Sedang Mencari Jasa Pembukuan Untuk Bisnis? Perhatikan Hal Ini

jasa pembukuan banner

Bisnis bisa mendapatkan keuntungan jika mereka menggunakan jasa pembukuan outsourcing, yang memungkinkan mereka menggunakan keahlian profesional sambil menggunakan waktu berharga untuk operasi inti mereka.

Memilih jasa pembukuan profesional adalah salah satu cara termudah untuk membantu bisnis kecil Anda berkembang! Setiap perusahaan, berapapun ukurannya, harus secara akurat melacak dan melaporkan uang yang masuk dan keluar dari rekeningnya melalui penjualan, pengeluaran, dan gaji, namun banyak pengusaha tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman yang diperlukan untuk mewujudkan hal ini.

Manajemen pembukuan yang tepat tidak hanya penting untuk mematuhi standar akuntansi dan peraturan perpajakan, tetapi juga merupakan satu-satunya cara untuk memahami sepenuhnya operasi bisnis Anda sehingga Anda dapat membuat keputusan keuangan yang bijaksana.

Akuntansi yang buruk terus menjadi salah satu penyebab paling umum kegagalan bisnis – namun hal ini juga dapat dihindari. Jadi, bagaimana Anda memilih akuntan yang tepat untuk bisnis kecil Anda?

Artikel ini akan membantu pemilik bisnis memilih jasa pembukuan terbaik dengan menyoroti faktor-faktor penting sebelum Anda memilih supaya Anda tidak terjebak pada kesalahan pengelolaan pembukuan.

Bagaimana Cara Menemukan Jasa Pembukuan Usaha yang Tepat?

Internet telah membuat memulai bisnis kecil menjadi lebih mudah dari sebelumnya, sehingga tidak mengherankan jika banyak wirausahawan yang sibuk saat ini akhirnya merasa terbebani oleh sistem pembukuan yang:

  • Tidak akurat, tidak efisien, dan sangat terlambat dari jadwal,
  • Secara teratur mengalihkan perhatian mereka dari area penting lainnya dalam bisnis mereka, dan
  • Berdampak negatif terhadap kinerja keuangan perusahaan mereka

Sebagai investasi dalam kesuksesan jangka panjang bisnis Anda, mempercayakan keuangan Anda pada jasa pembukuan yang memiliki reputasi baik sangatlah penting – dan menemukan layanan pembukuan yang tepat dimulai dengan menyadari bahwa beberapa atribut profesional tidak dapat dinegosiasikan.

Baca juga: Biaya Tak Terduga dalam Bisnis: Arti, Jenis dan Contohnya

Berikut adalah beberapa hal mendasar yang harus Anda perhatikan ketika memilih pemegang buku usaha kecil Anda:

8 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mencari Jasa Pembukuan Bisnis

jasa pembukuan 3

1. Nilai kebutuhan bisnis Anda

Sebelum melihat penyedia jasa pembukuan dan akuntansi, luangkan waktu untuk menilai kebutuhan dan persyaratan spesifik bisnis Anda. Pertimbangkan faktor-faktor seperti ukuran bisnis Anda, kompleksitas transaksi keuangan Anda, dan tingkat keahlian yang dibutuhkan.

Apakah Anda menjalankan perusahaan perseorangan yang memerlukan layanan pembukuan dasar, atau apakah Anda menjalankan bisnis yang sedang berkembang dengan operasi keuangan kompleks yang memerlukan solusi akuntansi tingkat lanjut?

Memahami kebutuhan Anda akan memandu Anda dalam memilih layanan yang selaras dengan tujuan dan anggaran bisnis Anda.

2. Ketahui berapa anggaran Anda

Keterbatasan anggaran adalah kenyataan bagi sebagian besar usaha kecil, sehingga penting untuk menentukan berapa banyak yang mampu Anda alokasikan untuk layanan pembukuan dan akuntansi.

Meskipun mayoritas bisnis banyak memilih opsi termurah yang tersedia, perlu diingat bahwa kualitas dan keahlian sering kali ada harganya.

Pertimbangkan nilai yang dapat diberikan oleh jasa pembukuan dan akuntansi profesional bagi bisnis Anda dalam hal akurasi keuangan, kepatuhan, dan wawasan strategis.

Seimbangkan batasan anggaran Anda dengan tingkat keahlian dan layanan yang dibutuhkan untuk mengelola keuangan Anda secara efektif.

Baca juga: Mencari Jasa Pembuatan Laporan Keuangan? Perhatikan Hal Ini

3. Lakukan penelitian dan riset mendalam

Setelah Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang kebutuhan dan anggaran bisnis Anda, telitilah berbagai penyedia layanan pembukuan dan akuntansi di Indonesia.

Carilah perusahaan atau individu dengan pengalaman bekerja yang sesuai dengan industri Anda. Pertimbangkan faktor-faktor seperti reputasi, keahlian, sertifikasi, dan testimoni klien.

Jika memungkinkan, hubungi pemilik usaha lainnya untuk mendapatkan rekomendasi dan masukan mengenai pengalaman mereka dengan penyedia layanan yang berbeda.

Luangkan waktu untuk memeriksa kandidat potensial secara menyeluruh untuk memastikan mereka dapat memenuhi kebutuhan spesifik Anda.

4. Evaluasi Layanan yang Ditawarkan

Tidak semua jasa pembukuan dan akuntansi diciptakan sama, jadi penting untuk mengevaluasi jangkauan layanan yang ditawarkan oleh penyedia potensial. Layanan pembukuan dasar dapat mencakup tugas-tugas seperti mencatat transaksi, merekonsiliasi akun, dan menghasilkan laporan keuangan.

Di sisi lain, layanan akuntansi yang lebih komprehensif dapat mencakup penganggaran, forecasting, perencanaan pajak, dan analisis keuangan. Tentukan layanan mana yang penting untuk bisnis Anda dan pastikan penyedia layanan di India dapat mengakomodasi kebutuhan Anda.

Baca juga: 11 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mencari Jasa Akuntan Bisnis

5. Pertimbangkan teknologi dan penggunaan software

jasa pembukuan 2

Di era digital saat ini, teknologi memainkan peran penting dalam menyederhanakan proses pembukuan dan akuntansi untuk usaha kecil.

Pertimbangkan penyedia jasa yang memanfaatkan perangkat lunak dan teknologi akuntansi canggih untuk meningkatkan efisiensi, akurasi, dan aksesibilitas.

Software akuntansi berbasis cloud seperti Kledo memungkinkan kolaborasi realtime, entri data otomatis, dan integrasi tanpa batas dengan aplikasi bisnis lainnya.

Evaluasi apakah penyedia layanan menggunakan teknologi yang selaras dengan preferensi bisnis Anda dan memfasilitasi pengelolaan keuangan yang efisien. Ini penting ketika memilih layanan akuntansi untuk usaha kecil.

6. Perhatikan komunikasi yang digunakan dan dukungan yang diberikan

Komunikasi yang efektif dan dukungan berkelanjutan sangat penting ketika melakukan outsourcing layanan pembukuan dan akuntansi untuk bisnis kecil Anda.

Pastikan penyedia jasa menawarkan saluran komunikasi yang jelas dan responsif terhadap pertanyaan dan kekhawatiran Anda.

Tetapkan ekspektasi mengenai frekuensi komunikasi, format pelaporan, dan waktu penyelesaian hasil.

Selain itu, tanyakan tentang ketersediaan dukungan dan bantuan berkelanjutan dalam menghadapi tantangan keuangan atau perubahan peraturan yang mungkin berdampak pada bisnis Anda yang berbasis di India.

Baca juga: 4 Tips Membuka Jasa Layanan Akuntansi di Indonesia

7. Verifikasi tindakan kepatuhan dan keamanan

Usaha kecil harus mematuhi persyaratan peraturan dan menjaga kerahasiaan dan keamanan data keuangan mereka.

Saat memilih jasa pembukuan dan akuntansi, verifikasi bahwa penyedia layanan memiliki langkah-langkah kepatuhan yang kuat, termasuk kepatuhan terhadap standar akuntansi dan peraturan perlindungan data yang relevan.

Tanyakan tentang protokol keamanan data mereka, termasuk enkripsi, kontrol akses, dan prosedur pencadangan data, untuk melindungi informasi keuangan sensitif Anda.

Hal yang harus dilakukan jika Anda menyewa perusahaan untuk mengelola pembukuan untuk bisnis kecil Anda.

8. Ingatlah, Anda tidak hanya mencari akuntan namun juga mitra kerjasama

Selain tugas pembukuan dan akuntansi dasar, carilah penyedia layanan yang dapat berfungsi sebagai mitra strategis dalam membantu usaha kecil Anda mencapai tujuan keuangannya.

Carilah profesional yang dapat memberikan saran proaktif, wawasan keuangan, dan panduan strategis untuk mengoptimalkan kinerja keuangan bisnis Anda dan mendukung pertumbuhan jangka panjang.

Mitra strategis tidak hanya akan mengelola operasi keuangan Anda sehari-hari namun juga memberikan keahlian dan rekomendasi yang berharga untuk membantu Anda membuat keputusan bisnis kecil yang tepat dan menavigasi tantangan secara efektif.

Jika Anda sedang mencari solusi untuk jasa pembukuan profesional, Anda bisa menggunakan jasa asisten pribadi Kledo yang akan membantu Anda dalam mengelola pembukuan untuk bisnis.

Asisten pribadi Kledo adalah layanan pembukuan yang dikhusukan untuk bisnis UMKM agar mendapatkan laporan keuangan sesuai standar dengan cara yang mudah. Anda hanya perlu mengirim bukti transaksi via Whatsapp, dan setiap bulannya Anda akan mendapatkan analisis lengkap mengenai kesehatan keuangan Anda.

Jika tertarik, Anda bisa menggunakan jasa asisten pribadi Kledo melalui tautan pada gambar di bawah ini:

jasa akuntan bisnis kledo

Baca juga: 10 Alternatif Software Akuntansi Zoho Books di Indonesia

Apa Saja Hal yang Akan Dapatkan Saat Menggunakan Jasa Pembukuan?

jasa pembukuan 1

Jasa pembukuan dapat memberikan manfaat secara keseluruhan, sehingga Anda memiliki kesempatan untuk memilih layanan yang paling sesuai dan harga untuk bisnis Anda.

Ada beberapa layanan dasar yang mungkin akan diberikan oleh penyedia jasa yang Anda pilih seperti:

1. Penghitungan dan perencanaan pajak

Sebagian besar layanan pembukuan menawarkan semacam dukungan pajak. Berapa besarnya tergantung pada jenis layanan yang Anda gunakan.

Untuk dukungan pajak penuh, Anda perlu bekerja sama dengan akuntan publik (CPA. Kebanyakan jasa pembukuan dapat menyimpan catatan keuangan Anda untuk memastikan Anda siap menghadapi waktu pajak, namun mereka tidak diperbolehkan menyiapkan dan mengajukan pengembalian pajak untuk Anda seperti halnya CPA atau Kantor Akuntan Publik (KAP).

Seorang profesional pajak dapat membantu Anda dengan:

  • Estimasi pajak tahunan
  • Rekomendasi gaji untuk memenuhi persyaratan pajak penghasilan
  • Pengembalian pajak pendapatan bisnis
  • Perencanaan pajak sepanjang tahun agar tetap patuh dan meminimalkan tagihan pajak Anda

Jika Anda menyewa jasa pembukuan untuk kebutuhan keuangan sepanjang tahun, Anda mungkin perlu menyewa akuntan terpisah untuk membantu urusan pajak.

Beberapa KAP menawarkan pembukuan sepanjang tahun, namun beberapa hanya memberikan bantuan dalam persiapan dan perencanaan pajak.

Software akuntansi online biasanya memberikan perkiraan dan laporan pajak triwulanan dengan tingkat berlangganan yang cukup terjangkau.

2. Akuntansi

Semua layanan pembukuan mencakup beberapa jenis akuntansi. Setiap pemegang buku – atau software akuntansi– dapat mencakup tugas-tugas akuntansi dasar, yang pada dasarnya hanyalah pencatatan keuangan.

Seorang pemegang buku atau software akuntansi melacak pendapatan dan pengeluaran Anda dalam bisnis. Itu penting untuk pelaporan yang harus Anda lakukan dan untuk pajak.

Ini juga penting secara internal. Ini membantu membuat keputusan cerdas tentang cara menentukan harga produk atau layanan Anda, dan cara menjaga biaya tetap terkendali.

Seorang akuntan publik memenuhi syarat untuk melakukan akuntansi yang jauh lebih kompleks, yang mungkin dibutuhkan oleh bisnis besar.

Mereka tersertifikasi dalam berbagai jenis akuntansi dan praktik akuntansi standar yang menjaga pembukuan Anda tetap sejalan dengan standar akuntansi lintas industri.

Baca juga: 10 Alternatif Software Akuntansi MYOB yang Cocok Untuk Bisnis Indonesia

3. Manajemen faktur

Tergantung pada jenis bisnis yang Anda jalankan, Anda mungkin dibayar melalui faktur bulanan kepada klien atau pelanggan Anda. Ini adalah tugas yang cukup sederhana yang mungkin bisa Anda lakukan sendiri. Tapi itu memakan waktu!

Anda bisa mendapatkan asisten yang belum tentu memiliki keahlian pembukuan atau akuntansi, karena manajemen faktur sebagian besar merupakan entri dan pelacakan data.

Namun meminta pemegang buku Anda menangani faktur bisa masuk akal karena piutang (yaitu uang yang terutang kepada perusahaan Anda) terkait dengan pelacakan keuangan lain yang dilakukan oleh pemegang buku, dan sering kali berada dalam software yang sama.

4. Pembayaran gaji dan tagihan

Membayar karyawan dan kontraktor dapat memakan waktu dan sedikit mengintimidasi ketika harus menerbitkan formulir pajak dan membayar pajak gaji.

Jika Anda menggunakan layanan asisten pribadi Kledo, Anda bisa menyederhanakan penggajian dan pajak baik untuk bisnis kecil maupun besar, karena Kledo sudah terintegrasi dengan software payroll dan HR Gajihub.

Baca juga: 10 Alternatif Software Akuntansi Freshbooks di Indonesia

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat mencari jasa pembukuan dan layanan yang biasanya akan Anda dapatkan jika menggunakan jasa tersebut untuk bisnis Anda.

Jika Anda bingung memilih jasa pembukuan yang sesuai dengan karakteristik bisnis, Anda bisa menggunakan solusi asisten pribadi dari Kledo.

Dengan menggunakan layanan asisten pribadi dari Kledo, Anda hanya perlu mengirimkan bukti transaksi harian melalui chat Whatsapp, dan tim hebat Kledo akan membuat laporan keuangan dan melakukan analisis untuk bisnis Anda setiap bulan.

Ketahui bagaimana asisten pribadi Kledo membantu proses pembukuan lebih eektif dengan mengunjungi halaman ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 1 =