Pinjaman Modal dengan Bunga Kecil di KUR Bank BRI, Berikut Persyaratannya!

syarat kur bri

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal usaha. Kawan Kledo bisa menggunakan tabungan pribadi atau mengajukan pinjaman untuk memulai suatu usaha. Ada berbagai jenis pinjaman yang menawarkan bantuan untuk membantu calon pengusaha mendapatkan modal, salah satunya adalah KUR atau Kredit Usaha Rakyat. KUR atau Kredit Usaha Rakyat merupakan program yang dibentuk oleh pemerintah dalam membantu UMKM untuk mendapatkan bantuan modal. Salah satu bank yang memiliki program KUR adalah Bank BRI. Bank BRI yang juga merupakan salah satu BUMN (Badan Usaha Milik Negara) memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan bantuan modal. Apa saja syarat dan kemudahan yang diberikan pinjaman KUR BRI pada tahun 2020?

Apa itu KUR BRI?

pinjaman kur bri 2020

KUR BRI merupakan pinjaman BRI yang diberikan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari pemerintah sejak tahun 2016 dan berlanjut setiap tahun termasuk di tahun 2020 ini. Tentu ini sangat membantu pebisnis atau calon pebisnis untuk mendapatkan bantuan modal, terlebih dengan bunga tahunan yang terbilang kecil yaitu hanya 7% (sebelum 2020) dan 6% (tahun 2020). Kawan Kledo dapat mengajukan pinjaman mulai dari Rp5 juta sampai Rp500 juta di KUR BRI.

KUR BRI memiliki tujuan yaitu memberikan akses kredit, inklusi keuangan, kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang belum pernah mendapatkan kredit dari bank.

Perubahan KUR BRI 2020

KUR BRI memiliki beberapa perubahan pada tahun 2020 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Perubahan ini dilakukan untuk mempercepat perkembangan UMKM dan juga sebagai cara untuk mendukung RUU Cipta Lapangan Kerja. Dengan tujuan tersebut pemerintah melalui Komite Kebijakan Pembiayaan bagi UMKM mengubah kebijakan suku bunga KUR BRI dari 7% menjadi 6%.

Selain menurunkan suku bunga, pemerintah juga meningkatkan pendanaan KUR BRI sebesar Rp33 triliun dari yang sebelumnya dipatok Rp87 triliun. Kemantapan BRI dalam memberikan pelayanan KUR dilakukan karena BRI berhasil melampaui target penyaluran KUR BRI di tahun sebelumnya.

Keunggulan KUR BRI

pinjaman kur bri

Sebagai bank yang bukan satu-satunya memiliki program KUR atau Kredit Usaha Rakyat, Bank BRI memiliki keunggulan-keunggulan yang membuatnya layak dipilih dibandingkan bank-bank lainnya yang juga memberikan layanan Kredit Usaha Rakyat. Nah, kira-kira apa saja keunggulan KUR yang diberikan oleh Bank BRI?

1. KUR BRI menjadi KUR dengan Dana Paling Besar Dibandingkan Penyalur Lainnya

Pada tahun 2020, KUR BRI menargetkan akan memberikan dana KUR sebesar RP120 triliun. Ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu yang hanya memberikan Ro87 triliun. Dengan kenaikan dana yang diberikan, KUR BRI memberikan dampak kepada pengajuan dan penyaluran KUR BRI. Semakin banyaknya dana yang ditargetkan maka semakin banyak pula kesempatan bagi nasabah untuk mendapatkan KUR BRI ini.

2. Tempat Pengajuan KUR Tersebar di Seluruh Indonesia

BRI merupakan bank yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan sampai di pelosok-pelosok Indonesia. Dengan banyaknya unit cabang ini, tentu akan mempermudah nasabah untuk mendapatkan informasi tentang persyaratan, informasi cara pengajuan, sampai besaran angsuran KUR BRI. Ada beberapa kantor perwakilan BRI yang bisa menjadi tempat untuk mengajukan KUR, yaitu kantor unit, unit pembantu, teras BRI, dan teras BRI kapal.

3. Suku Bunga Rendah Efentif 6% Per Tahun

Sejak tanggal 1 Januari 2020 terjadi penurunan pada suku bunga KUR dari yang awalnya 7% menjadi 6%. Dengan begitu, penerima KUR akan mendapatkan pinjaman modal kerja dan investasi dengan cicilan yang lebih ringan. Untuk mengetahui tabel KUR BRI tahun 2020, Kawan Kledo bisa melihatnya di brosur terbaru untuk mengetahui rincian cicilan setiap bulannya.

4. Penyalur KUR Terlengkap

Dibandingkan dengan penyalur lainnya, BRI merupakan penyalur yang memiliki KUR terlengkap yaitu KUR Mikro, Ritel (kecil), dan KUR TKI. KUR Mikro dan Ritel ditujukan untuk modal kerja dan investasi. Dengan target penerima KUR BRI dari kalangan yang memiliki usaha aktif. Sedangkan KUR TKI merupakan pemodalan yang diberikan kepada calon TKI sebagai modal penempatan kerja.

5. Syarat dan Proses Pengajuan Mudah

Selain memberikan bunga yang ringan, BRI juga memberikan keunggulan berupa syarat dan proses pengajuan yang mudah. Syarat dan proses pengajuan disesuaikan dengan jenis KUR BRI yang dipilih. Dengan besarnya peluang dan kesempatan yang diperoleh oleh nasabah menjadi bukti mudahnya syarat dna ketentuan pengajuan modal KUR BRI.

6. Cara Pembayaran Mudah

Cara pembayaran KUR BRI bisa dilakukan secara fleksibel. Peminjam bisa langsung melakukan setoran tunai lewat teller BRI. Selain itu, untuk mempermudah Kawan Kledo yang meminjam KUR BRI juga bisa membayarnya melalui ATM dan tidak perlu repot antri di bank.

7. SDM Profesional dan Mumpuni

BRI merupakan satu-satunya perbankan di Indonesia yang telah memiliki satelit sendiri. Tidak hanya memiliki sistem jaringan yang mumpuni, BRI juga diperkuat dengan SDM yang memadai. Staf BRI khususnya bagian mantri KUR selalu berupaya untuk memenuhi target penyaluran. Oleh karena itu Mantri KUR mendapatkan ciri melayani sepenuh hati dengan dedikasi dan loyalitas tinggi.

Jenis-jenis KUR BRI

kredit usaha rakyat

BRI memiliki 3 jenis KUR yang bisa Kawan Kledo pilih. Apa saja jenis-jenis tersebut?

1. KUR Mikro Bank BRI

KUR Mikro Bank BRI merupakan jenis kredit usaha rakyat dari bank BRI yang memberikan kredit modal kerja atau investasi dengan plafond sampai dengan Rp25 juta.

2. KUR Ritel Bank BRI

KUR Ritel Bank BRI merupakan salah satu jenis Kredit Usaha Rakyat dari Bank BRI yang memberikan kredit kerja atau investasi dengan plafond Rp25 juta sampai Rp500 juta.

3. KUR TKI Bank BRI

KUR TKI Bank BRI merupakan kredit yang diberikan kepada calon TKI untuk membiayai keberangkatan calon TKI ke negara tujuan bekerja dengan plafond Rp25 juta.

Persyaratan KUR BRI

pinjaman KUR BRI

Melakukan pinjaman KUR BRI tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengajukan pinjaman KUR BRI. Apa saja persyaratan tersebut? Berikut persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peminjam agar dapat memperoleh KUR dari Bank BRI:

1. Syarat KUR Mikro Bank BRI

KUR Mikro Bank BRI merupakan pinjaman modal usaha dengan bunga rendah yang diberikan untuk tujuan modal kerja dan investasi. KUR Mikro BRI menargerkan penerima KUR Mikro adalah nasabah yang memiliki usaha produktif minimal berusia 6 bulan. KUR Mikro BRI ini diberikan dengan plafond maksimal Rp50 juta. Apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan pinjaman KUR MIkro BRI:

1. Perorangan atau individu yang mempunyai usaha produktif dan layak.

2. Umur usaha yang digeluti telah lebih dari 6 bulan.

3. Tidak memiliki kredit di bank lain kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit.

4. Mengisi formulir pengajuan pinjaman dengan lengkap dan akurat.

5. Melengkapi persyaratan administrasi seperti KTP, KK, dan Surat Izin Usaha (SIU).

KUR Mikro BRI memiliki tenor pembayaran paling lama 3 tahun untuk modal usaha dan paling lama 5 tahun untuk investasi.

2. Syarat Retail KUR BRI

Sama seperti KUR Mikro, Retail KUR BRI juga diberikan sebagai kredit modal kerja dan investasi. KUR jenis ini juga diberikan kepada usaha yang layak dan produktif. Bedanya KUR jenis ini diberikan dengan plafond maksimal Rp500 juta dan janga waktu peminjaman selama 4 tahun untuk pinjaman modal dan tenor maksimal 6 tahun untuk pinjaman investasi.

Syarat meminjam KUR Ritel adalah sebagai berikut:

1. Usaha yang dimiliki produktif dan layak untuk dibiayai.

2. Tidak memiliki kredit di bank lain kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit.

3. Umur usaha yang digeluti telah lebih dari 6 bulan.

4. Memiliki Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat keterangan lainnya yang bisa menggantikan.

5. Mengisi formulir secara lengkap.

6. Mengajukan semua persyaratan dokumen yang dibutuhkan.

7. Memiliki agunan sesuai ketentuan.

3. Syarat KUR TKI Bank BRI

KUR TKI BRI merupakan pinjaman modal yang diberikan kepada calon TKI untuk membiayai keberangkatan bekerja di luar negeri. Berikut persyaratan yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman ini:

1. Individu atau perorangan yang akan bekerja di luar negeri.

2. Melengkapi persyaratan dokumentasi:

  • KTP dan Kartu Keluarga (KK).
  • Perjanjian kerja dengan penyalur.
  • perjanjian penempatan kerja.
  • Passpor
  • Visa

Cara Mengajukan KUR BRI

bank bri

Setelah mengatahui persyaratan untuk mengajukan KUR BRI, tahap selanjutnya adalah bagaimana cara yang harus dilakukan untuk mengajukan KUR BRI. Buat Kawan Kledo yang ingin mengajukan pinjaman KUR BRI, berikut cara-cara yang bisa dilakukan:

1. Mengajukan Secara Langsung

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengajukan KUR BRI adalah dengan mengajukan secara langsung. Kawan Kledo harus mendatangi Unita Layanan BRI untuk pengajuan secara langsung. Selain unit layanan, pengajuan KUR juga bisa dilakukan dengan mendatangi Unit Pembantu, Teras BRI, dan juga Teras BRI Kapal. Kawan Kledo bisa mendatangi layanan terdekat untuk mengatahui tata cara pengajuan dan juga mengatahui simulasi tabel angsuran KUR BRI pada petugas. Setelah persyaratan lengkap, Kawan Kledo dapat langsung mengajukan KUR BRI dengan mengisi formulir.

Sebelum diputuskan sebagai penerima KUR, petugas dari KUR BRI akan menganalisis kelayakan usaha calon peminjam dan melakukan survei secara langsung ke lapangan. Dengan analisis ini akan diketahui calon peminjam layak atau tidak untuk mendapatkan pinjaman. Jika diterima, Kawan Kledo akan mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai ansuran yang harus dibayarkan setiap bulannya dan juga proses pencairan ke rekening.

2. Mengajukan Lewat Mantri BRI

Selain mendatangi langsung bank BRI, Kawan Kledo juga bisa mengajukan pinjaman lewat mantri BRI. Mantri BRI merupakan salah satu jabatan di Bank BRI. Mantri BRI memiliki tugas mencari debitur KUR BRI, melakukan survei, menganalisis dan merekomendasikan calon debitur kepada pimpinan. Dikarenakan target yang diberikan kepada mantri cukup besar, mantri harus bisa mencari calon peminjam untuk mensosialisasikan kepada masyarakat luas.

Saat ini banyak mantri BRI yang mempromosikan program KUR BRI secara online. Mereka biasanya mempromosikan melalui media sosial. Kawan Kledo dapat menghubungi mereka untuk menanyakan terkait informasi produk dan juga pengajuan KUR BRI sesuai ketentuan yang diberlakukan. Biasanya Kawan Kledo akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan dan memenuhi persyaratan sesuai jenis KUR yang dipilih. Dengan kata lain, mantri hanya sebagai promotor, sedangkan proses dan prosedur sama seperti mengajukan secara langsung.

3. Mengajukan KUR BRI melalui Digital Online

Melalui https://www.kur.bri.co.id, Kawan Kledo bisa mengajukan KUR BRI dengan cara digital online. Cara ini tentu sangat membantu Kawan Kledo di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, BRI juga melakukan kerjasama dengan platform e-commarce seperti Shopee dan ride-hilling yaitu Grab untuk menyalurkan KUR kepada UMKM. Untuk proses pengajuan cara ini, Kawan Kledo bisa melakukan dengan cara berikut ini:

  1. Akses https://www.kur.bri.co.id.
  2. Pilih “Ajukan Pinjaman KUR” untuk Kawan Kledo yang ingin mengajukan pinjaman pribadi.
  3. Registrasi di menu “Daftar Sekarang”.
  4. Entri nama lengkap, alamat email, password, dan ulangi password.
  5. Baca dan pahami ketentuan layanan lalu setujui dengan memberi ceklis pada kotak yang tersedia.
  6. Pilih “Daftar” untuk melanjutkan.
  7. Buka email dan masukan kode verifikasi, lalu pilih submit.
  8. Lengkapi profil dengan menu “Ubah Profil”.
  9. Pilih “Ajukan Pinjaman” yang ada di bagian bawah alamat email.
  10. Baca dan pahami ketentuannya, lalu pilih “Ya”.
  11. Lanjut ke recaptcha yang menunjukan bukan robot.
  12. Pilih “Setuju & Ajukan Pinjaman”.
  13. Lengkapi informasi umum seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), Nama Lengkap, Tempat Tanggal Lahir, Status Pernikahan, Jenis Kelamin, dan Pekerjaan.
  14. Isi alamat sesuai dengan yang tertera di KTP.
  15. Isilah dan lengkapilah alamat domisili atau bisa juga memilih “Saya tinggal sesuai dengan alamat KTP”.
  16. Lengkapi dengan alamat email dan nomor telepon.
  17. Isi informasi lainnya seperti nama pasangan, NIK pasangan, dan status kepemilikan tempat tinggal.
  18. Lengkapi informasi usaha, seperti jenis usaha, kepemilikan, tanggal mulai, penghasilan per bulan, dan juga saldo rekening saat ini.
  19. Lengkapi data e-commerce seperti jenis usaha, nama toko, sampai nama e-commerce yang digunakan, lalu pilih “Selanjutnya”.
  20. Upload dokumen mulai dari foto KTP, Surat Keterangan Usaha, foto NPWP jika ada, foto selfi, dan foto toko atau barang usaha. Masuk tahap selanjutnya dengan memilih “Selanjutnya”.
  21. Lengkapi data pengajuan yaitu nomor pinjaman KUR yang diajukan, dan jangka waktu yang hendak dipilih, lalu pilih “Ajukan”.
  22. Pengajuan KUR telah berhasil. Kawan Kledo bisa pilih “Lanjutkan” untuk melihat data dan status pinjaman.

Kesimpulan

KUR BRI merupakan pinjaman modal yang diberikan Bank BRI. Ada berbagai kemudahan yang diberikan oleh Bank BRI buat Kawan Kledo yang ingin mengajukan pinjaman melalui KUR BRI. Selain itu juga terdapat beberapa jenis KUR BRI yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Kawan Kledo.

Salah satu syarat yang diperlukan untuk pengajuan KUR BRI adalah laporan keuangan, untuk itu Kawan Kledo harus memberikan perhatian lebih pada laporan keuangan usaha Kawan Kledo. Jika Kawan Kledo mengalami kesulitan, Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo. Yuk cari tahu Kledo sekarang dengan mengunjunginya di https://kledo.com.

4 thoughts on “Pinjaman Modal dengan Bunga Kecil di KUR Bank BRI, Berikut Persyaratannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *