Mengenal Berbagai Peluang Bisnis di Jakarta Tahun Ini

peluang bisnis di jakarta

Jakarta sebagai kota besar memang menyimpan banyak peluang bagi mereka yang ingin membangun bisnis di Jakarta.

Selain karena sebagai ibu kota Negara, Jakarta sendiri adalah provinsi yang memiliki tingkat kepadatan penduduk terpadat di Indonesia. Oleh sebab itu, banyak orang sukses yang memulai usaha mereka di Jakarta.

Namun dimanapun Anda berada, membangun sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan kerja keras, modal, dan perencanaan yang matang agar bisnis Anda berkembang dengan baik.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas 10 peluang bisnis di Jakarta yang bisa Anda pilih dan mungkin bisa membuat Anda menjadi pemilik bisnis yang sukses.

Mengapa Jakarta Sebagai Tempat yang Tepat untuk Anda Memulai Bisnis?

peluang bisnis di jakarta

Sebagai ibu kota Negara, Jakarta memiliki banyak penduduk dari berbagai komponen dan juga strata sosial yang memungkinkan Anda untuk membangun bisnis sesuai permintaan konsumen dengan lebih mudah.

Mobilitas yang tinggi juga menjadi alasan mengapa Jakarta sebagai kota terbaik dalam memulai sebuah bisnis. Mulai dari pagi sampai tengah malam, Jakarta selalu ramai dengan mobilitas penduduknya.

Hal ini juga yang menjadikan Jakarta dijuluki kota yang tidak pernah tertidur. Atas alasan ini, Anda bahkan bisa membangun bisnis yang beroperasi 24 jam tanpa takut tidak mendapatkan pelanggan.

Selain sebagai kota metropolitan, Jakarta merupakan kota pusat bisnis dan pelajar.

Dilansir dari katadata.co.id, DKI Jakarta memiliki sekitar 288 perguruan tinggi, yang terdiri dari 284 perguruan tinggi swasta (PTS) dan empat perguruan tinggi negeri (PTN).

Oleh sebab itu, dengan membangun bisnis di Jakarta, Anda bisa menargetkan pasar yang luas, mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran, konsumen rumah tangga, bahkan para ekspatriat.

Berbagai Peluang Bisnis di Jakarta

1. Usaha Kuliner

Usaha kuliner menjadi peluang usaha pertama yang bisa Anda pilih di Jakarta. Anda bisa membangun usaha kuliner yang kekinian atau kuliner yang banyak dikonsumsi oleh kebanyakan orang.

Jika Anda memiliki kemampuan memasak yang pas-pasan, Anda bisa bekerja sama dengan membuka gerai makanan atau minuman franchise.

Bisnis franchise sering kali telah memiliki reputasi dan citra yang mapan, manajemen dan praktik kerja yang terbukti, akses ke iklan nasional dan dukungan kerja secara berkelanjutan.

Oleh sebab itu, jika Anda baru ata mau membuka bisnis kuliner namun belum memiliki pengalaman, memilih bisnis franchise bisa menjadi pilihan terbaik.

Pastikan juga lokasi tempat Anda membangun bisnis kuliner. Jika Anda berada di kawasan perkantoran, Anda bisa menyediakan banyak menu untuk memudahkan pelanggan memilih makanan.

Namun jika Anda di lingkungan universitas atau sekolah, pastikan Anda menjual makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau.

Baca juga: 12 Strategi Bisnis Kuliner Paling Efektif yang Wajib Dicoba

2. Usaha pakaian

Sejak dulu, pakaian merupakan kebutuhan primer banyak orang. Terlebih saat ini pakaian menjelma menjadi fashion atau identitas dari seseorang.

Berbisnis pakaian merupakan peluang bisnis di jakarta yang sangat baik. Terlebih dengan adanya pasar konveksi terbesar di Asia tenggara, kawasan tanah abang.

Anda bisa mengambil produk dari pasar tersebut, lalu dijual kembali di toko Anda. Jika Anda memiliki keterampilan desain busana, Anda bisa membuat pakaian sendiri yang sesuai mode yang sedang hits saat ini.

Tidak memiliki dana yang cukup untuk membuka toko, Anda bisa mencoba menjual produk pakaian Anda melalui toko online, marketplace atau social media.

Namun hal yang penting sebelum memulai bisnis pakaian, adalah memastikan target pasar Anda. Kepada siapa produk Anda akan di jual? Apakah untuk dewasa, anak-anak, wanita, atau pria?

Pastikan Anda melakukan penelitian pasar yang tepat agar produk pakaian Anda bisa diterima pasar dengan baik dan maksimal.

Baca juga: Ingin Menjadi Desainer Baju? Ini Tips yang Harus Dilakukan

3. Laundry

Apakah Anda dekat dengan daerah kos-kosan mahasiswa atau karyawan? Peluang bisnis yang harus Anda coba di Jakarta terutama di daerah yang dekat dengan kos-kosan adalah usaha laundry.

Kesibukan mahasiswa dan karyawan membuat mereka memiliki waktu yang terbatas, terutama untuk keperluan mencuci dan menyetrika pakaian. Oleh sebab itu, Anda bisa membangun bisnis laundry yang bisa menjadi solusi permasalahan ini.

Untuk membuat bisnis laundry yang baik, pastikan Anda menggunakan deterjen dan pewangi yang aman sehingga tidak membuat iritasi kulit pelanggan Anda.

Baca juga: Tertarik Membuka Bisnis Laundry? Ikuti 10 Tips Ini

4. Jasa bengkel

Mobilitas yang tinggi menjadikan Jakarta sebagai kota yang penuh dengan kendaraan bermotor dan menyebabkan macet. Belum lagi dengan banyaknya layanan ride hailing, seperti Gojek dan Gran yang mengaspal di Jakarta.

Jika Anda memiliki keterampilan otomotif, Anda bisa membuka jasa bengkel yang sesuai dengan keterampilan Anda.

Pastikan Anda memiliki pelayanan yang maksimal dan garansi pekerjaan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan Anda.

Jika memungkinkan, Anda bahkan juga bisa menghadirkan layanan bengkel panggilan dimana Anda bisa memperbaiki kendaraan di rumah pelanggan tanpa harus datang ke bengkel.

Dengan banyaknya kendaraan di Jakarta, usaha bengkel merupakan salah satu peluang usaha terbaik di Jakarta.

Baca juga: Tips Meningkatkan Keuntungan Usaha Bengkel dengan Instan

5. Usaha fotocopy dan ATK

Apakah Anda ada di kantor pelayanan publik seperti Puskesmas, Kelurahan, atau Kecamatan, atau berada di sekitar lingkungan sekolah atau universitas?

Jika iya, Anda bisa mencoba untuk membuka jasa layanan fotocopy sekaligus penjualan ATK.

Biasanya di sekitar daerah pelayanan publik banyak konsumen yang membutuhkan jasa fotocopy untuk keperluan dokumen pendukung.

Modal yang dibutuhkan untuk usaha ini pun bisa dibilang cukup sedikit dibandingkan dengan jenis usaha lainnya.

Banner 3 kledo

Baca juga: Jenis Kode Produksi dan Pentingnya Bagi Produk Anda

6. Rental Kendaraan

Walaupun Jakarta memiliki mobilitas masyarakat yang tinggi, tidak semua orang di Jakarta memiliki kendaraan pribadi terutama mobil.

Padahal untuk keperluan tertentu, seperti acara pernikahan atau sekedar berwisata, memerlukan kendaraan dengan kapasitas penumpang yang besar.

Sebagai solusi, Anda bisa membangun usaha rental kendaraan. Hal terpenting pastikan jenis kendaraan yang Anda rentalkan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Misalnya Anda bisa menyewakan bus untuk pariwisata dengan orang dalam jumlah besar atau minibus untuk standar keluarga. Jika target Anda korporasi, Anda bisa menyedikan mobil premium sebagai pilihan mobil yang akan Anda rentalkan.

Baca juga: Gunakan Tips Ini untuk Usaha Rental Mobil Sukses, Mudah!

7. Warung Sembako

Peluang bisnis di Jakarta yang tidak ada matinya adalah dengan membuka warung sembako untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar.

Walaupun saat ini banyak minimarket telah menjamur ke barbagai pelosok Jakarta, membuka warung sembako dengan konsep yang tepat akan membuat Anda unggul dari jaringan minimarket tersebut.

Misalnya, berikan harga yang lebih rendah dari jaringan minimarket tersebut dengan menyediakan merek lain dengan produk yang serupa.

Lalu Anda bisa menawarkan potongan diskon yang lebih besar jika pelanggan membeli sembako dalam jumlah tertentu.

Pastikan juga Anda menganalisa produk apa yang sangat laku terjual dan membuat pilihan merek yang lebih banyak untuk produk tersebut supaya pelanggan memiliki pilihan yang lebih baik sesuai dengan daya beli mereka.

Baca juga: Tips Bisnis Warung Sembako Paling Menguntungkan yang Wajib Dicoba

8. Wedding organizer

Jika Anda mahir dalam merencanakan acara atau seremonial, mengapa tidak mencoba untuk membangun jasa wedding organizer atau event organizer?

Namun, sebelum membuka bisnis wedding organizer, sebaiknya kamu memperkaya diri dahulu dengan ilmu pengetahuan.

Kamu bisa mendapatkan pengalaman sebagai pedoman untuk menjalani usaha wedding planner melalui pelatihan khusus.

Jadi, kamu dapat membuat perencanaan pernikahan yang tepat dan bekerja dengan terampil.

Kini, ada banyak lembaga pelatihan untuk wedding planner. Kamu bisa mengikuti pelatihan tersebut secara langsung maupun online.

Usai pelatihan, biasanya mereka akan memberikan kamu sertifikat sebagai tanda lulus uji wedding planner.

Dengan bekal yang cukup, kamu pasti akan lebih percaya diri dalam menjalani bisnis. Calon pelanggan juga akan lebih percaya dengan jasa yang kamu tawarkan.

Lalu, tentukanlah jenis-jenis layanan pernikahan tersebut ke dalam paket wedding organizer agar pelanggan lebih mudah dalam memilihnya.

Beri penjelasan dari setiap paket yang ditawarkan, beserta kelebihan, dan kisaran harganya.

Biasanya, calon pelanggan akan memilih paket perencanaan pernikahan yang sesuai dengan budget mereka.

Untuk memudahkan kamu dalam menentukan paket atau jenis layanannya, kamu dapat melihat tren pernikahan yang ada di pasar.

Mulai dari pernikahan adat tradisional, pernikahan modern, pernikahan dengan dekorasi simple yang intimate, pernikahan berdekorasi mewah, pernikahan indoor atau outdoor dan lainnya.

Baca juga: Cara Mengelola Keuangan Bisnis Event Organizer Agar Tetap Menguntungkan

9. Pet Shop

Tren memelihara hewan peliharaan di kota besar saat ini tengah menjamur, terutama di Jakarta. Dengan rutinitas yang padat dan menimbulkan stres, memelihara hewan peliharaan bisa menjadi media untuk melepaskan stres ditengah kepenatan.

Jika Anda memiliki pengalaman mengurus hewan peliharaan dan mengetahui kebutuhan hewan peliharaan, Anda bisa membuka toko pet shop.

Untuk membuat usaha pet shop Anda lebih menguntungkan, jika bisa Anda tidak hanya menjual produk seperti makanan atau vitamin untuk hewan peliharaan, namun juga jasa perawatan seperti grooming atau hotel hewan.

Dengan begitu, ini bisa menambah pemasukan pet shop Anda selain menjual produk.

Baca juga: Ingin Membangun Bisnis Pet Shop? Ikuti 10 Tips Ini

10. Agen Penyalur ART dan Baby sitter

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, kota besar seperti Jakarta menghadirkan kesibukan dan keterbatasan waktu, terutama untuk mereka yang sudah berumah tangga dan hal ini bisa menjadi peluang bisnis.

Anda bisa membuka agen penyalur ART atau baby sitter untuk keluarga yang memerlukannya.

Sebelum memulai usaha ini, pastikan Anda memiliki pengalaman pengelolaan SDM dan screening tenaga kerja yang baik.

Hal ini karena bisnis ini betumpu pada kepercayaan. Jika Anda menyalurkan ART atau baby sitter yang bermasalah, Anda tidak hanya akan merusak reputasi bisnis, namun juga dapat berurusan dengan hukum yang berlaku.

Baca juga: Email Penawaran Penjualan: Pengertian, Cara Membuatnya dan Contohnya

Kesimpulan

Itulah 10 peluang bisnis di Jakarta beserta tips untuk memulainya. Dalam bisnis apapun, memulai bisnis dimulai dengan strategi yang matang dan pengalaman yang memadai.

Lalu hal terpenting yang harus Anda pikirikan sebelum memulai bisnis adalah proses pengaturan keuangan untuk memastikan kesehatan arus kas dalam bisnis.

Untuk kemudahan Anda dalam pengelolaan keuangan dan pembukuan usaha, Anda bisa menggunakan sistem akuntansi yang modern seperti software akuntansi Kledo.

Kledo adalah software akuntansi buatan Indonesia yang memiliki fitur terlengkap, mudah digunakan, dan harga yang terjangkau yang cocok untuk bisnis baru yang memiliki keterbatasan modal.

Hanya dengan 4500 perhari, Anda bisa mendapatkan solusi pembukuan, manajemen persediaan, membuat laporan keuangan praktis, multi gudang dan cabang, dan masih banyak lagi.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 4 =