15 Daftar Produk Indonesia yang Mendunia, dari Fesyen Hingga Jamu

15 daftar produk Indonesia yang mendunia

Sudah tahukah Anda bahwa sebenarnya ada banyak sekali produk lokal asli Indonesia yang mendunia, lho. Mulai dari produk makanan dan minuman, fesyen, bahkan ada juga produk jamu yang berhasil menembus pasar mancanegara.

Sayangnya, tak jarang banyak orang mengira produk-produk tersebut merupakan merek dari perusahaan luar negeri. Hal ini terjadi karena selama ini masih banyak masyarakat Indonesia yang menganggap produk lokal memiliki kualitas buruk dan murahan.

Oleh karena itu, jika ada produk asli Indonesia yang berkualitas tinggi dan berhasil menambah pasar global, orang akan mengiranya sebagai produk impor dari negara lain.

Mau tahu apa saja daftar produk indonesia yang mendunia dan menembus pasar internasional? Yuk, cari tahu selengkapnya di artikel ini karena kami akan membagikan deretan produk Indonesia yang mendunia.

15 Daftar Produk Indonesia yang Mendunia

Memang, kita sebagai konsumen mempunyai kebebasan untuk memilih dan menentukan apa produk yang akan kita beli.

Namun, jika diharuskan memilih antara produk lokal atau produk dari luar negeri, beberapa konsumen justru memilih produk luar negeri karena dianggap lebih berkualitas dibandingkan dengan produk lokal.

Padahal kualitas produk buatan produsen lokal saat ini tidak kalah bahkan bisa dikatakan lebih bagus daripada produk impor. Akan tetapi, informasi seperti ini masih belum banyak diketahui masyarakat Indonesia.

Biar Anda lebih yakin bahwa produk lokal tak kalah bagusnya dengan produk luar, berikut kami bagikan 15 produk Indonesia yang berhasil mendunia:

1. Indomie

produk Indonesia yang mendunia: Indomie

Siapa sih yang tidak kenal dengan Indomie? Bisa dipastikan hampir semua masyarakat Indonesia mengetahui makanan andalan para anak kos ini.

Selain menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia, ternyata Indomie juga menjadi makanan favorit masyarakat mancanegara. Indomie sering dijadikan sebagai bahan konten foto atau video influencer luar negeri sambil me-review-nya. Ini menjadi bukti bahwa Indomie sudah mempunyai nama besar di kancah internasional.

Saat ini, Indomie sudah berhasil melakukan ekspor ke banyak negara seperti Australia, Amerika Serikat, Hongkong, Taiwan, Arab Saudi, Irak, dan beberapa negarai Asia dan Afrika lainnya.

Baca juga: Varian Produk: Definisi, Tujuan, Komponen, dan Penerapannya

2. Krisbow

krisbow

Krisbow merupakan salah satu produk lokal yang sering dianggap sebagai merek luar negeri. Produknya yang berkualitas premium serta nama brand yang terkesan kebarat-baratan menjadi penyebab mengapa produk ini dianggap sebagai produk lokal.

Padahal, nama Krisbow sendiri diambil dari nama pendirinya yaitu Krisnandi Wibowo. Sebuah nama yang sangat “Indonesia” bukan?

Krisbow merupakan anak perusahaan Grup Kawan Lama yang sudah berdiri sejak tahun 1988. Tercatat hingga tahun 2017 saja, Krisbow telah mempunya 10.000 produk dengan jaringan distributor yang tersebar ke berbagai negara di asia tenggara.

3. Kopiko

Kopiko

Siapa sangka produk permen kopi asal Indonesia ini sudah berhasil melakukan ekspor ke 80 negara seperti Jerman, Australia, Korea Selatan, Singapura, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kesuksesan Kopiko ini tak terlepas dari kualitas dan strategi pemasarannya. Misalnya, pada Kopiko pernah viral karena dibawa ke luar angkasa oleh NASA dan menjadi sponshorship di beberapa drama hits Korea seperti Vincenzo dan Hometown Cha Cha Cha.

Berkat strategi iklan tersebut, Kopiko sukses menjadi salah satu produk Indonesia yang mendunia dai bisa diterima masyarakat Internasional

Baca juga: Tips Menjadi Eksportir Sukses yang Harus Anda Tahu

4. J.Co

J.Co

Para pecinta donat tentu sudah tidak asing lagi dengan brand J.Co kan? J.Co yang berdiri tahun 2006 di bawah naungan Johnny Andrean Group merupakan brand restoran asal Indonesia yang menjual aneka donat dengan berbagai rasa.

Sejak awal pendiriannya, J.Co sudah berhasil menggaet perhatian para wisatawan asing yang berlibur ke Indonesia. Dikarenakan atensi positif tersebut, J.Co pun berani membuka gerai cabang di luar negeri, seperti Singapura, Filiphina, Arab Saudi, Hongkong, dan Malaysia.

Maka tak mengherankan, J.Co sering dianggap sebagai brand luar karena gerainya dapat ditemukan di beberapa negara.

kledo pos 3

5. Paseo

Paseo

Tak mau kalah dengan lainnya, ternyata Paseo telah berhasil mengekspor produknya ke 65 negara, termasuk Amerika Serikat dan Selandia Baru.

Paseo sendiri diproduksi oleh Asia Pulp & Paper (APP), yaitu salah satu anak perusahaan Sinar Mas.

Adapun salah satu faktor yang membuat Paseo mudah diterima pasar internasional ialah penggunaan prinsip sustainabillty dalam proses produksinya supaya tidak merusak lingkungan.

Baca juga: Letter of Credit: Surat “Sakti” dalam Bisnis Ekspor dan Impor

6. Eiger

Eiger

Sudah ada sejak tahun 1979, Eiger telah lama dikenal sebagai salah satu merk fashion Indonesia yang menyediakan berbagai peralatan untuk aktivitas outdoor, seperti jaket, celana, sepatu gunung, baju, dan peralatan outdoor lainnya.

Eiger dikenal sebagai salah satu brand lokal yang mampu menghasilkan produk berkualitas tinggi. Bahkan, di tahun 1992 mereka berhasil menerima penghargaan dari pemerintah atas kinerja yang sudah dilakukan.

Karena kualitasnya, saat ini Eiger sudah berhasil melakukan ekspor ke berbagai negara, seperti Malaysia, Filiphina, Jepang, dan Lebanon.

7. La Fonte

La Fonte

Memiliki nama yang identik dengan negara Italia, membuat La Fonte sering dianggap sebagai merek luar, lho. Faktanya, La Fonte merupakan produk asli Indonesia yang diproduksi Bogasari dan mulai diluncurkan pada tahun 1991.

Produk yang dihasilkan pun beragam, mulai dari spageti, makaroni, fettucini, dan lainnya. Meskipun La Fonte bukan produk asli dari negara asalnya, nyatanya produk ini bisa diterima di luar negeri seperti China, Jepang, Singapura, Malaysia, Vietnam, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 8 Hambatan Perdagangan Internasional yang Harus Anda Tahu

8. Terry Palmer

Terry Palmer

Terry Palmer merupakan salah satu brand terkemuka dalam industri produksi Handuk. Produk-produk Terry Palmer memiliki kualitas premium sehingga membuatnya seringkali dianggap sebagai produk luar negeri.

Faktanya, Terry Palmer merupakan brand asli Indonesia dan diproduksi oleh PT. Indah Jaya yang berdiri pada tahun 1962. Nama “Palmer” diambil dari gabungan kata “Pal Merah” merupakan lokasi awal pendirian prabik.

Awalnya, brand ini hanya berfokus untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Namun seiring berkembangnya perusahaan, Terry Palmer berhasil menembus pasar Eropa pada tahun 1988 dan pada tahun 1992 sukses melakukan ekspor ke Jepang.

9. GT Radial

GT Radial

GT Radial merupakan salah satu produk Indonesia yang mendunia dengan berhasil melakukan ekspor ke 80 negara di empat benua baik Asia, Amerika, Australia, dan Eropa.

GT Radial merupakan merek di bawah naungan PT. Gajah Tunggal yang didirikan pada tahun 1951.

Awalnya, perusahaan ini hanya memproduksi ban sepeda, namun kini mereka telah dikenal sebagai produsen ban kendaraan terbaik di Indonesia.

Baca juga: Cara Import Barang dari China Beserta dengan Tipsnya

10. Lea Jeans

Lea Jeans

Lea Jeans merupakan produk fesyen Indonesia yang memiliki kualitas tidak kalah dengan merek luar, sehingga pantas dimasukkan ke dalam list produk Indonesia yang berhasil mendunia.

Lea Jeans memiliki konsep American Style dan authentic denim. Berkat itu, banyak orang mengira jika Lea Jeans merupakan produk dari luar.

Padahal, Lea Jeans merupakan produk asli Indonesia yang diproduksi di Tangerang, di bawah naungan PT. Lea Sanent.

11. Polygon

Polygon

Polygon merupakan produsen sepeda asal Sidoarjo yang sudah berdiri sejak tahun 1989. Perusahaan ini mampu menciptakan inovasi luar biasa, salah satunya mencetuskan Floating Suspension System, yang menjadi andalan sepeda gunung bejenis MTB.

Bahkan karena kualitas unggulannya, produk Indonesia yang mendunia ini dijadikan sebagai sepeda andalan para atlet terkemuka di seluruh dunia.

Baca juga: 10 Cara Menarik Pelanggan untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

12. SilverQueen

Silverqueen

Siapa yang sering mengira kalau SilverQueen merupakan produk dari luar negeri? Nyatanya, SilverQueen diproduksi perusahaan dalam negeri, yaitu PT. Petra Foods yang didirikan pada tahun 1950 dan berlokasi di Garut, Jawa Barat.

Coklat SilverQueen termasuk ke dalam jajaran produk Indonesia yang berhasil mendunia, karena telah melakukan ekspor ke 17 negara mulai dari Brunei Darussalam, Filiphina, Thailand, Korea Selatan, Jepang, China, dan lainnya.

13. Polytron

Polytron

Sebagian masyarakat Indonesia masih beranggapa produk Polytron sebagai merek asal Jepang atau China, padahal merek inin merupakan produk asli buatan Indonesia.

Polytron didirikan pada tahun 1976 oleh Hartono bersaudara, pemilik Grup Djarum. Di awal pendiriannya, Polytron melakukan kerja sama dengan Salora dan Philips, hingga akhirnya berhasil meluncurkan produk pertamanya di tahun 1979, yaitu televisi hitam putih.

Seolah tak ingin berhenti berinovasi, pada tahun 2000 Polytron terus memperluas lini produknya mulai dari audio, kulkas, mesin cuci, dan peralatan elektronik lainnya.

Saat ini, Polytron sudah berhasil mengirimkan produknya ke 40 negara seperti India, Qatar, Spanyol, Amerika, dan masih banyak lagi negara lainnya.

Baca juga: 8 Cara Memilih Lokasi Usaha yang Tepat untuk Anda

14. The Executive

The Executive

The Executive sering dianggap sebagai produk luar, karena desainnya yang elegan dan premium, serta selalu ada di setiap mall besar tanah air.

Sebenarnya, The Executive merupakan merek lokal dan diproduksi di Bandung oleh PT. Delami Garments Industries. Tak hanya di Indonesia, merke fesyen ini juga sudah merambah pasar luar negeri, khususnya di kawasan negara asia tenggara.

15. Tolak Angin

Tolak Angin

Tolak Angin menjadi salah satu produk Indonesia yang mendunia, bahkan sudah diekspor ke berbagai negara, misalnya Arab Saudi, Filiphina, Vietnam, dan masih banyak lainnya.

Obat cair herbal khas Indonesia ini nyantanya cukup terkenal dan mudah diterima masyarakat dari berbagai nergara di dunia.

Baca juga: 50 Contoh Kata Promosi Skincare yang Efektif dan Menarik Pembeli

Kesimpulan

Nah, itulah 15 daftar produk Indonesia yang mendunia dan diterima masyarakat luas dari berbagai negara di dunia. Tentunya, kehadiran berbagai merek tersebut turut membanggakan nama Indonesia dan membuktikan bahwa kualitas produk lokal tak kalah dengan produk dari negara lain.

Selain karena keuletan dan kerja kerasnya, kesuksesan produk tersebut hingga mampu menembus pasar internasional juga dikarenakan keberhasilan perusahaan dalam mengelola operasional bisnisnya. Salah satunya pengelolaan transaksi penjualan.

Bagi Anda para pelaku bisnis, permudah pengelolaan transaksi penjualan Anda dengan menggunakan aplikasi kasir gratis Kledo POS. Selain penjualan, Kledo POS juga akan memudahkan Anda mengelola manajemen inventori dan penyusunan laporan keuangan yang penting bagi bisnis Anda.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, buktikan bagaimana Kledo POS akan membantu bisnis Anda dengan mencobanya gratis melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten + 10 =