Days Sales Outstanding (DSO): Pengertian, Fungsi, dan Cara Hitungnya

days sales outstanding

Arus kas penting untuk rencana bisnis saat ini dan masa depan. Salah satu cara untuk membantu menghitung arus kas adalah dengan menentukan days sales outstanding (DSO), yang menghitung jumlah hari rata-rata yang dibutuhkan perusahaan untuk mengumpulkan pembayaran untuk penjualan.

Mengetahui seberapa cepat atau seberapa lambat pembayaran masuk dapat membantu Anda menentukan apakah Anda perlu mengubah taktik penjualan untuk mendorong pertumbuhan.

Dalam artikel ini, kami menguraikan apa yang dimaksud dengan days sales outstanding, mengapa hal itu penting, perbedaan antara DSO tinggi dan rendah, dan cara menghitungnya untuk bisnis Anda.

Apa yang Dimaksud dengan Days Sales Outstanding?

Days Sales Outstanding (DSO) adalah jumlah rata-rata hari sebelum perusahaan menagih pembayaran untuk penjualan, atau piutang dagang.

Pelanggan yang membayar menggunakan kartu kredit biasanya membuat pembayaran terutang.

Pemilik bisnis atau pemegang buku dapat menentukan DSO sebulan sekali atau tahunan. Karena arus kas membantu bisnis mempertahankan biaya overhead dan biaya lainnya, penting untuk menagih piutang yang belum dibayar sesegera mungkin selama sebulan.

Selain itu, karena kenaikan bunga, aset saat ini cenderung lebih berharga daripada aset masa depan.

Jika pelanggan biasanya menggunakan uang tunai, perusahaan dapat menggunakan uang tunai itu lagi dengan cepat.

Tingkat DSO bervariasi tergantung pada industrinya. Misalnya, dalam industri keuangan, jangka waktu pembayaran yang panjang adalah hal yang umum.

Dalam industri lain seperti ritel atau pertanian, pembayaran cepat mungkin penting untuk setiap kuartal karena perbedaan stok dan tingkat pemesanan ulang.

Umumnya, bisnis yang lebih kecil lebih bergantung pada pemeliharaan arus kas yang stabil.

Perhitungan DSO oleh pemilik bisnis dengan dasar sebagai berikut-

  • Bulanan
  • Triwulanan
  • Tahunan

Baca juga: 15 Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis Cake dan Bakery

Mengapa Days Sales Outstanding Penting ?

Days sales outstanding dianggap sebagai faktor penting oleh para pengusaha untuk bisnis mereka.

Ini digunakan untuk memahami faktor keberhasilan bisnis. Oleh karena itu, menurut para ahli, DSO yang rendah selalu lebih disukai dibandingkan dengan DSO yang tinggi. Mari kita ketahui alasan di balik ini –

DSO yang rendah menunjukkan bahwa organisasi mengubah penjualan kredit menjadi uang tunai lebih cepat.

Ini berarti bahwa durasi piutang akun untuk tetap beredar di neraca sebelum penagihan bisnis dilakukan ditemukan lebih pendek.

Namun, jika perusahaan memiliki DSO yang tinggi, itu berarti organisasi tidak dapat mengubah penjualan kredit menjadi uang tunai lebih cepat.

Hal ini mengindikasikan perusahaan memiliki likuiditas yang kurang karena piutang tetap beredar untuk waktu yang lebih lama.

Nilai Days Sales Outstanding dianggap penting bagi organisasi karena menunjukkan efisiensi operasi perusahaan. Seperti yang dinyatakan dalam poin-poin di atas, DSO yang rendah berarti DSO yang baik.

Ini menunjukkan bahwa organisasi telah meningkatkan likuiditas yang lebih banyak uang tunai di rekeningnya.

Hal ini memberikan pemilik bisnis lebih banyak free cash flow (FCF) yang dapat dialokasikan kembali untuk berbagai tujuan bisnis.

Baca juga: Supply Chain Management: Pengertian Lengkap Dan Metriks Pengukurannya

Cara Menghitung Days Sales Outstanding

Untuk menghitung penjualan harian yang beredar untuk bisnis Anda, pertimbangkan langkah-langkah berikut:

1. Tentukan periode DSO

Untuk menghitung DSO bisnis Anda, pertama-tama tentukan periode apa yang akan digunakan dalam rumus Anda.

Memahami DSO Anda selama satu tahun atau lebih lama dapat menawarkan cakupan informasi yang lebih besar tentang penjualan Anda.

Namun, melacak DSO Anda untuk setiap bulan dapat membantu mencatat kenaikan atau penurunan tingkat DSO.

Mempelajari rata-rata DSO Anda selama bulan-bulan berturut-turut dapat membantu Anda menentukan sifat arus kas Anda.

2. Kumpulkan informasi formula yang diperlukan

Untuk menghitung DSO, temukan nilai piutang dan penjualan kredit Anda untuk periode bisnis.

Untuk menghitung rata-rata piutang usaha Anda, tambahkan nilai piutang usaha pada hari pertama dan terakhir periode bisnis.

Untuk menghitung total penjualan kredit Anda untuk periode tersebut, cari total penjualan Anda untuk periode tersebut dan kurangi penjualan tunai atau cek, pengembalian dan penyesuaian.

3. Hitung DSO bisnis Anda

Untuk menghitung DSO bisnis Anda untuk suatu periode, gunakan jumlah hari dalam periode itu.

Jika menghitung untuk satu tahun, pastikan untuk menambahkan satu hari selama tahun kabisat. Rumus DSO adalah sebagai berikut:

Piutang usaha / penjualan kredit x hari perhitungan = DSO

Baca juga: Mengenal Payback Period Sebagai Indikator Studi Kelayakan Bisnis

4. Memahami hasil DSO

Setelah menghitung DSO bulanan atau tahunan, Anda dapat menggunakan hasilnya untuk lebih memahami bisnis Anda.

Jika DSO Anda rendah atau terus menurun, ini dapat menunjukkan bahwa bisnis Anda memiliki arus kas yang lebih tinggi.

Jika DSO Anda terus meningkat, ini bisa berarti ada potensi masalah penagihan pembayaran.

Untuk membantu menurunkan rata-rata DSO, pertimbangkan untuk mendorong pelanggan menggunakan metode pembayaran yang lebih cepat, seperti uang tunai atau cek.

Insentif seperti diskon, poin di dalam toko, atau barang gratis dapat membantu pelanggan mempertimbangkan untuk menggunakan metode pembayaran lain.

Cara lain untuk meningkatkan tingkat DSO Anda adalah dengan menawarkan beberapa opsi pembayaran.

Menerima pembayaran seperti transfer langsung atau metode pembayaran seluler dapat membantu arus kas Anda dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Baca juga: Contoh Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan SAK EMKM

Bagaimana Cara Menggunakan Days Sales Outstanding dalam Bisnis?

days sales outstanding

Pemilik bisnis kecil atau bahkan pengusaha besar dapat menggunakan pengukuran days sales outstanding setiap bulannya.

Ketika ada catatan bulanan DSO yang akurat, pengusaha dapat memahami jika ada perubahan dalam kemampuan departemen SDM dalam mengumpulkan pembayaran.

Jika pengusaha memiliki bisnis musiman dan memiliki penjualan hanya pada waktu-waktu tertentu, maka pemilik bisnis dapat menggunakan variasi untuk mengetahui efisiensi.

Variasi berarti pengusaha harus membandingkan pengukuran DSO dengan metrik yang sama dan untuk bulan yang sama di tahun sebelumnya dengan tahun berjalan.

Melakukan hal tersebut memberikan dasar yang lebih masuk akal bagi pengusaha untuk perbandingan.

Terlepas dari metode yang digunakan untuk pengukuran days sales outstanding, pemilik bisnis harus ingat bahwa perhitungan ini umumnya dikompilasi dengan menggunakan sejumlah besar faktur yang beredar untuk beberapa waktu.

Ini tidak menawarkan wawasan untuk faktur tertentu. Oleh karena itu, industrialis harus mendukung DOS yang bersangkutan dengan pemeriksaan berkelanjutan dari laporan piutang bersama dengan catatan penagihan dari staf kantor.

Jika seorang pemilik bisnis ingin memperoleh segmen bisnis baru atau menambahkan sesuatu yang inovatif pada bisnisnya yang sudah ada, DSO adalah pengukuran yang sangat berguna.

Seorang pengusaha dapat menggunakan Days Sales Outstanding untuk mengakuisisi perusahaan pemilik usaha kecil untuk meningkatkan aktivitas kredit dan penagihan untuk perusahaannya.

Jika pemilik bisnis menggunakan teknik akuisisi ini, maka ia dapat mengurangi modal kerja perusahaan yang diakuisisi yang secara tidak langsung mengurangi jumlah biaya akuisisi awal.

Banner 2 kledo

Baca juga: Jurnal Pembagian Dividen: Arti, Jenis, Cara Mencatat, dan Contoh Soal

Cara Pengaplikasian DSO dalam Bisnis

Pemilik bisnis dapat menggunakan analisis days sales outstanding dalam beberapa cara.

Ini tidak hanya memberikan akurasi pada efisiensi perusahaan tetapi juga dianggap sebagai faktor utama dalam menjaga kepuasan pelanggan.

Departemen penjualan organisasi dapat menyimpan basis data pelanggan untuk mengidentifikasi pelanggan mana yang tidak layak kredit dan karenanya, pastikan bahwa mereka membayar menggunakan uang tunai atau kartu debit alih-alih mengambil kredit untuk pembelian.

Selain itu, sesuai dengan informasi yang tersedia, nilai DSO ini untuk satu periode dapat memberikan gambaran yang adil tentang arus kas perusahaan untuk transaksi.

Menurut data yang tersedia, sebuah organisasi harus menggunakan laporan Days Sales Outstanding selama beberapa tahun karena ini dianggap lebih berguna untuk memutuskan tolok ukur yang baik daripada satu tahun.

Selain itu, ini dapat memberikan tanda peringatan atau menunjukkan masalah bagi pemilik bisnis yang akan membuatnya mengambil langkah yang tepat untuk merampingkan bisnisnya sebelum ada kerugian besar.

Baca juga: Financial Intermediary: Arti, Jenis, Tugas, Contoh, dan Kekurangannya

Angka DSO yang Baik dan Buruk

Menurut para ahli, jika hari penjualan yang beredar meningkat untuk suatu organisasi, itu menunjukkan ada sesuatu yang salah dalam bisnis. Alasan DSO yang buruk bisa jadi karena:

  • Menurunnya kepuasan pelanggan
  • Manajer penjualan atau karyawan di departemen penjualan diberikan durasi pembayaran yang lebih lama untuk mendorong peningkatan penjualan.
  • Organisasi mengizinkan pelanggan yang memiliki kredit buruk untuk melanjutkan pembelian pada kartu kredit masing-masing.

Kenaikan hari penjualan yang belum dibayar dapat menjadi penyebab masalah arus kas yang serius dalam suatu organisasi.

Selain itu, jika kemampuan perusahaan untuk melakukan pembayaran tepat waktu tiba-tiba terganggu, maka perusahaan mungkin terpaksa memberlakukan perubahan drastis.

Hal ini bisa termasuk memaksa karyawan untuk memasukkan surat-surat dan bahkan meminta pemain bintang untuk mengundurkan diri dari perusahaan.

Biasanya, pemilik bisnis memeriksa arus kas perusahaan untuk melacak status Days Sales Outstanding. Ini membantunya untuk memahami apakah DSO sedang tren naik atau turun dan juga memberikan wawasan tentang pola dalam sejarah arus kas perusahaan.

Menurut para ahli, nilai ini dapat bervariasi setiap bulan dan memiliki efek khusus pada pendapatan perusahaan jika bisnis perusahaan bersifat musiman.

Selain itu, para ahli ini mengatakan bahwa jika nilai DSO perusahaan ditemukan lebih sedikit selama musim tertentu berulang kali untuk musim tertentu, pengusaha tidak perlu khawatir tentang hal itu.

Baca juga: Days Inventory Outstanding (DIO): Pengertian, Manfaat, dan Cara Hitungnya

Apa saja Metode Menurunkan Days Sales Outstanding?

Pemilik bisnis dapat menggunakan salah satu dari taktik berikut untuk menurunkan hari penjualan yang beredar untuk organisasi dan mendapatkan keuntungan yang baik dalam bisnis.

Pengusaha dapat menggunakan perbandingan setelahnya dengan perusahaan lain di industrinya untuk sampai pada keputusan yang tepat. Beberapa metode untuk menurunkan DSO adalah –

  • Meminimalkan penggunaan kartu kredit – Menolak pembayaran melalui kartu kredit
  • Memberikan insentif pada pembayaran cash– Menawarkan diskon menarik kepada pelanggan untuk pembayaran tunai
  • Identifikasi pembayaran tertunda – Pemilik usaha kecil juga dapat memiliki daftar pelanggan yang memiliki riwayat pembayaran tertunda berulang kali dan bahkan menempatkan batasan tertentu pada mereka. Hal ini dapat memaksa pembeli untuk membeli produk dengan pembayaran tunai di muka
  • Lakukan verifikasi untuk pemeriksaan latar belakang kredit – Pemilik bisnis bahkan dapat melakukan pemeriksaan pada pembayaran kartu kredit pelanggan sebelum mengizinkannya melakukan transaksi dengan kartu tersebut. Ini membantu tim akuntansi dan penjualan memahami riwayat kreditnya dan bahkan memberikan fleksibilitas kepada pemilik bisnis untuk memasang perjanjian pembayaran yang relevan.

Namun, dalam beberapa skenario, mungkin ada kekuatan pembeli dan pengaruh yang bisa dinegosiasikan.

Ini adalah kasus di mana DSO yang diperpanjang diizinkan karena berfungsi karena pembayaran pelanggan dianggap sebagai sumber pendapatan yang signifikan bagi pemilik bisnis.

Karena bisnis sebagian tergantung pada pelanggan, pemilik bisnis harus mendorong kembali tanggal pembayaran mereka untuk bertahan hidup di dunia bisnis.

Akibatnya, terkadang untuk mempertahankan hubungan pelanggan-pembeli yang baik, para pengusaha harus melepaskan upaya konstan untuk memiliki standar yang baik.

Hal ini dapat dilakukan bila hubungan dengan pelanggan bersifat jangka panjang dan telah menjadi dapat dipercaya selama periode tersebut.

Baca juga: Account Payable Turnover Ratio: Pengertian Lengkap dan Cara Hitungnya

Contoh Penghitungan Days Sales Outstanding

Pertimbangkan beberapa contoh berikut untuk membantu Anda lebih memahami penghitungan DSO:

Contoh 1

George’s Gumbo adalah restoran yang menghasilkan 600.000.000 dalam penjualan kredit pada bulan Juni.

Selama bulan itu, restoran menghasilkan 300.000.000 dalam bentuk piutang usaha. Karena ada 30 hari di bulan Juni, rumus DSO untuk George’s Gumbo adalah:

300.000.000 / 600.000.000 x 30 = 15

DSO untuk George’s Gumbo selama sebulan adalah 15 hari.

Contoh 2

Pemilik Fiona Fashion menghitung DSO selama tiga bulan. Bisnis ini menghasilkan sekitar 150.000.000 dalam bentuk kredit dan memiliki 100.000.000 dalam bentuk piutang usaha.

Dengan menggunakan 92 hari, rumus DSO dihitung sebagai:

100.000.000 / 150.000.000 x 92 = 61

DSO untuk Fiona Fashion selama tiga bulan adalah 61 hari.

Contoh 3

Dirk Brothers Automotive menghitung DSO-nya sepanjang tahun. Bisnis ini menghasilkan 2 milyar dalam penjualan kredit dan memiliki 1,5 milyar dalam piutang usaha.

Dengan periode waktu yang mencakup 365 hari, rumusnya dihitung sebagai berikut:

1.500.000.000 / 2.000.000.000 x 365 = 273

DSO untuk Dirk Brothers Automotive adalah 273 hari untuk tahun ini.

Baca juga: 15 Contoh KPI dalam Bidang Akuntansi

Kesimpulan

Untuk mengetahui di mana posisi bisnisnya, seorang pemilik bisnis harus melakukan penghitungan days sales outstanding secara periodik.

Hal ini dapat membantunya memahami pelanggannya dan mengklasifikasikan mereka sesuai dengan pembayaran kredit mereka.

Days sales outstanding juga memberikan gambaran yang adil tentang kinerja bisnis dan pendapatan secara keseluruhan.

Ini membantu pengusaha memutuskan langkah selanjutnya dan bahkan memberikan batasan bagi pelanggan sesuai kebutuhan.

Kledo adalah software akuntansi canggih yang dapat membantu pemilik bisnis mempertahankan catatan penjualan dan pembukuan yang tepat untuk pertumbuhan bisnis.

Mudahkan penghitungan days sales outstanding dalam bisnis Anda dengan menggunakan Kledo secara gratis melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten − nine =