Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi Online Bagi Bisnis

keuntungan menggunakan software akuntansi

Ada banyak keuntungan menggunakan software akuntansi dalam pengelolaan bisnis Anda. Namun kebanyakan pemilik bisnis masih menggunakan proses akuntansi manual atau spreadsheet untuk melacak dan mengelola pembukuan Anda.

Sebenarnya ini taktik yang bagus untuk memulai, tetapi seiring pertumbuhan bisnis , hampir pasti akan menjadi tantangan jika Anda mencatat semua transaksi Anda dengan sistem akuntansi manual semacam ini.

Anda perlu membuat lebih banyak faktur, membuat entri jurnal baru, membuat laporan keuangan, dan daftarnya terus berlanjut.

Itu sebabnya, di zaman sekarang ini, sebagian besar bisnis menggunakan software akuntansi untuk mengelola proses akuntansi mereka.

Software akuntansi dapat membantu Anda mengotomatiskan sebagian besar langkah siklus akuntansi, memungkinkan Anda menghabiskan waktu untuk hal-hal yang benar-benar penting, seperti mengembangkan bisnis Anda.

Ingin mempelajari kelebihan dan keuntungan utama dalam menggunakan software akuntansi online untuk bisnis Anda? Baca terus artikel ini sampai selesai.

Apa itu Software Akuntansi Online?

keuntungan menggunakan software akuntansi online

Software akuntansi online atau software akuntansi cloud (juga dikenal sebagai perangkat lunak akuntansi terkomputerisasi), adalah alat yang membantu akuntan, pemegang buku, atau pemilik bisnis untuk mengelola dan mengotomatisasi transaksi akuntansi dan akun untuk bisnis.

Dengan kata sederhana, software akuntansi membantu Anda mengotomatisasi tugas dalam proses akuntansi.

Misalnya, Anda dapat mengotomatiskan proses pembuatan entri jurnal, setiap kali pembayaran dilakukan melalui rekening bank bisnis Anda.

Atau Anda bahkan dapat membuat laporan keuangan, dengan satu klik mouse. Yang merupakan sesuatu yang bisa memakan waktu berjam-jam jika Anda menggunakan spreadsheet.

Meskipun ada banyak keuntungan dan manfaat yang datang dengan menggunakan perangkat lunak akuntansi, berikut adalah keuntungan menggunakan software akuntansi online.

Baca juga: Pemindahbukuan Pajak: Pengertian dan Cara Melakukannya

10 Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi

keuntungan menggunakan software akuntansi

1. Akses Data Akuntansi Kapan Saja, Di Mana Saja

Keuntungan paling jelas saat Anda menggunakan software akuntansi cloud dibandingkan sistem akuntansi tradisional apa pun adalah bahwa software akuntansi ini memungkinkan Anda mengakses data kapan pun Anda mau, dan dari perangkat mana pun yang Anda inginkan.

Dengan menggunakan software akuntansi Kledo misalnya, Anda dapat menggunakan software akuntansi online dari PC, laptop, tablet, dan ponsel Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah perangkat yang terhubung ke internet dan browser (atau aplikasi seluler).

Untuk bisnis dari berbagai ukuran, ini memiliki banyak keuntungan. Misalnya, Anda dapat membuat dan mengirim faktur saat bepergian langsung dari ponsel Anda.

Atau Anda dapat membuat, melihat, dan mengunduh laporan dan laporan keuangan hanya dengan beberapa klik.

Tidak perlu meminta akuntan Anda untuk mempersiapkannya tiga hari ke depan.

Cukup masuk ke platform, navigasikan ke bagian Laporan Keuangan Anda, dan unduh laporan keuangan yang Anda butuhkan.

Ingin mencoba menggunakan software akuntansi Kledo untuk kemudahan pengelolaan pembukuan bisnis? Anda bisa mencobanya secara gratis selama 14 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 2 kledo

Baca juga: Sedang Mencari Software Akuntansi Usaha Dagang? Perhatikan Hal ini

2. Kolaborasi Lebih Mudah

Software akuntansi cloud membuat kolaborasi semudah membalikan telapak tangan.

Ingat saat-saat ketika Anda harus membuat perubahan pada spreadsheet, menyimpannya di drive USB dan kemudian memberikannya kepada rekan kerja Anda sehingga mereka juga dapat memiliki laporan keuangan versi terbaru?

Yah, masa-masa itu sudah lama berlalu.

Dengan software akuntansi berbasis cloud, salah satu keuntungan utama adalah bahwa setiap orang mendapatkan akses ke data akuntansi dan keuangan secara real-time.

Jadi yang harus dilakukan karyawan Anda adalah masuk ke platform, dan melakukan apa yang perlu mereka lakukan.

Tidak ada hambatan, tidak ada waktu yang terbuang.

Beberapa pengguna dapat mengerjakan data akuntansi yang sama secara real-time, tanpa pernah saling mengganggu.

Selain itu, software akuntansi online memungkinkan Anda untuk memberikan tingkat akses yang berbeda kepada pengguna yang berbeda.

Dengan cara ini Anda dapat menyesuaikan izin berdasarkan serangkaian fungsi akuntansi atau pembukuan yang perlu dilakukan pengguna.

Baca juga: Pajak Progresif: Pengertian, Jenis, Cara Hitung, dan Besarannya

3. Hemat Waktu Dengan Otomatisasi

Sebagian besar pekerjaan yang harus dilakukan akuntan atau pemegang buku setiap hari sangat manual dan berulang. Sebagai contoh:

  • Membuat faktur untuk setiap penjualan? Berulang-ulang.
  • Melacak transaksi dan membuat entri jurnal masing-masing? Berulang-ulang.
  • Mengirim pengingat pembayaran terlambat ke klien Anda? Berulang-ulang.

JIka Anda seorang akuntan, Anda pasti mengerti maksudnya. Sebagian besar langkah siklus akuntansi dapat diotomatisasi. Dan itulah yang paling baik dilakukan oleh perangkat lunak akuntansi online.

Sebagai permulaan, Anda dapat mengotomatiskan pembuatan entri jurnal. Yang perlu Anda lakukan adalah mengintegrasikan bank Anda secara langsung dengan software akuntansi Anda.

Dengan cara ini, setiap kali Anda melakukan atau menerima pembayaran, entri jurnal secara otomatis dibuat dan dipetakan ke akun yang tepat.

Anda juga dapat mengotomatiskan hal-hal seperti pelaporan keuangan (misalnya: membuat laporan setiap X hari dalam sebulan). Atau Anda bahkan dapat mengatur pembayaran vendor otomatis.

Perlu diingat, bahwa tidak semua software akuntansi cloud menawarkan tingkat otomatisasi akuntansi yang sama.

Jika Anda mencari perangkat lunak akuntansi yang unggul dalam otomatisasi, Anda harus mencoba Kledo. Dengan mengunjungi tautan ini, Anda mendapatkan uji coba gratis yang bisa Anda gunakan selamanya.

Baca juga: Ingin Cari Software Akuntansi Hotel? Perhatikan Fitur Ini

4. Peningkatan Keamanan Akuntansi

Salah satu keuntungan terbesar dari menggunakan software akuntansi berbasis cloud, adalah semua data akuntansi Anda diamankan dengan aman di cloud.

Ini berarti bahwa data Anda tercakup dalam lapisan algoritme enkripsi kelas atas, membuatnya jauh lebih aman daripada menyimpannya di rak kantor.

Dan bagian terbaiknya adalah semua data Anda disinkronkan setiap saat. Jadi tidak hanya lebih aman, tetapi juga up to date.

Sebagai perbandingan, ketika bisnis menggunakan software akuntansi berbasis desktop, data akuntansi harus terus dicadangkan.

Lagi pula, data disimpan di hard drive. Dan seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, hard drive cukup rumit. Mereka dapat hilang, dihapus, atau rusak dan menjadi tidak dapat digunakan.

Akibatnya, bisnis harus mendedikasikan cukup banyak waktu untuk mengintegrasikan data akuntansi dan akuntansi ke dalam rencana pemulihan bencana mereka.

Ini pada gilirannya berarti biaya yang lebih tinggi, dan lebih banyak waktu yang terbuang.

Dengan software akuntansi online, Anda tidak perlu khawatir untuk mencadangkan data Anda – sistem akan melakukannya untuk Anda.

Baca juga: Pengaruh Pemangkasan Suku Bunga bagi Bisnis

5. Akurasi Akuntansi & Pembukuan yang Lebih Baik

Dengan software akuntansi online, Anda dapat mengucapkan selamat tinggal pada sebagian besar kesalahan akuntansi yang umum terjadi.

Software akuntansi online akan memastikan bahwa catatan akuntansi Anda diatur dengan benar dan akurat, setiap saat.

Ingat saat-saat ketika Anda membuang waktu 5 jam untuk mencari tahu mengapa neraca tidak seimbang?

Dengan menggunakan software akuntansi online, ucapkan selamat tinggal pada hal ini.

Saat menggunakan software akuntansi cloud, jika entri jurnal yang baru dibuat tidak seimbang, sistem akan segera memberi tahu Anda dan menyoroti potensi kesalahan.

Dengan cara ini, Anda akan diberi tahu tentang kesalahan bahkan sebelum melakukannya (yaitu: mengklik kirim).

Dan ini hanyalah contoh yang sangat sederhana tentang bagaimana software akuntansi dapat membantu Anda mempertahankan data akuntansi dan keuangan yang lebih akurat untuk bisnis Anda.

Kesalahan akuntansi umum lainnya yang dapat Anda hindari adalah tentang masalah data yang tidak up to date. Bayangkan Anda sedang mengedit spreadsheet atau tabel yang telah diubah sebelumnya, tetapi Anda tidak pernah menerima versi yang diperbarui?

Mencari tahu bagaimana menggabungkan perubahan dari dua file yang berbeda bisa sangat memakan waktu.

Tetapi dengan software akuntansi online seperti Kledo, Anda tidak akan pernah menghadapi masalah seperti itu, karena semua data disinkronkan di cloud.

Secara keseluruhan, menggunakan software akuntansi online akan memastikan bahwa catatan akuntansi Anda diatur dengan benar dan akurat.

Dengan demikian, laporan keuangan Anda akan lebih akurat, dan tim Anda akan dapat mengambil keputusan lebih cepat dan memprioritaskan dengan lebih baik.

6. Pelaporan Secara Real Time

Pelacakan dan pelaporan secara real time kemungkinan merupakan salah satu keunggulan utama menggunakan software akuntansi.

Untuk melacak data akuntansi Anda secara real-time, yang harus Anda lakukan adalah mengintegrasikan perangkat lunak akuntansi online Anda dengan rekening bank bisnis Anda dan Anda akan dapat melacak hal-hal seperti pengeluaran, penjualan, dan inventaris secara real-time.

Software akuntansi seperti Kledo memberi Anda dasbor khusus yang memungkinkan Anda melacak semua akun dan metrik yang ingin Anda lacak.

Tidak ada lagi proses yang membuang waktu menunggu sesuatu yang sederhana seperti rekonsiliasi bank.

Dengan software akuntansi online Kledo Anda dapat melakukan rekonsiliasi bank hanya dalam beberapa langkah sederhana.

Baca juga: Sedang Cari Software Akuntansi Restoran? Perhatikan Hal Ini

7. Mengurangi Biaya & Hemat Uang

Anda mungkin bertanya pada diri sendiri, bagaimana software akuntansi yang berbayar membantu bisnis saya menghemat uang?

Jawabannya sederhana.

Menggunakan software akuntansi online akan menghemat rata-rata bisnis Anda, sekitar 300 jam setahun. Ini mempertimbangkan waktu yang terbuang untuk hal-hal seperti melakukan tugas yang berulang, memperbaiki kesalahan akuntansi, membuat laporan keuangan, dan sebagainya.

Dan karena software akuntansi online seperti Kledo hanya berharga antara 130 ribu sampai 190 ribu per bulan, pada dasarnya ini akan mengehemat pengeluaran Anda sepuluh kali lipat.

Jika dibandingkan dengan perangkat lunak ERP, yang dapat menghabiskan biaya lebih dari $10.000 per bulan, menggunakan software akuntansi online tidak diragukan lagi merupakan cara terbaik dan paling terjangkau untuk melakukan akuntansi untuk bisnis kecil dan menengah.

Baca juga: Tips Memilih Software Akuntansi Manufaktur Terbaik

8. Mengurangi Dokumen Dan Tingkatkan Keberlanjutan

Pada tahun 2022, tidak ada yang suka berurusan dengan dokumen.

Berurusan dengan dokumen sangat memakan waktu dan mahal. Mengapa membuat fotokopi, ketika Anda bisa membuat salinan dengan sekali klik?

Keuntungan menggunakan software akuntansi adalah semua data keuangan termasuk entri jurnal, laporan keuangan, dan laporan online.

Apa pun faktur, catatan, atau entri yang dibuat, semuanya disimpan di bawah lapisan enkripsi di cloud. Mudah diakses oleh siapa saja yang memiliki izin yang tepat.

Selain itu, Anda juga dapat membuat dan mengirim faktur langsung dari perangkat lunak ke klien Anda, mengurangi waktu dan uang yang terbuang untuk mencetak dan memposting faktur, sekaligus mempercepat proses pembayaran.

Baca juga: Tips Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis Anda

9. Pembuatan Faktur yang Lebih Mudah

Membuat faktur adalah salah satu tugas akuntansi yang harus dilakukan setiap bisnis, terlepas dari ukuran atau industrinya. Dan memang benar bahwa jenis faktur akan berbeda berdasarkan jenis penjualan, proses pembuatan faktur kurang lebih sama.

Sebelumnya, orang biasa membuat faktur menggunakan Excel, Word, atau bahkan dengan tangan.

Hasilnya biasanya berupa faktur dengan format yang buruk, yang mungkin membutuhkan waktu beberapa menit untuk dibuat.

Nah, jika Anda adalah bisnis yang hanya membuat 5 invoice sebulan, ini bukan masalah besar.

Namun, jika Anda membuat 100+ faktur setiap bulan, beberapa di antaranya berulang, melakukannya dengan tangan akan menjadi bencana.

Dengan software bkuntansi berbasis cloud seperti Kledo , Anda dapat membuat faktur bisnis profesional menggunakan salah satu template siap pakai dalam hitungan detik.

Harus membuat faktur bulanan berulang? Anda hanya perlu satu klik untuk mengubah faktur satu kali menjadi faktur berulang. Sesederhana itu!

Setelah Anda membuat faktur, Anda dapat mengirimkannya langsung melalui email atau Whatsapp. Sangat praktis dan mudah.

Jika tertarik untuk membuat faktur secara gratis dengan tamplate yang menarik, Anda bisa mencobanya melalui tautan ini.

10. Kemudahan Pengelolaan Pajak

Salah satu manfaat utama menggunakan software akuntansi online seperti Kledo adalah membantu Anda dalam pengelolaan dan penghitungan pajak

Pada dasarnya, tidak ada pemilik bisnis yang suka berurusan dengan pajak. Di situlah software akuntansi online akan membangu Anda

Dengan memiliki catatan akuntansi yang akurat, data dan laporan keuangan terkini, mengumpulkan dokumen dan informasi yang diperlukan untuk penghitungan pajak menjadi sangat mudah.

Selain itu, software akuntansi online canggih seperti Kledo memiliki aturan pajak bawaan, memungkinkan Anda untuk fokus mengembangkan bisnis Anda, daripada khawatir berurusan dengan petugas pajak.

Baca juga: Mencari Software Akuntansi Untuk Toko Online? Perhatikan Hal ini

Kesimpulan

Sekarang, Anda sudah tahu apa saja keuntungan dari menggunakan software akuntansi. Sebelum kami membiarkan Anda pergi, berikut adalah rekap dari keuntungan dan manfaat utama:

  • Kemampuan untuk mengakses data akuntansi dari perangkat apa pun, kapan saja.
  • Kolaborasi yang lebih mudah antara anggota tim dengan sinkronisasi cloud.
  • Keamanan akuntansi yang ditingkatkan karena semua data disimpan di cloud di bawah lapisan enkripsi.
  • Peningkatan akurasi pembukuan karena aturan bawaan.
  • Pelaporan waktu nyata melalui antarmuka yang ramah pengguna.
  • Pengurangan biaya dengan menghemat waktu pada tugas yang berulang dengan otomatisasi.
  • Mengurangi dokumen dan waktu yang terbuang berurusan dengan dokumen.
  • Pembuatan faktur dan pembayaran yang lebih baik dan lebih cepat.
  • Penghitungan pajak yang disederhanakan melalui aturan pajak bawaan.

Semua keuntungan ini juga bisa Anda dapatkan dengan menggunakan software akuntansi Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 2 =