Tips Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis Anda

tips memilih software akuntansi

Ada banyak pilihan software atau aplikasi akuntansi yang cocok untuk berbagai jenis dan skala usaha, namun memilih software akuntansi yang cocok untuk bisnis Anda adalah sebuah tantangan.

Jika dilihat dengan sekilas, semua software yang ada di pasaran saat ini tampaknya memiliki fungsi dan fitur yang hampir seruoa

Jadi, bagaimana Anda memutuskan software akuntansi mana yang terbaik untuk bisnis Anda?

Pastikan Anda jangan langsung berlangganan dan membeli paket software akuntansi pertama yang Anda lihat dengan nama yang Anda kenal. Yang terpenting dalam memilih software akuntansi adalah apakah software tersebut sesuai dengan kebutuhan unik bisnis Anda.

Pastikan Anda mengetahui lebih dalam ke daftar faktor yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu.

Berikut adalah dua belas hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika Anda mencari software akuntansi untuk mempermudah proses pembukuan bisnis Anda:

1. Pastikan Software Tersebut Memiliki Fungsi Umum yang Ada dalam Software Akuntansi Lainnya

software akuntansi bisnis

Mulailah pencarian Anda dengan menuliskan daftar fungsionalitas inti yang Anda perlukan.

Apakah Anda ingin mencatat pesanan pembelian, misalnya? Apakah Anda akan menyimpan stok bahan mentah, suku cadang, atau produk jadi?

Semua sistem akuntansi yang baik akan membantu Anda mengatur dan memantau catatan akuntansi dasar. Namun, mereka dapat sangat bervariasi dalam jenis fungsi lainnya.

Teliti setiap fitur yang dimiliki beberapa software akuntansi di pasaran, dan pastikan itu sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Jika ada salah satu software akuntansi yang tidak memiliki fitur dasar, ada baiknya Anda beralih ke pilihan lain.

Baca juga: Sedang Mencari Software Akuntansi Usaha Dagang? Perhatikan Hal ini

2. Memiliki Fitur Khusus Industri

Beberapa jenis bisnis memiliki persyaratan dan kepbutuhan khusus. Pengembang situs web mungkin memerlukan penetapan biaya proyek untuk melacak profitabilitas proyek. Bisnis eCommerce mungkin memerlukan perangkat software akuntansi yang terintegrasi dengan perangkat lunak eCommerce.

Jadi, jangan batasi pencarian Anda hanya pada paket akuntansi umum yang terkenal. Ini juga akan bermanfaat mencari secara online untuk paket khusus industri.

Misalnya dengan menggunakan software akuntansi Kledo, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan transaksi yang langsung teintegrasi ke akun ecoomerce atau toko online Anda.

Baca juga: Proses Akuntansi Anda Masih Menggunakan Excel? Pahami Risikonya!

3. Fungsi Multicurrency

Jika Anda sering mencatat transaksi dalam mata uang lain, Anda memerlukan fungsionalitas multicurrency atau multi mata uang.

Ini akan memungkinkan Anda untuk memposting transaksi dalam mata uang asing dan mata uang lokal Anda. Jika Anda memiliki aset dan kewajiban dalam mata uang lain, Anda juga harus dapat melakukan revaluasi mata uang.

Fungsionalitas mata uang asing seringkali tidak tersedia dalam sistem akuntansi bisnis kecil standar. Jadi, jika Anda menggunakan banyak mata uang yang berbeda, pastikan perangkat lunak yang Anda beli memiliki fungsi multicurrency, seperti yang tersedia di Kledo.

Untuk mencoba semua fitur ini, Anda juga bisa mencoba Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 1 kledo

Baca juga: Mencari Software Akuntansi Untuk Toko Online? Perhatikan Hal ini

4. Mana yang Anda Butuhkan? Cloud atau Desktop?

Software akuntansi berbasis cloud menjadi hal yang biasa saat ini karena memudahkan mobilitas pengguna.

Ini menawarkan akses mudah ke sistem akuntansi Anda di manapun Anda berada. Ini juga memungkinkan Anda memberi orang lain akses ke akun Anda, seperti pemegang buku atau akuntan Anda.

Kelemahan dari software berbasis cloud adalah Anda membutuhkan akses internet. Jadi, tidak ada akses internet, tidak ada akses ke akun Anda. Itu perlu diingat jika koneksi internet Anda tidak dapat diandalkan.

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang memiliki mobilitas tinggi, ada baiknya Anda menggunakan software akuntansi berbasis cloud.

Namun, jika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang mengurus bisnis secara on site secara rutin, software akuntansi desktop yang stabil bisa menjadi pilihan.

Baca juga: Tips Memilih Software Akuntansi Manufaktur Terbaik

5. Kompatibilitas Bank

Sebagian besar software akuntansi terbaik akan memungkinkan integrasi dengan bank Anda.

Integrasi ini akan memungkinkan Anda untuk mengunduh transaksi dari bank Anda. Kemudian, Anda akan dapat melakukan rekonsiliasi bank Anda.

Jika Anda mengotomatiskan rekonsiliasi bank Anda dengan cara ini, itu akan menghemat banyak waktu Anda. Untuk dapat melakukan ini, perangkat lunak akuntansi Anda harus kompatibel dengan perangkat lunak bank Anda.

Jika Anda menggunakan Kledo, Anda juga bisa mendapatkan fitur rekonsiliasi bank secara otomatis seperti ini.

Baca juga: Ingin Cari Software Akuntansi Hotel? Perhatikan Fitur Ini

6. Skalabilitas

Jika Anda mengharapkan bisnis Anda tumbuh, Anda memerlukan sistem akuntansi yang dapat tumbuh bersamanya.

Pertumbuhan bisnis akan menyebabkan peningkatan volume transaksi. Ini juga akan mengarah pada kebutuhan akan sistem akuntansi multi-pengguna.

Volume transaksi yang lebih tinggi juga dapat memberatklan penggunaan fungsionalitas software akuntansi untuk bekerja lebih ekstra.

Jadi, ada baiknya untuk memeriksa upgrade apa yang Anda perlukan untuk dapat mengatasi ekspansi bisnis Anda di masa depan. Dan, Anda juga harus memeriksa berapa biaya upgrade tersebut.

Di Kledo sendiri, Anda bisa mencoba solusi akuntansi mulai dari paket gratis yang berguna untuk UMKM sampai paket Elite yang cocok untuk usaha manufaktur sederhana.

Baca juga: Mencari Software Akuntansi yang Cocok untuk Bengkel Anda? Perhatikan Hal Ini

7. Opsi Keamanan Pengguna

software akuntansi bisnis

Jika Anda merencanakan pertumbuhan besar dalam bisnis, Anda perlu mempertimbangkan keamanan pengguna. Anda harus dapat menentukan apa yang dapat dilihat dan dilakukan setiap pengguna pada sistem akuntansi Anda.

Jenis keamanan ini jauh melampaui keamanan read and write sederhana. Ketika Anda memiliki beberapa orang yang menggunakan perangkat lunak, Anda juga harus memiliki keamanan berbasis peran.

Di Kledo, Anda juga bisa mengatur hak akese pengguna sesuai perannya masing-masing.

Kledo sendiri saat ini sudah berstandar internasional ISO/IEC 27001, dimana standar ini menetapkan spesifikasi untuk sistem manajemen keamanan informasi atau Information Security Management System (ISMS).

Anda tidak perlu khawatir kehilangan atau pencurian data penting saat menggunakan Kledo. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membacanya melalui tautan ini.

Baca juga: Alasan Pengusaha Harus Miliki Software Akuntansi

8. Kemudahan penggunaan

Sebagian besar software akuntansi bisnis kecil modern mudah digunakan. Dan beberapa membutuhkan lebih banyak pengetahuan akuntansi dan pengetahuan teknis daripada yang lain.

Software akuntansi seharusnya membuat hidup Anda lebih mudah, tidak lebih rumit. Jadi, cobalah demo software akuntansi dan baca ulasan pelanggan sebelum Anda membeli paket akuntansi.

9. Dukungan Pelanggan

Dukungan pelanggan adalah faktor kunci ketika memilih perangkat lunak apa pun untuk bisnis Anda. Anda akan membutuhkan pelatihan dan pegangan tangan saat pertama kali mulai menggunakan sistem akuntansi baru.

Anda akan membutuhkan dukungan berkelanjutan juga. Periksa jenis dukungan dan pelatihan apa yang tersedia dan periksa kapan dukungan tersedia. Dukungan Senin hingga Jumat tidak akan berguna jika Anda biasanya memperbarui akun di akhir pekan.

Jika Anda mencari software akuntansi yang siap membantu Anda 24/7 hari, Anda bisa menggunakan Kledo. Tim hebat Kledo siap membantu Anda dalam memecahkan masalah yang Anda hadapi, sekalipun itu adalah akhir pekan.

10. Pelaporan

Periksa laporan standar apa yang tersedia dengan sistem. Sebagian besar software akuntansi akan memiliki fitur pembuatan laporan keuangan.

Meski begitu, menulis laporan dari awal membutuhkan waktu. Paket yang mencakup rangkaian lengkap laporan standar akan menghemat banyak waktu Anda.

Anda dapat menulis laporan kustom Anda sendiri saat Anda lebih mengenal sistemnya.

Dengan menggunakan Kledo, Anda dapat membuat lebih dari 30 jenis laporan keuangan dan juga data bisnis dengan mudah dan praktis. Kledo juga menyediakan dashboard dengan grafis yang mudah dimengerti dan intuituf, bahkan untuk orang yang tidak memiliki kemampuan dasar akuntansi.

Baca juga: Manfaat Software Akuntansi bagi Keuangan Bisnis, Wajib Tahu!

11. Pertimbangkan Apa yang Direkomendasikan Akuntan Anda

Tanyakan kepada akuntan Anda apakah mereka merekomendasikan software akuntansi apa pun. Jika akuntan Anda sudah familiar dengan perangkat lunak yang Anda gunakan, mereka mungkin dapat membantu Anda mengkonfigurasi dan menggunakannya.

Adaptasi juga akan memudahkan akuntan Anda menemukan informasi yang mereka butuhkan dari akun pembukuan Anda dan mempercepat proses kerja merak. Jadi dengan begitu, proses kerja Anda menjadi lebih efisien.

12. Harga

Pada kebanyakan kasus, software akuntansi online atau berbasis cloud memang tidak terlalu mahal.

Biasanya tersedia dengan biaya lisensi bulanan yang sederhana. Harga yang Anda bayar akan tergantung pada faktor-faktor seperti fungsionalitas dan jumlah pengguna.

Beberapa paket juga diberi harga berdasarkan volume transaksi. Pikirkan tentang apa yang akan Anda butuhkan di masa depan serta apa yang Anda butuhkan sekarang.

Anda dapat mengubah paket akuntansi Anda jika Anda tumbuh dari itu. Tetapi biasanya jauh lebih mudah dan lebih murah untuk meningkatkan sistem daripada menggantinya.

Jika Anda pemilik bisnis kecil dan berencana menggunakan Kledo, Anda bisa menggunakan paket gratis selamanya dari Kledo. Seiring dengan perkembangan bisnis Anda ndantinya, Anda bisa beralih ke paket berbayar

Harga yang dibebankan saat menggunkan paket berbayar Kledo juga terbilang cukup murah. Untuk harga paket elite atau termahalnya adalah sekitar 190 ribu dan free 5 user dan 5 gudang.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat daftar harga Kledo melalui tautan ini.

Kesimpulan

Hal utama yang harus diambil dari artikel ini adalah Anda tidak boleh terburu-buru membeli software akuntansi. Banyak software akuntansi yang mungkin terlihat sama, tetapi tidak semuanya memiliki fungsi yang sama.

Jika Anda membeli atau berlangganan software akuntansi yang salah, bukan hanya uang Anda yang akan terbuang percuma. Anda juga akan membuang banyak waktu Anda sendiri.

Dan, ketika Anda menjalankan bisnis kecil, waktu Anda adalah salah satu sumber daya terbatas paling berharga yang Anda miliki. Jadi, pastikan Anda memilih software akuntansi yang tepat seperti Kledo.

Ingat, Anda bisa mencoba Kledo secara gratis atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × two =