Tips Menjadi Eksportir Sukses yang Harus Anda Tahu

menjadi eksportir

Ingin menjadi eksportir yang sukses? Jika Anda ingin melakukan perdagangan di luar negeri, ada baiknya mengetahui hal penting dalam bisnis

Jika Anda adalah eksportir pertama kali dan ingin bisnis Anda melebarkan sayapnya dan mendapatkan pelanggan di negara lain, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk berhasil.

Sebaiknya luangkan waktu untuk memilih pasar ekspor dengan bijak dan dapatkan pemahaman tentang istilah-istilah utama yang Anda perlukan untuk berbisnis.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas cara menjadi eksportir yang sukses dan tips yang bisa Anda kembangkan untuk membesarkan bisnis ekspor Anda.

Jadi, baca terus sampai selesai!

Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Menjadi Eksportir/Importir

menjadi eksportir

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis impor/ekspor, ada banyak pertimbangan yang perlu Anda buat — seperti yang Anda lakukan untuk bisnis apa pun.

Khusus untuk bisnis impor/ekspor, akan sangat membantu jika memiliki latar belakang bisnis, hubungan internasional, atau keuangan global.

Ini akan memberi Anda pemahaman tentang banyak sekali rintangan yang harus dilalui seseorang untuk menjual atau membeli produk dari pemasok luar negeri.

Beberapa kesepakatan ekspor dapat dinegosiasikan dengan meminta pelanggan Anda membayar Anda dalam mata uang Anda sendiri dan beberapa ingin membeli dalam mata uang mereka.

Bagaimanapun Anda melakukannya, Anda harus waspada terhadap fluktuasi mata uang karena mereka akan mempengaruhi Anda dan pelanggan internasional Anda.

Mencatat semua transaksi dalam mata uang asing juga akan berdampak pada proses pencatatan pembukuan Anda, karena nilai mata uang yang berubah dan mungkin tidak stabil.

Jika Anda kesulitan dalam melakukan pencatatan pembukuan mata uang asing atau multi currency, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur multi currency sehingga memudahkan Anda dalam mengelola transaksi mata uang asing.

Tidak percaya? Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 2 kledo

Baca juga: Manajemen Usaha: Pengertian, Manfaat, dan Tips Mengelolanya

10 Hal yang Perlu Anda Perhatikan untuk Menjadi Eksportir Sukses

menjadi eksportir

1. Putuskan di mana untuk menjual

Jika Anda ingin menjadi eksportir, penelitian adalah hal yang sangat penting! Identifikasi pasar dengan sedikit riset.

Temukan angka konsumsi / impor produk yang serupa dengan milik Anda dan tingkat pertumbuhan ekonomi dari pasar baru yang potensial.

Cari tahu demografi, praktik budaya dan agama serta potensi persaingan Anda.

Hal ini untuk memastikan bahwa produk Anda bisa diterima di negara tujuan ekspor Anda.

2. Pastikan Anda memiliki rencana

Rencana ekspor Anda harus mencakup beberapa hal ini:

Orang-orang Anda

Dapatkah seseorang dari tim Anda menjalankan program ini atau Anda perlu merekrut?

Kapasitas Anda

Apakah Anda memiliki kapasitas yang cukup untuk memenuhi permintaan pasar baru? Apakah Anda perlu kelas atas?

Kemasan Anda

Akankah desain kemasan Anda menarik bagi pasar Anda? Apakah ada persyaratan hukum untuk memberi label secara berbeda atau Anda perlu menerjemahkan pelabelan Anda?

Untuk mengetahui lebih detail tentang kemasan produk dan tips terbaiknya, Anda bisa membacanya melalui artikel ini.

Pengetahuan Anda

Kunjungi pasar baru potensial Anda. Pamerkan produk Anda di pameran dagang dan bangun kontak baru.

Baca juga: Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Toko Offline dan Online

3. Pilih rute ke pasar yang Anda tuju

Anda dapat melakukan salah satu dari empat opsi:

  • Jual langsung
  • Gunakan distributor
  • Gunakan agen penjualan
  • Membuat joint venture

Opsi mana pun yang Anda pilih, Anda harus memastikan kejelasan tanggung jawab untuk hal-hal seperti pengiriman dan pembayaran dan selalu ingat untuk melindungi kekayaan intelektual Anda.

4. Temukan peluang yang lebih besar

Pameran dagang adalah salah satu cara terbaik untuk menemukan peluang baik di Inggris maupun di luar negeri.

Temui pembeli dan hasilkan bisnis baru. Tanyakan kepada kami tentang hibah yang tersedia untuk mensubsidi biaya pameran, atau lihat apakah Anda dapat berbagi biaya stan dengan bisnis lain.

5. Mulai proses pemasaran

Iklan dapat membantu Anda mendapatkan eksposur tetapi bisa mahal. Seperti di China, perhatikan audiens target dan pengeluaran vs. laba atas investasi.

Pilihan lainnya adalah membuat website dengan konten yang diterjemahkan sesuai dengan target pasar Anda. Situs media sosial global seperti Linkedin, Facebook dan Twitter juga dapat membantu Anda untuk mempromosikan pesan Anda dengan cepat dan gratis.

Lalu untuk pasar China misalnya, Anda bisa melakukan pemasaran melalui Weibo atau marketplace lokal lainnya.

Meskipun ini tidak memerlukan biaya apa pun untuk disiapkan, mereka membutuhkan waktu yang diinvestasikan untuk terus diperbarui.

Apa pun yang Anda gunakan, pastikan semua materi pemasaran Anda memiliki detail kontak terkini untuk perusahaan Anda bersama dengan orang yang bertanggung jawab atas penjualan ekspor.

Baca juga: 10 Komponen Utama yang Harus Ada dalam Perencanaan Bisnis

6. Pahami administrasinya

Ada kewajiban administrasi tertentu yang harus benar dari awal. Kantor bea cukai di negara tujuan akan membantu Anda mengklarifikasi persyaratan pendaftaran bea cukai, formulir, dan pembayaran.

Dokumentasi adalah inti dari ekspor, tanpanya tidak ada kontrak, tidak ada transportasi dan tidak ada pembayaran. Persyaratan bervariasi dari satu negara ke negara lain.

Ada dua wilayah geografis utama yang akan menjadi tujuan eksportir Indonesia:

ASEAN

Produk dapat bergerak bebas melintasi perbatasan tanpa pemeriksaan pabean dan kami dapat memberi saran tentang dokumen apa pun yang mungkin diperlukan.

Nomor pendaftaran PPN pembeli harus ditunjukkan pada faktur. Jika ini tidak ditampilkan maka Anda harus membebankan PPN dengan tarif yang berlaku di ASEAN

Seluruh dunia

Mengekspor ke luar ASEAN dapat membuka peluang yang lebih luas dan menciptakan tantangan baru. Meskipun PPN lebih sederhana, Anda mungkin akan menggunakan Letters of Credit untuk pertama kalinya atau menemukan persyaratan untuk formulir bea cukai tertentu.

Baca juga: 10 Software HR Terbaik dan Cara Memilihnya

7. Dapatkan bayaran dan dapatkan asuransi

Begitu pesanan mulai masuk, Anda harus dibayar. Kami dapat membantu memastikan Anda melakukannya dengan:

Incoterms

Aturan yang disepakati secara internasional yang menetapkan persyaratan pengiriman untuk barang yang diperdagangkan lintas batas.

Pembeli dan penjual menyetujui rincian syarat penjualan untuk mencegah kesalahpahaman atau perselisihan.

Incoterms mengatur tanggung jawab untuk biaya pengangkutan barang, asuransi, pajak atau bea, titik penjemputan, tujuan, dan tanggung jawab atas barang pada setiap tahap.

Dokumen ekspor

Dapatkan dokumen yang tepat untuk memasuki pasar.

Kutipan tertulis

Penawaran tertulis harus mencantumkan rincian produk Anda termasuk ukuran dan format kemasan, serta kemungkinan biaya tambahan untuk menyediakan pelabelan dan kemasan ekspor yang mungkin Anda bebankan kepada pelanggan.

Menetapkan harga dan persyaratan pengiriman (incoterms), perkiraan tanggal pengiriman pada saat kedatangan dan syarat dan ketentuan pembayaran sangat penting untuk menghindari perselisihan lebih lanjut.

Keterlambatan, atau tidak terbayarnya tagihan adalah risiko dan asuransi bisa menjadi pertimbangan.

Setiap pelanggan baru yang meminta bentuk kredit perdagangan memerlukan pemeriksaan kredit.

Surat kredit yang tidak dapat dibatalkan dapat disarankan yang akan menjamin pembayaran sesuai dengan persyaratan kredit dan pada tingkat yang disepakati.

Pastikan Anda diasuransikan untuk barang-barang Anda selama transportasi.

Baca juga: 10 Daftar Aplikasi ERP Terbaik yang Bisa Anda Pilih

8. Pertimbangan hukum

Memahami lingkungan hukum dan peraturan di semua negara tujuan ekspor Anda sangatlah penting.

Kami dapat membantu menyiapkan dokumen Anda dan menghubungkan Anda dengan pengacara internasional jika diperlukan.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan:

  • Apakah sertifikat kepatuhan produk dan pertanggungan tanggung jawab Anda berlaku di luar negeri?
  • Periksa hak kekayaan intelektual dan merek dagang terdaftar Anda.

9. Logistik transportasi

Sekarang Anda telah melakukan penjualan dan menyetujui persyaratannya, Anda harus mendapatkan barangnya di sana! Jadi pastikan Anda memilih metode logistik dan transportasi yang jelas.

Dari asuransi Incoterms Anda, bea dan bea cukai, hingga kemasan yang Anda butuhkan dan metode transportasi atau pengirim barang yang diperlukan.

Baca juga: Manufacturing Overhead Control: Pembahasan Lengkap dan Tipsnya

10. Ketahui peluang lain

Selamat. Sekarang Anda telah berhasil menjadi eksportir internasional. Pekerjaan tidak berhenti di sini.

Sekarang Anda perlu meningkatkan peluang bisnis berulang dan menjadi eksportir internasional yang andal dengan merek yang solid.

Tips terbaik meliputi:

  • Tetap berhubungan secara teratur dengan pelanggan Anda dan dapatkan umpan balik untuk meningkatkan penawaran Anda.
  • Kirim tepat waktu dan jangan membuat orang menunggu. Jika penundaan tidak dapat dihindari, pastikan Anda berkomunikasi lebih awal dan sering dengan pelanggan Anda dan terus perbarui kemajuan mereka.
  • Jangan berpuas diri. Mengawasi pelanggan potensial lainnya sehingga Anda dapat meningkatkan penjualan Anda. Lanjutkan aktivitas promosi Anda dan terus kunjungi pameran dagang.

Baca juga: 8 Cara Memasarkan Produk Makanan, Efektif untuk Bisnis!

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai cara menjadi eksportir sukses dan juga hal yang perlu Anda perhatikan.

Melebarkan bisnis untuk pasar internasional memang memiliki tantangan tersendiri, terlebih jika Anda baru pertama kali melakukan proses ekspor untuk produk Anda.

Dengan mengikuti tips diatas, kami berharap akan memudahkan Anda dalam melakukan proses ekspor dan Anda bisa mengenalkan produk Anda lebih luas ke seluruh dunia.

Pastikan juga Anda mencatat setiap transaksi dengan berbagai jenis mata uang dengan lebih mudah menggunakan Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dri 10 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia, termasuk para eksportir profesional.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 3 =