Jabatan CFO: Skill, Tugas, Bedanya dengan CEO, COO, dan CMO

Jabatan CFO

Apakah Anda tahu siapa yang bertanggung jawab untuk mengelola keuangan sebuah perusahaan? Jawabannya adalah Chief Financial Officer atau CFO. Jabatan CFO memainkan peran penting dalam menentukan arah keuangan sebuah perusahaan.

Mereka bertanggung jawab untuk mengambil keputusan keuangan penting dan memberikan nasihat strategis untuk memastikan perusahaan tetap berjalan pada jalur yang benar.

Namun, menjadi seorang CFO bukanlah tugas yang mudah. Terdapat banyak tantangan yang harus dihadapi, mulai dari menghadapi tekanan keuangan hingga mengantisipasi risiko yang mungkin terjadi.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang peran dan tanggung jawab seorang CFO serta keterampilan apa yang dibutuhkan untuk menjadi seorang CFO yang sukses.

Jadi, jika Anda tertarik dengan karir di bidang keuangan atau hanya ingin memperluas pengetahuanmu tentang peran penting CFO, tetaplah bersama kami!

Jabatan CFO Adalah:

Pengertian Chief Financial Officer

CFO merupakan singkatan dari Chief Financial Officer, yang secara umum merupakan jabatan eksekutif puncak dalam departemen keuangan sebuah perusahaan.

CFO memiliki peran yang krusial dalam mengelola keuangan perusahaan. Mereka bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi keuangan jangka panjang dan mengawasi kegiatan keuangan sehari-hari perusahaan.

itu, CFO juga berperan dalam mengatur manajemen risiko, pengambilan keputusan investasi, dan menjaga kesehatan keuangan perusahaan.

Dalam beberapa perusahaan, CFO juga menjadi bagian penting dalam mengembangkan strategi bisnis dan memberikan dukungan pada aktivitas bisnis yang melibatkan keuangan.

Oleh karena itu, memiliki seorang CFO yang berkualitas dan terampil sangat penting bagi keberhasilan sebuah perusahaan.

Baca juga: Mengenal Analisis Trend (Trend Analysis) dalam Laporan Keuangan

Apa Saja Tanggung Jawab CFO?

Tanggung jawab seorang CFO (Chief Financial Officer) sangat penting dalam menjaga kesehatan keuangan perusahaan.

CFO bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan perusahaan dan membuat keputusan keuangan strategis yang mempengaruhi pertumbuhan dan kesuksesan perusahaan.

Berikut adalah paparan lebih detail mengenai tanggung jawab CFO:

Mengelola keuangan perusahaan

CFO bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan perusahaan. Mereka harus mengelola arus kas, pengeluaran, dan investasi perusahaan.

CFO juga harus memastikan bahwa perusahaan mematuhi peraturan keuangan yang berlaku dan membuat rencana keuangan jangka pendek maupun jangka panjang yang mengarah pada pencapaian tujuan keuangan perusahaan.

Membuat keputusan keuangan strategis

CFO harus membuat keputusan keuangan strategis yang penting untuk pertumbuhan dan keberhasilan perusahaan.

Mereka harus memutuskan cara terbaik untuk membiayai perusahaan, seperti pinjaman bank atau penerbitan saham baru.

Mereka juga harus memilih proyek-proyek investasi yang akan membantu perusahaan tumbuh dan menghasilkan keuntungan di masa depan.

Keputusan yang tepat akan membantu perusahaan bertumbuh dan memperkuat posisinya di pasar.

Manajemen risiko keuangan

CFO memainkan peran penting dalam manajemen risiko perusahaan. Mereka harus memantau risiko keuangan dan mengambil tindakan yang tepat untuk mengurangi risiko atau menghindari risiko tersebut.

Mereka juga harus memastikan bahwa perusahaan mematuhi peraturan keuangan dan menghindari pelanggaran yang dapat merugikan perusahaan.

Menyajikan laporan keuangan yang akurat

CFO harus menyajikan laporan keuangan yang akurat dan dapat dipercaya kepada investor, pemegang saham, dan regulator.

Laporan keuangan ini harus menjelaskan kinerja keuangan perusahaan dan memberikan informasi tentang arus kas, investasi, dan pengeluaran perusahaan.

CFO harus memastikan bahwa laporan keuangan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku dan peraturan keuangan yang relevan.

Membangun dan memimpin tim keuangan yang efektif

CFO harus membangun tim keuangan yang efektif dan memimpin mereka dalam mengelola keuangan perusahaan.

Mereka harus memilih orang yang tepat untuk posisi keuangan yang berbeda dan memastikan bahwa mereka memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan.

CFO juga harus memastikan bahwa tim keuangan bekerja sama dengan departemen lain di perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan secara keseluruhan.

Menjalin hubungan dengan investor, perbankan, dan regulator

CFO harus menjalin hubungan yang baik dengan investor, perbankan, dan regulator untuk memastikan dukungan keuangan yang cukup untuk perusahaan.

CFO juga harus memantau pasar keuangan dan memberikan saran tentang cara terbaik untuk memanfaatkan peluang pasar untuk keuntungan perusahaan.

Mengembangkan strategi keuangan jangka panjang yang sesuai dengan tujuan dan visi perusahaan

CFO bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi keuangan jangka panjang yang sesuai dengan tujuan dan visi perusahaan.

Mereka harus memperkirakan kebutuhan keuangan perusahaan di masa depan dan memastikan bahwa perusahaan memiliki rencana keuangan yang strategis.

Baca juga: 6 Jenis Biaya Logistik pada Bisnis dan Cara Menghematnya

Banner 2 kledo

Apa Saja Peran CFO?

peran CFO

Sebagai seorang pemimpin keuangan, seorang CFO memiliki beberapa peran penting dalam organisasi.

Salah satu penjabaran peran CFO yang dapat digunakan adalah yang membaginya ke dalam empat peran utama, yaitu administrator, katalis, operator, dan pemberi strategi.

Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang keempat peran tersebut:

Administrator

Sebagai administrator, CFO bertanggung jawab untuk memastikan bahwa sistem dan proses keuangan perusahaan berjalan dengan baik dan efisien.

Mereka harus memastikan bahwa anggaran terkelola dengan baik, laporan keuangan diaudit dengan benar, dan peraturan keuangan dipatuhi dengan baik.

Katalis

Sebagai katalis, CFO harus mendorong perubahan dan memotivasi tim keuangan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Mereka harus dapat mengevaluasi kinerja keuangan perusahaan secara kritis serta memperkenalkan perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas.

Operator

Sebagai operator, CFO bertanggung jawab atas semua kegiatan operasional yang terkait dengan keuangan perusahaan, termasuk pengelolaan kas, akuntansi, dan pelaporan keuangan.

Mereka juga harus memastikan bahwa proses keuangan perusahaan terintegrasi dengan baik dengan operasi lain di perusahaan.

Pemberi strategi

Sebagai pemberi strategi, CFO harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang strategi bisnis perusahaan dan memastikan bahwa keputusan keuangan mendukung tujuan strategis.

Mereka harus memahami risiko dan peluang keuangan dan membuat keputusan yang cerdas berdasarkan data dan analisis keuangan.

Mereka juga harus dapat berkomunikasi secara efektif dengan dewan direksi dan pemegang saham untuk menjelaskan strategi keuangan perusahaan.

Baca juga: Biaya Promosi: Arti, Jenis, Contoh, Cara Hitung, dan Jurnalnya

Apa Saja Kualifikasi yang Harus Dimiliki CFO?

Sebagai salah satu posisi teratas di departemen keuangan, jabatan Chief Financial Officer (CFO) membutuhkan kualifikasi yang sangat spesifik.

Seorang CFO bertanggung jawab atas manajemen keuangan perusahaan dan mengambil keputusan strategis yang akan memengaruhi arah perusahaan.

Berikut ini adalah beberapa kualifikasi yang biasanya dibutuhkan untuk menjadi seorang CFO.

Pendidikan

Gelar sarjana dalam bidang keuangan, akuntansi, atau bisnis merupakan prasyarat umum untuk menjadi CFO.

Selain itu, beberapa perusahaan mengharuskan gelar MBA atau gelar tingkat lanjut dalam bidang keuangan atau bisnis.

Seorang CFO harus memiliki pemahaman yang kuat tentang akuntansi, manajemen keuangan, analisis keuangan, dan pemikiran strategis.

Pengalaman Kerja

Seorang CFO harus memiliki pengalaman kerja yang signifikan di bidang keuangan dan akuntansi, biasanya minimal 10 tahun.

Pengalaman di perusahaan besar atau di industri yang sama juga dapat menjadi nilai tambah. Selain itu, pengalaman dalam posisi manajemen dan kepemimpinan juga sangat dihargai.

Sertifikasi

Sertifikasi profesional seperti Certified Public Accountant (CPA), Certified Management Accountant (CMA), atau Chartered Financial Analyst (CFA) dapat menjadi nilai tambah bagi seorang CFO.

Sertifikasi-sertifikasi ini menunjukkan bahwa seorang CFO memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan keuangan.

Keterampilan

Kepemimpinan seorang CFO harus memiliki keterampilan kepemimpinan yang kuat untuk memimpin tim keuangan dan bekerja sama dengan tim manajemen lainnya.

Seorang CFO harus mampu memotivasi, mengarahkan, dan memimpin tim untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Analisis keuangan

CFO harus memiliki kemampuan untuk menganalisis data keuangan dengan cermat dan mengambil keputusan berdasarkan informasi yang ditemukan.

CFO harus dapat membuat prediksi keuangan yang akurat dan memperkirakan risiko serta peluang keuangan.

Keterampilan komunikasi

Seorang CFO harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk menjelaskan informasi keuangan secara efektif kepada anggota tim dan pemangku kepentingan lainnya.

CFO juga harus mampu berkomunikasi dengan jelas dan meyakinkan dalam presentasi laporan keuangan kepada dewan direksi dan pemegang saham.

Pengalaman dalam pengembangan strategi

CFO harus memahami bisnis secara holistik dan dapat memberikan input strategis untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Seorang CFO harus dapat mempertimbangkan faktor-faktor eksternal dan internal yang memengaruhi perusahaan, dan membuat rencana strategis yang memperhitungkan risiko dan peluang keuangan.

Bagaimana Cara Menjadi CFO?

Jika ingin mengejar karir sebagai CFO, ada beberapa hal yang harus dikembangkan, di antaranya:

Keterampilan keuangan dan akuntansi

Sebagai CFO, keterampilan keuangan dan akuntansi sangatlah penting.

Anda harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang laporan keuangan, analisis keuangan, pengelolaan risiko keuangan, dan strategi keuangan perusahaan.

Keterampilan kepemimpinan

Sebagai seorang pemimpin, seorang CFO harus memiliki kemampuan untuk memimpin tim, mengambil keputusan strategis, dan berkomunikasi dengan baik dengan para stakeholder perusahaan.

Keterampilan teknologi

Dalam era digital yang semakin berkembang, keterampilan teknologi menjadi hal yang sangat penting bagi seorang CFO.

Anda harus memahami teknologi keuangan, sistem informasi keuangan, dan alat analisis data untuk membantu perusahaan mengambil keputusan yang lebih baik.

Keterampilan interpersonal

Seorang CFO harus mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik dengan berbagai pihak, seperti dewan direksi, investor, dan karyawan perusahaan.

Keterampilan interpersonal yang baik akan membantu anda untuk membangun hubungan yang kuat dan membangun kepercayaan.

Pengalaman kerja

Pengalaman kerja yang baik di bidang keuangan dan akuntansi sangat penting bagi seorang CFO.

Anda harus memahami berbagai aspek bisnis dan memiliki pengalaman yang luas dalam berbagai aspek keuangan, seperti pengelolaan anggaran, perencanaan keuangan, dan analisis kinerja keuangan.

Pendidikan dan sertifikasi

Pendidikan dan sertifikasi yang relevan dapat membantu meningkatkan kredibilitas dan kompetensi anda di bidang keuangan.

Gelar sarjana atau gelar tingkat lanjut di bidang keuangan atau bisnis, serta sertifikasi keuangan seperti CPA atau CMA dapat membantu memperkuat kualifikasi anda sebagai seorang CFO.

Perluas jaringan

Bertemu dengan profesional keuangan lainnya dan membangun jaringan dapat membantu anda dalam memperoleh informasi tentang peluang karir yang tersedia dan dapat membuka pintu untuk kesempatan baru.

Baca juga: Biaya Pemeliharaan: Contoh, Cara Hitung, dan Jurnalnya dalam Akuntansi

Berapa Gaji CFO di Indonesia?

Gaji seorang CFO di Indonesia bervariasi tergantung pada ukuran perusahaan, industri, lokasi, dan tingkat pengalaman.

Namun, berdasarkan data dari JobStreet, rata-rata gaji seorang CFO di Indonesia adalah sekitar Rp 600 juta hingga Rp 1,5 miliar per tahun.

Gaji tersebut dapat meningkat dengan pengalaman kerja dan kualifikasi yang lebih tinggi.

Sebagai perbandingan, gaji seorang CFO di Amerika Serikat berkisar antara $200.000 hingga $450.000 per tahun atau lebih, tergantung pada industri dan ukuran perusahaan.

Apa Perbedaan Jabatan CFO dengan CEO, COO, dan CMO?

Perbedaan jabatan CFO, COO, CEO, dan CMO

Jabatan CFO bertanggung jawab atas manajemen keuangan perusahaan, sedangkan jabatan CEO (Chief Executive Officer) bertanggung jawab atas pengambilan keputusan strategis dan keseluruhan operasi perusahaan.

COO (Chief Operating Officer) bertanggung jawab atas operasi sehari-hari perusahaan, sedangkan CMO (Chief Marketing Officer) bertanggung jawab atas strategi pemasaran perusahaan.

Dalam hierarki perusahaan, CEO berada di puncak, diikuti oleh COO dan CFO, sementara CMO biasanya berada di bawah CFO atau COO.

Perbedaan lainnya antara jabatan CFO dengan jabatan-jabatan lain di atas adalah tugas-tugas dan tanggung jawab yang berbeda.

CFO bertanggung jawab atas manajemen keuangan perusahaan dan pengambilan keputusan keuangan, sementara CEO bertanggung jawab atas pengambilan keputusan strategis dan arah bisnis perusahaan secara keseluruhan.

COO bertanggung jawab atas operasi sehari-hari perusahaan, dan CMO bertanggung jawab atas strategi pemasaran dan branding perusahaan.

Meskipun demikian, semua jabatan di atas sangat penting untuk kesuksesan sebuah perusahaan, dan mereka harus bekerja sama untuk mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

Baca juga: Pengertian Price Skimming, Tujuan, Contoh, Pro dan Kontranya

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang jabatan CFO, salah satu posisi puncak di departemen keuangan perusahaan.

Seorang CFO bertanggung jawab atas manajemen keuangan perusahaan dan mengambil keputusan strategis yang dapat memengaruhi arah perusahaan.

Untuk mendukung manajemen keuangan perusahaan, dibutuhkan alat yang tepat untuk memudahkan pengambilan keputusan yang lebih akurat dan efektif.

Salah satu solusi yang dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan perusahaan adalah Kledo, software akuntansi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dari berbagai skala bisnis.

Kledo menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu mempermudah proses akuntansi, seperti pembuatan 30 jenis laporan keuangan, manajemen persediaan barang, pajak, invoice, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Kledo juga dapat diintegrasikan dengan berbagai platform digital, seperti e-commerce dan payment gateway, sehingga memudahkan pelaporan dan pengontrolan keuangan secara real time.

Mulai dari 139 ribu saja, Anda sudah bisa menggunakan fitur lengkap Kledo. Mau coba gratis? Tentu bisa!

Caranya tinggal kunjungi tautan ini dan dapatkan akses free trial Kledo selama 14 hari bahkan selamanya.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 + three =