10 Tips Sukses Bisnis Bimbel Ini Wajib Dicoba, Sangat Mudah!

bisnis bimbel

Bisnis bimbel bisa menjadi salah satu pilihan buat Kawan Kledo yang sedang mencari bisnis yang bisa dilakukan secara fleksibel. Terlebih di tengah pandemi seperti saat ini, bimbel atau privat banyak dibutuhkan untuk menemani anak-anak sekolah online.

Buat Kawan Kledo yang merupakan lulusan pendidikan atau memiliki ketertarikan dengan dunia pendidikan, bisnis satu ini wajib banget dicoba. Agar bisnis bimbel ini bisa memperoleh keuntungan besar serta kesuksesan ada beberapa tips yang harus Kawan Kledo lakukan.

Kira-kira apa saja tips bisnis bimbel ini? Buat Kawan Kledo yang ingin mengetahuinya, yuk simak pembahasan artikel yang ada di bawah ini:

Mengapa Bisnis Bimbel?

bisnis bimbel

Buat Kawan Kledo yang baru akan memulai bisnis bimbel pasti ada banyak pertanyaan mengapa harus memilih bisnis satu ini. Lalu kira-kira bagaimana sih peluang dari bisnis ini?

Seperti yang diketahui pendidikan merupakan bagian penting bagi kehidupan seseorang. Selain menempuh pendidikan di sekolah, pendidikan di luar sekolah juga tidak kalah pentingnya dan pendidikan ini bisa didapatkan dari bimbel.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa alasan mengapa bisnis satu ini memiliki peluang yang menjanjikan:

  1. Banyak orang tua yang membutuhkan tutor atau guru untuk anak-anak mereka. Ini berlaku baik itu di desa ataupun di kota dan terdiri dari berbagai pelajaran. Jadi, pastinya bisnis ini memiliki peluang yang sangat menjanjikan.
  2. Untuk membuka bisnis ini Kawan Kledo tidak memerlukan modal yang besar. Bisnis ini dapat dibuka dengan modal kecil karena hanya membutuhkan perlengkapan yang sederhana dan dengan harga yang murah. Selain itu bisnis ini juga dapat dilakukan dari rumah.
  3. Bisnis bimbel merupakan salah satu bisnis yang mengandalkan keahlian.
  4. Bisnis ini memiliki profit margin yang besar.
  5. Kawan Kledo dapat menjadikan bisnis tutoring ini sebagai pekerjaan sampingan.

Baca Juga: 5 Bisnis Ini Bisa Dimulai Tanpa Modal

Bimbel Online atau Offline?

Di tengah perkembangan teknologi seperti sekarang ini, ada berbagai pilihan buat Kawan Kledo yang ingin memulai bisnis bimbel ini. Salah satunya adalah untuk memulainya secara online ataupun secara offline.

Kedua jenis bisnis bimbel ini pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Untuk lebih jelasnya Kawan Kledo bisa membaca penjelasannya di bawah ini:

Bimbel Online

Bimbel online bisa menjadi pilihan terbaik di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini karena cara online ini akan mengurangi interaksi secara langsung antara guru dengan murid. Selain itu, cara ini juga akan mempermudah Kawan Kledo karena Kawan Kledo bisa bekerja dari rumah atau dari mana saja.

Namun pastinya cara online ini memiliki kekurangan, misalnya karena dilakukan secara jarak jauh, beberapa siswa lebih sulit untuk memahami apa yang dijelaskan oleh guru.

Selain itu sebagai guru, Kawan Kledo harus melakukan persiapan lebih matang agar murid Kawan Kledo bisa memahami materi dengan baik, seperti membuat bahan ajar yang menarik hingga memastikan koneksi internet berjalan dengan lancar.

Bimbel Offline

Bimbel offline merupakan jenis bimbel kedua yang dapat Kawan Kledo pilih. Bimbel ini dapat dilakukan dengan cara bertemu langsung antara guru dengan murid yang diajar.

Cara ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah Kawan Kledo sebagai guru akan lebih mudah untuk menjelaskan karena bertatap muka langsung dengan murid dan murid juga lebih mudah menerima pelajaran yang diberikan.

Sedangkan untuk kekurangan, pembelajaran secara offline seperti ini pastinya akan menghabiskan banyak tenaga karena guru harus datang langsung atau murid yang mendatangi guru secara langsung. Dengan kelebihan dan kekurangan ini, Kawan Kledo tinggal memilih jenis bimbel online, offline, atau keduanya.

Tips Bisnis Bimbel Sukses

Agar bisnis bimbel yang Kawan Kledo bangun dapat memperoleh kesuksesan, berikut beberapa tips yang dapat Kawan Kledo lakukan:

1. Mulai dari Rumah

Tips pertama yang dapat Kawan Kledo lakukan adalah dengan memulai bisnis ini dari rumah. Memulai bisnis dari rumah akan memperkecil modal yang Kawan Kledo butuhkan karena Kawan Kledo tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa tempat.

Memulai bisnis ini dari rumah dapat dilakukan dengan membuka bisnis secara online ataupun melayani belajar dari rumah ke rumah. Sistem rumah ke rumah ini banyak dipilih untuk bimbel privat karena lebih praktis dan orang tua dapat langsung mengawasi kegiatan belajar anak-anak mereka.

2. Ajak Teman untuk Kerjasama

Tips kedua yang dapat dilakukan adalah dengan mengajak teman untuk bekerja sama. Buat Kawan Kledo yang baru memulai bisnis ini, mengajar semua murid yang ada secara mandiri mungkin masih dapat dilakukan.

Namun ketika Kawan Kledo sudah memiliki beberapa murid, mengajar secara mandiri pastinya sudah tidak efektif. Kawan Kledo memerlukan partner untuk mengajar ataupun untuk mengelola bisnis ini.

Ajak teman Kawan Kledo yang dapat Kawan Kledo percaya dan memiliki ketertarikan di bisnis ini. Kemudian bagi tugas kepada teman ini dengan baik serta bagi juga penghasilan yang nanti didapatkan.

3. Pilih Jenis Bimbel Paling Tepat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada dua jenis bimbel yang dapat Kawan Kledo pilih yakni bimbel secara online dan bimbel secara offline. Dalam memilih dua jenis ini, pastikan Kawan Kledo sudah menyesuaikan dengan kemampuan Kawan Kledo.

Ketika memungkinkan untuk keduanya, Kawan Kledo juga tidak ada salahnya untuk melakukan dua cara bimbel yakni secara online dan offline.

4. Pasarkan Bisnis dengan Baik

Pemasaran memegang peranan penting dalam membuat suatu bisnis meraih kesuksesan. Kawan Kledo yang memiliki bisnis bimbel dan ingin membawanya meraih kesuksesan, pastikan memasarkan bisnis ini dengan baik.

Ada berbagai cara pemasaran yang dapat Kawan Kledo lakukan, mulai dari pemasaran secara langsung dari mulut ke mulut hingga pemasaran secara online melalui website atau media sosial. Buat Kawan Kledo yang memilih bisnis bimbel online, tidak ada salahnya menggunakan website sebagai media promosi.

Buat website dan gunakan SEO (Search Engine Optimalization) agar website dan promosi Kawan Kledo mudah ditemukan di Google. Klik di sini untuk mempelajari cara SEO website ini.

5. Buat Materi yang Menarik

Karena berhubungan dengan pelajaran, materi menjadi bagian penting yang harus Kawan Kledo persiapkan dengan baik. Dalam pembuatan materi ini, Kawan Kledo harus membuat semenarik mungkin sehingga murid atau siswa dapat dengan mudah memahaminya.

Kawan Kledo juga harus membuat SOP pembelajaran jika Kawan Kledo bekerjasama dengan guru lainnya. Gunakan teknologi seperti Power Point atau video pembelajaran agar siswa dapat belajar dengan menyenangkan.

6. Lengkapi dengan Modul

Selain materi pelajaran, untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang ada di bimbel, Kawan Kledo juga perlu menyiapkan modul sebagai acuan belajar siswa. Modul ini bisa Kawan Kledo buat sendiri atau Kawan Kledo menyiapkan buku untuk digunakan belajar oleh murid Kawan Kledo.

7. Atur Jam Kerja Seefektif Mungkin

Bimbingan belajar merupakan aktivitas belajar yang dilakukan di luar jam sekolah. Salah satu tantangan yang harus dihadapi guru adalah konsentrasi siswa atau murid ketika mengikuti bimbingan belajar ini.

Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mencari jam belajar paling efektif untuk melaksanakan bimbingan belajar ini. Kawan Kledo bisa berdiskusi secara langsung dengan orang tua atau siswa dan sesuaikan dengan kesanggupan guru dalam mengajar.

8. Branding Bisnis Bimbel

Selain promosi, branding juga dibutuhkan agar banyak yang tertarik dengan bisnis Kawan Kledo. Bimbel merupakan bisnis jasa maka salah satu yang harus ditonjolkan dalam bisnis ini adalah pelayanan yang diberikan.

Bersikaplah secara ramah dan sabar dalam menghadapi siswa. Ajari mereka dengan sebaik mungkin hingga mereka memahaminya. Dengan begitu mereka akan puas dan tidak ragu untuk merekomendasikan bisnis bimbel ini kepada teman atau kerabat mereka.

9. Jalin Kerjasama

Untuk membuat bisnis Kawan Kledo semakin berkembang, Kawan Kledo harus menjalin kerjasama. Salah satu kerjasama yang penting dilakukan adalah kerjasama dengan guru tutor.

Semakin banyak kebutuhan akan guru tutor ini maka semakin banyak pula Kawan Kledo membutuhkan partner untuk mengajar. Kawan Kledo bisa merekrut guru tutor melalui internet atau jika ingin merekrutnya secara langsung, Kawan Kledo bisa menyebarkan info lowongan di lingkungan kampus.

Baca Di Sini: 10 Contoh Surat Penawaran Kerjasama Terbaik

10. Keuangan Bisnis Jangan Diabaikan

Terakhir, setelah Kawan Kledo melakukan semua tips-tips yang ada di atas, tips terakhir dan nggak boleh disepelekan adalah keuangan bisnis Kawan Kledo. Lakukan pengelolaan keuangan bisnis ini dengan baik agar Kawan Kledo bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Gunakan software akuntansi Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis ini. Kledo merupakan software akuntansi yang di dalamnya dilengkapi berbagai fitur untuk memudahkan pengelolaan keuangan.

Klik di sini untuk informasi lebih lengkap tentang Kledo.

Banner 3 kledo

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai tips bisnis bimbel yang dapat Kawan Kledo ikuti untuk membuat bisnis Kawan Kledo ini meraih kesuksesan. Jangan lupa juga untuk mengelola keuangan bisnis Kawan Kledo dengan baik.

Kledo siap membantu mempermudah keuangan bisnis Kawan Kledo. Yuk hubungi Tim Hebat Kledo sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen − 4 =