Punya Usaha Kargo? Berikut Tips Untuk Menekan Pengeluarannya

usaha kargo

Untuk menjalankan usaha pengiriman kargo yang menguntungkan, sangat penting untuk menjaga efisiensi pengeluaran pada bisnis Anda, namun tetap memenuhi pengiriman dengan efisiensi maksimal.

Faktanya, mengendalikan biaya operasional dalam bisnis kargo melibatkan serangkaian langkah di berbagai tingkat staf.

Misalnya, jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara mengurangi biaya angkutan truk di tingkat manajerial, pertama-tama lihat area di mana perusahaan Anda menghabiskan uang paling banyak.

Kemungkinannya ini adalah area di mana Anda dapat memotong biaya untuk mereduksi pengeluaran Anda agar lebih optimal.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menekan pengeluaran pada usaha kargo milik Anda dan memaksimalkan keuntungan.

Mengapa Penting Mengoptimalkan Pengeluaran pada Usaha Kargo?

tips usaha kargo

Perusahaan pengiriman kargo memotong biaya ketika mereka siap untuk tumbuh lebih kuat.

Sejalan dengan itu, bisnis ini memperlakukan pengurangan biaya sebagai peluang untuk memperkuat layanan dan kemampuan mereka.

Secara proporsional, langkah-langkah pemotongan biaya sering digunakan untuk menjaga bisnis kargo tetap beroperasi melalui periode ekonomi yang sulit.

Ingat: Ketika perusahaan kargo memotong biaya, mereka secara tidak langsung mengirim pesan kepada pengemudi truk, karyawan, dan juga pelanggan mereka.

Itulah sebabnya perusahaan kargo harus berusaha menjaga loyalitas pelanggan dan karyawan mereka pada tingkat tertinggi.

Oleh karena itu, ketika sebuah perusahaan kargo berencana untuk mulai memotong biaya, harus memastikan bahwa mereka memiliki komitmen karyawan yang aman.

Komitmen emosional yang positif dari karyawan mereka sangat penting karena jika tidak, bisnis akan menghadapi perubahan perilaku.

Sesekali, menjalankan usaha kargo berarti menghadapi situasi di mana pajak dan biaya meningkat setiap tahun. Jadi, ketika pendapatan berjalan stagnan itu adalah saat yang tepat untuk perusahaan memutuskan untuk mulai memotong biaya.

Tips Memotong Biaya Agar Bisnis Kargo Anda Menguntungkan

tips usaha kargo

1. Lakukan Perawatan Rutin Pada Kendaraan Operasional Anda

Secara umum, usaha kargo bisa memotong biaya dengan berbagai cara.

Namun yang pertama dan terpenting, perusahaan kargo harus memangkas biaya dengan melakukan perawatan rutin pada armada mereka, termasuk juga truk dan peralatan.

Selain itu, perusahaan kargo yang melakukan perawatan rutin pada truk dan peralatannya, terbukti memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggannya.

Karena perusahaan kargo yang tidak melakukan perawatan truk secara teratur mungkin mendapati diri mereka dalam situasi truk yang tidak berperfoma baik saat mereka ditugaskan selama berhari-hari dan bahkan berminggu-minggu, ini nantinya berdampak pada arus kas perusahaan.

Hal paling umum, inspeksi pemeliharaan preventif mencakup poin-poin berikut:

  • Lakukan pencatatan perbaikan dan tambah cairan radiator secara rutin;
  • Jika ada kebutuhan untuk perbaikan atau penggantian untuk beberapa item;
  • Indikasi jarak tempuh dan interval inspeksi;
  • Daftar item tertentu yang harus diperiksa;

Seperti yang Anda lihat, perusahaan kargo dapata memotong biaya dengan melakukan perawatan rutin pada armada mereka, karena mereka tahu bahwa tidak menjaga armada mereka dengan cara yang benar dapat menyebabkan perbaikan yang mahal.

Baca juga: Punya Bisnis Ekspedisi Truk? Gunakan Tips ini Untuk Lebih Menguntungkan

2. Selalu pantau anggaran Anda

Saat Anda menjalankan perusahaan pengiriman kargo, salah satu kesalahan terbesar yang dapat Anda lakukan adalah gagal melacak anggaran Anda dengan segera.

Biasanya, sebuah perusahaan akan mempekerjakan seorang akuntan untuk melakukan laporan laba rugi pada setiap penutupan tahun fiskal, dan kemudian memeriksa trennya.

Pengeluaran perusahaan Anda dapat berubah setiap minggu, seringkali sebagai akibat dari keputusan yang Anda buat selama beberapa hari pengiriman.

Oleh karena itu, pelacakan yang efektif berarti mengamati apa yang Anda belanjakan setiap minggu, dan memeriksa anggaran Anda secara menyeluruh pada akhir setiap bulan.

Dalam kasus di mana margin keuntungan perusahaan di bawah standar, respons tipikal adalah menurunkan harga untuk mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi sebagai sarana untuk menutup kerugian.

Namun, sebenarnya lebih mudah untuk meningkatkan margin keuntungan dengan memotong biaya. Karena itu, sangat penting untuk melacak pengeluaran Anda dari minggu ke minggu dan bulan ke bulan, dan memangkas pengeluaran overhead Anda sesuai dengan kebutuhan operasi Anda.

Kurangi hal atau barang-barang yang tidak produktif di daftar pengeluaran bulanan Anda. Jika ada sesuatu yang tidak Anda gunakan, terutama jika itu memakan biaya overhead Anda, potong barang atau layanan tersebut dari anggaran Anda.

Jika Anda dapat mengurangi biaya sebesar 1 juta atau lebih per minggu, ini akan meningkatkan margin keuntungan tahunan Anda secara signifikan.

Banner 3 kledo

3. Menghilangkan Biaya Tak Berwujud

Biaya tidak berwujud adalah biaya yang terkait dengan sumber yang dapat diidentifikasi.

Selanjutnya, biaya tidak berwujud dapat disebabkan oleh sikap pengemudi yang buruk, komunikasi yang buruk, serta kesehatan yang buruk.

Jadi, biaya tidak berwujud tidak selalu diramalkan.

Oleh karena itu, penghapusan biaya berwujud dapat menyebabkan perusahaan kargo Anda memangkas biaya. Setelah sumber biaya tidak berwujud terdeteksi, itu dapat segera dihentikan atau dihilangkan.

Perusahaan yang ingin meningkatkan peringkat mereka di industri pengiriman barang atau kargo harus sangat serius dengan kualitas layanan yang mereka tawarkan serta tentang partisipasi pengemudi truk mereka dalam acara sosial.

Artinya, perusahaan kargo harus mengesampingkan kesedihan, stres, dan pain point dari bisnis mereka. Ini adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan biaya tidak berwujud.

4. Mengurangi waktu idling

Salah satu kebiasaan pengemudi yang boros, namun sering diabaikan, adalah idle atau biasa dikenal dengan ngetem, yang menghabiskan bahan bakar dan tenaga mesin meskipun kendaraan bahkan tidak bergerak.

Sederhananya, idling mempercepat konsumsi bahan bakar dan menambah keausan pada mesin, yang keduanya dapat memakan margin keuntungan perusahaan kargo.

Memang, ada saat-saat idling tidak mungkin dihindari, seperti ketika truk terjebak dalam lalu lintas atau berhenti di persimpangan.

Namun jika tidak, tidak ada alasan bagi pengemudi untuk meninggalkan truk dalam keadaan diam, bahkan ketika dia menepi untuk melakukan penurunan cepat atau untuk istirahat sejenak di pinggir jalan.

Bahkan, jika kendaraan harus diam selama lebih dari 10 detik — baik di jalan atau di tempat parkir — matikan mesin.

Sepuluh detik idling membakar lebih banyak bahan bakar daripada proses penyalaan.

Selama satu tahun, menyalakan mesin beberapa kali dalam satu hari hanya akan menyebabkan keausan dan konsumsi bahan bakar yang minimal, sedangkan idling beberapa menit per hari dapat menyebabkan biaya yang jauh lebih besar, terutama bila beberapa pengemudi dalam armada mengalami idling.

Baca juga: Total Quality Management (TQM): Pengertian, Elemen dan Penerapannya dalam

5. Buat rute pengiriman dengan bijaksana

Usaha kargo dapat menghemat sejumlah besar uang dengan merencanakan rute yang paling efisien ke setiap tujuan.

Seringkali, perusahaan mengirimkan armada pengiriman secara eksklusif di sepanjang rute utama ke lokasi pengiriman tertentu.

Dalam beberapa kasus, rute alternatif mungkin lebih pendek dan terdiri dari lebih sedikit pemberhentian, tetapi rute ini tidak ada dalam radar manajer armada.

Setiap kali armada truk komersial menemukan rute yang lebih cepat untuk mengirimkan truk, perusahaan mendapatkan keuntungan sebagai berikut:

  • Konservasi bahan bakar
  • Mengurangi emisi gas
  • Mengurangi keausan mesin
  • Penyelesaian pengiriman lebih cepat

Selain itu, rute yang lebih cepat seringkali lebih aman karena lebih sedikit lalu lintas, yang mengurangi kemungkinan kecelakaan.

Pengurangan lalu lintas itu sendiri juga lebih baik untuk mesin dan efisiensi bahan bakar, karena lebih sedikit pemalasan di sepanjang rute yang bersangkutan.

Saat ini, efisiensi perutean lebih mudah dicapai, berkat berbagai aplikasi perutean yang sekarang tersedia.

Aplikasi pengoptimal perutean akan memandu setiap pengemudi di sepanjang rute terpendek dan paling hemat bahan bakar ke dan dari setiap tujuan pengiriman.

6. Catat Setiap Pengeluaran yang Terjadi dalam Setiap Pengiriman

Anda tidak dapat menghemat apa yang tidak bisa Anda nilai, ingatlah itu.

Jadi Anda harus mengetahui apa saja pengeluaran yang terjadi selama proses pengiriman paket oleh kurir atau supir Anda seperti biaya tol, parkir, bahan bakar, konsumsi dan lainnya.

Pelajari semua hal penting dan tidak penting. Misalnya jika memungkinkan dan waktu tidak berbeda jauh, Anda bisa merekomendasikan kepada supir armada Anda untuk tidak melewati rute tol tertentu.

Dengan mengetahui semua biaya yang terjadi dalam sebuah proses, Anda bisa dengan mudah membuat keputusan terbaik.

Pastikan juga Anda mencatata seluruh pengeluaran Anda pada sistem terbaik untuk memudahkan Anda dalam memantau kesehatan bisnis Anda secara keseluruhan, salah satunya dengan menggunakan software akuntansi seperti Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang telah banyak digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia termasuk usaha kargo.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa mencatat setiap pengeluaran yang terjadi pada setiap perjalanan, menghitung depresiasi aset, membuat faktur secara cepat, otomasi lebih dari 30 laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Tidak mengerti akutansi secara mendalam? Walaupun Kledo sangat mudah digunakan, tim kami akan memandu Anda dalam mengoperasikan Kledo sampai Anda bisa secara gratis.

Tertarik? Anda bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *