10 Investasi Paling Menguntungkan yang Wajib Dicoba

Investasi kini banyak dipilih untuk mengamankan dan mengakumulasikan kekayaan yang dimiliki seseorang dari inflasi dan kerugian-kerugian lainnya. Banyak generasi muda yang mulai tertarik dengan investasi ini, mungkin Kawan Kledo salah satunya. Ada banyak jenis investasi yang bisa Kawan Kledo pilih, namun pastikan Kawan Kledo memilih investasi ini dengan baik dan pilihlah investasi paling menguntungkan. Karena ternyata memilih investasi itu bukan sesuatu yang bisa dilakukan secara asal.

Ada banyak hal yang harus Kawan Kledo pertimbangkan ketika memilih investasi, salah satunya adalah risiko dari investasi tersebut. Semakin kecil risiko suatu investasi, tentunya semakin menarik.

Lalu bagaimana cara memilih investasi paling menguntungkan dan minim risiko? Buat Kawan Kledo yang penasaran, berikut beberapa investasi yang bisa Kawan Kledo pilih.Namun sebelum membahasnya lebih lanjut, yuk simak pengertian investasi yang ada di bawah ini:

Pengertian Investasi

investasi paling menguntungkan

Investasi merupakan sebuah cara yang dilakukan untuk mengakumulasikan kekayaan yang dimiliki sebagai tabungan di masa depan agar dapat menghadapi dunia yang penuh ketidakpastian. Investasi juga dapat dijadikan pilihan bagi Kawan Kledo yang tidak ingin harta yang dimiliki berkurang nilainya karena inflasi.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan dalam berinvestasi. Namun Kawan Kledo harus ekstra hati-hati karena ada investasi penipuan bernama Skema Ponzi. Agar Kawan Kledo dapat berinvestasi dengan aman, berikut 10 jenis investasi yang bisa menjadi pilihan:

10 Investasi Paling Menguntungkan

Buat Kawan Kledo yang ingin memulai investasi, berikut 10 investasi paling menguntungkan yang bisa Kawan Kledo coba:

1. Investasi Saham

sahan

Investasi saham merupakan jenis investasi yang banyak dipilih oleh para investor. Saham merupakan bukti yang kepemilikan seseorang atas sebuah perusahaan. Semakin besar kepemilikan saham seseorang, semakin besar pula kekuasaan orang tersebut di perusahaan.

Seorang pemilik saham atau investor saham akan mendapatkan keuantungan melalui dua cara, yaitu melalui capital gain dan juga deviden. Capital gain memiliki arti pemilik saham akan mendapatkan keuntungan ketika menjual saham dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan saat membelinya.

Sedangkan, deviden merupakan bagi hasil yang diperoleh pemilik saham atas keuntungan yang didapatkan perusahaan. Semakin besar saham seseorang, semakin besar pula deviden yang akan didapatkan.

2. Investasi Emas

emas

Emas juga bisa menjadi salah satu pilihan buat Kawan Kledo yang ingin berinvestasi. Meskipun tidak memberikan keuntungan yang besar, namun harga emas selalu mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Emas juga salah satu instrumen investasi yang tahan terhadap inflasi dan mudah dijual.

Makanya, banyak yang memilih emas ketika ingin berinvestasi. Meski menjanjikan berbagai keuntungan, investasi emas juga memiliki kekurangan, yaitu kurang praktis karena membutuhkan tempat untuk penyimpanan emas. Tetapi di era digital ini banyak cara mudah untuk berinvestasi emas, yaitu dengan membelinya di paltform digital seperti Pegadaian Digital ataupun di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak.

3. Investasi Saham Internasional

investasi paling menguntungkan

Selain saham di perusahaan nasional, Kawan Kledo juga bisa berinvestasi saham internasional. Dibandingkan dengan saham nasional, saham internasional akan memberikan keuntungan yang lebih besar. Selain mendapatkan keuntungan, dengan berinvestasi di saham internasional, Kawan Kledo juga akan mendapatkan kestabilan return. Dengan berinvestasi saham internasional, Kawan Kledo juga dapat memperkecil risiko.

Berinvestasi saham internasional di era yang serba digital bukan sesuatu yang sulit. Kawan Kledo dapat membelinya di platform digital. Ada banyak pasar saham internasional yang bisa Kawan Kledo, salah satunya adalah Waal Street yang berasal dari Amerika Serikat. Ada risiko yang harus dihadapi ketika memilih saham internasional yaitu nilai tukar rupiah yang berbeda dengan valuta asing.

4. Surat Berharga/Obligasi

obligasi

Obligasi merupakan surat berharga yang di dalamnya berisi perjanjian antara perusahaan dengan investor yang memiliki dana. Perusahaan yang menerbitkan obligasi memiliki kewajiban membayar bunga obligasi secara rutin dan juga memiliki kewajiban melunasi pokok pinjaman ketika jatuh tempo.

Obligasi ini biasanya diterbitkan dalam jangka waktu tetap di atas 10 tahun. Untuk surat utang dengan jangka waktu 1 hingga 10 tahun disebut dengan Surat Utang, sedangkan untuk yang berjangka waktu kurang dari 1 tahun disebut Surat Perbendaharaan.

Buat Kawan Kledo yang ingin membeli obligasi, Kawan Kledo bisa membelinya melalui penerbit obligasi yang sepakat melakukan jual beli dengan pembeli. Karena sistem ‘agen penjual’ yang ada di obligasi ini membuat obligasi kalah femous jika dibandingkan dengan saham yang bisa langsung dibeli di Bursa Efek Indonesia atau BEI.

5. P2P Lending

P2P Lending

P2P atau Peer to Peer Lending merupakan fenomena yang muncul bersamaan dengan munculnya tren financial technology atau fintech di Indonesia. Peer to peer akan mempertemukan investor dengan calon orang yang membutuhkan pinjaman secara langsung.

Keduanya akan dipertemukan secara online melalui aplikasi yang dimiliki oleh palform P2P. Di Indonesia, platform P2P ini antara lain Modalku, Koinwork, Akseleran, Amartha, dan lainnya. Platform P2P nantinya akan memilih calon kreditur sesuai kriteria yang ditetapkan dan akan ditetapkan profil risiko kreditur.

Kemudian platform P2P akan menempatkan profil kreditur di platform P2P dan nantinya investor akan memilih kreditur yang akan diberikan pinjaman.

6. Peer to Peer Internasional

investasi paling menguntungkan

Selain P2P di tingkat nasional, Kawan Kledo juga bisa mencoba investasi P2P di tingkat internasional. Tentunya investasi P2P internasional ini dipermudah dengan adanya internet. Namun ada risiko yang harus ditanggung buat Kawan Kledo yang ingin mencoba investasi P2P internasional ini yaitu perbedaan nilai tukar rupiah dengan mata uang asing.

7. Reksadana

reksadana

Reksadana bisa menjadi pilihan buat Kawan Kledo yang ingin memulai investasi. Reksadana merupakan sebuah wadah dan sebuah pola dalam pengelolaan dana atau modal yang dilakukan oleh investor untuk berinvestasi di instrumen yang terdapat di pasar modal dengan cara melakukan pembelian unit penyertaan reksadana.

Reksadana ini menjadi pilihan investasi paling murah dan juga mudah untuk para pemula. Untuk menjadi investor, Kawan Kledo cukup memilih dan menempatkan dana yang dimiliki di reksadana dan pengelolaan investasi akan dilakukan oleh Manajer Investasi.

8. Investasi Properti

investasi paling menguntungkan

Selain emas, investasi properti juga menjadi investasi yang sangat terkenal di masyarakat. Properti semakin tahun harganya semakin mengalami kenaikan. Selain itu, Kawan Kledo juga bisa menyewakan properti yang dimiliki baik itu berbentuk toko, kosan, atau rumah.

Kawan Kledo juga bisa menjadikan sertifikat properti yang dimiliki saat ingin mengajukan pinjaman ke bank. Ada banyak pilihan investasi properti seperti tanah, rumah, sawah, dan lainnya.

9. Deposito/Tabungan Berjangka

deposito

Deposito merupakan kerjasama yang dilakukan oleh pihak bank dengan dengan nasabah untuk menyimpan sejumlah uang dalam jangka waktu tertentu yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Deposito ini akan memberikan sejumlah bunga bagi nasabah yang menginvestasikan uangnya di sana. Besaran bunga setiap bank berbeda dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, nasabah juga dikenalan bunga sebesar 20% untuk bunga yang diperolehnya.

10. Unit Link

investasi paling menguntungkan

Unit link merupakan salah satu jenis asuransi yang dikombinasikan dengan investasi, jadi ketika Kawan Kledo memilih unit link ini, Kawan Kledo akan melakukan asuransi sekaligus investasi. Nasabah nantinya akan diberikan pilihan ingin menyimpan dana yang dimilikinya di reksadana, saham, campuran, pendapatan tetap ataupun pasar uang.

Nilai investasi unit link sangat dipengaruhi fluktuasi investasi yang terjadi di pasar. Selain itu, investasi unit link merupakan investasi yang dilakukan bukan untuk tujuan konsumtif dan dilakukan dalam jangka waktu panjang.

Manfaat Investasi

manfaat investasi paling menguntungkan

Ada berbagai manfaat yang akan didapatkan ketika Kawan Kledo menginvestasikan harta yang dimiliki. Apa saja manfaat tersebut?

  1. Menghindari terjadinya inflasi yang akan menurunkan nilai uang yang dimiliki.
  2. Untuk menambah penghasilan.
  3. Nilai mata uang yang dimiliki dapat bertambah.
  4. Sebagai persiapan untuk masa depan.
  5. Agar dapat merdeka secara finansial.
  6. Lebih siap menghadapi hari pensiun.
  7. Untuk melatih tanggung jawab dan sebagai cara belajar dalam pengambilan keputusan.

Kesimpulan

Berinvestasi merupakan salah satu cara untuk mengamankan uang yang dimiliki dari inflasi dan juga untuk menambah penghasilan. Dari jenis-jenis investasi paling menguntungan di atas, mana yang akan dipilih Kawan Kledo?

Selain mengamankan uang, buat Kawan Kledo yang memiliki bisnis wajib banget mengelola keuangan bisnis dengan baik. Ada berbagai cara yang bisa Kawan Kledo lakukan dan cara termudahnya adalah dengan software akuntansi dari Kledo. Kledo merupakan software akuntansi yang di dalamnya dilengkapi fitur-fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Klik di sini untuk daftar Kledo sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *