Harga Endorse Instagram

harga endorse instagram

Setelah mengetahui kriteria endorse di Instagram, selanjutnya Kawan Kledo pasti ingin tahu berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan jasa endorse di Instagram ini. Biaya yang diperlukan untuk menggunakan jasa endorse sangat beragam. Bahkan bisa dibilang tidak ada ketentuan khusus tentang harga endorse ini. Harga endorse sepenuhnya ditentukan oleh pemilik akun Instagram tersebut.

Namun berdasarkan riset yang telah dilakukan oleh Getcraft, ditemukan data biaya endorse selebgram berdasarkan besaran pengikut mereka. Data biaya endorse ini kemudian dikategorikan menjadi 3 (tiga). Sebelum membahas tiga kategori tersebut, berikut katergori influencer yang dibedakan berdasarkan jumlah pengikut:

  1. Micro I yaitu jumlah pengikut 1000 – 24.999
  2. Micro II yaitu jumlah pengikut 25.000 – 49.999
  3. Micro III yaitu jumlah pengikut 50.000 – 99.999
  4. Macro I yaitu jumlah pengikut 100.000 – 249.999
  5. Macro II yaitu jumlah pengikut 250.000 – 499.999
  6. Premium I yaitu jumlah pengikut 500.000 – 749.999
  7. Premium II yaitu jumlah pengikut 750.000 – 999.999
  8. Celebriti yaitu jumlah pengikut 1 juta – lebih.

Berikut besaran biaya yang dibagi menjadi 3 (tiga) kategori:

Posting Foto Instagram

Jenis endorse pertama adalah postingan foto Instagram. Setiap influencer memiliki persyaratan yang berbeda, tergantung berapa lama postingan akan bertahan dan caption di postingan tersebut. Harganya berkisar mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Untuk lebih jelasnya, Kawan Kledo bisa melihat daftarnya berikut ini:

  1. Micro I yaitu Rp1.321.454.
  2. Micro II yaitu Rp1.850.630
  3. Micro III yaitu Rp2.557.654
  4. Macro I yaitu Rp4.552.451
  5. Macro II yaitu Rp7.220.000
  6. Premium I yaitu Rp9.500.000
  7. Premium II yaitu Rp9.900.000
  8. Celebriti yaitu Rp16.702.703

Posting Video Instagram

Selain postingan foto, endorse juga bisa dilakukan dengan postingan video di Instagram. Postingan endorse video lebih mahal dibandingkan endorse foto di Instagram. Berikut perkiraan biaya yang harus dikeluarkan untuk endorse postingan video:

  1. Micro I harga Rp. 2.760.560
  2. Micro II harga Rp. 4.188.690
  3. Micro III harga Rp. 5.472.059
  4. Macro I harga Rp. 7.749.419
  5. Macro II harga Rp. 12.331.132
  6. Premium I harga Rp. 13.107.142
  7. Premium II harga Rp. 18.970.558
  8. Celebriti harga Rp. 27.718.750

Posting Instagram Story

Selain melalui postingan foto dan video, endorse juga bisa dilakukan di postingan Instagram Story. Harga endorse Instagram Story biasanya lebih murah karena postingan akan hilang dalam 24 jam. Untuk lebih jelas, berikut rincian harganya:

  1. Micro I harga Rp983.333
  2. Micro harga Rp1.270.291
  3. Micro harga Rp1.570.604
  4. Macro harga Rp2.253.080
  5. Macro harga Rp4.089.583
  6. Premium harga Rp4.608.108
  7. Premium harga Rp4.714.286
  8. Celebriti harga Rp8.028.571.

Kesimpulan

Endorse di Instagram kini banyak dipilih untuk mempromosikan bisnis. Selain murah, endorse Instagram dipilih karena cukup efektif untuk promosi bisnis. Buat Kawan Kledo yang ingin mencoba cara promosi ini bisa mengetahui harga endorse yang telah dijelaskan di atas.

Selain promosi endorse Instagram, pastikan Kawan Kledo mengelola keuangan dengan baik. Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Yuk daftar Kledo sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *