Pinjaman Modal Bank Terbaik untuk Usaha, Bunga Rendah!

pinjaman bank

Memulai sebuah bisnis diperlukan persiapan yang matang, mulai dari persiapan ide, membuat rencana bisnis, menentukan lokasi untuk melaksanakan bisnis, hingga persiapan paling krusial yaitu modal. Modal menjadi bagian penting dalam berbisnis. Banyak orang tidak berani membangun suatu bisnis karena tidak adanya modal. Padahal, modal ini dapat didapatkan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dari modal pinjaman bank.

Ada berbagai pilihan pinjaman dari bank yang bisa Kawan Kledo dapatkan, mulai dari dengan jaminan hingga tanpa jaminan. Bunga pinjaman bank juga lebih rendah jika dibandingkan pinjaman di tempat lain. Kawan Kledo tertarik mengajukan pinjaman dari bank ini dan ingin tahu dimana saja Kawan Kledo bisa mengajukan pinjaman ini?

Buat Kawan Kledo yang penasaran dengan pinjaman dari bank ini, yuk baca artikel ini hingga selesai, karena di sini akan dijelaskan di bank mana saja Kawan Kledo dapat mengajukan pinjaman. Jadi, pastikan Kawan Kledo membaca artikel ini hingga selesai.

Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Bank

pinjaman modal bank

Dalam hal pinjaman modal usaha, bank memberikan berbagai pilihan bagi calon nasabah yang ingin menggunakannya. Pinjaman bank ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dalam memberikan pinjaman kepada nasabah. Apa saja kelebihan dan kekurangan pinjaman bank ini? Berikut penjelasannya:

Keuntungan Pinjaman Bank

  1. Memiliki plafon pinjaman yang lebih tinggi dan disesuaikan dengan jaminan yang diberikan
  2. Bunga yang dibebankan juga terbilang rendah serta kompetitif
  3. Ada berbagai produk pinjaman yang dapat dipilih
  4. Mendapatkan pengawasan langsung dari pemerintah sehingga terjamin aman
  5. Mendapatkan waktu jatuh tempo yang lebih fleksibel
  6. Mendapatkan perlindungan asuransi

Kekurangan Pinjaman Bank

  1. Ada banyak syarat yang harus dipenuhi oleh calon nasabah yang akan meminjam
  2. Ada pemeriksaan riwayat kredit
  3. Memakan waktu yang lama untuk mengajuan dan proses kredit
  4. Beberapa bank memberikan syarat adanya kartu kredit
  5. Jumlah kredit jauh lebih rendah dari nilai jaminan
  6. Pada periode tertentu penalti pelunasan dapat dipercepat.

Pinjaman Modal Bank Terbaik yang Wajib Dicoba

pinjaman modal bank

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari pinjaman bank, berikut beberapa pinjaman bank yang dapat menjadi pilihan Kawan Kledo untuk memulai bisnis:

1. Pinjaman Modal Bank BRI

Pinjaman modal dari Bank BRI menjadi pinjaman modal usaha pertama yang dapat Kawan Kledo pilih. Bank BRI merupakan salah satu BUMN dimana dalam berada di bawah pengawasan pemerintah. Untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pinjaman modal untuk usaha, bekerja sama dengan pemerintah, BRI memiliki program bernama KUR BRI.

KUR BRI merupakan pinjaman dari Bank BRI yang ditujukan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). KUR BRI ini telah ada sejak 2016 dan berlanjut hingga sekarang. KUR BRI memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya wajib untuk dipertimbangkan. Apa saja kelebihan-kelebihan tersebut?

  1. Dana yang disalurkan melalui KUR BRI lebih besar dibandingkan lainnya.
  2. Dapat mengajukan pinjaman KUR BRI ini di seluruh cabang BRI yang tersebar di seluruh Indonesia.
  3. Memiliki suku bunga yang rendah yaitu hanya 6% per tahun.
  4. Ada berbagai jenis KUR yang bisa dipilih.
  5. Kemudahan syarat dan proses saat pengajuan.
  6. Sistem pembayaran yang mudah
  7. Memiliki SDM yang bekerja secara profesional dan handal.

2. Pinjaman Bank Mandiri

Selain Bank BRI, Bank Mandiri juga memberikan kesempatan kepada pelaku bisnis yang ingin mengajukan pinjaman modal melalui KUR Mandiri. KUR Mandiri memiliki tujuan untuk meningkatkan dan memperluas pelayanan bank kepada pelaku-pelaku UMKM yang aktif dan produktif.

Bank Mandiri sendiri memiliki 2 (dua) jenis pinjaman, yaitu KUR atau Kredit Usaha Rakyat dan pinjaman di luar Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Kredit Usaha Rakyat

Kredit Usaha Rakyat atau KUR dari Bank Mandiri terdiri dari:

  1. Kredit Usaha Rakya Mikro
  2. Kredit Usaha Rakyat Ritel
  3. Kredit Usaha Rakyat Penempatan TKI
  4. Kredit Usaha Rakyat Khusus

Pinjaman Biasa

Sedangkan pinjaman biasa terdiri dari:

  1. Kredit Tanpa Agunan (KTA) Bank Mandiri
  2. Mandiri Serbaguna Mikro
  3. KTA Mandiri Mitra Karya
  4. Kredit Modal Kerja

3. Pinjaman Bank BRI Syariah

Jika Kawan Kledo ingin mengajukan pinjaman bank tapi nggak mau yang berbau riba, Kawan Kledo bisa memilih pinjaman bank dari Bank BRI Syariah. Jika pinjaman di bank konvesional menggunakan sistem bunga, Bank BRI Syariah menggunakan sistem bagi hasil untuk menghindari riba.

Kawan Kledo dapat mengajukan pinjaman di Bank BRI Syariah dengan syarat memiliki usaha yang telah jalan minimal selama 2 tahun bagi yang ingin memilih produk pembiayaan mikro dan untuk pembiayaan KUR usaha minimal telah berusia 6 bulan.

Terdapat 4 (empat) jenis pinjaman yang diberikan oleh Bank BRI Syariah, yaitu:

  1. Mikro 25 iB
  2. Mikro 75 iB
  3. Mikro 200 iB
  4. KUR

4. Pinjaman Bank Mandiri Syariah

Selain Bank BRI Syariah, Bank Mandiri Syariah juga menjadi salah satu bank berbasis syariah yang memberikan fasilitas pinjaman modal kepada nasabah. Dengan sistem akad antara penjual, pembeli, ijab qabul, barang, dan juga harga, pinjaman Bank Mandiri Syariah ini dijamin aman dari transaksi riba.

Ada beberapa jenis pinjaman modal dari Bank Mandiri Syariah yang dapat Kawan Kledo pilih, diantaranya:

1. Musyarakah

Musyarakah merupakan pinjaman modal yang diberikan oleh Bank Mandiri Syariah kepada nasabah yang ingin memulai usaha. Dari pinjaman modal ini, nantinya keuntungan yang didapatkan oleh nasabah ketika usaha akan dibagi dua dengan pihak Bank Mandiri Syariah.

2. Pembiayaan Investasi

Bank Mandiri Syariah juga memberikan kesempatan bagi Kawan Kledo yang ingin mengajukan pinjaman modal untuk investasi. Pinjaman modal ini bernama pembiayaan investasi. Kawan Kledo yang mengajukan pinjaman pembiayaan investasi ini dapat menggunakan modal yang diterima untuk rehabilitasi, perluasan, pendirian proyek, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya yang dianggap layak oleh pihak bank.

3. Pembiayaan Modal Kerja

Ingin mulai kerja tapi nggak ada modal? Bank Mandiri Syariah bisa nih jadi solusi dalam mendapatkan pinjaman pembiayaan modal kerja. Pinjaman jenis ini sangat cocok bagi Kawan Kledo yang ingin bekerja di luar negeri tetapi belum ada modal.

4. Pembiayaan Serbaguna Mikro

Selain pembiayaan-pembiayaan yang ada di atas, Bank Mandiri Syariah juga membuka kesempatan bagi nasabah untuk mengajukan pinjaman jenis pembiaan serbaguna mikro. Pinjaman pembiayaan serbaguna mikro ini diperuntukan bagi Kawan Kledo yang ingin mendapatkan pinjaman modal untuk usaha yang telah dijalankan minimal selama 3 (tiga) tahun.

5. Pinjaman Modal untuk Perempuan

Selain pinjaman bank yang ada di atas, untuk kaum perempuan, ada pinjaman yang bisa diajukan yaitu pembiayaan Ultra Mikro atau UMi. Pembiayaan Ultra Mikro atau UMi ini dibuat oleh pemerintah setelah produk pinjaman dari pemerintah yaitu Kredit Usaha Rakyat tidak bisa menjangkau semua pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM.

Pembiyaan UMi ini sudah dimulai sejak tahun 2017 oleh para pelaku UMKM yang belum berhasil mendapatkan pinjaman dari bank. Pembiayaan UMi ini memiliki besaran pinjaman hingga Rp10 juta dan memiliki bunga flat sebesar 0.95% per bulan dengan tenor hingga 48 bulan. Bagi peminjam yang berhasil menyelesaikan cicilan hingga lunas akan diberikan kesempatan mendapatkan pinjaman modal KUR Mikro hingga Rp25 juta dan KUR Ritel hingga Rp200 juta.

6. Pinjaman Bank BCA

Bank BCA memiliki produk pinjaman yaitu Kredit Tanpa Agunan atau KTA BCA. KTA BCA merupakan sebuah produk kredit tanpa agunan yang masih terkenal meskipun saat ini banyak pinjaman online. KTA BCA ini memiliki beberapa kelebihan, seperti kemudahan bagi pengguna payroll BCA dan kartu kredit BCA, juga proses pengajuannya yang cepat yaitu hanya dalam 14 hari saja.

Kawan Kledo dapat menggunakan pinjaman Bank BCA ini untuk berbagai keperluan, mulai dari untuk modal bisnis, memperbaiki rumah, kesehatan, hingga untuk keperluan pendidikan anak. Bunga yang dibebankan KTA Bank BCA ini juga cukup kecil, yaitu hanya 0.99%. Untuk pembayarannya, Kawan Kledo juga akan diberikan beberapa pilihan, seperti melalui mobile banking, internet banking, setor tunai, ataupun melalui teller Bank BCA.

Berikut beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi untuk mengajukan pinjaman KTA Bank BCA:

Payroll BCA

  • Fotokopi KTP calon debitur
  • SPT atau Surat Pajak Tahunan calon debitur
  • Slip gaji
  • Mutasi rekening selama 3 bulan terakhir
  • NPWP bagi pinjaman lebih dari Rp50 juta.

Nasabah Kartu Kredit BCA

  • Fotokopi KTP calon debitur
  • Kartu kredit dari Bank BCA
  • NPWP bagi pinjaman lebih dari Rp50 juta
  • Mutasi rekening selama 3 bulan terakhir
  • SPT calon debitur.

7. Pinjaman Bank DKI

Selain bisa mengajukan pinjaman modal usaha ke bank konvesional dan bank syariah, Kawan Kledo juga bisa mengajukan pinjaman modal ini ke bank daerah. Bank DKI menjadi salah satu bank yang memberikan kesempatan bagi para nasabah untuk mendapatkan pinjaman modal usaha.

Pinjaman modal usaha dari Bank DKI ini bernama Kredit Multiguna. Bagi Kawan Kledo yang berstatus sebagai CPNS, PNS, Pensiunan, ataupun karyawan BUMD DKI Jakarta, Kawan Kledo bisa mendapatkan keuntungan khusus yaitu suku bunga yang menarik dan kompetitif, juga proses percairan yang cepat.

Untuk mengajukan pinjaman di Bank DKI, ada beberapa dokumen yang wajib dipenuhi, antara lain:

  1. Formulir pengajuan kredit di Bank DKI
  2. Fotokopi KTP dan pas foto pemohon (ditambah suami/istri)
  3. Fotokopi kartu keluarga dan surat nikah
  4. Fotokopi mutasi rekening 6 bulan terakhir
  5. Fotokopi NPWP
  6. Fotokopi surat keterangan pegawai
  7. Fotokopi ijazah terakhir
  8. Fotokopi kartu TASPEN atau dokumen yang setara.

8. Pinjaman Bank BTN

Ingin mengajukan pinjaman modal untuk usaha? Pinjaman Bank BTN mungkin bisa menjadi salah stau pilihan yang patut untuk dipertimbangkan. Bank BTN memiliki produk pinjaman bernama Kredit Ringan Batara BTN (Non Payroll) dengan besaran bunga 10,50% tahun. Di Kredit Ringan Batara BTN ini Kawan Kledo dapat mengajukan pinjaman dana hingga Rp150 juta dengan tenor hingga 8 tahun.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Kredit Ringan Batara ini antara lain:

  • Suku bunga flat dengan tenor 1 tahun hingga 5 tahun
  • Besar pinjaman mulai dari Rp5 juta hingga Rp100 juta
  • Syarat-syarat yang wajib dipenuhi cukup ringan
  • Proses pencairan yang cepat

Untuk persyaratannya, berikut beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi bagi Kawan Kledo yang ingin mengajukan pinjaman di Bank BTN:

  • Warga negara Indonesia atau pemegang Kartu Izin Tinggal Terbatas
  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 61 tahun
  • Memiliki pendapatan minimal Rp3 juta/bulan
  • Memiliki buku tabungan di Bank BTN minimal selama 3 bulan
  • Memiliki akun deposito yang ada di Bank BTN
  • Berstatus sebagai pegawai tetap minimal selama 3 tahun.

9. Pinjaman Bank BNI

Bgai Kawan Kledo yang ingin mengajukan pinjaman Bank BNI, Bank BNI memiliki program KUR atau Kredit Usaha Rakyat yang dapat Kawan Kledo pilih. KUR BNI ini dapat diajukan oleh pribadi ataupun badan dengan persyaratan sebagai berikut:

  • Memiliki surat ijin Usaha Mikro dan Kecil (UMK) yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah ataupun surat keterangan usaha dari kelurahan
  • Usaha berumur minimal 6 bulan
  • Berusia minimal 21 tahun ataupun telah menikah
  • Besar pinjaman mulai dari Rp10 juta hingga Rp50 juta
  • Tidak sedang menerima kredit produktif dari bank ataupun dari pemerintah (kecuali KUR).

10. Pinjaman Bunga Kecil

Pinjaman bunga kecil sangat cocok bagi Kawan Kledo yang ingin mengajukan pinjaman tanpa harus dibebankan dengan bunga yang besar. Ada berbagai pilihan pinjaman bunga kecil, diantaranya Kredit Usaha Rakyat (KUR), Modal Ventura, KTA atau Kredit Tanpa Agunan, Kredit Usaha Mikro, Peer to Peer Landing, ataupun pinjaman dari e-commerce. Untuk lebih jelasnya Kawan Kledo bisa langsung membaca pinjaman bunga kecil ini di sini.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai beberapa pinjaman modal bank yang dapat Kawan Kledo pilih. Pastikan Kawan Kledo mengajukan pinjaman bank sesuai dengan kebutuhan Kawan Kledo yaitu untuk modal usaha. Pilihlah produk pinjaman terbaik dan bangun usaha Kawan Kledo hingga meraih kesuksesan.

Keuangan bisnis menjadi hal yang sangat penting untuk selalu Kawan Kledo perhatikan. Kawan Kledo harus selalu mengelola keuangan bisnis atau keuangan usaha ini dengan sebaik-baiknya. Ada banyak cara yang dapat Kawan Kledo lakukan, salah satu termudahnya adalah dengan menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Klik di sini untuk daftar Kledo sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *