Peluang Investasi P2P Lending, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

investasi-p2p-lending

Investasi menjadi salah satu pilihan untuk mengamankan uang yang Kawan Kledo miliki dari inflasi. Ada berbagai jenis investasi yang dapat dipilih, salah satunya adalah Peer to Peer Lending atau P2P Lending. Investasi P2P Lending ini dapat menjadi salah satu pilihan bagi Kawan Kledo yang ingin memulai investasi. Namun sebelum memutsukan untuk berinvestasi P2P Lending, pastikan Kawan Kledo mengetahui kelebihan dan kekurangan investasi satu ini.

Apa saja sih kelebihan dan kekurangan dari investasi Peer to Peer Lending ini? Yuk simak penjelasan yang ada di bawah ini untuk mengetahui lebih lengkapnya:

Pengertian Peer to Peer Lending

peer to peer lending

Peer to Peer (P2P) Lending merupakan kegiatan pinjam meminjamkan uang secara langsung dengan menggunakan teknologi informasi. Dalam praktik P2P Lending ada pihak yang berposisi sebagai pemberi pinjaman dan ada pihak yang menerima pinjaman yang dipertemukan melalui aplikasi atau platform P2P Lending.

Agar Kawan Kledo bisa lebih mudah memahaminya, P2P lending ini dapat diibaratkan Kawan Kledo memiliki uang dan ingin meminjamkan uang tersebut ke orang lain dengan imbalan berupa bunga, agar lebih aman Kawan Kledo menggunakan pihak ketiga untuk menyeleksi agar risiko dapat dikendalikan.

Ada beberapa komponen penting dalam P2P Lending ini, yaitu:

  1. Pemberi pinjaman, merupakan pihak yang mempunyai uang untuk mendanai pinjaman dan mengharapkan timbal balik dari pinjaman tersebut.
  2. Penerima pinjaman, merupakan pihak yang membutuhkan pinjaman dana dan bersedia untuk membayar bunga atau biaya atas pinjaman dana tersebut.
  3. Penyelenggara P2P, merupakan pihak yang menyediakan platform atau aplikasi P2P online yang akan mempertemukan pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman dengan cara digital.

Jadi, bagi Kawan Kledo yang ingin investasi P2P Lending, Kawan Kledo akan bekerja sama dengan platform P2P dan nantinya platform P2P ini yang akan menyalurkan uang Kawan Kledo kepada pihak penerima pinjaman yang membutuhkan.

Cara Kerja P2P Lending

peer to peer

Setelah mengetahui pengertian P2P lending, lalu bagaimana sih cara kerja P2P lending ini? Untuk P2P lending, ada dua cara kerja yang perlu Kawan Kledo ketahui, yaitu sebagai pemberi pinjaman dan penerima pinjaman. Untuk lebih jelasnya Kawan Kledo bisa membaca penjelasan yang ada di bawah ini:

1. Bagi Pemberi Pinjaman

Pemberi pinjaman atau pihak yang memiliki dana dapat menyalurkan dana yang dimilikinya ke berbagai jenis pinjaman. Kawan Kledo dapat mengetahui data-data peminjam melalui aplikasi P2P Lending, mulai dari besaran pendapatan. riwayat keuangan, hingga tujuan dari pinjaman tersebut.

Nantinya Kawan Kledo dapat memilih peminjam yang menurut Kawan Kledo cocok dan Kawan Kledo dapat langsung mendistribusikan dana tersebut kepada peminjam yang telah dipilih. Pemilik dana atau pemberi pinjaman akan mendapatkan keuntungan dari bunga cicilan yang dibayarkan oleh pe

2. Bagi Penerima Pinjaman

Untuk mendapatkan pinjaman P2P lending ini, peminjam atau penerima pinjaman diwajibkan untuk mengunggah data-data yang dibutuhkan ke aplikasi pinjaman online. Salah satu data yang wajib disertakan adalah laporan keuangan dalam jangka waktu tertentu dan tujuan mengajukan pinjaman dana tersebut.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan pinjaman yang diajukan diterima ataupun ditolak. Namun biasanya akan dijelaskan alasan kenapa pengajuan tersebut ditolak. Jika pengajuan pinjaman diterima, penerima pinjaman akan menerima pemberitahuan berupa besaran suku bunga yang diterapkan. Setelah menyetujui dan semua sudah lengkap, pinjaman dana akan segera dicairkan.

Alasan Investasi P2P Lending Dipilih

investasi p2p lending

Ada beberapa alasan kenapa investasi P2P lending ini dipilih, apa saja?

1. Risiko Managemen Terukur dengan Jelas

Alasan pertama investasi P2P lending ini dipilih adalah karena produk investasi ini dapat mengukur risiko dengan jelas. Ini dikarenakan peminjam tahu rating dan akurasi pengembalian dana yang dipinjamkan dari credit scoring yang ada di aplikasi P2P lending.

Investasi P2P lending juga lebih mudah, karena Kawan Kledo sebagai investor tidak perlu mempelajari laporan keuangan atau mempelajari perusahaan tempat Kawan Kledo berinvestasi. Di P2P lending ini Kawan Kledo hanya perlu mengetahui jenis usaha yang diberikan pinjaman modal dan juga credit scoring dari usaha tersebut.

2. Ada Return Investasi dalam Bentuk Cashflow

Selain managemen risiko yang dapat terukur dengan baik, investasi P2P lending juga memberikan return dalam bentuk cashflow. Cashflow ini akan diberikan kepada investor setiap bulan dan Kawan Kledo bisa melihat penambahan keuntungan ini melalui aplikasi atau platform P2P lending.

3. Dapat Dimulai dari Rp100.000

Alasan ketiga investasi P2P lending ini dipilih karena Kawan Kledo bisa memulainya dengan Rp100.000. Dengan hanya bermodalkan Rp100.000 tentu sangatlah ringan bagi para investor baru yang belum memiliki modal.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi P2P Lending

p2p lending

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari investasi Peer to Peer lending yang harus Kawan Kledo perhatikan sebelum memutuskan untuk berinvestasi di P2P lending ini. Apa saja kelebihan dan kekurangan tersebut?

Kelebihan

  1. P2P lending memberikan pinjaman dana dengan cepat dan mudah, ini tentu jadi peluang yang besar buat Kawan Kledo yang memiliki dana dan tidak tahu harus digunakan untuk apa.
  2. P2P lending memiliki suku bunga yang cukup besar sehingga bisa memberikan investor keuntungan yang besar pula.
  3. Adanya kemudahan untuk mendeversifikasi pendanaan sehingga dapat memperbesar kesempatan dalam mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Kekurangan

  1. Uang yang diinvestasikan di P2P lending tidak dapat ditarik kapan pun dibutuhkan seperti halnya menyimpan uang di bank.
  2. Adanya risiko gagal bayar oleh pihak yang menerima pinjaman dana dana yang Kawan Kledo miliki tidak bisa dikembalikan.

Tips Investasi P2P Lending

investasi p2p lending

Buat Kawan Kledo yang ingin berinvestasi di P2P lending, yuk ikuti tips di bawah ini agar investasi Kawan Kledo bisa memberikan banyak keuntungan:

1. Lakukan Diversifikasi

Tips pertama yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk sukses investasi P2P lending adalah dengan melakukan diversifikasi. Diversifikasi merupakan teknik umum yang dilakukan dengan cara membagi dana yang Kawan Kledo investasika ke berbagai jenis investasi (peminjam). Ini dilakukan untuk meminimalisir risiko kerugian yang bisa didapatkan.

2. Selalu Pahami Risiko Investaso P2P Lending

Setiap produk investasi pasti memiliki risiko yang berbeda-beda. Semakin besar keuntungan yang didapatkan, maka risiko kerugian juga akan semakin besar. Oleh karena itu, penting bagi Kawan Kledo untuk memahami risiko P2P lending sebagai produk investasi sebelum Kawan Kledo memutsukan untuk berinvestasi di sini.

3. Investasi di Beragam Jenis Credit Scoring dan Suku Bunga

Sama seperti melakukan diversifikasi, Kawan Kledo juga harus melakukan investasi di beragam jenis credit scoring dan suku bunga untuk memperkecil risiko kerugian. Pahami jenis credit scoring dan suku bunga yang paling menjanjikan sebelum memutuskan untuk investasi di sana.

4. Lakukan Riset

Kawan Kleod juga harus melakukan riset sebelum memutsukan untuk berinvestasi di P2P lending ini. Ada beberapa pertanyaan yang harus Kawan Kledo dalam rangka melakukan riset ini, mulai dari jumlah yang akan diinvestasikan, tujuan investasi, jangka waktu investasi, dan juga jenis pinjaman apa yang akan didanai. Kemudian lakukan analisa atas jawaban drai pertanyaan itu. Dari analisa inilah Kawan Kledo akan mengetahui mana investasi terbaik yang dapat dipilih.

5. Reinvestasi Keuntungan yang Didapat

Jika Kawan Kledo sudah mendapatkan keuntungan dari investasi P2P lending sebelumnya, jangan buru-buru menarik hasil keuntungannya. Agar Kawan Kledo terus mendapatkan keuntungan, Kawan Kledo harus tetap menginvestasikan hasil keuntungan yang didapatkan. Lakukan reinvestasi ini ke berbagai peminjam agar risiko kerugiannya juga semakin kecil.

P2P Lending Internasional

Selain melakukan investasi di instrumen investasi P2P lending Indonesia, Kawan Kledo juga bisa mencoba investasi di Peer to Peer lending internasional. Kawan Kledo bisa dengan mudah melakukan investasi di P2P lending internasional melalui internet. Salah satu P2P lending internasional yang dapat dicoba adalah Mintos. Melalui www.mintos.com Kawan Kledo dapat menjadikan uang yang Kawan Kledo miliki lebih berkembang dengan sistem P2P lending.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai investasi P2P lending. P2P lending ini dapat menjadi salah satu pilihan namun pastikan investasi ini telah sesuai dengan tujuan investasi Kawan Kledo. Selain investasi, Kawan Kleod juga bisa mengalokasikan dana yang dimiliki untuk membangun bisnis. Jangan lupa gunakan software akuntansi Kledo untuk mengelola keuangan bisnis Kawan Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Yuk daftar Kledo sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *