Alasan Utama Kegagalan Usaha Baru Ini Wajib Diketahui, Apa Saja?

alasan utama kegagalan usaha baru

Kegagalan usaha merupakan sesuatu yang bisa terjadi pada semua usaha, termasuk usaha baru. Ada banyak alasan utama kegagalan usaha baru ini, mulai dari kurangnya perencanaan usaha hingga manajemen keuangan usaha yang kurang baik.

Mengetahui alasan utama kegagalan usaha baru bisa membantu Kawan Kledo dalam melakukan pencegahan agar hal ini tidak terjadi kepada bisnis Kawan Kledo. Nah, kira-kira apa saja nih penyebab kegagalan usaha baru yang sering dialami oleh usaha baru ini?

Berikut beberapa alasan utama kegagalan usaha baru yang wajib Kawan Kledo ketahui, apa saja?

1. Kurangnya Perencanaan

alasan utama kegagalan usaha baru

Perencanaan menjadi bagian penting ketika Kawan Kledo memulai suatu bisnis. Ibarat kata, perencanaan ini seperti sebuah peta ketika Kawan Kledo akan melakukan perjalanan.

Perencanaan dilakukan agar Kawan Kledo mengatahui apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan bisnis, yakni mendapatkan keuntungan maksimal. Lalu sebenarnya apa saja sih manfaat dari perencanaan bisnis sampai-sampai jadi salah satu alasan utama kegagalan usaha baru?

Tahu Jenis Bisnis yang Akan Dijalankan

Mengetahui jenis bisnis yang akan dijalankan merupakan manfaat pertama yang akan Kawan Kledo dapatkan dari adanya perencanaan bisnis ini. Bagaimana Kawan Kledo bisa meraih tujuan bisnis jika tidak mengetahui jenis atau model bisnis yang akan dijalankan?

Dengan mengetahui jenis bisnis ini, Kawan Kledo bisa membuat langkah-langkah yang tepat untuk bisnis Kawan Kledo. Kawan Kledo juga bisa memilih kategori yang sesuai dengan bisnis Kawan Kledo setelah mengetahui jenis bisnis Kawan Kledo.

Mengetahui Target Pasar

Manfaat kedua dari perencanaan bisnis adalah Kawan Kledo dapat mengetahui target pasar yang ingin dituju. Target pasar ini juga menjadi bagian penting karena dari target pasar ini Kawan Kledo akan mengetahui kemana saja produk atau jasa Kawan Kledo akan dijual.

Kawan Kledo bisa membuat marketing plan jika telah mengetahui target pasar dengan baik. Dengan begitu kesempatan untuk menjual produk atau jasa akan lebih besar lagi.

Mendapatkan Pendanaan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, dengan memiliki perencanaan bisnis Kawan Kledo bisa menggunakannya untuk mendapatkan pendanaan. Perencanaan bisnis atau business plan menjadi syarat utama yang harus dimiliki sebuah bisnis untuk mengajukan pendanaan.

Bisnis Menjadi Lebih Terarah

Perencanaan bisnis memiliki fungsi seperti peta dimana dari sini Kawan Kledo akan mengetahui ke mana arah tujuan bisnis Kawan Kledo akan dibawa. Kawan Kledo juga bisa mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan bisnis tersebut.

2. Tidak Menggunakan Digitalisasi dengan Baik

Alasan utama kegagalan bisnis baru adalah karena tidak digunakannya digitalisasi dengan baik. Padahal digitalisasi ini menjadi kunci pemasaran dan pengembangan bisnis di zaman sekarang.

Kurangnya penggunaan digitalisasi akan membuat sebuah bisnis kurang ‘memahami pasar’. Misalnya saat ini sebagian besar calon konsumen mencari produk yang diinginkan di media sosial terlebih dahulu sebelum membelinya secara langsung.

Jika Kawan Kledo tidak menggunakan media sosial untuk memasarkan produk atau setidaknya mengenalkan produk Kawan Kledo, hal ini bisa membuat bisnis Kawan Kledo kehilangan kesempatan mendapatkan konsumen yang ditargetkan.

3. Manajemen yang Kurang Baik

Tahukah Kawan Kledo manajemen menjadi bagian penting dalam bisnis, terlebih bagi bisnis baru. Manajemen bisnis akan mengatur apa saja yang harus dilakukan dalam mengatur sebuah bisnis hingga bisnis tersebut bisa meraih kesuksesan.

Ada beberapa cangkupan yang terdapat dalam sebuah manajemen bisnis, yakni produksi bahan, pengelolaan keuangan, hingga terkait pemasaran yang akan dilakukan untuk menjual produk bisnis. Manajemen bisnis sendiri terbagi ke dalam 22 (dua puluh dua jenis) yaitu:

  1. Manajemen keuangan
  2. Manajemen pemasaran
  3. Manajemen penjualan
  4. Manajemen sumber daya manusia
  5. Manajemen strategis
  6. Manajemen produksi
  7. Manajemen program dan proyek
  8. Manajemen pengetahuan
  9. Manajemen operasi
  10. Manajemen layanan
  11. Manajemen TI
  12. Manajemen hubungan masyarakat
  13. Manajemen rantai pasokan
  14. Manajemen persediaan
  15. Manajemen penelitian dan pengembangan
  16. Manajemen teknik
  17. Manajemen desain
  18. Manajemen mutu
  19. Manajemen risiko
  20. Manajemen perubahan
  21. Manajemen inovasi
  22. Manajemen fasilitas

Untuk lebih jelasnya, Kawan Kledo bisa membacanya di sini.

4. SDM Kurang Mumpuni

Alasan selanjutnya yang membuat bisnis baru rentan mengalami kegagalan adalah karena SDM atau sumber saya masyarakat yang kurang mumpuni. Ini sering terjadi pada bisnis baru karena pengalaman yang dimiliki oleh bisnis tersebut masih kurang, baik founder maupun karyawan.

Kurang mumpuni SDM ini sebenarnya merupakan hal yang wajar, terlebih bagi founder yang baru pertama kali memulai dunia bisnis. Selagi Kawan Kledo masih mau belajar, sesulit apapun tantangan yang ada di dalam bisnis pastinya dapat Kawan Kledo lalui.

Nah, untuk meningkatkan SDM ini, Kawan Kledo dapat membaca artikel Manajemen SDM ini dan temukan cara terbaik mengelolanya.

5. Strategi Digital Marketing yang Masih Kurang

Sepertinya yang telah dijelaskan di awal, salah satu penyebab sebuah bisnis mengalami kegagalan adalah karena kurangnya strategi digital marketing. Apa sih digital marketing ini?

Digital marketing adalah aktivitas yang dilakukan untuk memasarkan produk dengan cara digital atau menggunakan internet. Ada beberapa media yang biasanya digunakan dalam digital marketing, yaitu melalui website, Search Engine Marketing (SEM), iklan online, marketing media sosial, email marketing, hingga video marketing.

Penggunaan digital marketing di zaman sekarang ini akan memberikan banyak kemudahan, di antaranya marketing dengan penyebaran yang relatif lebih cepat, memiliki jangkauan yang lebih luas, mudah untuk melakukan evaluasi, dan pastinya untuk harga digital marketing ini relatif lebih murah.

Jadi, buat Kawan Kledo yang ingin memulai usaha baru, pastikan mempelajari digital marketing ini dengan baik agar bisa menerapkannya secara baik pula ketika sudah memulai usaha tersebut.

6. Keterbatasan Modal

Tidak dipungkiri, modal menjadi bagian penting dalam sebuah bisnis. Semakin besar modal yang dimiliki, maka semakin mudah bagi Kawan Kledo untuk mengembangkan bisnis Kawan Kledo.

Keterbatasan modal juga bisa menjadi salah satu alasan sebuah bisnis mengalami kegagalan. Terlebih jika pemilik bisnis tidak mampu mengembangkan modal dengan baik.

7. Tidak Berani Mengambil Risiko

alasan utama kegagalan usaha baru

Semua bisnis baik yang dimulai dalam skala kecil ataupun bisnis dengan skala besar pasti memiliki risiko. Bisa dibilang tidak ada bisnis yang tidak memiliki risiko.

Risiko usaha adalah hal-hal yang wajib untuk Kawan Kledo hindari agar bisnis yang Kawan Kledo kembangkan bisa terus berkembang dan mendapatkan keuntungan maksimal. Semakin berani Kawan Kledo mengambil risiko, maka semakin besar kesempatan bagi Kawan Kledo untuk mendapatkan keuntungan.

Agar ‘mengambil risiko’ ini tidak terlalu membahayakan, ada beberapa cara yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk meminimalisir risiko usaha ini, apa saja?

  1. Buat perencanaan bisnis dengan sebaik mungkin
  2. Buat manajemen risiko
  3. Ikuti semua perencaan bisnis yang telah dibuat dengan baik-baiknya
  4. Atur keuangan bisnis dengan sebaik mungkin.

8. Terburu-Buru

Selain ketidakberanian dalam mengambil risiko, terburu-buru juga bisa menjadi salah satu penyebab sebuah usaha atau bisnis mengalami kegagalan. Dalam hal apapun, terburu-buru memang tidak baik termasuk dalam bisnis.

Terburu-buru dalam bisnis sering dilakukan ketika mengambil keputusan ataupun dalam mengembangkan bisnis. Memang semakin cepat Kawan Kledo mengambil keputusan maka akan semakin cepat pula Kawan Kledo untuk action.

Namun pastikan Kawan Kledo memikirkan secara matang ketika mengambil keputusan. Pastikan keputusan tersebut merupakan keputusan terbaik yang tidak akan merugikan bisnis Kawan Kledo dan membuat Kawan Kledo menyesal.

9. Kurang Percaya Diri dan Mudah untuk Menyerah

Tahukah Kawan Kledo energi negatif yang Kawan Kledo miliki juga bisa menjadi penyebab kegagalan bisnis? Energi negatif ini berasal dari kurangnya rasa percaya diri Kawan Kledo terhadap diri Kawan Kledo sendiri.

Ketika Kawan Kledo merasa kurang percaya diri, dalam pikiran atau otak Kawan Kledo adalah Kawan Kledo tidak akan mampu membawa bisnis Kawan Kledo meraih kesuksesan. Kawan Kledo juga tidak berani mengambil risiko karena merasa Kawan Kledo kurang mumpuni.

Jika Kawan Kledo masih memiliki sifat kurang percaya diri ini, yuk cepat hilangkan karena kurang percaya diri hanya akan memberikan energi negatif ke bisnis Kawan Kledo. Selain kurangnya rasa percaya diri, mudah menyerah juga hal yang wajib dihindari jika Kawan Kledo ingin mengembangkan bisnis hingga sukses.

Tidak ada bisnis yang bisa dikembangkan dengan mudah, oleh karena percaya diri dan pantang menyerah adalah kunci.

10. Mengabaikan Pengelolaan Keuangan

Bagi usaha yang baru dimulai, pengelolaan keuangan bukan sesuatu yang terlalu penting. Para pemilik bisnis cenderung menyepelekan pengelolaan keuangan.

Tidak memisahkan uang bisnis dengan uang pribadi, pencatatan pengeluaran dan pemasukan yang berantakan, hingga tidak adanya perencaaan keuangan merupakan hal sering terjadi pada bisnis baru. Padahal meskipun masih baru, pengelolaan keuangan usaha juga sangat penting.

Dari pengelolaan keuangan ini Kawan Kledo akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan dari sini juga Kawan Kledo bisa mengembangkan modal bisnis menjadi lebih besar pula. Kawan Kledo juga bisa lebih mudah dalam mendapatkan pendanaan bisnis jika memiliki pengelolaan keuangan yang baik.

Nah, lalu bagaimana cara melakukan pengelolaan keuangan bisnis dengan baik ini? Buat Kawan Kledo yang memang tidak memiliki pengalaman dalam keuangan bisnis, Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi Kledo untuk membantu Kawan Kledo dalam melakukan pengelolaan keuangan bisnis ini.

Kenapa Kawan Kledo harus memilih software akuntansi Kledo? Memang apa saja yang akan Kledo berikan kepada Kawan Kledo untuk memudahkan pengelolaan bisnis Kawan Kledo?

Kledo merupakan software akuntansi yang akan membantu Kawan Kledo dalam melakukan pengelolaan keuangan bisnis. Kledo dilengkapi berbagai fitur akuntansi yang super mudah, termasuk untuk Kawan Kledo yang tidak memiliki pengalaman dalam pengelolaan keuangan bisnis.

Selain itu Kawan Kledo juga akan mendapatkan fasilitas konsultasi dengan Tim Hebat Kledo secara gratis selamanya. Jadi, setiap ada kesulitan atau kebingungan Kawan Kledo bisa langsung menghubungi Tim Hebat Kledo dan Kawan Kledo tidak perlu menambah pembayaran.

Jadi, alasan apa lagi yang membuat Kawan Kledo ragu untuk menggunakan Kledo. Daftar di sini sekarang dan nikmati semua kemudahan dalam pengelolaan keuangan bisnis.

Banner 1 kledo

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai alasan utama kegagalan usaha baru yang dapat Kawan Kledo ketahui dan Kawan Kledo lakukan untuk menghindari kegagalan usaha baru ini. Dari beberapa penyebab di atas, mana nih yang sudah Kawan Kledo minimalisir?

Jangan lupa untuk menggunakan software akuntansi dari Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis. Daftar Kledo di sini sekarang dan nikmati semua kemudahan pengelolaan keuangan bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 5 =