Niche Marketing: Pengertian Lengkap dan Strategi Mengembangkannya

niche marketing

Pernah mendengar tentang apa itu niche marketing? Ada pepatah mengatakan: “Jika Anda berbicara dengan semua orang, Anda tidak berbicara dengan siapa pun.”

Dalam pemasaran hari ini, mungkin ini benar. Iklan pasar massal dan kampanye pemasaran melakukan hal itu, memasarkan ke semua orang. Jadi ini tidak dapat dianggap sebagai kampanye bertarget.

Pemasaran massal tidak tepat untuk setiap produk atau layanan. Penetapan harga agen pemasaran, kurangnya penargetan spesifik, dan kurangnya fokus pada tim tertentu dapat berarti bahwa pemasaran massal dapat meleset dari sasaran untuk tim saat ini.

Alat pemasaran modern telah berevolusi dalam kemampuan dan penurunan biaya hingga pesan pemasaran dapat disebarkan lebih jauh dan lebih luas dari sebelumnya, yang dapat menjadi pedang bermata dua.

Sangat bagus untuk menjangkau banyak orang, tetapi terkadang lebih baik memasarkan ke satu grup dan melakukannya dengan sangat baik.

Jika Anda dapat fokus pada satu elemen pasar, subset, dan mengerahkan semua upaya Anda di sana, itu adalah menemukan niche atau ceruk untuk produk atau layanan Anda.

Dan dalam niche marketing, di mana Anda melakukan strategi khusus untuk berbicara hanya kepada audiens niche Anda, menawarkan beberapa keuntungan utama.

Siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana cara membuat niche marketing? Baiklah, kita bahas dalam artikel ini

Apa Itu Niche Marketing?

niche marketing

Niche marketing adalah strategi yang melibatkan penargetan segmen tertentu dari pasar yang lebih besar dan menawarkan konsumen ini produk atau layanan khusus.

Berbeda dengan pendekatan satu ukuran untuk semua, pemasaran khusus melayani kebutuhan khusus kelompok yang lebih kecil.

Sebuah niche market dapat didefinisikan berdasarkan:

  • Demografi (usia, jenis kelamin, status perkawinan, dll.)
  • Area geografis
  • Penghasilan
  • Profesi
  • Gaya hidup atau kebiasaan
  • Hobi
  • Nilai
  • Kesempatan
  • Budaya

Siapa yang Ditargetkan Niche Marketing?

Niche marketing mungkin paling tepat digambarkan sebagai strategi untuk menargetkan segmen spesifik dari keseluruhan pasar dan berbagi pesan yang akan beresonansi dengan audiens spesifik tersebut.

Sebuah ceruk pasar dapat ditemukan dengan melihat demografi (usia, jenis kelamin, status perkawinan), hobi, peran pekerjaan, pendapatan, tahap kehidupan (mahasiswa, orang tua dari anak kecil, pensiunan), geografi, dan banyak lagi.

Kapan Anda bisa Menggunakan Niche Marketing?

Kapan pun! Gunakan strategi pemasaran ceruk ketika sebuah perusahaan diluncurkan, ketika itu diciptakan kembali, atau karena ceruk pasar adalah apa yang dirancang untuk ditangani oleh merek.

Di Mana Anda Bisa Menggunakan Niche Marketing?

Baik secara online, secara langsung, dari mulut ke mulut, melalui surat, melalui teks — pilihannya hampir tidak ada habisnya.

Satu tips dalam menggunakan strategi ini: Keterlibatan pribadi cenderung paling efektif, jadi strategi niche marketing secara langsung dan dari mulut ke mulut kemungkinan akan memberikan hasil yang lebih besar.

Baca juga: Manajemen Mutu: Pengertian, Fungsi, Komponen, Prinsip dan Contohnya

Mengapa Harus Menggunakan Niche Marketing?

Merek yang menggunakan pemasaran khusus mungkin telah berhasil mengidentifikasi pasar yang tidak dilayani, atau mungkin menemukan produk atau layanan mereka digunakan dengan cara baru oleh pasar yang tidak mereka ketahui keberadaannya.

Karena melayani sekelompok orang tertentu dan melakukannya dengan baik jauh lebih mudah daripada mencoba untuk menyenangkan semua orang, perusahaan yang melayani ceruk tertentu akan memiliki kaki di atas mereka yang menarik massa.

Dalam pemasaran ini, persaingan akan berkurang dan memudahkan Anda untuk mendapatkan visibilitas untuk bisnis Anda, bahkan dengan anggaran pemasaran yang lebih rendah.

Selain itu, memfokuskan upaya bisnis Anda ke satu ceruk tertentu berarti akan lebih mudah bagi Anda untuk tetap up-to-date dengan apa yang terjadi di bidang Anda dan menjadi ahli di bidang itu.

Anda pasti akan diuntungkan jika Anda juga bersemangat tentang hal itu. Setelah konsumen menyadari bahwa Anda memenuhi syarat untuk melayani kebutuhan mereka, kepercayaan mereka pada perusahaan Anda akan meningkat.

Selain itu, tetap terhubung dengan pelanggan Anda, mendengarkan masukan mereka, dan menanggapi umpan balik mereka lebih mudah dengan audiens khusus.

Mempertahankan kontak dekat dengan pelanggan Anda meningkatkan apresiasi mereka untuk bisnis Anda dan membuat mereka ingin kembali untuk pembelian di masa mendatang dan merekomendasikan produk Anda kepada teman-teman mereka.

Baca juga: Strategi Product Bundling: Pengertian, Jenis, dan Tips Mengembangkannya

Bagaimana Cara Menerapkan Niche Marketing?

Ada banyak cara untuk menerapkan pemasaran khusus: kampanye dari mulut ke mulut, surat langsung, pesan sosial, acara yang ditargetkan, dan banyak lagi.

Mari kita bicara tentang beberapa strategi untuk membuat niche marketing yang sukses.

Banner 1 kledo

8 Strategi dalam Membangun Niche Marketing untuk Bisnis Anda

1. Segmentasikan Audiens Anda

Dalam pemasaran khusus, audiens target Anda adalah kelompok pelanggan tertentu dengan koneksi kuat ke merek Anda.

Dan langkah pertama untuk membangun loyalitas tersebut adalah segmentasi audiens target Anda berdasarkan karakteristik unik mereka.

Proses segmentasi pasar melibatkan pembagian pasar Anda ke dalam kategori yang lebih kecil dan lebih jelas – yaitu segmen.

Ini memungkinkan Anda mengelompokkan pelanggan berdasarkan sifat, minat, kebutuhan, demografi, atau lokasi yang serupa. Akibatnya, Anda dapat memfokuskan upaya dan sumber daya pemasaran Anda untuk menjangkau audiens yang paling penting dan mencapai tujuan bisnis Anda.

Ada empat jenis utama segmentasi pasar dengan beberapa subkategori di dalamnya untuk membantu Anda mengklasifikasikan pembeli Anda lebih lanjut.

Segmentasi demografi

Jenis ini mengacu pada data statistik tentang sekelompok individu dan merupakan salah satu yang paling umum digunakan.

Dalam skenario B2C, prospek biasanya diklasifikasikan berdasarkan usia, jenis kelamin, pendapatan, lokasi, pendidikan, etnis, keluarga, dll.

Sedangkan dalam skenario B2B Anda dapat mempertimbangkan ukuran perusahaan, industri, atau fungsi pekerjaan.

Segmentasi psikografis

Dalam hal ini, audiens dikategorikan berdasarkan faktor-faktor yang berkaitan dengan karakteristik dan sifat pribadi. M

isalnya, kepribadian, sikap, minat, nilai, gaya hidup, keyakinan bawah sadar dan sadar, motivasi, prioritas, pengaruh psikologis, dll. Faktor-faktor ini tidak berfokus pada data.

Mereka bersifat subjektif dan memerlukan penelitian untuk menemukan dan memahami.

Segmentasi perilaku

Di sini fokus analisis jatuh pada bagaimana pelanggan bertindak – kebiasaan pembelian dan pengeluaran, status pengguna, interaksi merek, dan semua aktivitas lain yang menunjukkan bagaimana klien berinteraksi dengan merek Anda secara langsung atau tidak langsung.

Segmentasi geografis

Ini adalah jenis segmentasi yang paling sederhana dan membedakan pelanggan berdasarkan batas geografis seperti kota, negara, Kode Pos, radius di sekitar lokasi tertentu, iklim, dll.

Saat menyegmentasikan audiens Anda, lacak temuan Anda di sepanjang jalan. Anda mungkin melihat peluang pemasaran ceruk yang bagus yang dapat Anda manfaatkan nanti.

Baca juga: Market Targeting: Pengertian, Strategi, dan Tips Sukses Melakukannya

2. Pelajari Industri Anda

Langkah selanjutnya untuk menemukan ceruk pasar Anda dan mengembangkan merek khusus adalah dengan meneliti industri Anda dengan sangat baik.

Analisis semacam itu akan membantu Anda memahami permintaan akan produk/layanan seperti milik Anda di wilayah Anda, dan membantu Anda menemukan peluang yang menguntungkan untuk menonjol dari pesaing Anda.

Menurut Alexa, ada lima area utama yang harus diperhatikan untuk mempelajari lebih lanjut tentang industri Anda:

Situs web industri

Ini dapat membantu Anda mengidentifikasi apa yang ditawarkan pemain lain dalam pasar Anda.

Pastikan untuk menghabiskan cukup waktu melihat-lihat setiap halaman. Perhatikan gaya, pesan, dan jajaran produk.

Laporan industri

Gunakan ini untuk mengevaluasi ceruk potensial dan mengidentifikasi tren yang muncul. Juga, dukung riset Anda dengan mengikuti berita pasar terbaru.

Kata kunci

Riset kata kunci menyediakan cara yang bagus untuk memahami apa yang dicari pengguna secara online.

Ini dapat membantu Anda menemukan topik baru yang lebih sempit dan mempelajarinya lebih lanjut.

Anda dapat mengulangi penelitian Anda sampai Anda merasakan peluang yang terkait dengan produk dan layanan Anda dalam jangkauan Anda.

Saluran media online

Untuk mendapatkan wawasan tentang apa yang dikatakan pelanggan di industri Anda di grup atau forum online mereka,

Anda dapat menggunakan kata kunci yang telah Anda teliti dan menemukan posting populer yang berisi mereka.

Situs belanja populer

Dengan memeriksa situs-situs seperti eBay, Amazon, Tokopedia, atau Marketplace lainnya, Anda dapat melihat jenis produk apa yang ditawarkan dan mana yang populer dengan audiens target Anda.

Ini akan memberi tahu Anda apakah produk seperti milik Anda sudah ada di luar sana dan apakah orang-orang membelinya. Terlebih lagi, ini dapat memberi Anda ide tentang apa yang harus ditingkatkan dan bagaimana caranya.

Melakukan analisis industri yang menyeluruh adalah bagian dari manajemen mutu.

Jika Anda ingin menemukan peluang niche marketing yang baik untuk dapat mengembangkan merek khusus, Anda perlu mengetahui jenis industri yang Anda geluti, serta jenis bisnis yang ingin Anda bangun.

3. Belajar dari Pelanggan Saat Ini

Selain cara brainstorming untuk menarik audiens tertentu, Anda juga harus memperhatikan pelanggan Anda saat ini.

Lihat apakah Anda dapat menemukan tema umum yang menyatukan mereka. Mungkin ternyata Anda sudah menarik klien khusus yang tidak Anda ketahui.

Untuk penelitian menyeluruh, tarik semua data penting yang relevan yang dapat Anda temukan.

Dari analitik situs web dan data lalu lintas hingga sumber daya lain yang dapat memberi Anda gambaran yang lebih jelas tentang apa yang menarik orang kepada Anda dan bagaimana mereka berinteraksi dengan merek Anda.

Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, kami memiliki beberapa ide untuk Anda:

Menganalisis data online pelanggan

Gunakan Google Analytics untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang orang-orang yang mengunjungi situs Anda. Anda dapat mengelompokkan pengguna ke dalam empat segmen yang disebutkan sebelumnya, lalu menganalisis aktivitas penelusuran mereka untuk melihat jenis produk apa yang mereka cari, dan topik apa yang paling mereka minati.

Lakukan pencarian Google

Ini dapat memberi Anda beberapa wawasan tentang apa yang ditanyakan atau dikatakan pengguna tentang perusahaan Anda. Anda dapat meneliti kombinasi kata kunci yang berbeda dan melihat apa yang muncul.

Berkomunikasi dan benar-benar mendengarkan

Buat survei. Minta pengguna untuk meninggalkan komentar dan ulasan. Dorong mereka untuk menghubungi Anda melalui situs atau media sosial Anda.

Dengan melakukan riset pasar pada pelanggan Anda, Anda bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang jenis klien apa yang cocok dengan niche Anda.

Dengan cara ini Anda akan tahu grup atau grup mana yang harus menjadi fokus bisnis Anda secara eksklusif dan menyesuaikan strategi pemasaran niche Anda.

4. Temukan Fokus Niche Market Anda

Beroperasi di niche market memiliki spesifikasinya sendiri, tetapi menemukan fokus Anda tidak harus menjadi proses yang rumit.

Saat Anda melakukan riset industri dan basis klien, Anda mungkin menemukan beberapa peluang khusus yang dapat Anda manfaatkan.

Namun, jika Anda bertanya-tanya bagaimana Anda memilih yang sempurna, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

Ikuti passion Anda

Ingat apa yang mendorong Anda untuk memulai bisnis Anda sejak awal. Tanyakan pada diri Anda apa saja bidang yang Anda kuasai, di mana keahlian Anda, dan sesuatu yang Anda sukai yang Anda ingin dibayar?

Berani

Pergilah dengan pilihan yang paling membuat Anda takut, ini adalah bagaimana ide-ide revolusioner benar-benar lahir, sehingga memberikan usaha niche Anda kesempatan yang lebih baik untuk berhasil.

Anda tentu saja harus mendasarkan keputusan Anda pada wawasan yang telah Anda kumpulkan. Intinya adalah cepatlah berdiri agar Anda tidak melewatkan kesempatan yang menggiurkan.

Periksa apakah ide Anda dapat dipasarkan

Meskipun Anda menargetkan ceruk pasar harus ada permintaan untuk produk seperti milik Anda.

Tantang pesaing Anda. Berikan layanan yang lebih baik dari apa pun di luar sana.

Ingatlah untuk berpikir secara strategis saat berada di jalan menuju penemuan ceruk.

Dengan cara ini ketika Anda menemukan fokus Anda, Anda benar-benar dapat membantu perusahaan Anda menjadi lebih efisien, sukses, dan menguntungkan.

Baca juga: Pahami Fungsi Kepuasan Pelanggan Ini untuk Bisnis, Penting!

5. Analisis Niche Anda

Setelah Anda mengetahui ceruk apa yang harus Anda selami, Anda harus menganalisis pasar untuk memastikannya layak untuk dikejar.

Ini adalah langkah penting untuk membangun merek khusus. Jika Anda belum menemukan segmen yang menguntungkan, semua upaya pemasaran Anda akan sia-sia.

Berikut adalah beberapa tindakan yang harus dilakukan:

Analisis Pasar Anda

Kumpulkan semua informasi yang Anda kumpulkan saat menyegmentasikan audiens Anda, menganalisis industri Anda, dan belajar dari pelanggan Anda. Kemudian mengubahnya menjadi pengetahuan dengan melihat pola.

Lakukan Analisis SWOT

Ambil informasi dari langkah sebelumnya dan pertimbangkan faktor internal (Kekuatan dan Kelemahan) dan eksternal (Peluang dan Ancaman) yang dapat memengaruhi bisnis Anda.

Tentukan Kesesuaian Produk-Pasar Anda

Sadarilah semua cara spesifik di mana produk / layanan Anda memenuhi kebutuhan khusus audiens target Anda.

Lihat Google Trends

Cari ide kata kunci baru, evaluasi volume pencarian mereka, dan pahami internet pencarian di belakangnya.

Mengevaluasi ceruk pasar Anda adalah kunci kesuksesan bisnis Anda. Jadi pastikan untuk meluangkan waktu Anda dengan itu dan teliti.

6. Buat Visibilitas Otentik untuk Merek Niche Anda

Visibilitas merek mencerminkan frekuensi orang dapat menemukan merek Anda di media sosial, dalam hasil pencarian, pemasaran email, dan saluran online lainnya.

Ini adalah proses membangun kehadiran digital yang kuat yang pada akhirnya dapat memperkuat kesadaran merek.

Oleh karena itu, semakin aktif Anda terlibat dalam pemasaran digital, semakin cepat Anda dapat menarik perhatian pelanggan ke merek Anda.

Mendapatkan visibilitas di era konsumeristik saat ini berarti bahwa merek harus mengadopsi pendekatan yang berpusat pada konsumen untuk pemasaran dan komunikasi.

Dengan saluran visibilitas yang meroket di internet, menjangkau pelanggan potensial menjadi semakin menantang.

Oleh karena itu, jika Anda ingin membuat visibilitas otentik untuk bisnis niche Anda, Anda perlu membuat konten relevan yang terhubung dengan audiens Anda, sambil memberi mereka nilai dan meningkatkan persepsi mereka tentang merek Anda.

Beberapa tips untuk dipertimbangkan:

  • Optimalkan untuk SEO. Manfaatkan wawasan dari penelitian kata kunci Anda.
  • Dominasi saluran yang tepat. Ikuti platform yang memiliki tingkat keterlibatan lebih tinggi dalam target Anda. Tingkatkan visibilitas di sana terlebih dahulu, sebelum pindah ke media lain.
  • Kumpulkan umpan balik pelanggan. Manfaatkan komentar, ulasan, survei, email, dan sebutan.
  • Konsisten. Buat jadwal posting dan patuhi itu. Gunakan elemen kreatif yang relevan dengan merek dan audiens Anda.
  • Bagikan nilai merek Anda. Tentukan apa yang Anda perjuangkan dan sering ingatkan orang tentang hal itu.
  • Temukan nada Anda. Bagikan komunikasi dan pesan Anda untuk memastikan koherensi.
  • Jujur, bermakna, dan transparan. Terhubung dengan pelanggan sebelum menjual produk kepada mereka

Keaslian merek tidak ada artinya tanpa transparansi, konsistensi, dan perencanaan yang baik. Ini adalah aktivitas bisnis penting yang dapat membantu Anda memanfaatkan basis klien potensial dan mengembangkan bisnis Anda.

7. Tunjukkan Keahlian Anda

niche marketing

Untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan, selain menciptakan kredibilitas otentik, Anda juga harus menunjukkan keahlian Anda dalam niche Anda.

Ini adalah peluang besar untuk menjadi pemimpin pemikiran di industri Anda dan Anda dapat melakukannya dengan menawarkan pengetahuan yang bijaksana, menghadirkan penelitian ahli, dan menantang asumsi saat ini.

Berikut adalah beberapa pertanyaan untuk ditanyakan pada diri sendiri yang dapat membantu Anda mengamankan posisi sebagai pemimpin pemikiran.

  • Apa yang dapat dilakukan perusahaan saya dengan sangat baik?
  • Nilai apa yang ditawarkan layanan atau produk saya?
  • Apakah perusahaan saya memiliki pengetahuan ahli di bidang produk ini?
  • Dapatkah tim layanan pelanggan saya memenuhi kebutuhan pelanggan dan memecahkan masalah?
  • Apakah kualitas produk saya meningkatkan kepercayaan pada merek saya?

Dengan menjadi ahli dari para ahli dalam segmen Anda, Anda akan dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan Anda yang dapat mengarahkan mereka untuk memilih Anda daripada perusahaan lain.

Ini akan menunjukkan bahwa pengguna mengandalkan keahlian Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka serta meningkatkan kepercayaan dan kepercayaan mereka pada merek Anda.

8. Rancang Pengalaman yang Berarti

Saat menyusun strategi pemasaran khusus Anda, sangat penting bagi Anda untuk merancang pengalaman pelanggan yang bermakna.

Salah satu cara terbaik untuk menjangkau audiens khusus adalah dengan terlibat dalam komunitas.

Ini akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang mereka dan memastikan bahwa Anda telah membuat pesan yang sesuai dengan mereka.

Tindakan lain yang harus dilakukan adalah menyambut orang-orang di luar niche Anda.

Sebaiknya non-anggota komunitas niche Anda mengidentifikasi dengan merek Anda dan ceritanya.

Ini dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak eksposur, dan menghubungkan Anda dengan individu yang mungkin tertarik dengan apa yang Anda jual, tetapi untuk alasan yang berbeda.

Selain itu, pastikan bahwa apa yang terjadi sebelum, selama, dan setelah penjualan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan Anda. Orang mungkin melupakan beberapa detail, tetapi mereka tidak akan melupakan bagaimana perasaan Anda kepada mereka.

Terakhir, karena cara orang mencari informasi, mencari pengalaman, dan melakukan pembelian terus berubah, upaya Anda harus terus beradaptasi dan berkembang.

Kesimpulan

Itulah pembhasan lengkap dan tips yang bisa Anda gunakan sebelum mengembangkan strategi niche marketing.

Jika Anda ingin membangun merek yang sangat terspesialisasi yang memenuhi kebutuhan, preferensi, dan selera tertentu dari niche market, maka menggunakan niche marketing adalah cara yang harus dilakukan.

Gunakan tips dan teknik yang dibagikan dalam artikel ini untuk mengembangkan strategi pemasaran yang kuat yang dengannya Anda dapat berhasil mengidentifikasi, memahami, dan menargetkan segmen pasar yang berharga namun kurang terlayani.

Pastikan juga Anda mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan yang terjadi dalam bisnis menggunakan sistem terbaik dan mudah digunakan seperti software akuntansi Kledo.

Kledo adalah software akuntnasi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berabgai jenis dan skala bisnis di Indonesia.

Anda juga bisa menggunakan kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × three =