Mencari Software Akuntansi Untuk Toko Online? Perhatikan Hal ini

software akuntansi toko online

Jika Anda mencari software akuntansi terbaik untuk toko online, Anda harus tahu bahwa tidak ada solusi “satu ukuran untuk semua”. Dengan begitu banyak solusi software akuntansi yang berbeda di pasaran, mungkin agak membingungkan untuk memilih yang tepat.

Misalnya, usaha kecil mungkin tidak ingin memilih solusi yang mahal untuk mengirim faktur, karena dapat sangat merusak margin keuntungan mereka.

Pemilik bisnis toko online perlu mengevaluasi pro dan kontra dengan sangat hati-hati saat memilih solusi perangkat lunak akuntansi apa pun.

Pada artikel ini kita akan mambahas apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih software akuntansi untuk toko online Anda, dan memberikan rekomendasi software akuntansi yang cocok untuk toko online Anda.

Apa itu Software Akuntansi Toko Online?

software akuntansi toko online

Pemilik toko online memerlukan program atau software yang dapat dengan cepat beradaptasi dengan kebutuhan mereka. Mereka membutuhkan solusi akuntansi yang melacak inventaris, pembayaran vendor, dan yang terpenting, penjualan.

Karena toko online sebagian besar otomatis, menerapkan program perangkat lunak sangat penting untuk memastikan bahwa semua transaksi dicatat.

Ada beberapa biaya variabel yang terlibat, jadi penting bagi Anda untuk memilih program perangkat lunak akuntansi yang menawarkan tingkat fleksibilitas yang tinggi.

Software akuntansi toko onlinememungkinkan pemilik toko dengan mudah melacak semua transaksi yang terjadi di toko. Software tersebut harus memungkinkan pemilik bisnis untuk memeriksa inventaris yang tersedia, menentukan biaya penjualan, margin keuntungan keseluruhan, dan detail lainnya, seperti hutang pajak, piutang, serta pengeluaran overhead.

Sebagian besar software akuntansi toko online berbasis cloud, Anda tidak perlu khawatir menginstal dan menyimpan data di laptop atau komputer Anda. Ini juga berarti bahwa Anda dapat mengakses catatan dari perangkat apa pun; Anda hanya perlu masuk ke akun untuk mengakses angka terbaru.

Pelacakan pemasok juga dibuat nyaman melalui program perangkat lunak ini, karena dapat digunakan untuk mengeluarkan tanda terima kepada pemasok dan untuk memperbarui catatan inventaris.

Baca juga: Tips Memilih Software Akuntansi Manufaktur Terbaik

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Software Akuntansi untuk Toko Online Anda?

1. Integrasi dengan ecommerce dan pemroses pembayaran

Untuk pemilik usaha kecil yang terdesak waktu, kemampuan untuk berintegrasi dengan solusi marketplace, toko online, dan pemroses pembayaran mungkin merupakan faktor terpenting dalam memilih solusi akuntansi.

Hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah memperbarui transaksi dan data Anda secara manual; ini adalah tugas yang memakan waktu yang rentan terhadap kesalahan manusia.

Anda harus mencari perangkat lunak akuntansi yang terintegrasi dengan platform ecommerce Indonesia dan toko online seperti Tokopedia, Shopee, WooCommerce, dan, serta alat pihak ketiga seperti pemroses pembayaran seperti aplikasi POS.

Jika Anda menggunakan software akuntansi Kledo, Anda bisa menggunakan fitur ini untuk proses pengelolaan toko online Anda secara efektif.

Anda bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 3 kledo

Untuk mengetahui lebih jauh apa yang bisa Kledo lakukan dalam membantu pengelolaan toko online Anda, silakan kunjungi halaman ini.

2. Kegunaan

Ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan saat menilai kegunaan software akuntansi untuk toko online Anda, terutama jika Anda adalah orang yang awam tentang ilmu akuntansi dan mengoperasikan bisnis Anda sendiri.

Tingkat pengetahuan akuntansi

Pertama, pikirkan tentang tingkat pengetahuan akuntansi Anda. Apakah Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep dan alur kerja akuntansi?

Hindari terjebak dalam pemikiran bahwa memiliki software berarti Anda sudah siap dalam hal mengelola keuangan bisnis Anda.

Seperti yang dibagikan oleh konsultan bisnis Linda Pinson dalam sebuah artikel Inc., “Salah satu kesalahan yang dilakukan bisnis ketika mereka membeli software akuntansi adalah percaya bahwa mereka tidak perlu tahu apa-apa tentang akuntansi keuangan karena perangkat lunak hanya akan mengurusnya. untukmu.”

Jika Anda tidak memiliki pemahaman yang cukup baik tentang dasar-dasar akuntansi bisnis kecil, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari melibatkan akuntan bisnis kecil, daripada mengelola akun Anda secara mandiri.

Namun jika Anda menggunakan Kledo, Anda akan mendapatkan bimbingan dan pelatihan secara gratis sampai Anda bisa menggunakan dan mengetahui seluruh fungsi dari fitur yang ada pada Kledo.

Baca juga: Sedang Mencari Software Akuntansi Usaha Dagang? Perhatikan Hal ini

Jumlah waktu

Faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah jumlah waktu yang dapat Anda sisihkan setiap minggu untuk menangani akun Anda.

Jika Anda menjalankan bisnis satu orang dan harusa menghandle semua operasi bisnis, kemungkinan besar Anda mungkin tidak memiliki cukup waktu untuk didedikasikan untuk proses pencatatan pembukuan manual.

Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih software akuntansi yang ramah pengguna dan mudah digunkan.

Kebutuhan dan preferensi

Selanjutnya, pikirkan tentang kebutuhan bisnis dan preferensi pribadi Anda. Jika Anda seorang solopreneur yang selalu bepergian, solusi cloud dengan aplikasi seluler yang mudah digunakan akan menjadi pilihan terbaik Anda.

Jika Anda memiliki tim, Anda memerlukan paket yang menawarkan akses multi-pengguna.

Anda juga harus memanfaatkan uji coba gratis untuk merasakan solusi yang berbeda, dan melihat apakah ada perangkat lunak tertentu yang lebih cocok untuk Anda dalam hal pengalaman dan desain penggunanya.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

3. Dukungan pelanggan

Pasti ada masalah yang terjadi saat Anda beralih dari software akuntansi lain, atau menggunakannya untuk pertama kalinya dan baru beralih dari proses manual.

Tidak peduli seberapa instruktif panduan pengguna dan sumber daya basis pengetahuan, Anda mungkin memerlukan seorang ahli untuk memandu Anda melalui solusi dari waktu ke waktu.

Di sinilah tim dukungan pelanggan berperan. Sebelum Anda memutuskan penyedia, penting bagi Anda untuk memeriksa peringkat dan testimoni pengguna, memberikan perhatian khusus pada jenis saluran dukungan yang ditawarkan, waktu respons, dan konsistensi.

Disini tim hebat Kledo akan membantu Anda 7 x 24 jam untuk proses onbording dan penguasaan fitur dan penggunaan software akuntansi Kledo dengan lebih baik.

4. Laporan komprehensif

Menganalisis data Anda adalah bagian penting dalam menjalankan bisnis e-niaga Anda.

Anda harus memiliki gagasan yang jelas tentang bagaimana kinerja perusahaan Anda, memahami apa yang berhasil atau tidak, dan menganalisis pola keuangan dan pertumbuhan bisnis Anda.

Menggunakan software yang memungkinkan Anda membuat laporan sesuai permintaan akan membantu menghemat waktu Anda, dan memungkinkan Anda memantau metrik kinerja utama dengan mudah.

Laporan Anda harus menampilkan metrik pertumbuhan seperti pendapatan, biaya akuisisi pelanggan, nilai umur pelanggan, nilai pesanan rata-rata, dan tingkat konversi.

Baca juga: Ingin Cari Software Akuntansi Hotel? Perhatikan Fitur Ini

5. Pembaruan software yang sering

Pembaruan perangkat lunak secara teratur merupakan indikasi bahwa perusahaan sedang berkembang, dan berusaha untuk tetap berada di depan perkembangan teknologi, tren, dan praktik terbaik akuntansi.

Anda dapat memeriksa situs web penyedia, blog, saluran media sosial, dan peta jalan produk untuk pembaruan.

Hal tambahan yang harus ditanyakan

Meskipun fitur yang kami cantumkan di atas akan berlaku untuk sebagian besar pemilik toko online, mungkin ada fitur tambahan yang perlu Anda pertimbangkan—bergantung pada sifat bisnis Anda dan persyaratan spesifiknya.

Untuk membantu Anda, kami telah menyertakan beberapa pertanyaan yang dapat Anda jelajahi untuk mengevaluasi lebih lanjut kebutuhan bisnis Anda, dan mengidentifikasi fitur lain yang mungkin Anda perlukan:

  • Apa yang ingin saya ubah tentang proses akuntansi saya saat ini? Apa yang berhasil untuk saya, dan apa yang tidak? Dapatkah software akuntansi yang saya pilih membantu mengisi kekosongan tersebut?
  • Di mana saya ingin bisnis saya berada dalam satu tahun, dalam tiga tahun, atau lima tahun ke depan? Apakah software akuntansi tersebut menawarkan fleksibilitas dan skalabilitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan bisnis saya seiring dengan perkembangannya?
  • Apa saja fitur yang harus saya miliki? Fitur apa yang bagus untuk dimiliki, tetapi tidak wajib?
  • Apakah data saya akan aman?

5 Alasan Anda Membutuhkan Software Akuntansi untuk Toko Online

software akuntansi toko online

Sekarang setelah Anda melihat hal apa saja yang harus dimiliki software akuntansi untuk toko online, Anda mungkin sudah memiliki ide bagus tentang bagaimana hal itu dapat membantu bisnis Anda.

Sederhananya, ini akan menghemat waktu, uang, dan tenaga Anda. Namun ada beberapa alasan lain mengapa Anda harus menggunakan perangkat lunak akuntansi eCommerce.

1. Mengetahui kesehatan keuangan bisnis

Dengan menggunakan software akuntansi toko online yang terintegrasi dengan semua sistem Anda yang lain, Anda akan memiliki gambaran lengkap tentang keuangan bisnis Anda di satu platform.

Ini memudahkan Anda untuk melihat apakah bisnis Anda berjalan sesuai rencana dan mengelola keuangan Anda tanpa berpindah aplikasi.

2. Manajemen arus kas

Melalui kemampuannya untuk mempermudah pengelolaan keuangan bisnis Anda, software akuntansi dapat menyederhanakan proses pengelolaan arus kas.

Software ini menunjukkan kepada Anda apa yang Anda hasilkan, pengeluaran apa yang Anda miliki, dan seberapa menguntungkan toko online Anda.

Dan ketika Anda mengelola arus kas dengan benar, Anda akan dapat membeli stok saat dibutuhkan, berinvestasi pada alat lain untuk lebih menyederhanakan proses Anda dan selalu memiliki uang tunai untuk keadaan darurat.

Pada gilirannya, ini membantu Anda mengembangkan bisnis Anda.

Baca juga: Tips Pembukuan Usaha Jasa yang Bisa Anda Gunakan

3. Analisis

Alasan lain untuk menggunakan perangkat lunak akuntansi eCommerce adalah bahwa ia memberi Anda kemampuan untuk menganalisis data bisnis Anda.

Dan ketika Anda menganalisis data ini, Anda akan mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang proses bisnis Anda, kinerjanya, dan di mana Anda dapat meningkatkannya.

Misalnya, ketika Anda menganalisis data penjualan Anda, Anda akan dapat melihat produk apa yang laris manis dan produk apa yang tidak.

Dengan cara ini, Anda kemudian dapat fokus pada produk yang dijual, dan pada akhirnya Anda akan menghemat uang karena Anda tidak akan menyimpan produk yang tidak laku.

Selain itu, dengan menganalisis data Anda, Anda akan dapat melacak metrik kinerja utama seperti total penjualan, profitabilitas pelanggan, arus kas, dan lainnya.

Ini memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana bisnis Anda tumbuh dan melacak peningkatan Anda dari waktu ke waktu yang juga memungkinkan Anda untuk menerapkan langkah-langkah dan strategi untuk memastikan peningkatan lebih lanjut.

4. Stratetgi penetapan harga

Sederhananya, di pasar yang kompetitif, sangat penting bahwa harga Anda kompetitif. Dengan kata lain, produk Anda harus diberi harga untuk tidak hanya menarik pelanggan baru tetapi juga mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Masalahnya, sebagai bisnis, Anda masih memiliki pengeluaran. Ini berarti Anda tidak dapat memberi harga produk Anda terlalu rendah, dan Anda harus mengembangkan strategi penetapan harga di mana Anda masih kompetitif sambil tetap dapat menghasilkan keuntungan.

Software akuntansi pada toko online memberi Anda kemampuan ini. Ini memungkinkan Anda melihat dengan tepat berapa banyak yang Anda belanjakan untuk membeli saham dan berapa banyak keuntungan yang Anda hasilkan dari setiap penjualan.

Berdasarkan ini, Anda kemudian dapat menentukan titik harga terbaik untuk memaksimalkan keuntungan sambil tetap menawarkan nilai kepada pelanggan Anda.

Saat menggunakan software akuntansi toko online, Anda juga dapat menentukan di mana Anda dapat menerapkan penghematan dalam rantai pasokan Anda untuk memaksimalkan keuntungan lebih jauh.

5. Berbagi data

Saat Anda menggunakan seorang akuntan untuk bisnis, Anda biasanya perlu berbagi data dengan mereka setiap bulan.

Ini akan memungkinkan mereka untuk melakukan akuntansi bisnis Anda secara efektif. Masalahnya, mengumpulkan semua informasi keuangan Anda setiap bulan bisa menjadi proses yang rumit dan memakan waktu.

Dengan menggunakan software akuntansi, Anda bisa merampingkan proses ini karena memungkinkan Anda untuk berbagi semua data keuangan Anda dengan akuntan Anda dengan mudah.

Ini semudah mengekspor data keuangan bisnis Anda sesuai permintaan. yang pada gilirannya, menghemat banyak waktu yang bisa Anda habiskan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Biaya penjualan, margin kontribusi, margin keuntungan, tingkat pelanggan berulang dan pengembalian uang serta tingkat pengembalian adalah beberapa contoh metrik operasional yang harus Anda lacak.

Baca juga: 15 Strategi Pemasaran Toko Online yang Terbukti Efektif

Kesimpulan

Menggunakan software akuntansi untuk pemilik toko online, terutama saat ini dimana perilaku pembelian konsumen sudah berubah dan beralih ke ranah digital.

Adalah hal yang bijaksana untuk memastikan bahwa Anda memiliki semua laporan yang tersedia saat dibutuhkan dan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

Jadi tunggu apalagi? Mudah proses pengelolaan pembukuan toko online Anda menggunakan software akuntansi Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − seven =