Economic Order Quantity (EOQ): Pengertian, Faktor, Rumus, dan Contoh Kasus

Economic Order Quantity

Economic order quantity (EOQ) adalah formula bermanfaat yang digunakan perusahaan dan bisnis untuk membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen persediaan mereka.

Jika Anda berharap untuk mengurangi biaya inventaris dan menghindari biaya kekurangan, penting untuk memahami apa itu EOQ dan bagaimana hal itu dapat membantu Anda.

Pada artikel ini, kita membahas apa itu economic order quantity atau EOQ, mengapa itu penting dan bagaimana menghitungnya menggunakan rumus, daftar langkah dan contoh yang informatif.

Apa itu Economic Order Quantity?(EOQ)?

economic order quantity

Economic Order Quantity atau EOQ adalah jumlah pesanan ideal yang harus dibeli oleh binsis Anda.

Proses ini membantu perusahaan mempertahankan tingkat persediaan yang konsisten dan dianggap sebagai salah satu teknik yang paling efisien dalam manajemen persediaan.

Dengan kata lain ini adalah jumlah ideal item persediaan yang harus dibeli perusahaan untuk meminimalkan biaya keseluruhan persediaan, termasuk:

Biaya pemesanan

Biaya pemesanan mengacu pada biaya yang dikeluarkan perusahaan saat memesan inventaris mereka. Biaya tersebut dapat mencakup transportasi persediaan dan biaya tenaga kerja untuk memuat, membongkar dan mengawasi pengirimannya.

Biaya kekurangan

Biaya kekurangan terjadi ketika bisnis atau organisasi tidak memiliki persediaan untuk memenuhi permintaan pelanggan saat ini. Biaya yang terjadi selama kekurangan persediaan dapat mencakup kerugian dalam potensi keuntungan dan pengiriman semalam yang mahal.

Biaya penyimpanan

Biaya penyimpanan adalah biaya yang diakumulasikan oleh perusahaan saat memiliki inventaris mereka. Biaya penyimpanan dapat mencakup barang yang rusak dan harga fasilitas penyimpanan, tenaga kerja dan asuransi.

Menghitung EOQ membantu perusahaan menyeimbangkan ketiga biaya ini dan menghilangkan pengeluaran besar yang tidak perlu.

Situasi ideal bagi perusahaan dan bisnis untuk menggunakan perhitungan EOQ adalah ketika permintaan konsumen konstan untuk jangka waktu yang lama dan persediaan mereka habis pada tingkat yang tetap dan konsisten.

Baca juga: Harga Perolehan: Pengertian dan Cara Mudah Menghitungnya

Faktor untuk Menghitung Economic Order Quantity

Rumus EOQ terdiri dari tiga faktor, biaya penyimpanan, permintaan tahunan, dan biaya pemesanan.

Tanpa faktor-faktor ini, Anda tidak dapat menghitung EOQ, jadi mari kita cepat memahami apa yang dimaksud dengan ketiga faktor ini.

Biaya pesanan (S):

Biaya pesanan adalah biaya pemrosesan pesanan dari pemasok. Ini termasuk biaya persiapan pesanan, biaya pemuatan barang, biaya pembongkaran, biaya transportasi, pajak, penyimpanan barang saat tiba, dan sebagainya.

Biaya pesanan adalah biaya berulang yang terjadi pada setiap pesanan. Setiap kali Anda memesan produk atau bahan baku Anda, biaya ini akan muncul. Untuk menghindari membayar biaya pesanan dengan setiap pesanan yang Anda lakukan, pesan barang yang Anda butuhkan sekaligus.

Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa biaya pembelian barang berbeda dengan harga pokok penjualan.

Biaya Penyimpanan (H)

Biaya penyimpanan dikaitkan dengan persediaan yang tidak terjual di gudang Anda. Ini termasuk harga barang yang rusak atau rusak, serta harga ruang penyimpanan, tenaga kerja, dan asuransi.

Permintaan Tahunan (D)

Seperti istilahnya, itu adalah permintaan untuk produk sepanjang tahun. Anda dapat melihat catatan produk untuk memastikan permintaannya di pasar, apakah berjalan dengan baik atau hampir tidak menjual dirinya sendiri.

Biaya penyimpanan dan biaya pemesanan yang diperlukan untuk menentukan EOQ dapat dengan mudah ditemukan di neraca dan laporan laba rugi Anda.

Catatan: Jika Anda memiliki biaya pemesanan yang tinggi, EOQ Anda juga akan tinggi. Namun, ketika biaya penyimpanan Anda tinggi, Anda akan memiliki EOQ yang rendah.

Kami harap Anda telah memahami apa itu biaya penyimpanan, permintaan tahunan, dan biaya pemesanan. Sekarang mari kita pelajari cara menghitung EOQ menggunakan ketiga faktor tersebut.

Banner 2 kledo

Rumus Dalam Menghitung Economic Order Quantity

EOQ = √ (2DS / H)

  • D = Permintaan Tahunan
  • S = Biaya Pesanan
  • H = Biaya Penyimpanan

Dalam beberapa versi rumus EOQ, “H” diganti dengan “P”, biaya produksi persediaan, dikalikan dengan “I”, tingkat bunga persediaan. Penggantian “H” dengan “PI” paling sering terjadi pada perusahaan atau bisnis yang memproduksi barang sendiri dan tidak memesannya dari pemasok atau vendor.

Baca juga: Strategi Product Bundling: Pengertian, Jenis, dan Tips Mengembangkannya

Tahapan dalam menghitung EOQ

Berikut adalah daftar langkah-langkah untuk membantu Anda menghitung rumus EOQ:

  • Kalikan pembilangnya. Pertama, kalikan tingkat permintaan (D) dengan biaya pemesanan persediaan (S). Kemudian, kalikan jawabannya dengan 2.
  • Kalikan penyebutnya. Jika sebuah perusahaan memproduksi produk sendiri, mereka harus mengalikan biaya produksi (P) dengan tingkat bunga persediaan (I). Jika perusahaan membeli produk mereka dari vendor, mereka seharusnya hanya memiliki satu nomor di penyebut, biaya penyimpanan persediaan (H).
  • Bagilah pembilang dengan penyebutnya. Sekarang, bagilah jawaban dari perhitungan pembilang dengan penyebutnya.
  • Temukan akar kuadrat. Terakhir, ambil jawaban pembilang dibagi penyebut dan temukan akar kuadratnya. Akar kuadrat dari jawaban itu adalah kuantitas pesanan ekonomis.

Contoh Kasus dalam Menghitung Economic Order Quantity

economic order quantity

Berikut adalah dua contoh bisnis yang menggunakan rumus EOQ untuk membantu mereka menentukan jumlah inventaris yang tepat untuk dibeli:

Contoh 1

Abdul memiliki toko sepeda dengan berbagai macam sepeda untuk dibeli pelanggan. Sepeda terlarisnya dengan perpindahan gigi terjual 2000 unit setiap tahun.

Biaya penyimpanan tahunan untuk sepeda itu adalah 300 dan setiap pemesanan persediaan tambahan membebankan Abdul dengan tarif tetap sebesar 600.

Untuk menghitung jumlah pesanan ekonomis untuk sepeda terlarisnya, Francine akan menggabungkan rumus EOQ = [(2 x 2.000 x 600) / 300]

EOQ = (2.400.000 / 300)

EOQ = 8000

EOQ = 89,44 unit

Setiap kali Abdul memesan lebih banyak sepeda pemindah gigi, dia harus memesan sekitar 89 unit inventaris untuk memastikan dia memenuhi permintaan konsumen dan meminimalkan biaya inventaris.

Baca juga: Nilai Residu: Pengertian, Cara Hitung, Contoh, dan Dampaknya dalam Akuntansi

Contoh 2

Dani mengelola toko kelontong dengan pelanggan yang suka membeli banyak barang yang disimpan, khususnya beras.

Setiap tahun, toko kelontong Dani menjual 12.000 unit beras pandan kepada pelanggannya.

Biaya penyimpanan tahunan dari satu unit beras melati adalah 200, dan setiap kali Dan memesan lebih banyak beras pandan, toko kelontong dikenakan tarif tetap 500.

Untuk menghitung jumlah pesanan ekonomis untuk persediaan beras melati toko, Dan akan membuat rumus EOQ = [(2 x 12.000 x 500) / 200].

EOQ = (12.000.000 / 200)

EOQ = 60.000

EOQ = 244,94 unit

Jika Dani ingin memastikan dia memenuhi permintaan konsumen dan mengurangi biaya persediaan secara keseluruhan, dia harus memesan 244 sampai 245 unit beras dengan setiap pesanan persediaan baru.

Apa Manfaat Utama Menghitung Economic Order Quantity?

EOQ dapat berdampak positif bagi perusahaan Anda baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang bisnis Anda. Mari kita lihat caranya.

Berikut adalah beberapa manfaat EOQ yang telah kami rangkum untuk Anda.

Meminimalkan Biaya Persediaan

Dengan bantuan EOQ, Anda dapat membuat keputusan terbaik tentang pemesanan, penyimpanan, dan pengelolaan barang Anda di perusahaan.

Terutama ketika menyimpan inventaris di gudang And adalah merupakan operasi yang mahal, EOQ adalah suatu keharusan. Khususnya untuk perusahaan swasta dan usaha mikro.

Keuntungan utama menghitung EOQ adalah membantu menentukan berapa banyak stok yang dipesan untuk produk tertentu dalam periode tertentu.

EOQ tidak diragukan lagi mengurangi kelebihan persediaan barang dan biaya persediaan saat Anda menumbuhkan pemahaman yang lebih baik tentang jumlah barang yang dibutuhkan.

Membantu Anda Menemukan Penawaran Terbaik

Sepanjang tahun, vendor Anda mencoba menjual barang dalam jumlah besar kepada Anda dengan mengiklankan penawaran murah untuk melawan pesaing mereka dan mendapatkan keuntungan dari Anda.

Jika Anda jatuh ke dalam perangkap menimbun barang yang Anda dapatkan dengan harga murah, Anda akan menimbun barang terlalu banyak dan meningkatkan biaya persediaan Anda.

EOQ memungkinkan Anda membuat keputusan terbaik untuk perusahaan Anda dengan memberi tahu Anda kapan dan berapa banyak Anda harus memesan. Akibatnya, vendor tidak dapat menipu Anda untuk membeli banyak dari mereka.

Meminimalkan Kekurangan Barang

Dalam dunia bisnis Anda, kepuasan pelanggan adalah target jangka pendek yang ingin Anda capai setiap hari.

Perjalanan Anda menuju kepuasan pelanggan dimulai dengan menyediakan produk yang dibutuhkan pelanggan Anda tanpa hambatan. Namun, bagaimana jika Anda kehabisan produk? Mimpi buruk kan?

EOQ membantu Anda memastikan kapan harus memesan ulang barang dan seberapa teratur. Dengan menentukan jumlah barang yang Anda butuhkan, Anda tidak akan mengalami kehabisan stok dalam bisnis Anda.

Memesan dalam jumlah yang lebih sedikit mungkin lebih cerdas secara finansial untuk bisnis Anda.

Oleh karena itu, dengan EOQ, Anda memutuskan jumlah tertentu barang yang harus Anda pesan daripada hanya mendasarkan bisnis Anda pada asumsi belaka.

Mengurangi biaya

Menghitung EOQ dapat membantu perusahaan dan bisnis mengurangi pengeluaran mereka dengan menyeimbangkan biaya inventaris mereka.

Ketika perusahaan mencoba mengurangi pengeluaran di satu area dari biaya persediaan mereka tanpa EOQ, mereka seringkali dapat meningkatkan biaya di area lain.

Misalnya, jika sebuah perusahaan mencoba untuk mengurangi biaya penyimpanan dengan memesan lebih sedikit persediaan lebih sering, mereka mungkin meningkatkan biaya pemesanan mereka dengan secara konsisten membeli persediaan dan membayar lebih untuk pengiriman pesanan.

Menggunakan perhitungan EOQ membantu perusahaan menemukan keseimbangan dalam biaya persediaan untuk mengurangi pengeluaran secara keseluruhan.

Pasokan persediaan yang konsisten

Perhitungan kuantitas pesanan ekonomi membantu bisnis dan organisasi memiliki persediaan persediaan yang konsisten sehingga mereka dapat menghindari biaya kekurangan.

Saat menggunakan EOQ, perusahaan memahami berapa banyak persediaan yang mereka butuhkan untuk memesan dan frekuensi pengiriman mereka untuk memastikan mereka selalu memiliki persediaan barang.

Memiliki persediaan persediaan yang konsisten juga membantu bisnis meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memenuhi permintaan konsumen.

Ketika toko atau perusahaan memiliki produk yang diinginkan pelanggan, kemungkinan besar mereka akan membeli dari perusahaan itu lagi.

Meningkatkan arus kas

Ketika sebuah bisnis menggunakan perhitungan EOQ untuk memesan jumlah inventaris yang tepat dan mengurangi biaya inventaris mereka, mereka sering kali memiliki uang ekstra untuk diinvestasikan di departemen atau proyek perusahaan lain, seperti pengembangan produk, pemasaran, atau layanan pelanggan.

Menginvestasikan uang tambahan ke area lain perusahaan dapat membantu perusahaan mengembangkan dan menghasilkan lebih banyak pendapatan dengan meningkatkan jangkauan dan kepuasan pelanggan.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai economic order quantity atau EOQ yang berguna jika bisins Anda melakukan penyimpanan stok persediaan dan harus memesan dari vendor.

Dengan melakukan penghitungan economic order quantity tentunya Anda bisa dengan mudah mengoptimalkan manajemen persediaan dan menghindari pemborosan karena barang terlalu banyak tertumpuk di gudang dan tidak terjual.

Masih menggunakan proses pembukuan dan melakukan manajemen persediaan secara manual yang memakan waktu? Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap, contohnya adalah Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih 10 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.Dengan menggunakan Kledo Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan pembukuan, manajemen persediaan dan aset, membuat faktur dengan mudah, membuat laporan keuangan dengan praktis, dan masih banyak lagi.

Jadi apalagi yang masih Anda ragukan? Anda bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + fifteen =