Strategi Operasi: Pengertian dan Cara Mengadopsinya Dalam Bisnis

strategi operasi

Bagi sebagian besar bisnis, kesuksesan bukanlah kejadian yang kebetulan, melainkan serangkaian keputusan tepat yang diambil pada saat yang tepat. Perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan yang cermat menentukan keberhasilan bagi sebagian besar bisnis dan semua ini dimulai dengan menentukan strategi operasi yang tepat.

Namun apa itu strategi operasi dan bagaimana menerapkan strategi yang tepat pada bisnis? Pada artikel ini kita akan membahas hal ini secara lebih mendalam untuk efektifitas bisnis Anda.

Apa itu Strategi Operasi?

strategi

Strategi operasi adalah rencana yang dikembangkan oleh tim manajemen suatu organisasi untuk mengalokasikan dana ke bisnis.

Rencana ini dibangun setelah keseluruhan strategi bisnis telah dibuat; dengan demikian, strategi operasi mendukung arah strategis perusahaan.

Strategi operasional mengacu pada metode yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan mereka. Dengan mengembangkan strategi ini, perusahaan dapat memeriksa dan menerapkan sistem yang efektif dan efisien untuk menggunakan sumber daya, personel, dan proses kerja.

Perusahaan berorientasi layanan juga menggunakan strategi operasional dasar untuk menghubungkan keputusan perusahaan jangka panjang dan pendek dan menciptakan tim manajemen yang efektif.

Strategi operasi yang dikembangkan dengan baik akan menghasilkan penciptaan kemampuan produksi dan dukungan yang hemat biaya.

Baca juga: Pengertian Keunggulan Kompetitif dan Cara Menghadirkannya pada Bisnis

Mengapa strategi operasi penting dalam sebuah bisnis?

Strategi ini melibatkan penyempurnaan dan penetapan strategi perusahaan dan pengembangan inisiatif strategis dan rencana operasional, yang bertujuan untuk memungkinkan departemen dan setiap unit bisnis berhasil menerapkan strategi bisnis secara keseluruhan.

Pekerjaan tersebut meliputi antara lain:

  • Memberikan umpan balik kepada manajemen mengenai efektivitas keseluruhan strategi perusahaan dan bisnis
  • Melakukan analisis operasional terperinci untuk mengidentifikasi setiap kelalaian / masalah / area peningkatan dalam strategi menyeluruh
  • Mengembangkan rencana SMART (Specific, Measurable, Actionable, Realistic, Timebound) untuk memberikan hasil, dan
  • Menerapkan rencana aksi dan mengukur hasilnya terhadap tujuan yang telah ditetapkan dan indikator kinerja utama

5 Strategi Operasi Inti yang Harus Ada dalam Bisnis

strategi operasi

Strategi Perusahaan dan Interaksi Lintas Fungsional

Strategi perusahaan menjadikan perusahaan sebagai suatu sistem dari bagian-bagian dan saling berhubungan.

Sama seperti otot jantung bergantung pada fungsi otak dalam tubuh manusia, setiap departemen di perusahaan bergantung pada yang lain untuk tetap sehat dan mencapai hasil yang diinginkan.

Strategi yang direncanakan dan digunakan perusahaan harus mendukung strategi perusahaan dan menggunakan interaksi lintas fungsi.

Strategi yang Didorong Pelanggan

Strategi operasi harus mencakup pendekatan yang digerakkan oleh pelanggan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar sasaran.

Untuk melakukannya, perusahaan harus mengembangkan strategi yang mengevaluasi dan beradaptasi dengan lingkungan yang berubah, terus meningkatkan kompetensi inti dan mengembangkan kekuatan baru secara berkelanjutan.

Saat mengevaluasi proses pemasaran misalnya, perusahaan harus memantau tren pasar untuk memanfaatkan peluang baru dan menghindari kemungkinan ancaman.

Mengembangkan Kompetensi Inti

Kompetensi inti adalah kekuatan dan sumber daya dalam sebuah perusahaan.

Sementara kompetensi inti dapat bervariasi menurut industri dan bisnis, kompetensi tersebut dapat mencakup memiliki staf yang terlatih, lokasi bisnis yang optimal, dan keahlian pemasaran dan keuangan.

Dengan mengidentifikasi kompetensi inti, perusahaan dapat mengembangkan proses seperti kepuasan pelanggan, pengembangan produk dan membangun hubungan profesional dengan pemangku kepentingan.

Baca juga: Loyalitas Pelanggan: Pengertian dan Cara Meningkatkannya Dalam Bisnis

Banner 2 kledo

Pengembangan Prioritas yang Kompetitif

Pengembangan prioritas yang kompetitif berasal dari pembuatan strategi perusahaan, analisis pasar, mendefinisikan proses inti dan melakukan analisis kebutuhan.

Untuk menciptakan prioritas kompetitif, organisasi mengevaluasi biaya operasional, kualitas produk atau jasa, waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan memberikan barang atau jasa dan fleksibilitas barang atau jasa berkaitan dengan variasi, volume dan kustomisasi.

Prioritas kompetitif harus mencakup kemampuan untuk menyediakan produk atau layanan berkualitas dengan biaya yang wajar yang secara konsisten memenuhi kebutuhan pelanggan.

Pengembangan Produk dan Layanan

Strategi di balik pengembangan produk dan layanan harus mempertimbangkan desain, inovasi, dan nilai tambah.

Saat mengembangkan produk untuk pelanggan baru, terdapat beberapa pilihan yang bisa diambil, yaitu:

  • Perusahaan dapat memutuskan untuk menjadi pemimpin dalam memperkenalkan produk atau layanan baru
  • Menunggu pengenalan inovasi di pasar untuk meningkatkannya atau,
  • Menunggu untuk melihat apakah inovasi perusahaan berhasil sebelum bergerak maju.

Saat mengembangkan layanan, perusahaan harus mempertimbangkan untuk mengemasnya dengan manfaat psikologis dan layanan pendukung yang dapat diamati dengan segera.

Ketika mengembangkan barang atau jasa, perusahaan harus mempertimbangkan keinginan pelanggannya, bagaimana berdirinya melawan persaingan dan bagaimana langkah-langkah teknisnya berhubungan dengan kebutuhan pelanggannya.

Cara Menghadirkan Strategi Operasi yang Efektif dalam Bisnis

strategi operasi

Anda bisa menghadirkan strategi operasi yang efektif untuk kemajuan bisnis dan peningkatan keuntungan bisnis secara signifikan.

Tim Kledo telah merangkum beberapa tren dan cara melakukan efisiensi operasi bisnis secara menyeluruh, berikut adalah beberapa daftarnya:

1. Rampingkan dan sederhanakan

Jika menyederhanakan tugas atau proses dua langkah secara tiba-tiba menjadi hal yang berat, pertimbangkan untuk membuat perubahan yang perlahan.

Dunia usaha terus berkembang. Ada metode, alat, dan produk baru yang tersedia yang merampingkan operasi bisnis dan meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

Lihatlah operasi Anda sehari-hari. Apakah sistem Anda sudah ketinggalan zaman? Hanya karena Anda selalu menggunakan metode tertentu tidak berarti itu cara paling efektif untuk menyelesaikan pekerjaan.

Melepaskan kebiasaan lama yang memperlambat Anda akan membuka pintu untuk perbaikan proses bisnis.

Tentu saja, beberapa proses tidak akan pernah berubah karena membuat bisnis Anda unik.

Misalnya, kawan Kledo menjalankan restoran yang sukses menggunakan resep yang diturunkan dari generasi ke generasi, tentunya Anda tidak akan mengubah cara Anda menyiapkan hidangan.

Tapi, Anda mungkin membuang banyak waktu untuk melakukan proses administrasi seperti mengelola pembukuan dan proses akuntansi secara manual pada bisnis.

Anda dapat menggunakan software akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dan mudah digunakan agar proses operasi bisnis lebih efisien secara keseluruhan, salah satunya adalah Kledo.

Kledo adalah softwae akuntansi online yang memiliki fitur terbaik dengan harga paling terjangkau yang cocok untuk setiap jenis dan skala bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan pembukuan, memantau seluruh laporan keuangan, menghitung depresiasi aset, melakukan manajamen stok, penghitungan pajak, dan masih banyak lagi, kapanpun dimanapun Anda mau.

Tertarik menggunakan Kledo? Anda bisa mencoba Kledo secara gratis selamanya melalui tautan ini.

2. Selalu selesaikan masalah, walapun kecil

Pikirkan gangguan kecil dalam alur kerja Anda yang tidak memengaruhi bisnis? Lalu pikirkan lagi.

Sebagai pemilik usaha, Anda harus segera mengatasi setiap titik lemah pada bisnis. Masalah kecil seringkali berubah menjadi masalah besar. Kemunduran besar dapat menghabiskan waktu dan uang Anda dan bahkan menghentikan operasi bisnis.

Perhatikan baik-baik area di mana bisnis Anda dapat ditingkatkan. Pikirkan solusi untuk masalah ini, dan terapkan solusi yang menurut Anda paling berhasil.

Konsultasikan dengan pakar, kolega, dan orang lain di industri Anda untuk melihat bagaimana mereka menangani masalah serupa.

Setelah Anda memperbaiki masalah saat ini, siapkan strategi untuk mengelola masalah. Buat daftar tentang hal-hal yang harus Anda perhatikan dan tetapkan tenggat waktu untuk menyelesaikannya.

3. Ikuti tren

Hal-hal yang terjadi baik di dalam maupun di luar industri Anda memengaruhi operasi. Anda perlu menyadari tren yang terjadi pada lingkungan sekitar Anda, undang-undang yang berubah, dan keadaan nasional industri Anda.

Tetap up-to-date dengan perkembangan yang relevan dengan bisnis Anda membantu Anda menemukan praktik terbaik.

Dengan secara teratur memeriksa kondisi industri Anda, Anda dapat menjadi yang terdepan dalam persaingan. Tren dapat menginspirasi inovasi, membantu Anda menemukan cara baru untuk meningkatkan penawaran dan memangkas biaya.

4. Selalu ukur kinerja bisnis Anda

Identifikasi tujuan Anda dengan bertanya pada diri sendiri apa yang ingin Anda capai. Jangan hanya mengatakan tujuan Anda adalah menghasilkan lebih banyak uang.

Anda membutuhkan tujuan bisnis yang jelas dan terukur. Jika Anda ingin menghasilkan lebih banyak uang, berapa banyak? Dan, bagaimana Anda akan melakukan ini?

Rencanakan langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti untuk mencapai tujuan dan ukur seberapa baik Anda menjalankan rencana tersebut.

Gunakan sistem standar untuk menilai kinerja bisnis Anda. Ukur KPI bisnis kecil Anda dengan metode yang sama setiap saat. Cari pola dalam data Anda.

Gunakan pola untuk membuat keputusan cerdas untuk operasi bisnis Anda.

5. Selalu perhatikan karyawan

Karyawan adalah mata dan telinga operasi bisnis Anda. Jika ada titik lemah di sistem Anda, kemungkinan karyawan mengetahuinya.

Kemungkinan juga mereka menginginkan proses yang lebih baik untuk menyelesaikan tugas.

Tetapi ketika staf Anda menganggap Anda adalah pemimpin yang buruk, mereka biasanya tidak termotivasi untuk memberikan solusi.

Libatkan karyawan Anda dalam meningkatkan dan merencanakan strategi operasi bisnis. Tanyakan kepada staf Anda di mana perbaikan dapat dilakukan.

Catat kekurangan yang ditunjukkan dan solusi yang ditawarkan. Pastikan karyawan Anda tahu pendapat mereka penting dan Anda terbuka untuk saran.

Selain mempercepat peningkatan proses bisnis Anda, menunjukkan kepada karyawan Anda bahwa mereka menambah nilai bagi bisnis kecil Anda dapat menghilangkan stres dari rencana manajemen kepegawaian Anda dengan menjaga pergantian karyawan seminimal mungkin.

6. Sisihkan waktu untuk melakukan refleksi

Sulit untuk tidak terjebak dalam kesibukan sehari-hari dalam menjalankan bisnis. Tetapi jika Anda lupa untuk berhenti dan melihat operasi bisnis Anda secara keseluruhan, Anda tidak akan pernah tahu apakah cara yang Anda ambil berjalan efektif.

Ambil langkah mundur untuk meninjau rencana dan proses bisnis Anda. Jadwalkan waktu sebagai bagian dari minggu kerja Anda untuk menindaklanjuti evaluasi Anda.

Saat Anda merenungkan keberhasilan upaya operasi Anda, putuskan proses mana yang berhasil dan mana yang harus dijalankan. Terus mencoba praktik baru untuk mendorong bisnis Anda maju.

Kesimpulan

Strategi operasi adalah hal yang perlu kawan Kledo perhatikan dengan cermat agar seluruh proses operasi dalam bisnis berjalan sesuai rencana yang telah dibuat.

Disisi lain, perencanaan strategi operasi yang baik tidak terlepas dari data keuangan yang sesuai realita perusahan.

Tanpa data keuangan yang faktual, tentunya Anda bisa membuat rencana dan strategi operasional bagi bisnis Anda. Buatlah laporan keuangan berdasarkan data transaksi yang real dan minim kesalahan.

Untuk membuat laporan kaeuangan dan proses pembukuan yang efisien, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, mudah digunakan, dan juga menjamin keamanan data Anda, contohnya adalah Kledo.

Hanya dengan 130 ribu perbulan, Anda bisa mendapatkan fitur terlengkap untuk kemudahan pembukuan bisnis Anda.

Tidak percaya? Coba Kledo secara gratis pada tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 − 4 =