8 Cara Mengelola Toko Online Secara Efektif, Dijamin Laris!

cara mengelola toko online

Jika bisnis Anda adalah toko online yang menjual produk atau layanan, Anda mungkin tertarik dengan tips mengelola toko online untuk membantu Anda menjangkau lebih banyak pelanggan.

Pesatnya perkembangan digitalisasi di Indonesia membawa dampak positif bagi para pemilik bisnis. 

Pemanfaatan internet untuk berbagai aktivitas bisnis memudahkan mereka dalam menyelesaikan transaksi bisnis dan memperluas pangsa pasar. 

Selain itu, penggunaan teknologi yang berfokus pada digitalisasi dapat memudahkan pembeli untuk memenuhi kebutuhannya secara online.

Dengan situasi pandemi COVID-19 yang melanda perekonomian dunia, transaksi digital diprediksi mampu meningkatkan peluang bagi para pemilik usaha untuk memperluas segmentasi pasar dengan biaya yang minimal. 

Proses transaksi serba online, ekspedisi yang menjangkau ke pelosok desa dengan proses pengiriman yang lebih cepat dan efektif membuat para pelaku usaha fokus mengirimkan barang ke pelanggan.

Hal ini tentunya berdampak pada bisnis secara keseluruhan. Bisa dikatakan, potensi bisnis online di era sekarang ini sangat menguntungkan. 

Karena itu, pemilik bisnis perlu memanfaatkannya agar penjualan online mereka semakin diminati.

Sayangnya, tidak semua pemilik bisnis mampu melihat peluang ini. Masih banyak dari mereka yang tidak memaksimalkan penjualan digital demi mendapatkan keuntungan. 

Yuk cari tahu cara mengelola bisnis online lebih efektif dan menguntungkan di artikel berikut ini

Cara Mengelola Toko Online, Mudah!

cara mengelola toko online

Sebelum Anda mempelajari tips mengelola toko online yang efektif, pastikan toko online Anda mampu melakukan hal berikut:

  • Dapat diakses dari semua jenis perangkat (PC, laptop, telepon, dll.).
  • Dapat dibaca dengan desain yang jelas dan banyak informasi tentangnya.
  • Dioptimalkan untuk mesin pencari.
  • Berfokus pada memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa .
  • Aman dan nyaman. 

Untuk tujuan ini, dua komponen utama strategi digital Anda harus berupa desain web yang responsif dan tema yang ramah seluler. 

Pelanggan melakukan banyak hal di ponsel mereka termasuk riset produk dan belanja, itulah sebabnya mereka menyukai konten yang memenuhi kebutuhan mereka saat melakukan pencarian di toko online.

Faktanya, menurut Google , 75% pengguna lebih memilih situs ramah seluler dan ketika mereka mengunjungi halaman yang dioptimalkan untuk seluler, 67% dari mereka mengatakan bahwa mereka lebih cenderung melakukan pembelian. 

Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa bisnis dengan situs web yang ramah seluler akan menghasilkan lebih banyak penjualan daripada bisnis yang tidak memilikinya.

Selain itu, statistik menunjukkan bahwa penelusuran seluler mencapai sekitar 60% dari semua volume penelusuran.

Nah, berikut merupakan 8 tips mengelola toko online secara efektif:

1. Tetapkan Strategi Perencanaan Bisnis

Tips bisnis online untung yang perlu Anda terapkan adalah memastikan bisnis Anda memiliki rencana bisnis yang tepat. 

Dengan strategi dan segmentasi pasar yang tepat, Anda dapat mengukur peluang di ceruk pasar tersebut dan mendapatkan banyak keuntungan tanpa perlu usaha ekstra.

Dengan menentukan ceruk pasar sespesifik mungkin, Anda berpeluang menarik pembeli sebanyak mungkin. Karena orang cenderung tidak menemukan apa yang mereka butuhkan di tempat lain. 

Anda juga tidak harus bersaing dengan pesaing yang lebih umum, sehingga Anda dapat dengan cepat menemukan pelanggan tetap untuk bisnis Anda

Pikirkan juga tentang apa yang akan Anda gunakan sebagai platform online mana yang akan Anda gunakan untuk berjualan. 

Pikirkan tentang bagaimana Anda akan mengejar pelanggan untuk memilih Anda daripada pemain lain di industri yang sama.

Untuk berjualan online dengan baik, Anda harus tetap berpegang pada strategi yang Anda bangun di awal. Tentukan rentang produk yang akan Anda kumpulkan stoknya. 

Pertimbangkan juga apakah Anda ingin menjadi spesialis dalam satu kategori produk atau Anda ingin menawarkan rangkaian produk? Pertanyaan-pertanyaan semacam ini penting untuk Anda jawab sebelum Anda menginvestasikan uang untuk bisnis Anda.

Hal penting lainnya adalah Anda perlu memikirkan untuk dapat menjual secara online melalui berbagai jenis perangkat. 

Konsumen hari ini biasanya menjelajah internet dari ponsel mereka lebih dari yang mereka lakukan dari desktop atau laptop mereka. 

Itu sebabnya Anda perlu memberikan pengalaman pelanggan yang tepat di perangkat atau platform apa pun yang mereka gunakan untuk belanja online.

Baca juga: Cara Menghitung Omzet Bisnis dan Meningkatkannya

2. Bangun Situs Web e-Commerce Anda

Langkah selanjutnya untuk sukses berjualan online adalah mengembangkan website Anda sendiri. Ini mungkin terdengar sedikit mengejutkan bagi Anda. 

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda memerlukan situs web Anda sendiri jika Anda dapat memilih untuk menjual melalui salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee, atau Bukalapak. 

Alasannya adalah bahwa situs web Anda sendiri akan memberi Anda kendali penuh atas strategi pemasaran, transaksi penjualan, dan basis pelanggan Anda.

Selain itu, membangun situs web Anda sendiri merupakan tugas yang mudah akhir-akhir ini. 

Misalnya, jika Anda memilih Word press atau blog untuk menjadi platform pembuatan situs web Anda, yang perlu Anda lakukan hanyalah mendaftar untuk mendapatkan akun gratis dan memilih salah satu templat siap pakai yang akan berfungsi sebagai desain web Anda yang sudah jadi. 

Setelah memilih template yang sesuai, Anda dapat langsung mulai memasukkan konten situs web Anda tanpa harus menulis kode apa pun dalam prosesnya.

3. Buat Tampilan Toko yang Menarik

Dalam bisnis online, tampilan toko merupakan salah satu hal terpenting yang perlu Anda perhatikan karena sebagian besar pembeli lebih mementingkan visual saat berbelanja. 

Jika toko online Anda terlihat berantakan, orang akan kehilangan minat dan putus asa untuk membeli produk Anda.

Oleh karena itu, buatlah tampilan toko dan produk Anda semenarik mungkin agar orang tertarik untuk berkunjung. Pastikan juga desain website yang user-friendly sehingga dapat dengan mudah diakses oleh banyak orang. 

Tampilan dan fitur website yang terlihat profesional dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan peluang pelanggan untuk melakukan pembelian di toko online Anda.

Baca juga: Ingin Membangun Bisnis Online? Yuk Cek 20 Rekomendasi ini!

4. Tawarkan Proses Checkout yang Lancar

mengelola toko online

Proses checkout harus lancar dan tidak merepotkan agar Anda dapat terus berjualan online. Jangan meminta pelanggan Anda untuk mengisi formulir yang panjang atau memasukkan terlalu banyak informasi sensitif saat mereka hampir check out. 

Jadikan halaman checkout Anda seramah mungkin untuk ponsel seluler maupun laptop sehingga pelanggan dapat dengan mudah berbelanja di toko Anda dari perangkat mereka.

Anda dapat meminta pelanggan Anda untuk memberikan umpan balik tentang pengalaman berbelanja mereka atau menulis testimoni setelah mereka menyelesaikan pembelian mereka. 

Tapi jangan melakukan spam kepada mereka sampai mereka melakukan transaksi shingga membuat mereka tidak nyaman dan akhirnya memilih membatalkan pembelian. 

Selain itu, proses check-out yang lama bisa membuat calon pembeli enggan bertransaksi di toko Anda. 

Bukankah sangat memakan waktu ketika Anda ingin membeli sesuatu dan Anda harus menunggu respon penjual dan mengirimkan screenshot satu per satu? Belum lagi saat ingin membeli barang mahal dan ada layanan cicilan.

Untuk itulah Anda perlu menyediakan berbagai pilihan pembayaran agar pelanggan dapat dengan mudah menyelesaikan transaksi pembayaran. 

Semakin banyak pilihan pembayaran yang tersedia dalam bisnis online Anda, semakin kaya pengalaman belanja online pembelanja Anda.

5. Memberikan Layanan Terbaik kepada Pelanggan

Kunci untuk membuat pelanggan Anda puas dan membuat mereka melakukan pembelian berulang adalah dengan memberikan layanan pelanggan yang terbaik. 

Ini sangat penting untuk tahap pra-pembelian, selama pembelian, dan pasca-pembelian. 

Saat Anda menjual online, pelanggan mungkin membutuhkan layanan dan dukungan Anda di semua tahap proses pembelian mereka.

Ada beberapa cara untuk memastikan layanan pelanggan yang baik di toko online Anda. 

Cara terbaik adalah memasang fitur obrolan langsung di situs Anda, yang dapat diakses pelanggan dari semua halaman web Anda untuk mengajukan pertanyaan dan mendapatkan tanggapan instan. 

6. Gunakan Pemasaran Media Sosial

Untuk menjual secara online dengan sukses, Anda perlu mengintegrasikan situs web eCommerce Anda dengan halaman media sosial Anda. 

Anda harus memposting konten secara untuk pembaruan tentang produk dan penjualan Anda di media sosial. Dorong lalu lintas dari akun Facebook, Instagram, dan Twitter Anda ke situs web Anda dan sebaliknya. Tambahkan ikon media sosial ke footer situs web Anda.

Bisnis yang memiliki kehadiran terintegrasi dengan baik di internet memiliki peluang lebih baik untuk berkembang pesat dalam hal citra merek dan penjualan mereka.

Baca juga: Strategi Marketing UKM untuk Tingkatkan Keuntungan dengan Proses Digital

7. Promosikan Toko Online Anda

Ada banyak cara untuk mempromosikan toko online Anda secara organik untuk terus berjualan online dan menghasilkan uang. 

Gunakan SEO pada situs web Anda untuk meningkatkan peringkat pencariannya. Anda dapat melakukan ini dengan menggunakan kata kunci yang tepat dalam konten di halaman web Anda. 

Tulis deskripsi situs yang tepat dan gunakan kata kunci yang relevan di semua deskripsi produk Anda.

8. Berikan Promo

Siapa yang tidak suka dengan promo? Sepertinya semua orang senang mendapatkan promo. 

Untuk membuat bisnis Anda menguntungkan, Anda dapat mencoba memasukkan promo dan diskon dalam strategi pemasaran Anda. Trik bisnis online ini dapat menarik calon pembeli untuk berbelanja di toko online Anda.

Namun, Anda perlu memikirkan strategi agar pembeli menjadi pelanggan tetap. Jangan sampai mereka hanya berbelanja di toko Anda saat promo saja. 

Kalau begitu, perlu usaha ekstra agar keuntungannya bisa menutupi biaya promo.

Agar pembeli menjadi pelanggan tetap, Anda perlu memperhatikan fase purna jual. Tetap berhubungan dengan pelanggan Anda dan beri tahu mereka bahwa layanan bisnis Anda tidak berhenti sampai transaksi berakhir. 

Anda juga dapat menawarkan program loyalitas agar pelanggan akan kembali bertransaksi dengan bisnis Anda.

Baca juga: Ini Strategi Promo Lebaram 2022 yang Wajib Dilakukan Para Pelaku Usaha

Kesimpulan

Banner 1 kledo

Demikian penjelasan mengenai tips mengelola toko online untuk bisnis yang lebih efektif. Anda bisa mempraktikkan 8 tips di atas untuk semakin meningkatkan profit bisnis Anda.

Untuk mendukung kelancaran bisnis, gunakan software akuntansi seperti Kledo yang sudah digunakan lebih dari 10 ribu pelaku usaha di Indonesia.

Kledo menawarkan berbagai fitur seperti invoice dan purchasing untuk melancarkan aktivitas bisnis online Anda.

Jika Anda ingin mencoba Kledo secara gratis selama 14 hari Anda bisa mengunjungi link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + four =