Perbedaan Accounting dan Finance Beserta Hubungannya

perbedaan accounting dan finance

Apa saja perbedaan antara accounting dan finance? Lantas, bagaimana peran mereka dalam bisnis?

Accounting adalah seni mencatat peristiwa bisnis dan transaksi secara sistematis. Ini membantu dalam menentukan posisi keuangan dan profitabilitas perusahaan pada akhir tahun keuangan.

Accounting tidak persis sama dengan finance. Secara teknis, finance adalah bagian dari ilmu ekonomi yang berkaitan dengan alokasi sumber daya dan pengelolaan dana. Sedangkan akuntansi merupakan sub domain dari finance.

Keduanya berbeda dalam arti bahwa akuntansi adalah semua tentang pencatatan aliran uang masuk dan keluar dari bisnis. Sedangkan keuangan berkaitan dengan bagaimana individu atau perusahaan mengelola aset dan kewajibannya.

Dalam artikel ini, kami menyajikan semua perbedaan antara accounting dan finance. Selain itu, Anda juga akan mempelajari dasar-dasar kedua komponen tersebut.

Tabel Perbedaan Accounting dan Finance

perbedaan accounting dan finance

Sebagai pembuka, untuk memahami perbedaan antara accounting dan finance, Anda bisa menganalisis tabel di bawah ini:

Dasar PerbandinganAccountingFinance
PengertianAkuntansi adalah pencatatan transaksi bisnis secara metodis.Keuangan adalah studi tentang pengelolaan dana dengan cara terbaik.
Bagian dariKeuanganEkonomi
Fokus padaMasa laluMasa depan
Khawatir denganMemastikan bahwa semua transaksi keuangan tercatat dalam sistem keuangan dengan akurat.Memahami data keuangan perusahaan dengan mempertimbangkan pertumbuhan dan strategi.
Proses BerpikirBerbasis AturanBerbasis Analisis
Laporan keuanganDisiapkanDianalisis
Faktor pendorongPajakRencana Bisnis
KarierProfesional akuntansi dapat menjadi akuntan, auditor, konsultan pajak, dll.Profesional keuangan dapat menjadi bankir investasi, analis keuangan, konsultan keuangan, dll.

Selanjutnya, mari kita memahami accounting dan finance lewat pembahasan di bawah ini.

Baca juga: Metode Analisis Data Keuangan, Tahapan, Kesalahan, dan Solusinya

Memahami Accounting

Apa Itu Accounting?

Akuntansi mengacu pada proses dengan serangkaian langkah yang terkait dengan melacak aktivitas bisnis yang bersifat keuangan. Setelah itu, hasil pelacakan tersebut akan ditunagkan pada laporan keuangan.

Setelah itu, akuntan akan mengklasifikasikan, meringkas, menganalisis, dan menafsirkan laporan tersebut. Dan kemudian, hasil dari transaksi keuangan ini dikomunikasikan kepada pengguna.

Karena bahasa berperan sebagai alat komunikasi, akuntansi menjadi bahasa bisnis yang mengkomunikasikan informasi keuangan kepada penggunanya.

Oleh karena itu, tujuan dasar akuntansi adalah untuk menentukan laba atau rugi untuk periode tertentu. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan pada tanggal yang ditentukan.

Bagaimana Accounting Menghasilkan Informasi Keuangan?

accounting
Siklus Akuntansi

Siklus akuntansi merupakan tahapan dalam akuntansi untuk menghasilkan informasi keuangan yang relevan. Berikut ini merupakan tahapan dalam siklus akuntansi:

Identifikasi

Identifikasi memastikan transaksi apa yang akan dicatat. Ini termasuk pengamatan dan pemilihan transaksi yang bersifat finansial.

Pencatatan

Pencatatan dilakukan dengan memasukkan transaksi keuangan secara sistematis saat transaksi tersebut terjadi. Dan untuk melakukannya, Anda menggunakan jurnal umum atau buku pembantu.

Klasifikasi

Setelah pencatatan data, transaksi-transaksi yang sejenis atau sejenis dikelompokkan menjadi satu.

Untuk tujuan ini, perusahaan membuka berbagai akun dalam buku besar yang merupakan buku pembantu. Setelah itu, posting transaksi di akun tersebut dilakukan.

Meringkas

Proses ini melibatkan persiapan dan penyajian data rahasia. Klasifikasi berlangsung dengan cara yang berguna bagi pengguna. Pada langkah ini, perusahaan menyiapkan laporan keuangan.

Menganalisis

Analisis adalah klasifikasi sistematis data yang disediakan dalam laporan keuangan. Kecuali jika angka-angka yang tercantum dalam laporan keuangan disajikan dengan cara yang disederhanakan, angka-angka itu tidak akan berarti apa-apa.

Menafsirkan

Proses ini dilakukan dengan menjelaskan arti dan pentingnya hubungan yang diciptakan melalui analisis data. Oleh karena itu, analisis dan interpretasi laporan keuangan membantu pengguna untuk membuat penilaian yang rasional.

Communicating

Penyusunan, penyajian dan komunikasi informasi akuntansi dalam bentuk laporan akuntansi. Laporan-laporan ini disampaikan kepada manajemen dan pengguna. Para pengguna laporan keuangan mencakup semua stakeholder seperti:

  • Kreditur
  • Debitur
  • Pemberi pinjaman
  • Pemasok
  • Investor
  • Pemegang saham
  • Para karyawan

Proses Accounting

Proses akuntansi terdiri dari tujuh langkah, yaitu:

  • Identifikasi Transaksi
  • Persiapan Dokumen
  • Pencatatan di Jurnal
  • Posting Buku Besar
  • Menyiapkan Neraca Saldo
  • Melewati Jurnal Penyesuaian
  • Penyusunan akun akhir, yaitu Laporan Laba Rugi, Neraca dan Laporan Arus Kas

Baca juga: Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro: Hubungan dan Ruang Lingkup

Tujuan Accounting

Akuntansi bertujuan untuk:

  1. Mencatat semua transaksi moneter secara sistematis
  2. Menentukan hasil dari transaksi yang dicatat
  3. Menentukan posisi keuangan bisnis
  4. Memberikan informasi kepada pengguna untuk membuat penilaian yang baik
  5. Mengetahui status solvabilitas perusahaan

Fungsi Accounting

perbedaan accounting dan finance
Fungsi Akuntansi
  1. Measurement (Pengukuran) : Akuntansi mengukur kinerja perusahaan di masa lalu. Selain itu, ia juga mengungkapkan posisi keuangannya dalam kondisi saat ini.
  2. Forecasting (Peramalan) : Dengan bantuan informasi masa lalu, seseorang dapat memperkirakan kinerja dan tren masa depan.
  3. Decision Making (Pengambilan Keputusan) : Untuk pengambilan keputusan yang sehat dan rasional, akuntansi menyediakan data yang berguna untuk semua pengguna.
  4. Comparation and Evaluation (Perbandingan & Evaluasi) : Dengan menggunakan informasi akuntansi, seseorang dapat membandingkan kinerja masa lalu dan sekarang. Dan juga, akuntansi membantu dalam evaluasi hasil keuangan.
  5. Control (Kontrol) : Akuntansi memainkan peran penting dalam mengidentifikasi risiko dalam sistem operasional. Selain itu, akuntansi juga memberikan umpan balik tentang efektivitas langkah-langkah yang diterapkan untuk mencegah risiko tersebut.
  6. Goverment Regulation and Taxation (Peraturan Pemerintah dan Perpajakan) : Seperti yang kita ketahui bersama bahwa untuk beberapa perusahaan, pemeliharaan pembukuan adalah wajib. Hal ini karena membantu pemerintah dalam melakukan kontrol. Selain itu, membantu dalam pengumpulan pajak dan audit juga.
Banner 2 kledo

Memahami Finance

Apa Itu Finance?

Dalam bahasa awam, finance atau keuangan adalah semua tentang pengelolaan uang, dengan cara yang tersedia pada saat dibutuhkan. Dari sudut pandang perusahaan, finance menunjukkan semua sumber daya ekonomi. Yang digunakan dan dimobilisasi oleh perusahaan untuk menumbuhkan bisnis dari waktu ke waktu.

Lebih lanjut, finance adalah proses mengatur dana untuk setiap jenis pengeluaran dan penggunaan uang. Proses ini melibatkan alokasi dana sedemikian rupa sehingga dapat menuai hasil tertinggi dari waktu ke waktu.

Finance bukan hanya tentang mengelola dana tetapi juga melipatgandakannya untuk kepentingan terbaik. Untuk tujuan ini, semua risiko dan ketidakpastian diperhitungkan.

Catatan : Kelangsungan hidup dan pertumbuhan bisnis sangat bergantung pada seberapa efisien pengadaan dan penggunaan keuangan.

Baca juga: 5 Format Laporan Keuangan yang Wajib Kamu Ketahui

Jenis-Jenis Finance

perbedaan accounting dan finance
Jenis-Jenis Finance
  1. Personal Finance : Ini adalah kegiatan mengelola keuangan individu. Tujuannya untuk membantu individu dalam mencapai tujuan keuangan yang diinginkan.
  2. Corporate Finance : Hal ini terkait dengan mendanai pengeluaran perusahaan dan mengembangkan struktur modal untuk perusahaan. Jenis ini termasuk sumber dan penerapan dana dengan cara yang meningkatkan nilai perusahaan dalam jangka panjang.
  3. Public Finance : Jenis ini berkaitan dengan pendapatan pemerintah, pengeluaran, utang dan dampaknya terhadap perekonomian secara keseluruhan. Ini adalah bagaimana pemerintah pusat dan pemerintah mengelola pendapatan dan pengeluaran untuk menyediakan layanan publik.

Organisasi Fungsi Keuangan

Ini mengacu pada pembagian fungsi keuangan dan pembentukan organisasi yang efisien. Organisasi fungsi keuangan berbeda dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Hal ini disebabkan oleh perbedaan ukuran, sifat organisasi, dan jenis operasi pembiayaan.

CFO

CFO perusahaan yaitu Chief Financial Officer tidak hanya bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan sehari-hari. Sebaliknya, ia juga bertanggung jawab untuk merancang kebijakan dan pengambilan keputusan.

Dalam sebuah entitas besar, CFO membagi fungsi keuangan menjadi dua fungsi terpisah yaitu manajemen keuangan dan manajemen kontrol keuangan.

Bendahara

Tanggung jawab bendahara adalah mengurus pengadaan dan penggunaan dana. Selain itu, ia melakukan fungsi-fungsi berikut:

  • Cash Management : Fungsi ini melibatkan pengelolaan penerimaan dan pengeluaran kas ke/dari bisnis. Ini juga melibatkan pengadaan keuangan dari berbagai sumber dan pembayaran kewajiban bisnis yang tepat waktu.
  • Manajemen Kredit : Fungsi ini melibatkan kepastian kredibilitas pelanggan dan membuat pengaturan untuk pengumpulan penjualan kredit yang tepat waktu.
  • Manajemen Aset : Fungsi ini berkaitan dengan semua tentang pengaturan pengadaan, pelepasan, dan asuransi aset.
  • Manajemen Sekuritas : Hal ini terkait dengan investasi kelebihan dana bisnis ke dalam berbagai sekuritas.
  • Hubungan Perbankan : Pemeliharaan hubungan perbankan seperti mengoperasikan rekening giro perusahaan.

Pengontrol

Pengontrol harus mengelola dana dan menjaga akuntansi untuk hal yang sama. Selain itu, ia melakukan fungsi yang diberikan:

  • Perencanaan & Penganggaran : Fungsi inimelibatkan perencanaan keuangan, penganggaran, peramalan penjualan, pengendalian persediaan dan sebagainya.
  • Akuntansi Keuangan : Ini adalah sistem akuntansi yang melibatkan pencatatan dan pelaporan transaksi moneter.
  • Akuntansi Biaya : Menyiapkan sistem akuntansi biaya untuk menentukan harga pokok produksi.
  • Pengolahan Data : Ini semua tentang pengumpulan data dan analisis data.
  • Audit Internal : Fungsi ini terkait dengan audit internal dan pengendalian internal perusahaan
  • Laporan Tahunan : Penyusunan laporan tahunan dan semua laporan lain yang diperlukan oleh manajemen puncak perusahaan untuk pengambilan keputusan yang baik.

Baca juga: 19 Manfaat Akuntansi dalam Pengembangan Bisnis

Jadi, Apa Perbedaan Utama Antara Accounting dan Finance?

Seperti yang telah kita bahas tentang pengertian keduanya. Sekarang kita akan membahas perbedaan antara accounting dan finance secara rinci:

  1. Accounting adalah seni pencatatan transaksi secara sistematis. Ini membantu dalam menjaga jalur yang tepat dari laporan keuangan berdasarkan Peraturan Standar Akuntansi dan Keuangan (PSAK). Tapi, finance adalah semua tentang studi, penciptaan dan pengelolaan uang, kredit dan investasi. Ini melibatkan kegiatan seperti pinjaman, investasi, tabungan, penganggaran dan peramalan.
  2. Akuntansi adalah bagian dari finance. Akan tetapi, finance adalah bagian dari Ilmu Ekonomi.
  3. Finance adalah aktivitas berorientasi masa depan yang menggunakan data masa lalu yang disediakan oleh akuntansi untuk membuat keputusan dan rencana rasional untuk masa depan.
  4. Informasi akuntansi berguna bagi pengguna laporan keuangan untuk memahami posisi keuangan bisnis. Sebaliknya, keuangan berguna dalam meramalkan kinerja entitas di masa depan.
  5. Akuntansi dilakukan untuk memastikan bahwa semua transaksi keuangan dicatat dalam pembukuan dengan akurat. Sebaliknya, keuangan adalah tentang memahami data keuangan perusahaan sambil mengingat pertumbuhan dana dari waktu ke waktu.
  6. Akuntansi dilakukan atas dasar aturan. Artinya, ada prinsip, konsep, dan konvensi yang harus diikuti. Sebaliknya, keuangan didasarkan pada analisis. Ini berarti bahwa sebelum membuat keputusan keuangan, analisis berbagai aspek bisnis diperlukan. Ini membantu dalam menuai manfaat maksimal.
  7. Dalam akuntansi, kita menyiapkan laporan keuangan. Tetapi ketika kita menganalisis laporan keuangan, itu adalah tugas keuangan.

Hubungan Accounting dan Finance

Karena accounting adalah bagian dari finance, jelaslah bahwa finance adalah konsep yang lebih luas. Keuangan memanfaatkan data akuntansi, seperti laporan laba rugi, laporan arus kas, dan neraca untuk membuat keputusan keuangan yang baik.

Artinya, baik akuntansi maupun keuangan membantu dalam mengalokasikan dana bisnis sedemikian rupa yang akan menuai yang terbaik dari mereka.

Baca juga: Debit dan Kredit dalam Akuntansi: Pahami Pengertian dan Penggunaannya

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai perbedaan antara accounting dan finance. Perbedaan utama antara keduanya ialah accounting merupakan bagian dari finance yang berfokus pada pencatatan. Sementara finance mempunyai ruang lingkup yang lebih luas dan terkait dengan kebijakan perusahaan.

Meski begitu, baik akuntansi maupun keuangan membantu bisnis agar semakin berkembang. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan software akuntansi dan keuangan dari Kledo yang mempunyai fitur pendukung bisnis Anda.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa menyelesaikan banyak pekerjaan mulai dari mengelola kas, membuat invoice dalam hitungan detik, manajemen inventory, dan masih banyak lagi.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera upgrade bisnis Anda dengan menggunakan Kledo sekarang juga. Anda juga bisa mencoba Kledo gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × two =