12 Ide Startup Paling Menjanjikan di Indonesia dan Berbagai Contohnya

ide bisnis startup

Bisnis startup merupakan bisnis baru yang sedang dalam tahap pengembangan. Namun dibandingkan dengan bisnis baru, bisnis startup lebih terkenal dengan bisnis yang berhubungan dengan teknologi. Jadi, apa saja ide startup yang bisa Anda geluti?

Seperti yang kita ketahui, cara memulai bisnis yang harus dilakukan pertama kali adalah dengan membuat ide bisnis itu sendiri. Apa sih sebenarnya ide bisnis itu? Ide bisnis merupakan gagasan yang muncul untuk membangun sebuah bisnis.

Sebelum Anda membuka suatu bisnis, Anda harus memiliki ide terlebih dahulu. Dari ide tersebut, Anda akan memetakan apa saja yang harus dilakukan selanjutnya.

Lalu bagaimana cara mendapatkan ide bisnis startup? Nah, di artikel ini kami membagikan 12 ide startup yang bisa Anda coba.

Bagaimana Cara Mendapatkan Ide Startup?

ide startup

1. Temukan permasalahan yang dihadapi masyarakat

Bisnis bisa dibangun dengan berbagai alasan, salah satunya adalah untuk mengatasi masalah sosial yang ada di masyarakat. Biasanya bisnis ini disebut dengan sosiopreuner atau bisnis sosial.

Buat Anda yang ingin membangun sosiopreuner, hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan lebih peka terhadap kehidupan masyarkat di sekitar Anda.

Anda bisa memperhatikan atau bertanya langsung kepada masyarakat untuk mendapatkan ide tersebut.

2. Lakukanlah riset produk dan bisnis

Anda juga bisa mendapatkan ide bisnis dengan cara melakukan riset produk dan juga bisnis. Riset produk ini bisa Anda lakukan di pasar atau tempat pusat bisnis.

Anda bisa melihat produk apa saja yang laku dipasaran dan juga bagaimana potensi produk tersebut ke depannya.

Anda yang awalnya tidak memiliki ide, bisa langsung memiliki ide dengan cara ini.

3. Belajarlah dari kesuksesan orang lain

Cerita kesuksesan orang lain juga dapat menciptakan ide-ide bisnis yang baru. Dengan cerita kesuksesan tersebut, seseorang bisa terinspirasi dan mendapatkan ide-ide seperti cerita kesuksesan ataupun ide lainnya.

Untuk bisa belajar dari kesuksesan ini Anda bisa mengikuti acara-acara yang mengundang pengusah sukses atau bisa melalui tulisan artikel ataupun video di YouTube.

4. Dapatkan inspirasi dari masalah personal

Selain bisa belajar dari kesuksesan orang lain, Anda juga bisa mendapatkan ide dari masalah personal.

Misalnya, Anda sering merasa lapar saat kuliah jam pertama dan di saat itu belum ada kantin yang buka.

Dengan adanya masalah tersebut, Anda akan mendapatkan inspirasi untuk bisnis makanan yang dijual di jam-jam tersebut agar bisa membantu mahasiswa yang kelaparan.

5. Belajar dari masalah orang lain

Jika tadi mendapatkan inspirasi dari masalah personal, Anda juga bisa mendapatkan ide dari masalah orang lain.

Sama konsepnya seperti masalah personal, namun ini Anda dapatkan dari cerita orang lain.

6. Amati tren yang sedang berkembang

Mengamati tren yang sedang berkembang juga menjadi salah satu cara untuk mendapatkan ide bisnis.

Anda melakukan survei dengan bertanya kepada target pasar tentang apa yang saat ini sedang tren atau Anda bisa riset langsung di pusat perbelanjaan ataupun melalui marketplace.

Banner 3 kledo

10+ Ide Startup Paling Menjanjikan

Setelah mengetahui darimana Anda bisa mendapatkan ide untuk mengembangkan bisnis startup, sekarang ide bisnis startup seperti apa sih yang bisa Anda kembangkan? Yuk simak di bawah ini:

1. Ide Startup Hiburan

hiburan

Startup hiburan menjadi sesuatu yang dibutuhkan oleh semua orang. Dengan adanya perkembangan teknologi saat ini mengakses huburan menjadi lebih mudah dan modern.

Anda pasti menjadi salah satu pengakses startup-startup hiburan seperti Netflix, VIU, Iflix, HBO, dan YouTube.

Dengan banyaknya orang yang mengakses startup hiburan, tentu jika Anda membangun startup di bidang ini memiliki kesempatan berkembang yang lebih besar.

Anda bisa belajar dari startup-startup yang sudah berdiri sebelumnya. Siapa tahu startup milikmu akan menjadi salah satu startup besar seperti Netflix.

2. Akses Layanan Online

startup

Akses layanan online menjadi salah satu startup yang sangat menjanjikan di era revolusi industri 4.0 ini.

Anda bisa membangun startup pesan-antar makanan, startup transportasi, startup antar-kirim barang, startup token listrik, startup pemesanan tiket, dan lainnya.

Dengan startup ini Anda bisa memberikan layanan mulai dari membeli barang, mengantar barang, sampai pembayaran bisa dilakukan dengan startup milik Anda.

Jangan lupa, gunakan juga website untuk memaksimalkan branding dan pemasaran digital.

Manfaatkan Paket Hosting Murah dari Qwords.com untuk membuat website startup dengan performa optimal, sehingga bisa mendatangkan banyak calon pelanggan

3. Ide Startup Dunia Perempuan

dunia perempuan

Perempuan memiliki kebiasaan unik saat mengakses internet. Jika biasanya laki-laki hanya mengakses game dan media sosial, perempan lebih beragam dalam mengakses startup.

Mulai dari tips kecantikan, gosip selebritis, resep makanan sampai perawatan kucing menjadi sesuatu yang menarik bagi perempuan.

Anda bisa lho menjadikan ini peluang bisnis. Anda bisa mendirikan startup yang mengulas dunia perempuan, termasuk yang bisa Anda coba adalah startup perkembangan kehamilan sampai perhitungan siklus menstruasi.

4. Ide Startup Dunia Anak

ide startup

Jika dulu anak selalu identik dengan permainan-permainan yang melibatkan gerak fisik seperti lompat tali, kelereng, ataupun go back to the door namun di era perkembangan teknologi permainan anak ikut beralih.

Karena itu Anda bisa membangun startup dengan pasar khusus anak-anak, mulai dari hiburan, permainan, ataupun pendidikan khusus.

Bukan hanya akan membantu anak untuk dapat mengakses konten di internet, stratup dunia anak juga bisa diakses oleh orang tua.

Anda bisa membuat startup seperti pematauan perkembangan anak, tips perawatan anak, pendidikan anak, dan lainnya yang sangat menarik bagi orang tua.

5. Ide Startup Konsultasi Kesehatan

ide startup

Anda pasti tahu aplikasi Klik Dokter? Atau layanan kesehatan Alodokter? Ya, aplikasi-aplikasi di atas merupakan salah satu startup di bidang konsultasi kesehatan.

Di zaman yang serba teknologi seperti sekarang ini, orang-orang memang ingin segalanya serba praktis, termasuk dalam hal konsultasi kesehatan.

Jika biasanya untuk dapat berkonsultasi dengan dokter harus ke rumah sakit dan bertemu langsung dengan dokter, kini layanan konsultasi bisa dilakukan secara online. Anda juga bisa lho menjadi salah satu penyedia layanan ini.

6. Ide Startup Jasa Penerjemah

ide startup

Penerjemah menjadi salah satu bidang yang sangat dibutuhkan di tengah perkembangan teknologi seperti sekarang ini.

Dengan terbukanya akses ke luar negeri, akan banyak orang yang membutuhkan jasa menerjemahkan dari atau ke bahasa asing.

Anda bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis startup. Selain bisa menjadi wadah bagi orang yang membutuhkan jasa penerjemah, Anda juga bisa menyediakan lapangan pekerjaan bagi para translator.

7. Ide Startup Perawatan Hewan

perawatan hewan

Memelihara hewan peliharaan saat ini menjadi sesuatu yang diminati banyak orang.

Terlebih untuk kalangan dengan ekonomi menengah ke atas. Dengan adanya peluang ini, Anda bisa nih membuka bisnis startup di bidang perawatan hewan, mulai perawatan kucing, anjing, ataupun jenis reptil.

8. Ide Startup di Dunia Pendidikan

dunia pendidikan

Startup di bidang dunia pendidikan sangat menjanjikan di tengah perkembangan internet saat ini.

Anda pasti tahu Ruangguru, bukan? Guruguru merupakan salah satu startup di bidang pendidikan yang saat ini sangat terkenal di Indonesia.

Tidak hanya startup pendidikan yang menyediakan video pembelajaran seperti Ruangguru, Anda juga bisa membangun startup pendidikan yang mempertemukan guru dengan murid secara online ataupun layanan guru privat yang akan mempertemukan guru dengan murid secara langsung.

9. Ide Startup Layanan Pencarian Kos

Ide bisnis selanjutnya adalah mengembangkan platform atau aplikasi pencarian kos atau hunian sementara.

Walaupun terlihat sederhana, banyak lho pihak-pihak yang membutuhkan aplikasi ini seperti mahasiswa baru dan para pekerja yang kesulitan mencari informasi ketersediaan kos di daerah tertentu.

Di aplikasi yang tersebut, Anda bisa menambahkan informasi lengkap berupa alamat, harga, fasilitas yang disediakan, dan informasi penting lainnya.

Melalui aplikasi ini, pencari dan penyedia kos pun akan lebih mudah berkomunikasi.

10. Aplikasi Keuangan untuk UMKM

UMKM merupakan tumpuan perekonomian Indonesia yang berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 60,5 % dan menampung 96,9% penyerapan tenaga kerja secara nasional

Meski kontribusinya sangat besar, sebagian besar UMKM masih menghadapi kendala dalam mengurus keuangan.

Oleh karenanya, Anda bisa mengembangkan aplikasi atau software yang bisa membantu UMKM mengelola keuagan seperti akuntansi, pembayaran, dan manajemen kas.

11. Aplikasi Katering Online

Anda tentu sudah tidak familiar dengan bisnis katering, kan? Jika selama ini, bisnis katering dijalankan secara offline, kini Anda bisa mengembangkan bisnis katering dalam bentuk aplikasi.

Pengembangan tersebut membuat Anda dapat menjangkan targat pasar yang lebih luas dan mempermudah pelanggan untuk mengakses kebutuhan katering.

12. Teknologi Pertanian Berkelanjutan

Semakin menyempitnya ketersediaan lahan untuk bertani turut berdampak terhadap keberlanjutan pangan dan lingkungan.

Untuk itulah, pertanian berkelanjutan hadir untuk menjawab berbagai tantangan tersebut.

Jika Anda tertarik mencoba startup di bidang pertanian, Anda bisa mengembangkan teknologi seperti metode hidroponik, pengelolaan limbah pertanian, dan pengembangan drone untuk membuat pertanian menjadi lebih efisien dan berkelanjutan.

6 Contoh Startup Sukses di Indonesia

Sejak beberapa tahun terakhir muncul startup-startup baru di Indonesia. Pada awalnya, bisnis startup ini hanya sebuah bisnis kecil sampai akhirnya kini beberapa di antaranya disebut sebagai unicorn.

Unicorn adalah perusahana rintisan swasta yang memiliki nilai kapitalisasi lebih dari $ 1 milliar. Siapa sajakah startup-startup itu?

1. Gojek

Gojek merupakan perusahaan startup di bidang transportasi yang didirikan oleh Nadiem Makarim yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Gojek didirikan pada tahun 2010 dan pada Juli 2016 Gojek telah diunduh sebanyak hampir 10 juta kali di Playstore.

Selain itu, Gojek juga memiliki layanan pembayaran yang bernama Gopay. Selian ada di Indonesia, Gojek kini telah melebarkan sayapnya di Thailand, Singapura, dan Vietnam.

Gojek didirikan karena pengalaman pribadi Nadiem Makarim sebagai pelanggan ojek pangkalan.

Saat itu Nadiem melihat sebagian besar waktu pengemudi ojek hanya menunggu penumpang di pangkalan.

Padahal jika bisa mendapatkan banyak pelanggan, penghasilan dari ojek lumayan besar.

Selain sulitnya mendapatkan pelanggan bagi tukang ojek, penumpang juga tidak bisa mendapatkan ojek setiap saat.

Penumpang harus mendatangi pangkalan untuk mendapatkan ojek. Dari pengalaman dan keresahan ini, Nadiem menemukan peluang layanan yang mempertemukan penumpang dengan tukang ojek.

Saat ini Gojek memiliki 17 fitur dan layanan, yaitu:

  • Goride, layanan transportasi sepeda motor.
  • Gosend, layanan transportasi barang.
  • Gofood, layanan pemesanan makanan.
  • Gobox, layanan pengantaran barang berukuran besar.
  • Goclean, layanan membersihkan rumah.
  • Goglam, layanan kecantikan.
  • Gomassage, layanan pijat.
  • Gotix, layanan pembelian tiket.
  • Gocar, layanan transportasi dengan mobil.
  • Goauto, layanan montir.
  • Gomed, layanan pembelian obat.
  • Gopulsa, layanan pembelian pulsa eletronik.
  • Goshop, layanan belanja barang.
  • Gobills, layanan berbagai pembayaran.
  • Gopay, layanan pembayaran digital.
  • Godeals, layanan pemberian diskon.
  • Gobluebird, layanan taksi yang kerja sama dengan Blue Bird Group.

Baca juga: 25 Contoh Franchise Makanan dan Minuman Terlaris Serta Modalnya

2. TaniHub

TaniHub merupakan startup yang fokus di bidang pertanian. TaniHub terkenal setelah Joko Widodo yang saat itu masih berstatus sebagai calon presiden menyebut TaniHub dalam Debat Calon Presiden dan Wakil Presiden.

TaniHub didirikan oleh Ivan Arie dan Pamitra Wineka dan merupakan bagian dari TaniGroup.

Tanihub memiliki dua layanan yaitu e-commerce pertanian TaniHub dan platform tekfin TaniFund.

3. Ruangguru

Ruangguru merupakan salah satu startup di bidang pendidikan yang paling heboh di Indonesia sepanjang tahun 2019. Ruangguru menjadi perhatian karena melakukan promosi besar-besaran di televisi.

Mulai dari menjadikan artis ternama sebagai brand ambassador dan juga menayangkan acara di beberapa televisi sekaligus. Selain itu, Ruangguru menjadi perhatian setelah CEO Ruangguru yaitu Adamas Belva menjadi salah satu Staf Khusus Presiden.

4. Amartha

Amartha didirikan oleh Andi Taufan Garuda Putra pada tahun 2010. Amartha memiliki tujuan memberikan akses keuangan bagi masyarakat pedesaan yang tidak terjangkau oleh bank untuk mengembangkan usahanya.

Taufan memulai pilot project pada tahun 2009 dengan modal Rp 10 juta yang berasal dari modal pribadi.

Dari modal tersebut, Taufan memberikan pendanaan secara berkelompok dengan jumlah anggota 15 sampai 25 ibu rumah tangga.

5. OVO

OVO merupakan salah satu pembayaran digital yang ada di Indonesia. Saat ini OVO menjadi salah satu unicorn di Indonesia dengan nilai sekitar $ 2,9 milliar pada Oktober 2019.

Pada awalnya OVO didirikan mulai tahun 2004 dengan PT Visionet Internasional yang dibentuk oleh PT Multipolar Tbk dalam pemenuhan kebutuhan EDC Lippo Bank.

Pada 2016 OVO berkembang menjadi aplikasi yang menawarkan pembayaran, poin loyalitas, dan layanan keuangan.

6. Bukalapak

Bukalapak merupakan e-commerce yang didirikan oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Muhammad Farin Rasyid pada tahun 2010.

Pada awalnya Bukalapak merupakan toko online yang membuat pelaku UKM mampu mengenalkan produk mereka ke dunia maya.

Saat ini, selain sebagai marketplace, Bukalapak juga membantu meningkatkan penjualan warung tradisional melalui layanan Mitra Bukalapak.

Pada tahun 2019 Bukalapak memiliki lebih dari 4,5 juta pedagang online, 70 juta mengguna aktif bulanan, 1,9 juta mitra warung, dan rata-rata dua juta transaksi per hari.

Kesimpulan

Tahap pertama yang harus dilakukan untuk memulai bisnis startup adalah dengan menemukan ide.

Ada beberapa ide bisnis startup yang bisa Anda kembangkan, salah satunya adalah startup di bidang pendidikan.

Anda pasti sudah tahu Ruang Guru, bukan? Ruang Guru merupakan salah satu startup di bidang pendidikan yang ada di Indonesia.

Mengembang bisnis startup diperlukan kiat-kiat agar terus bergerak maju. Salah satunya adalah dengan mengelola keuangan dengan baik. Anda bisa menggunakan pencatatan manual dengan Microsoft Excel atau menyewa jasa akuntan.

Namun selain dua pilihan itu, ada satu cara lagi untuk mempermudah pengelolaan keuangan bisnismu, yaitu dengan penggunaan software akuntansi dari Kledo.

Software Akuntansi Kledo memiliki kelebihan yaitu bisa diakses di mana saja, penyimpanan berbasis cloud, dapat menampilkan grafik yang cantik, dan juga harga yang terjangkau.

Desi Murniati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × four =