17 Ide Bisnis Kerajinan dari Barang Bekas, Modal Minim Untung Berlimpah

ide bisnis kerajinan dari barang bekas

Siapa bilang barang-barang bekas tak punya nilai jual? Nyatanya, berbagai barang bekas yang ada di sekitar Anda bisa bernilai ekonomis jika kreatif mengolahnya. Salah satunya dengan memulai bisnis kerajinan dari barang bekas.

Menjalankan bisnis kerajinan dari bahan bekas memiliki banyak manfaat, lho. Pertama, bisnis ini bisa memberikan cuan yang cukup menjanjikan. Sebab, modal awal untuk memulai bisnis kerajinan dari barang bekas tidaklah besar.

Manfaat selanjutnya, Anda dapat turut berpartisipasi menjaga ekosistem lingkungan. Memberdayakan barang bekas merupakan solusi yang efektif untuk mengatasi limbah sampah yang menumpuk.

Menjalankan bisnis ini cukup fleksibel. Anda bisa menjadikannya sebagai bisnis sampingan sehingga dapat dilakukan ketika memiliki waktu senggang.

Namun, dibutuhkan kreativitas untuk memulai bisnis yang satu ini. Apabila Anda masih bingung, berikut adalah 17 ide mengolah barang bekas yang bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis.

1. Tas Cantik dari Kemasan Kopi atau Minuman

Produk tas daur ulang yang terbuat dari kemasan kopi maupun minuman ternyata begitu digemari konsumen, khususnya oleh kaum hawa.

Meskipun terbuat dari bahan bekas, namun tampilan tas ini tidak kalah keren jika dibadingkan tas biasa pada umumnya.

Daripada bungkus kopi dan kemasan minuman menumpuk di tempat sampah, lebih baik Anda menyulapnya menjadi tas cantik. Cara pembuatannya sendiri dilakukan dengan teknik merajut.

Lalu padukan berbagai corak warna agar menghasilkan motif yang menarik.

Baca juga: Perbedaan Bisnis Distributor dan Grosir dan Mana yang Anda Pilih?

2. Tong Sampah dari Ban Bekas

Selain tas, produk daur ulang yang sering kita jumpai adalah tong sampah yang terbuat dari ban bekas. Tong sampah ini terbuat dari ban bekas yang kemudian diubah menjadi produk yang menarik.

Perlu Anda ketahui bahwa tong sampah ini memiliki banyak peminat. Alasan utamnya, karena tong sampah dari ban bekas in memiliki daya tahan yang kuat dan tidak gampang rusak.

3. Aksesoris dari Kain Perca

Jika Anda mempunyai kain perca di rumah, Anda bisa mengolahnya menjadi aksesoris yang bernilai ekonomis.

Kain perca tersebut bisa Anda jadikan sebagai gelang dan anting kekinian. Anda juga bisa mengolah kain perca menjadi bros hijab yang memiliki banyak peminat.

Selain itu, Anda juga bisa membuat tali rambut dari kain perca yang lebih dikenal dengan sebutan scrunchie.

Baca juga: 10 Ide Bisnis di Bandung yang Wajib Anda Coba

4. Lampu Nanas

Ide bisnis kerajinan selanjutnya yakni lampu yang terbuat dari sendok plastik bekas. Selain sendok, berbagai bahan materialnya pun mudah ditemukan yaitu botol bekas, penyangga, dan lampu pelengkap.

Cara pembuatannya cukup mudah, kok. Setelah menyiapkan bahan materialnya, siapkan juga bahan pelengkap seperti lem, obeng,pisau, gunting, dan cat.

Kemudian, ambil botol dan potong menjadi dua bagian. Nantinya, hanya botol bagian bawah yang digunakan. Langkah selanjutnya, potong kepala sendok dari gagangnya.

Lalu, warnai kepala sendok dengan cat dan keringkan. Setelah kering, tempel kepala sendok ke botol bekas hingga berbentuk menyerupai nanas. Jangan lupa masukkan lampu ke dalam hiasan dan beri penyangga.

5. Vas Bunga

Punya lampu bohlam yang sudah tidak terpakai? Eits, jangan sampai dibuang ya. Sebab, bohlam tersebut bisa Anda jadikan sebagai vas bunga estetik yang memiliki nilai jual.

Cara membuatnya sangat mudah, lho. Anda hanya tinggal memberi kawat ke bohlam untuk dijadikan penyangga dan lampu tersebut sudah bisa digunakan sebagai vas.

6. Kerajinan Bunga dari Sedotan atau Kertas

Bisnis kerajinan dari barang bekas berikutnya adalah bunga untuk mempercantik ruang tamu Anda.

Anda bisa membuat kerajinan bunga ini dari kertas koran maupun sedotan. Proses pembuatannya sangat sederhana. Jadi, ide bisnis ini bisa Anda jadikan sebagai opsi berbisnis kerajinan barang bekas.

Baca juga: Social Enterprise: Pengertian Lengkap, Jenis, dan Contohnya

7. Pot dari Botol Bekas

Botol bekas memang bisa dijadikan berbagai jenis kerajinan, salah satunya pot bunga.

Caranya, siapkan botol bekas, cutter, cat, tanaman, dan tanah. Lalu potong botol sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan dan percantik pot dengan cat atau gambar karakter lucu.

Masukkan tanah dan tanaman ke dalam pot. Jangan lupa lubangi bagian bawah pot sebagai jalan keluar air. Sangat mudah, bukan?

8. Tempat Sendok dari Kaleng

bisnis kerajinan dari barang bekas

Kaleng bekas juga bisa Anda jadikan sebagai tempat sendok di meja makan. Anda bisa memanfaatkan kaleng bekas susu atau lainnya.

Selanjutnya, Anda hanya perlu mengecat bagian luar kaleng dengan warna kesukaan Anda. Apabila ingin digantung, lubangi sisi kaleng lalu beri kawat sebagai cantolan. Tempat sendok dari kaleng bekas sudah siap digunakan!

Baca juga: 20 Ide Jualan Makanan Murah Untung Banyak, Pasti Laris!

9. Celengan dari Kardus

Kardus bekas bisa dijadikan celengan yang menarik dan lucu. Sebelum membuat celengan, siapkan bahan yang terdiri dari kardus bekas, tali, gunting, dan paku.

Cara membuat kerajinan ini cukup praktis. Langkah pertama adalah memotong karton menjadi bentuk salib.

Kemudian buat lubang di sisinya dengan paku dan bentuk menjadi kubus. Ikat lubang yang ditusuk dengan tali dan buat lubang di bagian atas untuk memasukkan uang.

10. Lampu Gantung dari Kardus Bekas

Ide bisnis kerajinan dari barang bekas selanjutnya ialah lampu gantung yang terbuat dari karton kardus. Bahan dan perlengkapannya mudah diperoleh seperti kardus, lem, cutter, penggaris, dan lampu.

Pertama-tama, potong kardus menjadi beberapa persegi empat. Lalu, lipat potongan kardus tersebut menjadi segi lima dan lem pada setiap sisisnya.

Setelah itu, susun lipatan kardus hingga berbentuk seperti sarang tawon dan pasang lampunya.

Baca juga: 14 Peluang Bisnis di Yogyakarta yang Berprospek Cerah

11. Jam Dinding dari Stik Es Krim

Anda memiliki banyak stik es krim yang tidak terpakai di rumah? Yuk, kreasikan saja menjadi jam dinding estetik. Memang bisa? Tentu bisa dong.

Untuk membuat jam dinding, Anda hanya memperlukan stik es krim, lem. tasbih kayu, mesin jam dinding, dan juga dvd bekas.

Pertama, susun stik es krim di atas CD dengan bentuk semenarik mungkin. Gunakan tasbih di antara tongkat dan rekatkan. Terakhir, sambungkan mesin jam dinding dengan jarum jam.

12. Hiasan Dinding dari CD Bekas

Saat ini, CD sudah jarang digunakan karena tergantikan dengan piranti teknologi yang lebih canggih. Meski begitu, Anda bisa berkreasi dengan mengubah CD menjadi seni karya yang menarik.

CD bekas ini bisa Anda jadikan sebagai hiasan untuk mempercantik dinding rumah maupun hiasan bingkai foto.

Baca juga: 17 Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya, Apa Saja?

13. Rak Buku dari Kardus

Daripada dibuang, Anda dapat memanfaatkan kardus bekas menjadi rak buku yang menarik. Nah, bagi Anda para pecinta bukunya, tidak ada salahnya jika mencoba membuat rak buku untuk menyimpan koleksi buku Anda.

Mulanya, potong kardus sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Kemudian, lapisi potongan kardus dengan kertas kado agar tampilannya semakin menarik.

Setelahnya, susun potongan kardus tersebut menjadi rak untuk menyimpan buku Anda.

14. Tempat Pensil dari Kaleng

Selain bisa dijadikan sebagai tempat sendok, kaleng bekas juga bisa diubah menjadi tempat pensil, lho.

Yang Anda butuhkan hanyalah beberapa kaleng bekas dan cat. Cat toples bekas terlebih dahulu agar terlihat lebih bagus. Lalu tambahkan beberapa variasi seperti pita atau cetakan bunga agar tampilan tempat pensil semakin cantik.

15. Gantungan Kunci dari Sedotan

Sedotan bekas bisa dijadikan kerajinan tangan daripada dibuang begitu saja. Yang Anda butuhkan hanyalah sedotan, gantungan kunci ring, lem, dan gunting.

Buat sedotan dalam berbagai bentuk seperti bunga, beruang, dan buah-buahan. Setelah itu, pasangkan ke ring gantungan kunci. jadi, deh!

Baca juga: 10 Peluang Bisnis di Medan yang Cocok untuk Pemula

16. Boneka dari Sarung Tangan

Punya sarung tangan yang sedikit robek dan tidak terpakai? Jangan langsung dibuang ya. Karena sarung tangan tersebut bisa Anda kreasikan menjadi boneka kecil yang lucu.

Selain sarung tangan, Anda juga butuh kapuk yang diisikan ke dalam sarung tangan agar bisa berbentuk boneka. Selanjutnya, jahit sarung tangan hingga membentuk boneka yang menarik.

Tambahkan juga aksesoris seperti kancing baju atau manik-manik untuk dijadikan mata dan hidung boneka.

17. Tempat Minuman

Mudah kok membuat tempat minuman untuk meja di ruang tamu dari minuman kemasan bekas.

Yang Anda perlukan hanya beberapa gelas plastik bekas, kawat dan gunting. Kemudian susun menjadi tempat minuman dan taruh di ruang tamu. Untuk mempercantik tempat minuman, Anda bisa menambahkan pita dan hiasan lainnya.

Baca juga: Mengenal Berbagai Peluang Bisnis di Jakarta Tahun Ini

Jadi, Ide Bisnis Kerajinan dari Barang Bekas Mana yang Anda Pilih?

Banner 1 kledo

Itulah 17 contoh ide bisnis kerajinan dari barang bekas yang bisa Anda tekuni sebagai peluang usaha. Meski bermodal minim, namun bisnis kerajinan barang bekas ini dapat menghasilkan untung banyak jika ditekuni dengan baik.

Tentunya, Anda harus melakukan pembukuan agar bisa memantau berapa pendapatan dan pengeluaran bisnis Anda. Guna memudahkan proses tersebut, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo.

Kledo merupakan software berbasis cloud yang bisa Anda gunakan darimana saja dan kapan saja dibutuhkan. Software ini dibekali dengan berbagai fitur yang membantu operasional bisnis Anda.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, jangan lewatkan kesempatan free trial Kledo selama 14 hari melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen + 1 =