Tips Menekan Biaya Pembelian Bahan Baku pada Bisnis Katering

menekan biaya bahan katering

Alasan utama sebagian besar bisnis katering dan restoran tidak dapat mengelola keuangan mereka dan menderita kerugian adalah karena mereka tidak dapat mengendalikan dan menekan biaya pembelian bahan baku restoran atau bisnis katering.

Ketidakmampuan untuk menjaga biaya tetap terkendali dapat mengakibatkan kerugian besar dan akhirnya menutup bisnis kuliner, baik itu bisnis restoran maupun bisnis katering rumahan.

Menekan biaya pengeluaran untuk pembelian bahan pada bisnis katering sangat penting karena memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi area pengeluaran Anda dan mengambil tindakan korektif dan pencegahan untuk menjaga rasio yang sehat antara pengeluaran dan keuangan Anda.

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin berguna bagi Anda pemilik bisnis kuliner untuk menekan biaya pembelian bahan baku pada bisnis katering.

Tantangan di Bisnis Katering

menekan bahan baku katering

Food cost adalah salah satu biaya operasional terbesar untuk bisnis kuliner seperti catering dan retoran. Dengan bahan-bahan yang mudah rusak dan penjualan yang berfluktuasi, mengendalikan biaya ini di katering bisa sangat menantang.

Biaya pembelian bahan baku dan penyimpanan Anda adalah item baris anggaran yang terbesar. Ketika Anda salah menilai pemesanan atau pengeluaran yang berlebihan pada biaya makanan, hal itu secara langsung mempengaruhi keuntungan Anda.

Untungnya, ada banyak strategi pengendalian biaya makanan yang bisa Anda terapkan pada operasional bisnis katering Anda.

Bagaimana bisnis katering mengendalikan semua biaya tersebut? Berikut adalah tujuh metode untuk menekan biaya pembelian bahan pada bisnis katering:

1. Kelola Persediaan Anda dengan Cermat

Anda tidak dapat mengontrol biaya bahan baku kecuali Anda dapat menghitung biaya makanan.

Manajemen persediaan dalam bisnis kuliner berguna untuk memantau bahan apa yang masuk ke usaha katering Anda, apa yang tersisa, dan apa yang tersisa.

Pelacakan persediaan adalah tugas pemilik bisnis katering yang penting – dengan pesanan makanan, minuman, dan persediaan yang lebih efisien, Anda menghemat uang dan menambah keuntungan Anda.

Sementara beberapa bagian dari manajemen persediaan bisnis katering dapat diotomatisasi, beberapa pengelolaan harus dilakukan dengan tangan.

Menghitung jumlah item makanan secara manual untuk memperhitungkan area potensi kehilangan persediaan dapat memakan waktu, namu hal ini sangat Anda perlukan.

Menggunakan software akuntansi yang cocok untuk bisnis katering yang dapat diakses di perangkat apa pun, bahkan ponsel, dapat merampingkan bagian proses manajemen persediaan ini, salah satunya Kledo.

Software akuntansi Kledo menawarkan kemudahan pengelolaan manajemen persediaan ujung ke ujung, Anda dapat mengotomatiskan pengunggahan faktur, pelacakan resep, jumlah stok yang tercatat, dan harga item menu yang diperbarui secara otomatis, sehingga membantu Anda menghitung seluruh biaya pengeluaran secara real time.

Baca juga: Tips Pemilihan Bahan Terbaik untuk Bisnis Katering

2. Otomatiskan Proses Manual

Perkiraan yang disesuaikan berdasarkan data historis membantu Anda meningkatkan operasi bisnis katering dengan mengurangi biaya pembeliaan bahan baku dari waktu ke waktu.

Mengotomatiskan tugas-tugas penting seperti melacak dan mengumpulkan data untuk perkiraan dapat mengelola kontrol biaya makanan dengan lebih baik.

Menggunakan software akuntansi yang dapat disesuaikan memungkinkan Anda menetapkan perkiraan penjualan berdasarkan banyak cabang dan periode.

Dengan membandingkan tren penjualan harian antara tahun ini dan tahun lalu, perkiraan otomatis mendorong “hal-hal cerdas” dalam operasi bisnis katering.

Menggunakan data penjualan sebelumnya untuk memprediksi penjualan yang akan datang menginformasikan keputusan maanajemen yang cerdas sehingga Anda bisa membeli bahan yang sesuai permintaan, dan persiapan cerdas yang didorong oleh perkiraan penjualan memungkinkan persiapan makanan dengan lebih sedikit sisa makanan.

Perkiraan penjualan otomatis bahkan dapat membantu Anda membuat jadwal karyawan yang mengoptimalkan biaya tenaga kerja Anda.

3. Gunakan Pelacakan Persediaan untuk Mengurangi Pemborosan

Salah satu cara paling langsung untuk mengurangi biaya pembelian bahan baku adalah dengan menghindari membeli apa yang tidak Anda butuhkan.

Dengan pemesanan sugestif berbasis data, Anda dan karyawan Anda lebih mampu membeli persediaan pada tingkat yang tepat untuk mengurangi pemborosan pesanan.

Pemesanan dan penerimaan yang cerdas memungkinkan Anda memanfaatkan saran pemesanan, yang diinformasikan oleh data penjualan dan inventaris historis dan perkiraan.

Banner 3 kledo

4. Penetapan Biaya Resep

Menurunkan biaya makanan Anda dimulai dengan memahami biaya makanan Anda. Penetapan biaya resep memecah rincian biaya item menu ke ukuran porsi dan bahan-bahan individual, dihitung ke dalam nilai rupiah.

Melacak biaya resep setiap item menu dapat membantu Anda mengoptimalkan penggunaan makanan dan mengurangi limbah makanan dari waktu ke waktu.

Dengan tren yang dikelompokkan berdasarkan item menu atau lokasi, Anda dapat menggunakan biaya resep untuk menghemat uang dengan mengurangi porsi yang salah, pelatihan staf yang tidak tepat, atau pencurian karyawan.

Penetapan biaya item menu manual rawan kesalahan dan tidak dapat diandalkan. Menambahkan sistem penetapan biaya resep otomatis dapat melakukan perhitungan secara akurat untuk Anda, dan Kledo bisa melakukan proses ini dengan mudah.

Baca juga: Apa itu Forecast dalam Bisnis? Berikut Adalah Penjelasannya

5. Buat Perencanaan Menu

Perencanaan menu membantu Anda mengontrol biaya makanan dengan membantu Anda memaksimalkan keuntungan item menu Anda.

Dengan mengumpulkan seluruh nilai penjualan dari data di penjualan Anda dan menggabungkannya dengan penetapan biaya resep di software akuntansi, Anda dapat langsung membandingkan popularitas item menu versus profitabilitas.

Dengan melihat item apa yang terlalu rendah atau terlalu mahal, Anda dapat membuat keputusan biaya makanan tentang merevisi resep atau bahan.

Misalnya, jika Anda menjual barang dengan margin rendah dalam jumlah besar, yang meningkatkan persentase biaya makanan Anda, Anda dapat melakukan penyesuaian untuk menaikkan harga menu atau menyesuaikan ukuran porsi.

Perencanaan menu juga memungkinkan Anda untuk menangkap peluang menu, seperti mempromosikan item menu dengan margin tinggi tetapi penjualan rendah.

Memahami keseimbangan popularitas dan keuntungan item menu memungkinkan keputusan berdasarkan data yang menurunkan biaya makanan.

Baca juga: 10 Tips Sukses Bisnis Bimbel Ini Wajib Dicoba, Sangat Mudah!

6. Lacak Varians Antara Biaya Makanan Aktual dan Teoritis

Anda harus benar-benar memahami biaya makanan dan melampaui perhitungan “persentase biaya makanan”.

Melacak perbedaan antara biaya makanan teoretis dan aktual memungkinkan Anda membuat perubahan yang berdampak pada biaya makanan, laba, dan menekan biaya bahan yang Anda beli nantinya.

Biaya makanan teoretis adalah berapa biaya makanan Anda seharusnya, mengingat biaya semua bahan saat ini, selama periode waktu tertentu.

Biaya makanan aktual adalah jumlah sebenarnya yang dihabiskan bisnis katering untuk bahan-bahan selama periode waktu yang sama.

Perbedaan antara dua angka ini menyebabkan ukuran porsi yang tidak sempurna, faktur yang tidak tepat, limbah dapur, atau pencurian karyawan.

Melacak varians biaya makanan aktual vs teoritis menunjukkan informasi penting tentang kebocoran margin keuntungan Anda.

Dengan mengetahui di mana harus fokus untuk mengurangi limbah makanan, Anda dapat melihat di mana Anda dapat menghemat uang untuk biaya makanan.

Melacak varians ini setiap hari dapat membantu Anda menemukan anomali dan melakukan penyesuaian sebelum varians menjadi masalah yang memengaruhi laba Anda.

Untuk mengetahui apa yang bisa Kledo lakukan untuk membantu pengembangan bisnis restoran dan kuliner, Anda dapat melihatnya melalui halaman ini.

7. Memastikan transparansi dan akurasi dalam harga kontrak vendor

menekan biaya bahan katering

Perubahan atau kesalahan di sisi vendor dalam pemesanan dan pembuatan faktur mungkin sulit untuk diketahui dan diperbaiki, tetapi hal itu dapat memengaruhi persentase biaya makanan Anda.

Dengan menjalankan laporan penerimaan otomatis, Anda dapat mengawasi harga vendor. Dengan menggunakan software akuntansi Kledo Anda dapat dengan mudah mengetahui tagihan di luar harga kontrak untuk rentang data tertentu, memastikan bahwa Anda ditagih dengan harga yang sesuai.

Dengan Kledo, Anda juga dapat mengatur verifikasi harga otomatis di seluruh cabang dan gudang, membandingkan harga vendor berdasarkan wilayah atau melihat analisis biaya item secara berdampingan.

Anda untuk melacak anomali dalam penetapan harga kontrak vendor, Anda memastikan biaya makanan yang akurat untuk bisnis katering Anda.

Kesimpulan

Mengontrol biaya makanan sangat penting untuk menekan biaya bahan baku di usaha katering Anda

Meskipun ada banyak metode yang perlu dipertimbangkan oleh pemilik bisnis katering, tujuh metode di atas akan membantu Anda mulai mengendalikan biaya makanan dan meningkatkan operasi bisnis kuliner Anda.

Jika Anda ingin dapat dengan mudah melacak biaya makanan Anda dan melakukan peningkatan pada laba Anda, pertimbangkan untuk menggunakan software akuntansi yang cocok untuk bisnis restoran seperti Kledo.

Dengan menggunakan Kledo Anda dapat menghemat biaya makanan dengan melakukan penyesuaian saat itu juga, berdasarkan informasi yang realtime.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dipercaya oleh lebih dari 10 ribu pengguna dan berbagai jenis bisnis, temasuk restoran dan bisnis katering.

Jadi tunggu apa lagi? Anda bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *