Fiscal Year (Tahun Fiskal): Pengertian, Cara Memilih dalam Bisnis, dan Contohnya

fiscal year 1

Jika Anda menjalankan bisnis dan berbicara dengan akuntan Anda, Anda mungkin pernah mendengar istilah tahun fiskal atau fiscal year (FY).

Secara sederhana, tahun fiskal adalah periode satu tahun yang digunakan perusahaan untuk akuntansi keuangan, penganggaran, dan pengukuran kinerja keuangan.

Mengetahui tahun fiskal bisnis Anda akan memudahkan Anda melacak keuangan dan melaporkan informasi pajak Anda secara akurat.

ergantung pada bisnis, Anda biasanya memiliki opsi untuk tanggal tahun fiskal yang Anda inginkan.

Artikel ini menjelaskan apa itu tahun fiskal atau fiscal year, mengapa ini penting bagi bisnis, bagaimana cara memilih tahun fiskal, juga contoh fiscal year dar berbagai perusahaan terkenal

Apa yang Dimaksud dengan Fiscal Year?

Fiscal year atau tahun fiskal adalah periode 12 bulan yang digunakan oleh organisasi pemerintah, nirlaba, atau bisnis untuk melacak keuangan tahunannya.

Fiscal year dimulai pada awal kuartal, jadi tanggal awal tahun fiskal biasanya adalah 1 Januari, 1 April, 1 Juli, atau 1 Oktober.

Tanggal akhir tahun fiskal adalah pada akhir kuartal. Misalnya, jika tahun fiskal Anda dimulai pada 1 April 2022, tahun fiskal akan berakhir pada 31 Maret 2023. Tahun fiskal Anda terutama digunakan untuk tujuan keuangan dan akuntansi.

Baca juga: 13 Rekomendasi Buku Bisnis Terbaik di 2024

Mengapa Fiscal Year Penting dalam Sebuah Bisnis?

fiscal year

Dalam satu tahun fiskal Anda akan menghitung semua keuangan bisnis Anda termasuk biaya, margin laba, dan pendapatan.

Nantinya, Anda harus membandingkan angka-angka ini dengan anggaran dan tujuan tahunan Anda untuk menentukan keberhasilan keuangan tahun tersebut.

Jika musim tersibuk bisnis Anda terjadi pada waktu tertentu dalam setahun, menjadikan akhir kuartal tersebut sebagai akhir tahun fiskal membantu Anda melacak keuangan dan kinerja pada tahun tersebut.

Akhir tahun fiskal juga membantu Anda menentukan tanggal penghitungan dan pelaporan pajak bisnis Anda.

Baca juga: Residual Income dalam Akuntansi: Pengertian, Rumus, Contoh, dan Jenisnya

Bagaimana Cara Memilih Fiscal Year Bisnis dengan Benar?

Memilih tahun fiskal bisnis Anda bergantung pada jenis bisnis yang Anda miliki dan kapan bisnis tersebut menerima sebagian besar pendapatannya.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk memilih tahun fiskal terbaik untuk bisnis Anda:

1. Tentukan jenis bisnis yang Anda miliki

Jika bisnis Anda dianggap sebagai perusahaan perseorangan atau dikenai pajak sebagai perusahaan perseorangan, tahun fiskal Anda secara otomatis adalah tahun kalender.

Jika tidak, pilih akhir kuartal mana pun sebagai akhir tahun fiskal Anda. Bisnis musiman biasanya mengakhiri tahun fiskal mereka tepat setelah mereka menerima sebagian besar bisnis.

Karena tahun fiskal pemerintah Indonesia adalah dari 1 januari hingga 31 Desember, maka bisnis bisa menggunakan tahun tersebut sebagai tahun fiskal mereka.

Jika bisnis Anda berkolaborasi dengan pemerintah, pertimbangkan untuk menjadikannya sebagai tahun fiskal Anda juga.

2. Pelajari kapan bisnis Anda menghasilkan pendapatan terbesar

Memilih tahun fiskal tergantung pada kapan bisnis Anda menerima sebagian besar pendapatannya.

Jika waktu tersibuk Anda dalam setahun adalah pertengahan tahun, salah satu pilihannya adalah mengakhiri tahun fiskal tepat setelahnya, yaitu pada tanggal 30 Juni.

Hal ini memudahkan untuk mengetahui kondisi keuangan Anda karena Anda baru saja menerima sebagian besar pendapatan pada kuartal tersebut.

Misalnya, jika Anda memiliki layanan perawatan rumput dan taman di wilayah Jakarta, waktu tersibuk untuk bisnis Anda adalah musim panas.

Tahun fiskal Anda berlangsung dari 1 Oktober hingga 30 September. Anda cukup melacak dan melaporkan keuangan Anda setelah menerima sebagian besar pendapatan Anda.

Bisnis musiman juga mendapat manfaat dari memulai tahun fiskal mereka tepat sebelum musim tersibuk. Misalnya, jika Anda memiliki toko ritel liburan dan menerima sebagian besar bisnis Anda di akhir tahun dan natal, memulai tahun fiskal Anda pada tanggal 1 Oktober akan membantu Anda memperkirakan pendapatan Anda untuk tahun tersebut.

Anda dapat menyesuaikan pengeluaran Anda sepanjang sisa tahun ini untuk mencapai margin keuntungan yang diperlukan.

Baca juga: Memahami Apa Itu Compilation Engagement dalam Akuntansi

3. Berkonsultasi dengan penasihat hukum Anda

Karena tahun fiskal Anda ditetapkan secara internal, Anda dapat mengubahnya jika diinginkan. Sebagian besar perusahaan memiliki aturan dan detail untuk mengubah tahun fiskal yang tercantum dalam ART perusahaan.

Penasihat hukum Anda akan meninjau anggaran rumah tangga Anda dan kemungkinan perjanjian kemitraan untuk mengonfirmasi apakah Anda dapat mengubah tahun fiskal perusahaan Anda secara hukum.

4. Mintalah panduan dari seorang profesional pajak

Beberapa bisnis merasa mengubah tahun pajak mereka membingungkan dan memakan waktu karena dokumen yang luas dan terminologi yang rumit.

Untuk memudahkan prosesnya, Anda mungkin ingin menyewa seorang ahli perpajakan untuk mengisi formulir dan menjelaskan istilah-istilah pajak yang sulit dipahami.

Baca juga: Audit Sampling: Pengertian, Manfaat, Tahapan dan Contohnya

Mengapa Perusahaan Menggunakan Tahun Fiskal yang Berbeda?

fiscal year 2

Alasan utama perusahaan memilih akhir tahun fiskal yang berbeda tergantung pada kapan periode pendapatan utama mereka.

Banyak bisnis menghasilkan sebagian besar pendapatan mereka selama musim liburan, jadi masuk akal untuk membatasi efek fluktuasi musiman dengan menyelesaikannya saat pendapatan mencapai titik tertinggi.

Ditambah lagi, tidak mudah untuk mengajukan laporan keuangan akhir tahun selama periode yang sibuk. Bisnis lain menghasilkan sebagian besar uang mereka di pertengahan tahun, jadi menyelesaikannya pada tanggal 1 Oktober lebih masuk akal.

Perusahaan dapat mengubah pengaturan fiskalnya baik karena menghentikan sementara perdagangan dan melanjutkannya di kemudian hari, karena ingin menyelaraskan tahun fiskalnya dengan perusahaan lain atau karena tahun fiskalnya bertepatan dengan waktu perdagangan yang lebih tenang dan membantu meringankan beban kerja staf.

Baca juga: Ini Cara Tutup Buku bagi Bisnis Anda, Dijamin Mudah!

Contoh Fiscal Year Dari Beberapa Negara dan Perusahaan Terkenal

Perusahaan sering kali memulai atau mengakhiri tahun fiskal mereka dengan cara yang paling sesuai dengan proses internal, waktu puncak bisnis, dan metode pencatatan pendapatan.

Berikut adalah beberapa contoh tahun fiskal untuk perusahaan terkenal di berbagai industri:

Teknologi:

  • Apple memulai tahun fiskalnya pada hari Minggu terakhir bulan September. Tahun fiskal 2022 dimulai 26 September 2021.
  • Microsoft memulai tahun fiskalnya pada 30 Juni.

Hiburan:

  • Walt Disney Co. mengakhiri tahun fiskalnya pada hari Sabtu terdekat tanggal 30 September. Tahun fiskal 2022 berakhir pada 1 Oktober.
  • AMC Entertainment Holdings, Inc. menggunakan tahun fiskal yang sesuai dengan tahun kalender, dimulai 1 Januari.

Ritel:

  • Tahun fiskal Target berakhir pada hari Sabtu yang paling dekat dengan 31 Januari. Tahun fiskal 2022 berakhir pada 29 Januari.
  • Tahun fiskal Staples berakhir pada hari yang sama.

Pemerintah:

  • Pemerintah federal Amerika serikat memulai tahun fiskalnya pada 1 Oktober.
  • Tahun fiskal Inggris berakhir pada 5 April.
  • Tahun fiskal Indonesia dimulai dari 1 Januari

Catatan: Untuk mengetahui fiscal year dari berbagai negara, Anda bisa melihatnya melalui tautan ini.

Keuangan:

  • American Express mengikuti tahun kalender.
  • JPMorgan Chase dan Bank of America juga demikian.

Perjalanan dan perhotelan:

  • Marriott International mengikuti tahun kalender.
  • Hal yang sama juga berlaku untuk Delta dan JetBlue.

Baca juga: 10 Kesalahan Pembukuan, Solusi, dan Cara Mencegahnya

Selalu Siap untuk Pelaporan Tahun Fiskal Dengan Akuntansi Otomatis Dari Kledo

Terlepas dari bisnis Anda mengikuti tahun kalender atau tahun fiskal untuk penghitungan pajak, software akuntansi dan pelaporan keuangan online Kledo akan menyederhanakan prosesnya.

Dengan mengguankan Kledo, Anda akan menghilangkan penghitungan manual yang memakan waktu, padat karya, dan rawan kesalahan.

Solusi ini mengelola seluruh siklus akuntansi, mengotomatiskan tugas-tugas pembukuan, forecasting, dan pelaporan, sehingga pada saat bisnis menyelesaikan tahun fiskal, bisnis akan memiliki semua yang dibutuhkan untuk melaporkan pajak, menyiapkan laporan keuangan, dan menerbitkan laporan tahunan.

Manfaat tambahan termasuk data real-time tentang kinerja keuangan perusahaan, serta kepatuhan terhadap peraturan pemerintah dan standar akuntansi.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 3 kledo

Baca juga: Cara dan Tahapan Melakukan Pembukuan Keuangan Lengkap

Kesimpulan

Fiscal year memberi perusahaan kemampuan untuk menetapkan tahun akuntansi mereka dengan cara yang menyajikan gambaran akurat yang berdasarkan apa yang telah disepakati dengan menggunakan batas waktu tahun kalender.

Ketika perusahaan menyesuaikan tahun fiskal agar sesuai dengan pendapatan dan pengeluaran yang diharapkan, perusahaan dapat mulai melihat tren dari tahun ke tahun, sekaligus berpotensi menghindari beban pajak dan biaya akuntansi yang lebih tinggi yang menyertai operasi berdasarkan tahun kalender standar.

Untuk memudahkan proses pembukuan, manajemen persediaan, dan penghitungan pajak sebelum tahun fiskal berakhir, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 − one =