Ajukan Pinjaman Bank BTN dengan Mudah, Ini Syarat dan Limitnya

pinjaman bank btn

Pinjaman bank menjadi salah satu solusi bagi Kawan Kledo yang membutuhkan dana dadakan. Ada berbagai pilihan pinjaman bank yang dapat Kawan Kledo pilih, salah satunya adalah pinjaman bank BTN. Bank BTN menyediakan berbagai produk yang dapat dipilih, mulai dari KUR hingga KPR. Semua dapat Kawan Kledo pilih sesuai dengan kebutuhan Kawan Kledo.

Nah, apa saja jenis pinjaman Bank BTN ini? Buat Kawan Kledo yang penasaran yuk simak penjelasan yang ada di artikel ini:

Pinjaman Bank BTN

pinjaman bank btn

Bank BTN memberikan kesempatan bagi para nasabahnya yang ingin mengajukan pinjaman untuk berbagai kebutuhan. Ada berbagai pilihan dari pinjaman Bank BTN yang dapat Kawan Kledo pilih. Sebelum membahas jenis-jenis pinjaman Bank BTN, yuk ketahui syarat dan limit pengajuan pinjaman Bank BTN yang ada di bawah ini:

Syarat dan Limit Mengajukan Pinjaman Bank BTN

bank btn

Berikut syarat dan limit pinjaman Bank BTN buat Kawan Kledo yang ingin mengajukan pinjaman ke Bank BTN:

Syarat Pinjaman Bank BTN

  1. WNI atau Warga Negara Indonesia
  2. Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun atau berstatus telah menikah
  3. Maksimal usia 55 tahun saat pinjaman jatuh tempo
  4. Memiliki pendapatan minimal sebesar 2x angsuran setiap bulan
  5. Berstatus sebagai karyawan atau pegawai tetap
  6. Limit pinjaman menyesuaikan jenis pinjaman yang dipilih, semakin besar nilai agunan semakin besar pinjaman yang bisa diajukan
  7. Menyerahkan dokumen-dokumen sebagai berikut:
    • KTP
    • KK
    • Surat nikah atau surat cerai
    • Slip gaji asli
    • SK pegawai
    • Buku rekening Bank BTN
    • Fotokopi SPT

Limit Pinjaman Bank BTN

Pinjaman Bank BTN memiliki limit yang berbeda-beda. Limit ini disesuaikan jenis pinjaman apa yang diajukan oleh nasabah. Buat Kawan Kledo yang ingin mengajukan pinjaman tanpa agunan, limit pinjaman yang dapat Kawan Kledo ajukan adalah Rp100.000.000. Limit ini semakin besar jika agunan yang Kawan Kledo miliki memiliki nilai yang besar. Kawan Kledo bisa mengajukan hingga Rp1 miliar dengan agunan rumah yang memiliki nilai lebih dari Rp1 miliar.

Kredit Usaha Rakyat Bank BTN

pinjaman bank btn

Bank BTN menjadi salah satu Bank yang memiliki fasilitas pinjaman KUR atau Kredit Usaha Rakyat. Kredit Usaha Rakyat (KUR) ini ditujukan kepada pelaku usaha yang masuk ke dalam Usaha Mikro, Kecil, dan Menangah (UMKM) produktif namun belum memiliki agunan yang cukup.

Berikut syarat dan ketentuan KUR Bank BTN:

  1. Tidak berstatus sebagai penerima kredit produktif ataupun kredit di luar program KUR di Bank BTN ataupun bank lain
  2. Tidak termasuk ke dalam daftar hitam Bank Indonesia ataupun pernag mengalami macet kredit
  3. Tidak berstatus sebagai penerima KPR, kredit kendaraan bermotor, ataupun KUR di bank yang sama
  4. Telah berusia minimal 21 tahun ataupun telah menikah
  5. Memiliki NPWP
  6. Memiliki NIK yang ada di KTP elektrik
  7. Usaha telah berjalan minimal selama 6 bulan

Selain harus memenuhi persyaratan yang ada di atas. Kawan Kledo juga wajib melengkapi dokumen-dokumen yang ada di bawah ini:

  1. Kartu Tanda Penduduk pemohon dan KTP pasangan
  2. Kartu Keluarga
  3. Surat nikah atau akta cerai
  4. SIUP
  5. Surat keterangan penghasilan yang disahkan oleh kepala desa atau lurah
  6. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  7. Surat izin usaha
  8. Legalitas dari tempat usaha
  9. Fotokopi rekening koran
  10. Legalitas agunan (untuk pengajuan KUR)

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Bank BTN

BTN prioritas

Jenis pinjaman selanjutnya yang dapat Kawan Kledo ajukan adalah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari Bank BTN. Berikut jenis-jenis KPR yang dapat Kawan Kledo ajukan di Bank BTN:

KPR BTN Platinum

Jenis KPR Bank BTN pertama adalah KPR BTN Platinum. KPR BTN Platinum ini dapat Kawan Kledo pilih bagi Kawan Kledo yang ingin membeli rumah langsung dari pengembang ataupun tidak langsung dari pengembang. Ini berlaku buat Kawan Kledo yang ingin membeli rumah bukan di perumahan, rumah siap huni, rumah bekas, dan juga rumah take over kredit.

KPR BTN Platinum memberikan jangka waktu kredit selama 25 tahun dengan suku bunga yang menarik dan juga kompetitif. Kawan Kledo juga dapat melindungi KPR jenis ini dengan asuransi baik itu asuransi jiwa maupun asuransi kebakaran. KPR Platinum ini banyak diminati oleh masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang ingin mengambil non perumahan namun dengan sistem KPR.

KPR BTN BP2BT

KPR BTN KP2BT tercipta atas kerjasama antara Bank BTN dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam rangka mewujudkan perumahan yang layak huni. Jenis pinjaman KPR ini lebih dikenal sebagai pinjaman rumah bersubsidi. Hal ini dikarenakan pemerintah akan memberikan bantuan dana subsidi Rp32,4 juta bagi masyarakat yang memiliki tabungan pembelian di Bank BTN.

Untuk persyaratan, Kawan Kledo harus memenuhi persyaratan yaitu membayar uang muka 5% dengan jangka waktu pelunasan selama 20 tahun. Kawan Kledo akan mendapatkan gratis asuransi dan PPN untuk pemilihan produk ini. KPR jenis ini banyak dipilih karena dapat memberikan dana subsidi secara langsung dan uang muka juga rendah. Namun KPR BP2PT memiliki bunga yang tidak flat yang akan membuat cicilan ikut naik jika bunga mengalami kenaikan.

KPR BTN Subsidi

Selain dua produk KPR yang telah dijelaskan di atas, Bank BTN juga masih memiliki produk KPR BTN Subsidi bagi Kawan Kledo yang ingin memiliki rumah namun dengan uang muka yang rendah. KPR jenis ini banyak diminati oleh kalangan menengah ke bawah yang memiliki penghasilan yang terbilang masih rendah.

Kawan Kledo cukup membayar uang muka sebesar 1%, jadi cocok bagi Kawan Kledo yang ingin memiliki hunian layak. Dengan memiliki hunian yang layak ini pastinya Kawan Kledo tidak pelu mengontrak rumah lagi dan ketika kredit sudah selesai, rumah menjadi milik Kawan Kledo.

KPR BTN Mikro

Buat Kawan Kledo yang bukan berstatus sebagai pegawai negeri namun ingin mengajukan KPR di Bank BTN, ada produk yang dapat Kawan Kledo pilih yaitu KPR BTN Mikro. Kawan Kledo dapat memilih pembayaran yang beragam, mulai dari harian, mingguan, hingga bulanan. Jangka waktu yang diberikan kepada Kawan Kledo hingga 10 tahun.

Syarat untuk mengajukan pinjaman KPR jenis ini adalah Kawan Kledo wajib membayar uang muka sebesar 1% dan maksimal 75 juta. KPR BTN Mikro ini sangat cocok bagi Kawan Kledo yang menginginkan pinjaman dengan suku bunga yang rendah. Dengan pinjaman jenis ini memiliki rumah impian bukan lagi angan-angan.

Tips Mengajukan Pinjaman KPR

pinjaman bank btn

Buat Kawan Kledo yang ingin mengajukan KPR di Bank BTN, berikut beberapa tips yang dapat Kawan Kledo lakukan:

1. Besaran Cicilan 30% Gaji

Tips pertama yang dapat dilakukan bagi Kawan Kledo yang ingin mengajukan pinjaman KPR adalah pastikan besaran cicilan KPR 30% dari jumlah gaji Kawan Kledo. Ini dilakukan agar Kawan Kledo tidak kekurangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

2. Cari Rumah dengan Harga yang Murah atau Uang Muka yang Besar

Tips kedua yang dapat Kawan Kledo lakukan adalah dengan mencari rumah dengan harga yang murah ataupun yang memiliki uang muka besar. Ini dilakukan agar Kawan Kledo mendapatkan jumlah cicilan yang lebih kecil.

3. Ajukan KPR Bersama Pasangan

Buat Kawan Kledo yang memiliki pasangan yang bekerja, mengajukan KPR bersama pasangan bisa menjadi solusi. Dengan mengajukan KPR bersama pasangan, peluang diterimanya pengajuan KPR Kawan Kledo akan semakin besar dan pastinya Kawan Kledo dapat menanggung bersama uang muka dan cicilan bersama pasangan.

4. Pastikan Tidak Menjadi Daftar Hitam Perbankan

Salah satu persyaratan mengajukan pinjaman di bank, termask Bank BTN adalah calon debitur tidak memiliki track record yang buruk atau tidak masuk daftar hitam perbankan. Salah satu penyebab yang bisa membuat Kawan Kledo masuk daftar hitam perbankan adalah Kawan Kledo bermasalah dalam pelunasan kredit perbankan. Jadi, pastikan sebelum Kawan Kledo mengajukan pinjaman KPR, Kawan Kledo tidak masuk ke daftar hitam ini.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai pinjaman Bank BTN yang dapat Kawan Kledo ajukan. Ada berbagai pinjaman yang dapat Kawan Kledo ajukan, mulai dari pinjaman usaha hingga KPR. Pastikan Kawan Kledo memilih pinjaman ini sesuai kebutuhan Kawan Kledo.

Buat Kawan Kledo yang memiliki bisnis, pastikan Kawan Kledo mengelola keuangan bisnis dengan baik. Ada berbagai cara yang bisa Kawan Kledo lakukan. Salah satu cara termudahnya adalah dengan menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Yuk daftar Kledo sekarang juga di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *