3 Tips Investasi Properti yang Wajib Dilakukan, Apa Saja?

investasi-properti

Properti menjadi salah satu pilihan bagi Kawan Kledo yang ingin memulai investasi. Investasi properti ini dipilih karena harga yang senantiasa mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Tentu ini pilihan yang tepat bagi Kawan Kledo yang ingin mendapatkan keuntungan dari menginvestasi uang yang Kawan Kledo miliki. Lalu bagaimana caranya memulai investasi properti ini agar bisa menghasilan keuntungan yang besar?

Buat Kawan Kledo yang ingin mengetahui cara memulai investasi satu ini, yuk simak menjelasan yang ada di bawah ini:

Pengertian Investasi Properti

investasi properti

Investasi properti merupakan salah satu jenis investasi yang berhubungan dengan pembelian, pemilikan, pengelolaan, penyewaan, dan penjualan real estat dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau profit. Pembangunan properti juga menjadi salah satu bentuk investasi di bidang properti yang dilakukan dalam rangka mengembangkan real estat.

Investasi di bidang properti ini berhubungan erat dengan aset baik itu tanah ataupu bangunan. Berdasarkan konsep perencanaan keuangan, aset properti dapat dikatakan sebagai investasi jika orang yang memiliki properti tersebut menjualnya suatu hari nanti.

Keuntungan Investasi Properti

rumah

Ada beberapa keuntungan yang akan Kawan Kledo dapatkan dengan berinvestasi di produk properti ini, apa saja?

1. Harga yang Terus Mengalami Kenaikan

Keuntungan pertama yang akan Kawan Kledo dapatkan dengan berinvestasi di produk properti adalah harga properti yang terus mengalami kenaikan. Ini dipengaruhi oleh jumlah penduduk yang terus mengalami kenaikan, sehingga semakin banyak orang yang membutuhkan tempat tinggal.

Selain itu, rumah sebagai salah satu jenis properti merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Jadi, buat Kawan Kledo yang memiliki uang bisa memilih investasi satu ini dan tidak perlu khawatir karena properti tidak mengalami inflasi seperti halnya mata uang.

2. Dapat Dijadikan sebagai Jaminan

Selain harga yang terus mengalami kenaikan, Kawan Kledo juga bisa menjadikan aset properti sebagai jaminan. Jaminan atau agunan ini dibutuhkan saat Kawan Kledo ingin mengajukan pinjaman dana. Kawan Kledo tidak perlu menjual properti yang Kawan Kledo miliki untuk mendapatkan dana. Kawan Kledo cukup menjadikannya agunan atau jaminan.

3. Harga Jual di Tangan Pemilik

Memang, properti memiliki harga pasaran sendiri namun sebagai pemilik Kawan Kledo juga bisa menjual dengan harga yang Kawan Kledo inginkan. Kawan Kledo bisa menjual properti yang Kawan Kledo miliki di bawah harga pasaran jika ingin cepat laku. Karena nilainya yang terus meningkat, Kawan Kledo pastinya bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi pula.

4. Dapat Diwariskan ke Keluarga

Karena nilainya yang terus mengalami kenaikan, properti pastinya memiliki peluang yang besar di masa depan. Kawan Kledo yang memiliki aset properti dapat mewariskan aset tersebut kepada keluarga baik itu anak ataupun cucu demi kesejahteraan mereka di masa depan.

Risiko Investasi Properti

investasi properti

Selain memiliki keuntungan, investasi properti juga memiliki risiko yang harus Kawan Kledo pertimbangkan. Apa saja risiko tersebut?

1. Properti Aset yang Tidak Liquid

Properti memang merupakan berbentuk aset nyata, namun aset properti ini memiliki sifat yang tidak liquid dimana membutuhkan waktu lama untuk menjualnya. Jika Kawan Kledo membutuhkan dana cepat, investasi dalam bentuk properti ini tidak bisa langsung dijual dengan harga yang sesuai. Investasi properti sangat cocok bagi Kawan Kledo yang ingin berinvestasi dalam jangka panjang.

2. Harga Properti Mahal

Kekurangan kedua dari investasi properti adalah harga properti yang mahal. Memang, ketika Kawan Kledo memiliki aset properti bisa dikreditkan namun untuk membelinya Kawan Kledo membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

3. Investasi Properti Memiliki Biaya Operasional yang Tinggi

Properti juga memiliki biaya operasional yang tidak sedikit. Biaya operasional ini mulai dari perawatan kebersihan dan perawatan lainnya yang harus dilakukan secara rutin. Selain itu properti juga harus ditempati agar tidak mengalami kerusakan.

Jika properti yang diinvestasikan dalam bentuk tanah, Kawan Kledo harus mengeluarkan biaya untuk keamanan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko penyerobotan tanah yang bisa merugikan Kawan Kledo.

4. Harga Jual Properti Ditentukan Lokasi

Kekurangan investasi produk properti yang terakhir adalah harga jual properti yang dipengaruhi oleh lokasi dimana properti tersebut berada. Properti yang berada di daerah rawan bencana atau berada di tempat terpencil akan lebih murah dibandingkan di tempat yang aman atau strategis.

Jenis Investasi Properti

rumah

Ada 4 (empat) jenis investasi properti yang wajib Kawan Kledo ketahui. Apa saja jenis-jenis tersebut?

1. Investasi Properti Kantor

Jenis investasi di bidang properti pertama yang dapat Kawan Kledo coba adalah properti kantor. Properti kantor ini banyak dipilih pengusaha properti sebagai investasi. Hal ini dikarenakan investasi pada properti kantor menjanjikan keuntungan yang lebih besar dibandingkan properti lainnya.

Salah satu faktor yang menyebabkan investasi ini sangat menjanjikan adalah lokasi perkantoran yang berada di pusat perkotaan dan sangat strategis. Terlebih dengan perkembangan industri teknologi yang semakin hari semakin pesat.

2. Properti Ritel dan Perdagangan

Jenis investasi di bidang properti kedua yang dapat Kawan Kledo coba adalah properti ritel dan perdagangan. Properti ritel dan perdagangan sendiri ada beberapa jenis, di antaranya pusat perbelanjaan, mall, ataupun ruko. Ada beberapa hal yang mempengaruhi investasi di bidang ini, di antaranya lokasi, kepadatan penduduk, pendapatan penduduk, hingga pertumbuhan penduduk.

Dari sudut pandang perspektif ekonomi, di negara berkembang properti ritel ini memiliki peluang yang cukup besar. Keuntungan dari investasi ritel ini adalah tingkat pengembaliannya yang lebih stabil dibandingkan gedung perkantoran. Hal ini dikarenakan sewa ritel lebih panjang dan biasanya penyewa ritel atau pemilik bisnis jarang berpindah-pindah tempat.

3. Properti Industri atau Manufaktur

Dibandingkan jenis properti perkantoran dan ritel, investasi di bidang properti industri atau manufaktur memiliki biaya yang lebih rendah. Ada berbagai macam pilihan buat Kawan Kledo yang ingin berinvestasi di bidang properti industri atau manufaktur ini, antara lain pergudangan, manufaktur, tempat penelitian dan pengembangan perusahaan, hingga lokasi distribusi.

Ada beberapa faktor yang harus Kawan Kledo perhatikan ketika ingin investasi di bidang properti industri atau manufaktur ini, antara lain ketinggian langit-langit, lokasi yang dekat dengan transportasi utama seperti rel atau dermaga, kemampuan dalam memuat barang, dan lain sebagainya.

4. Properti Hunian Keluarga

Jenis investasi di bidang properti yang dapat Kawan Kledo pilih adalah properti hunian keluarga. Investasi jenis ini bisa memberikan hasil yang paling stabil, karena masyarakat selalu membutuhkan tempat tinggal bagaimana pun kondisinya. Ketika memilih investasi di bidang properti ini, ada aturan dalam biaya operasional yaitu siapa yang akan menanggung biaya operasional ini, pemilik properti atau penyewa.

Ada berbagai jenis properti hunian keluarga yang dapat Kawan Kledo pilih, mulai dari rumah, apartemen, hingga kosan. Carilah tempat yang strategis jika ingin membantun properti ini, misalnya dekat dengan perusahaan besar, sekolah, ataupun perguruan tinggi.

Tips Investasi Properti

investasi properti

Buat Kawan Kledo yang baru akan memulai investasi, pasti bingung cara memulainya dan bagaimana caranya agar sukses investasi di bidang ini. Buat Kawan Kledo yang ingin mengatahui tipsnya yuk simak penjelasan yang ada di bawah ini:

1. Tentukan Tujuan Investasi

Sama halnya saat memulai investasi di bidang lainnya, ketika Kawan Kledo ingin memulai investasi di bidang properti, pastikan Kawan Kledo mengetahui apa tujuan Kawan Kledo. Tujuan investasi di bidang properti antara lain untuk mendapatkan pendapatan dari sewa atau mendapatkan keuntungan ketika menjual aset properti. Setelah mengetahui tujuan investasi, Kawan Kledo bisa memilih jenis investasi terbaik untuk Kawan Kledo.

2. Ukur Kemampuan

Kedua, pastikan Kawan Kledo mengukur kemampuan Kawan Kledo dalam berinvestasi. Ukurlah kemampuan finansial Kawan Kledo, seperti berapa modal yang sanggup Kawan Kledo keluarkan. Jangan sampai Kawan Kledo menggunakan dana darurat untuk berinvestasi. Pastikan aset lancar Kawan Kledo terjaga dengan baik sebelum memutuskan untuk memulai investasi.

3. Ingin Meminjam Dana? Pikirkan Lagi

Ada beberapa orang yang nekat meminjam dana untuk berinvestasi. Namun sebaiknya hal ini tidak dilakukan. Memang, Kawan Kledo bisa membeli aset properti dengan cara kredit namun itu akan menambah jumlah utang Kawan Kledo. Dengan bertambahnya utang, kekayaan Kawan Kledo akan berkurang meskipun aset yang Kawan Kledo miliki bertambah. Belum lagi risiko-risiko lainnya yang menghantui saat meminjam dana.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai investasi properti yang dapat Kawan Kledo lakukan. Pastikan Kawan Kledo melakukan 3 tips diatas agar sukses memulai investasi di bidang properti. Buat Kawan Kledo yang memiliki bisnis, pastikan mengelola keuangan dengan baik. Gunakan software akuntansi dari Kledo untuk mempermudah pengelolaan keuangan. Klik di sini untuk informasi lebih lengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *