Tips Pemilihan Bahan Terbaik untuk Bisnis Katering

tips bisnis katering

Memiliki bisnis katering memiliki tantangan tersendiri. Hal ini dikarenakan Anda harus berhubungan dengan selera orang banyak. Memastikan bahwa makanan yang Anda buat bisa diterima konsumen adalah suatu keharusan dalam bisnis katering. Namun apakah Anda tahu tips melakukan pemilihan bahan terbaik untuk bisnis katering?

Sebenarnya sederhana, bahan terbaik menghasilkan makanan terbaik di tangan terbaik.

Bahan berkualitas buruk tidak hanya akan membuat makanan yang Anda buat tidak enak, namun juga akan menurunkan tingkat kepercayaan pelanggan pada bisnis Anda.

Untuk itu, pada artikel ini kita akan membahas tips memilih bahan terbaik untuk bisnis katering Anda dan juga cara memilih supplier sebelum Anda ajak bekerjasama dengan bisnis Anda.

Mengapa Memilih Bahan Terbaik Penting Bagi Bisnis Katering Anda?

tips bisnis katering

Memilih bahan dan supplier terbaik adalah hal penting dalam bisnis kuliner dan katering.

Pelanggan tidak mau tahu tentang berapa biaya yang Anda keluarkan untuk membeli bahan baku, meraka hanya menginginkan masakan yang lezat dan sehat untuk masuk keperut mereka.

Bahan-bahan berkualitas dapat berdampak nyata pada rasa makanan yang disajikan pada bisnis katering Anda.

Tanpa menggunakan bahan-bahan terbaik, kreasi koki terhebat hanya akan menjadi biasa-biasa saja, tidak memenuhi potensi rasa yang sebenarnya.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih seluruh bahan untuk makanan untuk bisnis katering Anda

Tips Memilih Bahan untuk Bisnis Katering

tips bisnis katering

Berikut adalah tips untuk Anda dalam memilih bahan berkualitas untuk makanan Anda:

Sayuran

Memilih sayuran yang tepat melibatkan mempertimbangkan sejumlah faktor yang berbeda. Itu termasuk waktu musiman – mengetahui sayuran mana yang mencapai puncaknya pada jam berapa – dan bagaimana seharusnya sayuran terlihat, terasa, dan bahkan berbau.

Faktanya, Anda akan lebih mengandalkan indra Anda untuk menentukan kualitas semua sayuran. Dalam hal pewarnaan, sayuran seperti kubis dan brokoli semuanya harus memiliki warna cerah.

Sementara itu, kangkung, bayam, kacang polong, dan selada semuanya harus renyah, kokoh saat disentuh dan mengeluarkan suara berderak setiap kali daunnya dibuang.

Bau sama pentingnya, dan dapat bervariasi tergantung pada sayuran yang ada.

Jadi pada intinya untuk menilai kesegaran sayuran, ingat 3 cara mudah ini:

Warna: Pilih warna paling terang dan paling hidup dari yang lainnya. Warnanya harus rata tanpa bintik hitam atau jamur. Kulitnya tidak keriput dan daunnya tidak menunjukkan tanda-tanda layu.

Bau: Secara umum, produk segar akan berbau segar. Beberapa sayuran memiliki bau yang agak menyengat saat segar, seperti pada keluarga kubis.

Sentuhan: Tekstur dan kekencangan sayuran menunjukkan kesegarannya. Beberapa sayuran mungkin terasa keras, tidak kenyal seperti zucchini dan mentimun.

Yang lain akan sedikit kenyal saat segar, seperti tomat atau jamur. Ada yang terasa padat juga seperti kentang dan bawang bombay.

Baca juga: Tips Sukses Bisnis Online Shop Fashion Ini Wajib Dicoba, Mudah!

Buah-buahan

Jika Anda kebetulan berada di pasar buah-buahan, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan daripada ketika Anda hanya berurusan dengan sayuran.

Anda dapat mengandalkan indra Anda untuk memilih buah terbaik, ada hal lain yang harus dicari selain warna, suara, dan bau.

Misalnya, pisang segar tidak berwarna kuning pekat, dan memiliki beberapa tingkat perubahan warna. Jika ada titik-titik coklat di setiap pisang, maka itu mencapai kematangan optimal.

Sedangkan melon harus memiliki sedikit air, tingkat kekenyalan tertentu, yang menandakan bahwa melon sudah siap untuk disantap. Beberapa buah sangat baik untuk dimasak, seperti pir Anjou berkulit hijau, sementara yang lain lebih baik dinikmati mentah, yaitu pir Williams yang berbentuk lonceng.

Daging

Baik itu ayam, sapi, ikan atau domba, daging adalah bahan dasar dari banyak hidangan.

Untuk sebagian besar, pilihan daging Anda akan turun ke dua pilihan: Daging lembut versus potongan tanpa lemak.

Daging empuk berasal dari hewan dengan sebagian besar otot aktivitas rendah, dan sangat bagus untuk sebagian besar resep.

Saat memilih potongan, Anda ingin mencari beberapa jaringan ikat, yang memengaruhi rasa, dan jumlah marmer yang moderat.

Potongan daging tanpa lemak, sementara itu, lebih cocok untuk digunakan dalam merebus atau memasak lambat.

Potongan ini umumnya lebih beraroma, berkat tambahan marmer, tetapi juga cukup mahal dan bisa kenyal jika tidak dimasak sepenuhnya.

Lebih banyak tips memilih daging dan unggas dengan warna di bawah ini:

Daging sapi : Terlihat warna cherry cerah untuk menunjukkan kesegaran, tetapi mungkin juga terlihat lebih gelap-merah keunguan saat dibungkus, ini masih baik karena warnanya akan kembali saat terkena udara.

Unggas : Hindari warna ungu, hijau atau perubahan warna apapun. Pilih daging yang berwarna pink.

Domba : Pilih daging yang berwarna soft pink hingga merah. Lemaknya harus putih

Makanan Laut

Kesegaran adalah kunci dengan makanan laut atau seafood. Carilah mata yang cerah, jernih dan penuh yang menonjol.

Insang berwarna merah cerah atau merah muda. Permukaan ikan padat namun elastis dan tidak berlendir. Tips ini juga berlaku untuk udang mentah dan cumi utuh: daging jernih, padat dan tanpa tanda-tanda kerusakan.

Ikan fillet juga tidak boleh kecoklatan atau memar. Sementara kerang paling baik dibeli hidup, begitu juga kepiting.

Telur

Ukuran tidak mempengaruhi kualitas, jadi silakan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Warna cangkang juga tidak mempengaruhi nilai gizi atau kualitas. Secara umum, tampilan luar tidak berfungsi sebagai indikator, melainkan konten itu sendiri.

Carilah kuning telur yang tebal dan tinggi, tidak rata. Sedangkan untuk putihnya harus banyak, kental dan tidak encer. Buang telur yang sudah basi dan gunakan hanya yang segar.

Baca juga: Punya Usaha Kargo? Berikut Tips Untuk Menekan Pengeluarannya

Rempah-rempah

Rempah-rempah itu penting karena mereka menambahkan sentuhan rasa terakhir pada makanan, terutama untuk makanan Indonesia.

Jika Anda memasak sebagian besar masakan sunda, misalnya, Anda akan menggunakan rempah-rempah yang berbeda dari masakan Jawa tengah.

Lebih dari sekadar cara mengatur rempah-rempah berdasarkan daerah dan budaya, mengelompokkan rempah-rempah adalah cara untuk memastikan komparabilitas dan kohesi dalam rasa keseluruhan.

Jika Anda memasak kuliner luar negeri memasak sebagian besar masakan Meksiko misalnya, Anda dapat menggunakan banyak jinten, bubuk cabai, cabai rawit dan oregano.

Jika Anda menikmati hidangan India, pastikan untuk membeli kapulaga, kunyit, ketumbar, dan banyak bawang putih.

Koki terbaik akan sering memadukan rempah-rempah, yang memaksimalkan rasa. Memadukan adalah ide yang sangat bagus jika Anda akan memasak terutama dengan bumbu perendam.

Banner 3 kledo

Tips Memilih Supplier Untuk Bisnis Katering Anda

Pastikan supplier Anda mengetahui standar mutu bisnis Anda

Supplier bahan pilihan harus memenuhi beberapa kriteria sebagaimana ditentukan oleh pengembangan produk, jaminan kualitas, manufaktur, penjualan dan departemen pemasaran.

Misalnya Anda akan membutuhkan udang untuk dikemas dalam wadah yang dapat digunakan sesuai dengan kemampuan fasilitas pengolahan.

Persyaratan fungsional utama mereka adalah kemudahan penggunaan, risiko kontaminasi produk yang paling rendah dengan bahan kemasan, limbah minimal dari residu yang tertinggal dalam wadah kemasan dan dari bahan kemasan itu sendiri.

Supplier yang memiliki reputasi baik harus memiliki sejarah dalam memasok produk yang dapat diterima dan layanan bernilai tambah, sebagaimana dibuktikan dengan jumlah tahun dalam bisnis, pendapat pelanggan, stabilitas keuangan, dan hasil audit sebelumnya.

Pemasok yang memiliki reputasi baik juga akan menjadi pemasok yang memenuhi persyaratan peraturan dan standar industri saat ini.

Pastikan juga Anda memintau penawaran dan meninjau kelengkapan dokumen dari supplier tersebut, seperti BPOM atau sertifikasi halal dari MUI.

Baca juga: Strategi Bisnis Ekspedisi Terbaik Bagi Anda Pemilik Bisnis Ekspedisi

Periksa seluruh keakuratan dokumen

Setelah dokumen-dokumen ini diperoleh, dokumen tidak boleh disimpan tetapi ditinjau untuk kelengkapan dan keakuratannya.

Seluruh surat penawaran dan dokumen harus ditinjau oleh pengembangan produk dan jaminan kualitas untuk fungsionalitas dan kontrol kualitas.

Bagaimana varians yang diizinkan akan mempengaruhi produk jadi? Apakah perbedaan tersebut dapat diterima? Jika tidak, dapatkah variansnya dikurangi? Jika pemasok tidak dapat mempersempit kisaran variasi, apakah ada orang lain yang bisa?

Sampel produk harus selalu diminta dari pemasok potensial. Pengembangan produk akan mengevaluasi sampel dan menjadi yang pertama menyetujui atau menolak pemasok berdasarkan sampel ini, yang biasanya merupakan produk terbaik yang akan diberikan pemasok untuk kisaran harga dan harapan tertentu.

Jika sampel ini tidak dapat diterima, maka kecil kemungkinan produk yang dikirim juga akan diterima. Pengembangan produk makanan akan menggunakan sampel bahan yang dapat diterima untuk pengembangan sampel produk akhir untuk spesifikasi dan untuk memberikan penilaian penerimaan mereka kepada pelanggan.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips dalam memilih bahan dan supplier terbaik untuk bisnis kuliner Anda. Dengan memastikan kualitas bahan dan supplier dengan benar, Anda bisa menciptakan makanan terbaik dan memuaskan konsumen.

Pastikan juga Anda mencatat seluruh pembelian bahan tersebut pada proses pembukuan untuk kemudahan penerapan harga permenu agar sesuai dengan biaya yang Anda keluarkan.

Tanpa mengetahui berapa yang Anda keluarkan, Anda tidak akan melakukan penetapan harga yang tepat dalam setiap menu di bisnis Anda.

Jika kesulitan dengan proses manual, Anda bisa menggunakan Kledo sebagai solusi kemudahan pencatatan pembukuan bisnis Anda.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap dan sesuai dengan kebutuhan banyak bisnis di Indonesia, termasuk bisnis kuliner dan katering.

Dengan menggunakan Kledo Anda bisa dengan mudah mencatat seluruh biaya dalam pembelian bahan baku, mencatata setiap transaksi penjualan, memantau stok dan aset, manajemen multi gudang, membuat laporan keuang secara otomatis, dan masih banyak lagi.

Jika Anda kesulitan dalam mengeoperasikan Kledo, tim kami juga akan membantu Anda dalam memaksimalkan penggunaan Kledo untuk bisnis katering Anda.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa menggunakan Kledo secara gratis atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *