Mengenal Apa itu Cloud Computing dan Fungsinya Dalam Bisnis

cloud computing

Cloud computing atau komputasi awan adalah bagian penting dari sebagian besar infrastruktur teknologi bisnis perusahaan. Beberapa bisnis menjalankan lingkungan hybrid-cloud atau multi-cloud, sementara yang lain mungkin berjalan sepenuhnya di cloud pribadi.

Untuk alasan ini, setiap profesional TI yang bekerja dengan teknologi harus memahami pentingnya cloud computing untuk bisnis saat ini.

Pada artikel ini, kami menjelaskan apa itu cloud computing, berbagai jenisnya, dan mengapa perusahaan menggunakannya, dan berbagai proses bisnis yang bisa dipermudah dengan cloud computing.

Apa itu Cloud Computing?

cloud computing

Cloud computing adalah istilah luas yang menjelaskan proses yang terjadi ketika komputasi dan penyimpanan data ditawarkan dalam sumber daya yang berorientasi pada pengguna melalui bantuan internet.

Cloud, sebagai sumber daya komputasi adalah alat yang ampuh yang memungkinkan bisnis perusahaan untuk melakukan berbagai fungsi penting, menggunakan sumber daya yang lebih sedikit, dengan cara yang paling ramah pengguna dan pada platform hemat biaya.

Manfaat cloud computing sangat banyak bagi bisnis dan akan dibahas lebih rinci pada artikeli ini.

Berbagai Jenis Cloud Computing

Bisnis dapat menggunakan sistem cloud dengan beberapa cara:

  • Hybrid cloud: Lingkungan hybrid cloud mencakup kombinasi server lokal dan komputasi awan.
  • Multi-cloud: Lingkungan multi-cloud terjadi ketika beberapa layanan cloud digunakan tanpa hubungan dan integrasi satu sama lain.
  • Private cloud: Infrastruktur cloud yang sepenuhnya dikelola oleh entitas swasta. Misalnya, bisnis perusahaan besar dapat memiliki sumber daya untuk mengembangkan, mengamankan, memantau, dan memelihara platform cloud pribadi mereka sendiri.

Sebuah bisnis dapat menggunakan pendekatan hybrid cloud dan multi-cloud, karena ini lebih murah. Banyak bisnis menggunakan beberapa versi dari keduanya.

Apa beberapa model layanan sistem cloud yang mungkin dipilih oleh bisnis perusahaan, semua komputasi awan memiliki beberapa karakteristik, seperti:

  • Layanan mandiri sesuai permintaan atau self service on demand. Pengguna dapat mendaftar, melakukan pembayaran, dan membuat akun sesuai permintaan untuk mulai menggunakan cloud.
  • Akses langsung melalui internet. Semua layanan cloud memerlukan akses internet.
  • Sumber daya yang digunakan bersama atau resources are pooled. Pelanggan mengakses server bersama dan berbagi sumber daya di atasnya.
  • Mudah diskalakan sesuai kebutuhan. Penggunaan pelanggan dapat tumbuh dengan mudah dengan kebutuhan bisnis.
  • Layanan yang dapat diukur. Pelanggan dikenakan biaya untuk sumber daya yang digunakan.

Baca juga: Strategi Pemasaran Produk Ke Luar Negeri dan Prinsip yang Harus Anda Tahu

Proses Bisnis yang Bisa dilakukan Menggunakan Cloud Computing

Berikut ini adalah alasan penting mengapa bisnis menggunakan komputasi awan:

Buat aplikasi di cloud

Pengembang mendapat manfaat dari seluruh rangkaian alat pengembangan yang dapat dikurasi secara khusus di cloud. Seluruh siklus pengembangan dapat terjadi di cloud, termasuk membuat lingkungan pengujian. Aplikasi web adalah cloud-native, yang memungkinkan pembuatan dan penyebaran cepat.

Membantu dengan backup, penyimpanan dan pemulihan data.

Banyak bisnis menggunakan cloud sebagai bagian dari rencana pemulihan bencana yang lebih besar. Teknologi cloud, dalam beberapa kasus, telah menggantikan penyimpanan data yang berlebihan dalam satu lokasi.

Dalam kasus lain, infrastruktur cloud memungkinkan pekerja mengakses beban kerja dari lokasi mana pun, jika terjadi bencana.

Misalnya dalam proses akuntansi dan pembukuan, Anda bisa mencoba menggunakan proses cloud untuk mempermudah melakukan pencatatan transaksi dan juga menyimpan data keuangan Anda.

JIka Anda adalah pemilik bisnis dan tertarik menggunakan sistem cloud untuk proses pembukuan bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi pnline Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini pada gambar di bawah ini:

Banner 3 kledo

Streaming multimedia

Pemrosesan cloud kaya dengan fungsionalitas yang memungkinkan pengguna untuk mengalirkan semua jenis media digital baik itu webinar atau lagu favorit untuk membuat karyawan menjalani hari kerja.

Analisis data untuk keperluan bisnis

Teknologi platform business intelligence menjadi sumber daya penting di zaman di mana data mendominasi dunia perusahaan.

Komputasi awan menawarkan wawasan bisnis tentang data melalui pemrosesan analisis data di cloud. Alat Cloud BI menawarkan visualisasi dan dasbor bermanfaat yang membantu pengambil keputusan menafsirkan data dengan cepat.

Baca juga: Strategi Influencer Marketing yang Bisa Anda Terapkan Dalam Bisnis

Fungsi Cloud Computing dalam Sebuah Bisnis

Ada banyak alasan mengapa penerapan cloud computing bermanfaat bagi bisnis. Berikut adalah manfaat teratas:

Aksesibilitas

Karena pengguna dapat dibuat sesuai permintaan, teknologi cloud sangat mudah diakses. Siapa pun yang memiliki internet dan kartu kredit atau akun perbankan online yang diterima dapat membeli layanan cloud.

Efisiensi biaya

Sebagian besar layanan cloud meminta pelanggan membayar hanya untuk apa yang mereka gunakan. Hal ini memungkinkan bisnis untuk beroperasi dengan biaya dalam pikiran.

Efektifitas

Banyak bisnis yang beralih ke cloud menghargai betapa mudahnya menskalakan penggunaan cloud untuk kebutuhan bisnis. Alih-alih harus memperoleh perangkat keras baru dan menginstal banyak perangkat lunak baru, aplikasi cloud mempermudah perusahaan untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan saat mereka membutuhkannya.

Baca juga: 10 Ide Promo Valentine yang Bisa Anda Gunakan Untuk Bisnis

Redundansi dan ketahanan

Cloud dapat menawarkan ketenangan pikiran bagi para pemimpin bisnis, karena menawarkan redundansi dan ketahanan jika terjadi bencana.

Efisiensi sumber daya

Bisnis yang ingin menghemat uang paling banyak akan menyusun strategi seputar efisiensi sumber daya untuk memaksimalkan sumber daya cloud yang ada. Ini mengarah pada proses yang lebih ramping.

Jenis Cloud Computing

Dalam hal bagaimana pelanggan menggunakan komputasi awan, bisnis perusahaan mendapat manfaat dari banyak model layanan yang dapat dipilih untuk memenuhi kebutuhan pemanfaatan bisnis.

Berikut adalah beberapa jenis layanan cloud computing yang tersedia di pasar saat ini:

Software as a service

Ketika pelanggan membeli produk Software-as-a-Service (SaaS), mereka mendapatkan berbagai fungsionalitas perangkat lunak yang memiliki semua karakteristik cloud computing.

Layanain ini disediakan untuk banyak pengguna dan memiliki beberapa konfigurasi, termasuk hal-hal seperti hierarki akses pengguna. Ini adalah software yang mudah diatur dan mulai digunakan dengan cepat.

Salah satu software as a service adalah software akuntansi Kledo yang memungkinkan Anda untuk melakukan proses pengelolaan akuntansi kapanpun dan dimanapun Anda mau.

Baca juga: Mengetahui Manfaat Otomatisasi Akuntansi dalam Sebuah Bisnis

Infrastructure-as-a-Service

Infrastructure-as-a-Service menangani (IaaS) produk komputasi infrastruktur yang ada di cloud. Banyak penyedia infrastruktur sebagai layanan menawarkan beragam layanan yang dicirikan oleh kemampuannya untuk memungkinkan seluruh siklus proses pengembangan di cloud.

Orang yang menggunakan IaaS sering kali merupakan pengembang yang menggunakan kekuatan komputasi digital untuk membuat program yang penting untuk infrastruktur bisnis seperti alat business intelligence dan database kustom.

Platform-as-a-Service

Mirip dengan IaaS, Platform-as-a-Service (PaaS) juga menargetkan pengembang. Namun, PaaS dirancang untuk pengembangan layanan yang mudah dan cepat yang dapat meningkatkan model bisnis perusahaan.

PaaS mungkin memiliki blok penyusun templates atau containers atau library yang digunakan pengembang untuk membuat aplikasi dan produk baru untuk membantu kebutuhan bisnis.

Function-as-a-Service

Function-as-a-Service (FaaS) memungkinkan pengembang membuat fungsi yang aktif saat digunakan oleh pengguna. Ini hanyalah sepotong kode yang memicu respons terhadap interaksi yang diinginkan. Semua penyedia IaaS terkemuka menawarkan FaaS di atas penawaran layanan kerangka kerja reguler mereka.

Baca juga: Mau Melakukan Evaluasi Bisnis? Perhatikan Hal-hal Berikut Ini

Tips untuk Memilih Sistem Cloud Computing

cloud computing

Berikut adalah beberapa informasi untuk membantu Anda memilih model komputasi awan yang paling sesuai untuk bisnis Anda:

Evaluasi anggaran Anda

Pertimbangkan berapa banyak yang dapat dikeluarkan oleh bisnis Anda untuk menginstal atau meningkatkan layanan cloud computing dalam bisnis Anda.

Sistem dan layanan pengelolaan komputasi awan yang menawarkan sumber daya bersama atau kapasitas penyimpanan dan kinerja yang terbatas, seperti public cloud, cenderung lebih murah.

Namun, jika organisasi Anda membutuhkan lebih banyak privasi atau kontrol yang lebih besar atas beberapa sumber daya cloud Anda, mungkin ada baiknya menganggarkan untuk sistem atau arsitektur layanan cloud yang lebih mahal.

Pertimbangkan kebutuhan komputasi Anda

Evaluasi kebutuhan komputasi organisasi Anda, seperti kecepatan kinerja, keamanan siber, agility, dan konektivitas. Berbagai jenis arsitektur dan layanan cloud mungkin lebih cocok untuk beberapa bisnis daripada yang lain.

Misalnya, jika bisnis Anda mengembangkan program perangkat lunak, sistem cloud tanpa server atau PaaS mungkin memberi Anda agility yang Anda butuhkan untuk menguji, membuat, dan meluncurkan aplikasi baru.

Nilai standar kepatuhan dalam industri Anda

Pikirkan tentang jenis cloud yang Anda perlukan untuk mematuhi standar kepatuhan industri. Beberapa industri memiliki peraturan ketat tentang bagaimana mereka perlu menangani atau menyimpan data, jadi penting untuk membiasakan diri Anda dengan protokol dan proses keamanan penyedia cloud.

Organisasi yang secara teratur menangani data sensitif atau rahasia mungkin memerlukan sistem komputasi awan yang menyediakan fitur keamanan yang ditingkatkan, seperti pengaturan pribadi atau multi-cloud.

Baca juga: Cara Mengatasi Penurunan Penjualan dan Membuat Bisnis Kembali Membaik

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai cloud computing dan fungsinya dalam sebuah bisnis. Saat ini, saat ini sistem cloud computing sudah banyak digunakan banyak bisnis dari berbagai skala mulai UMKM sampai perusahaan multinasional.

Jika Anda tertrarik menerapkan sistem ini dalam memudahkan operasional bisnis, Anda bisa mencoba tahapan sederhana untuk memulai proses transisi sistem bisnis, misalnya menggunakan cloud accounting yang akan memudahkan proses pembukuan dan administrasi bisnis Anda.

Cloud accounting seperti Kledo misalnya, sudah banyak digunakan para pemilik bisnis untuk mempermudah proses pencatatan pembukuan, pembuatan laporan keuangan, melakukan manajemen stok, membuat faktur secara digital, dan masih banyak lagi.

Jika Anda tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven − 5 =