Tips Memilih Software Akuntansi Manufaktur Terbaik

software akuntansi manufaktur

Memiliki software akuntansi penting jika Anda adalah seorang pemilik bisnis manufaktur.Perusahaan dalam industri manufaktur harus mencatat bahan baku, barang dalam proses, biaya pemrosesan dan harga jual produk akhir.

Tanpa sistem komprehensif yang menangani kebutuhan akuntansi, penetapan biaya, perkiraan, tidak dapat mengevaluasi produk Anda, memutuskan lini produk mana yang menguntungkan, atau aktivitas produksi mana yang perlu dirampingkan.

Karena setiap bisnis manufaktur beragam, setiap aspek software akuntansi penting bagi Anda, sebagai sebuah perusahaan.

Bisnis yang dibuat berdasarkan persediaan perlu melacak kinerja vendor, sedangkan sistem integrasi penjualan akan berguna untuk bisnis yang dibuat berdasarkan pesanan.

Aritkel ini membahas berbagai hal dalam sistem akuntansi, dan dapat membantu saat memilih software akuntansi yang sesuai untuk bisnis manufaktur Anda.

Mengapa Anda Memerlukan Software Akuntansi untuk Bisnis Manufaktur Anda?

software akuntansi manufaktur

Tidak ada perusahaan manufaktur yang terlalu kecil bagi Anda untuk melacak akunnya dengan benar. Dan ini berarti Anda memerlukan software akuntansi yang tepat.

Selalu pastikan Anda menggunakan software akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, karana software akuntansi manufaktur mungkin akan tetap bersama Anda selama bisnis Anda berjalan, jadi pilihlah dengan bijak:

  • Teliti produk yang tersedia
  • Baca forum, tanyakan teman dan kolega, cari tahu apa yang digunakan bisnis lain seperti milik Anda.
  • Pastikan itu berguna untuk bisnis Anda
  • Pilih software kuntansi yang dibuat dengan masukan dari produsen, sehingga Anda tahu itu akan menangani kebutuhan bisnis Anda.
  • Pastikan skalabel
  • Anda bisa memulai paket termurah, tetapi Anda mungkin bisnis Anda akan terus berkembang. Jadi pastikan untuk menggunakan software akuntansi yang akan tumbuh bersama Anda.
  • Perangkat lunak akuntansi berbasis cloud akan memungkinkan Anda mengakses akun Anda dari mana saja dan akan mengurangi biaya di muka, serta mengurangi biaya dukungan TI Anda.

Baca juga: Perusahaan Manufaktur: Pengertian, Proses Bisnis & Tips Mendirikannya

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis Manufaktur

1. Mampu melacak data bisnis Anda

Ini seharusnya merupakan fitur dasar yang harus ada dalam software akuntansi. Anda harus bisa melacak informasi bisnis yang berharga. Beberapa item yang akan dilacak meliputi:

Transaksi

Beban dan pendapatan dalam periode tertentu. Termasuk pembelian, penjualan, pembayaran kembali, pinjaman, dll. Kategorikan mereka dalam buku besar yang benar, apakah itu pengeluaran, Hutang Usaha, Piutang Usaha atau di tempat lain.

Aset dan kewajiban

Diperlukan untuk akhir periode akuntansi tertentu dan berguna di lain waktu.

Kas di tangan

Anda perlu mengawasi berapa banyak uang tunai di bank setiap saat.

Inventaris

Pelacakan inventaris adalah proses terperinci yang berada di luar cakupan panduan ini, jadi diskusikan dengan akuntan atau penasihat keuangan Anda.

Untuk mempelajari lebih lanjut, baca terlebih dahulu tentang ‘metode tunai’ dan ‘metode akrual’ untuk pajak, FIFO (First in, First Out), LIFO (Last in, first out) dan pelacakan aliran persediaan.

Idealnya Anda ingin dapat melakukan semua pelacakan ini secara online. Itu akan memudahkan untuk mengawasi bisnis Anda di mana pun Anda berada. Perangkat lunak berbasis cloud akan memungkinkan Anda melakukan ini dan juga akan menghasilkan jejak kertas jika diperlukan.

Baca juga: Line Balancing: Ketahui Pengertian Lengkap pada Proses Produksi

2. Memiliki penghitungan biaya yang lengkap

Metode penghitungan biaya bervariasi dari perusahaan manufaktur ke yang lain berdasarkan proses produksi.

Software akuntansi yang baik harus memungkinkan Anda melacak biaya produksi aktual dan menggunakan metode akuntansi biaya berbeda yang sesuai untuk bisnis Anda.

Job costing

Digunakan untuk manufaktur batch, beberapa lini produk, atau pesanan berbasis pelanggan untuk menghitung total biaya untuk setiap batch, lini produk, atau pesanan. Mencatat jam kerja yang dibutuhkan dan unit bahan baku.

Process costing

Digunakan oleh perusahaan yang memproduksi suku cadang atau barang yang sama. Biaya dialokasikan ke departemen produksi yang berbeda dan bukan ke batch atau pesanan.

Activity based costing

Digunakan untuk meningkatkan proses manufaktur. Biaya yang berkaitan dengan kegiatan manufaktur termasuk biaya penjualan dan layanan pelanggan ditambahkan ke biaya produk.

Biaya variabel

Digunakan untuk menganalisis tingkat keuntungan ketika saldo persediaan terus berfluktuasi. Biaya overhead tetap dikeluarkan dari biaya produk untuk memungkinkan manajer menemukan laba bersih aktual.

3. Memantau data bisnis dengan transparan

Software akuntansi Anda memungkinkan Anda melacak informasi bisnis untuk pelaporan internal dan eksternal.

Berikut adalah data yang seharusnya ada dalam software akuntansi manufaktur yang baik:

Rincian transaksi

Melacak pendapatan penjualan, pengeluaran produksi, overhead, pinjaman, pembayaran, kas di tangan dan biaya lain menjalankan bisnis melalui piutang, hutang, rekonsiliasi bank, dan buku besar

Pelacakan dan penilaian inventaris atau persediaan

Kelola dan lacak inventaris berdasarkan biaya, jenis, volume, laba, kontrol unit, atau sistem kontrol kas. Lihat penilaian inventaris saat ini atau historis. Menganalisis aktivitas yang berpengaruh pada penilaian seperti produksi, penerimaan, pengiriman dan skrap.

Aset dan kewajiban

Software akuntansi yang baik bisa mencatat daftar aset dengan jadwal penyusutan dan data kewajiban untuk tujuan akuntansi dan pajak.

Untuk semua proses akuntansi manufaktur yang lebih baik, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo untuk pengelolaan pembukuan yang lebih baik.

Anda juga bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 1 kledo

Baca juga: Pengertian Anggaran Produksi, Cara Hitung, dan Komponennya

4. Memiliki sistem laporan dan analisis bisnis yang lengkap

Software akuntansi Anda harus melakukan lebih dari sekadar mencatat catatan keuangan/pajak.

Gunakan berbagai alat analisis dan pelaporan untuk memastikan perusahaan Anda berjalan secara efisien dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

Laporan penilaian

Temukan biaya aktual dari inventaris Anda saat ini, bandingkan dengan level sebelumnya dan buat penyesuaian yang diperlukan.

Laporan turnover

Periksa tingkat turnover atau perputaran untuk inventaris Anda. Ini dapat membantu Anda membuat keputusan apakah akan meningkatkan produksi item tertentu, mempertahankan tingkat produksi, atau menghentikan lini yang tidak menguntungkan.

Analisis penjualan produk atau pelanggan

Temukan penjualan dan margin keuntungan untuk produk atau pelanggan. Laporan ini berguna untuk perusahaan dengan pelanggan jangka panjang atau banyak produk karena membantu mereka fokus pada barang-barang yang menghasilkan keuntungan maksimal.

Analisis biaya

Analisis biaya pengadaan bahan baku dan cari tahu bagaimana hal ini memengaruhi biaya produk jadi dan margin keuntungan Anda.

Analisis anggaran

Tetapkan anggaran bulanan atau tahunan dan bandingkan laporan keuangan dengan anggaran. Gunakan analisis varians untuk menemukan perbedaan antara jumlah yang dianggarkan dan pengeluaran aktual dan alasan varians.

Analisis kendala

Lihat di mana bisnis Anda terhambat dengan mengidentifikasi kemacetan – bagian paling lambat dari proses manufaktur. Memperluas kemacetan dan kecepatan produksi harus ditingkatkan.

Analisis varians

Berapa banyak yang Anda anggaran? Dan berapa banyak yang sebenarnya Anda belanjakan? Analisis varians akan menemukan perbedaannya dan membantu Anda mencari tahu mengapa perbedaan itu ada.

Baca juga: Mengenal Berbagai Jenis Laporan Laba Rugi dalam Bisnis

5. Mampu mencatat berbagai jenis persediaan manufaktur

software akuntansi manufaktur

Biasanya, dalam bisnis manufaktur memiliki tiga akun persediaan terpisah. Saldo dalam akun ini terus berubah sepanjang periode akuntansi, jadi Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki software akuntansi Anda memiliki fitur ini agar akuntansi Anda tidak rumit.

Berikut adalah beberapa jenis produk dalam bisnis manufaktur:

Bahan baku

Bahan baku adalah komponen atau bahan dasar yang Anda gunakan untuk memproduksi produk Anda.

Jika Anda membuat mainan kayu, bahan baku Anda mungkin termasuk kayu, cat, dan paku atau sekrup.

Jika Anda membuat produk mandi, bahan baku Anda mungkin termasuk shea butter, minyak esensial, dan lilin lebah. Dengan kata lain, segala sesuatu yang masuk ke dalam produksi produk akhir Anda dianggap sebagai bahan mentah.

Work-in-process (WIP)

Work-in-process (WIP) adalah persediaan yang tidak lagi dalam bentuk mentahnya, tetapi belum menjadi produk jadi pada akhir siklus akuntansi.

Jika produk Anda tidak memiliki siklus produksi yang panjang — artinya Anda dapat dengan mudah menyelesaikan produk dalam satu atau dua hari — Anda mungkin tidak akan memiliki inventaris WIP.

Perhitungan persediaan WIP tidak hanya mencakup biaya bahan baku yang digunakan selama ini dalam produksi produk tetapi juga biaya tenaga kerja dan overhead.

Barang jadi

Barang jadi adalah produk yang telah Anda selesaikan dan siap untuk dijual kepada pelanggan atau distributor Anda.

Seperti persediaan WIP, perhitungan persediaan barang jadi termasuk bahan baku, tenaga kerja dan biaya overhead.

Ketahui apa yang bisa Kledo lakukan untuk proses pembukuan manufaktur yang lebih mudah melalui halaman ini.

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, akuntansi untuk manufaktur lebih dari sekadar mencatat angka. Dengan software akuntansi manufaktur yang tepat, Anda akan mendapatkan perspektif baru dan berharga tentang cara bisnis Anda berjalan.

Ingat, keahlian Anda mungkin di bidang manufaktur, bukan juga akuntansi. Jadi jangan takut untuk meminta bantuan. Temukan akuntan berpengalaman atau profesional keuangan lainnya.

Wawancarai mereka sebelum mempekerjakan mereka. Pastikan mereka memahami manufaktur secara umum dan bisnis Anda pada khususnya.

Dengan sistem akuntansi yang tepat untuk bisnis manufaktur Anda, Anda akan dapat mengoptimalkan proses Anda. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi lini produk dan pelanggan Anda yang paling menguntungkan dan meningkatkan anggaran Anda yang akan membantu bisnis Anda berkembang.

Untuk kemudahan proses pembukuan dan pengendalian biaya dalam bisnis manufaktur, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo untuk proses pembukuan yang lebih praktis.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia, temasuk bisnis manufaktur.

Anda juga bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo untuk proses pembukuan manufaktur yang lebih baik melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × two =