Sukses Bisnis dengan Produk Terlaris Tahun 2020 Ini

Sukses Bisnis dengan Produk Terlaris Tahun 2020

Tanpa terasa tahun 2020 sudah berjalan hampir setengahnya. Beberapa bulan yang lalu, ada beberapa pihak (biasanya majalah) yang merilis produk-produk yang diprediksi akan laris di tahun 2020. Kira-kira apa saja produk yang masuk ke prediksi produk terlaris tahun 2020?

Produk yang Diperkirakan Laris pada Tahun 2020

Memperkirakan suatu produk akan laris biasanya dilihat dari produk-produk yang terus bertahan di tahun sebelumnya. Berikut produk-produk yang diprediksi akan laris pada tahun 2020:

1. Botol Air Minum atau Tumbler

produk terlaris 2020 tumbler

Produk pertama yang diperkirakan akan laris pada tahun 2020 adalah botol minum atau tumbler. Kamu pasti sudah sangat familiar dengan merek tumble Tupperware. Tupperware merupakan sebuah merek peralatan rumah tangga yang terbuat dari plastik, termasuk di dalamnya wadah penyimpanan, wadah penyajian, dan beberapa peralatan dapur lainnya. Produk ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1946.

Botol minum atau tumbler diperkirakan akan laris pada tahun 2020 karena banyaknya kedai kopi atau kafe yang menjual botol minum agar mereka dapat menjual kopi tanpa gelas plastik yang tidak ramah lingkungan. Tren botol minum kafe ini dipelopori oleh salah satu coffee shop terkenal Starbucks. Karena tren ini akhirnya kafe-kafe di Indonesia ikut menjual tumbler yang dilengkapi dengan logo bisnis mereka.

Dengan adanya tren ini diharapkan masyarakat dapat mengurangi limbah plastik yang berasal dari bekas wadah minum. Buat kamu yang kreatif juga bisa mengkreasikan tempat minum atau tumbler yang unik dan khas kemudian dijual ke pasaran.

2. Minyak Esensial

produk terlaris 2020 minyak esensial

Minyak esensial merupakan minyak harum yang didapatkan dari penyulingan tanaman, bunga, akar, kayu, ataupun biji buah. Minyak esensial memiliki manfaat untuk relaksasi, menenangkan pikiran, dan juga dapat digunakan untuk menawarkan beberapa penyakit. Penyakit-penyakit yang dapat ditawarkan dengan minyak esensial antara lain masalah pencernaan (papermint), memperbaiki suasana hati (lemon), masalah tidur (lavender), mengurangi nafsu makan (jeruk bali merah), mengobati flu dan pilek (minyak kayu putih), mencegah infeksi (minyak tea tree), dan meningkatkan fokus (chamomile).

Produk minyak esensial digemari masyarakat karena aromanya yang menenangkan. Ada banyak pilihan yang bisa dilakukan untuk memakai minyak esensial ini, kamu bisa langsung mengoleskannya ke badan atau memasukannya ke dalam wadah diffuser agar aromanya dapat tercium ke seluruh ruangan.

3. Aksesoris Ponsel

produk terlaris 2020 asesoris hp

Dengan perkembangan teknologi ponsel saat ini, aksesoris ponsel menjadi sesuatu yang diminati di pasaran. Apalagi saat ini selalu ada produk smartphone baru setiap bulannya. Dengan adanya produk smartphone baru, aksesoris ponsel akan selalu dibutuhkan oleh pengguna smartphone. Ada berbagai aksesoris ponsel yang dapat dijual di pasaran, mulai dari tempered glass, case, gantungan ponsel, headphone, earphone, charger, tripod, tongsis, sampai asesoris yang digunakan untuk melindungi ponsel ketika berenang.

4. Tas Reusable

 tas reusable

Isu lingkungan hidup menjadi perhatian beberapa tahun terakhir. Setelah beralihnya penggunaan gelas plastik sekali pakai ke botol minum atau tumbler, masyarakat juga mulai beralih dari kantong plastik ke tas reusable yang ramah lingkungan. Perubahan ini juga sangat didukung oleh pemerintah, mengingat banyaknya sampah plastik saat ini.

Ada berbagai produk tas reusable yang dijual di pasaran. Selain bisa dijual dengan polos, tas ini juga dapat dikreasikan dengan motif-motif tertentu. Di YouTube sendiri telah banyak tutorial yang menayangkan cara membuat tas reusable ini.

5. Produk Kosmetik dan Perawatan Tubuh

kosmetik

Produk kosmetik merupakan produk yang akan selalu laris di pasaran. Peminatnya pun kini tidak hanya berasal dari kaun wanita, kaum pria kini juga mulai menggunakan produk kosmetik untuk perawatan badan. Banyak produk kosmetik dan perawatan tubuh yang ada di pasaran, seperti body care, hair care, skincare, hingga make-up.

Setiap bulan selalu ada produk baru yang dikeluarkan oleh brand-brand produk kecantikan. Tentu ini akan membuat banyak produk baru yang bisa dipasarkan. Selain itu dengan adanya produk baru, orang-orang juga akan penasaran dengan produk tersebut.

Produk-produk Terlaris di Tahun 2020

Manusia hanya bisa memperkirakan dan merencanakan, termasuk dalam bisnis. Setelah memperkirakan produk-produk yang akan laris di tahun 2020, ternyata banyak perubahan yang terjadi di tahun 2020. Perubahan ini terjadi karena adanya pandemi Covid-19 yang tersebar di seluruh dunia. Karena adanya pandemi Covid-19 produk yang awalnya tidak dipredisikan akan laris di tahun 2020 mendadak sangat dibutuhkan. Kira-kira apa saja produk-produk tersebut?

1. Masker Kain

produk terlaris 2020 masker kain

Masker kain menjadi salah satu produk yang laris di tahun 2020. Hal ini dikarenakan adanya virus Covid-19. Di tengah pandemi Covid-19, masker menjadi kebutuhan wajib yang harus dipakai saat keluar rumah. Dikarenakan masker medis yang langka dan diprioritaskan untuk tenaga medis, masker kain menjadi alternatif untuk pencegahan virus Covid-19. Selain bahannya yang mudah didapatkan, masker kain juga bisa diproduksi oleh siapa saja.

Ada berbagai inovasi masker kain yang dibuat penjahit. Mulai dari masker kain satu lapis, dua lapis, tiga lapis sampai masker kain yang dibuat fashionable dengan tambahan brukat atau motif tertentu. Berikut cara pembuatan masker kain:

Alat dan Bahan:

  • Mesin jahit (jika ada)
  • Jarum dan benang jahit
  • Gunting
  • Peniti atau penjepit kertas untuk pola kain
  • Bahan kain dengan ukuran 20×20 cm. Kamu bisa gunakan bahan katun atau kaos untuk bahan masker kain
  • Tali karet dengan lebar 1 cm dan panjang 2×15 cm. Kamu juga bisa memakai tali bahan kain

Langkah-langkah Membuat Masker Kain:

  • Pilih sepotong kain yang akan digunakan, cuci bersih dan keringkan
  • Ukur dan potong kain dengan ukuran 15×10 cm. Jika ingin membuat masker dengan double kain, gunakan dua kain. Begitu juga dengan masker triple kain, gunakan tiga lapis kain.
  • Tumpuklah kain tersebut, jepit menggunakan jarum pentul, penjepit kertas ataupun menggunakan peniti. Jahitlah bagian sisi atas dan bawahnya. Buatlah lipatan horisontal seperti kipas, tahan dengan jarum pentul.
  • Siapkanlah tali karet atau bisa menggunakan tali dari bahan kain yang dijahit. Selipkan tali di bagian kanan dan kiri kain, lipat bagian sisi kain dan jahitlah dengan perlahan.
  • Masker kain siap dipakai.

2. Jamu Tradisional

produk terlaris 2020 jamu

Di tengah pandemi Covid-19 jamu tradisional juga mulai diminati oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan adanya info dari pemerintah bahwa kandungan-kandungan dalam jamu tradisional dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah virus Corona. Buat kamu yang ingin mengkonsumsi jamu tradisional, kamu tidak perlu membelinya di warung atau pasar karena kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Ada berbagai jenis jamu yang bisa kamu buat di rumah, di antaranya:

Jenis-jenis Jamu Tradisional Beserta Manfaatnya

  • Jamu beras kecur, dibuat dari ekstrak kencur, jahe, asam dan juga beras. Jamu beras kencur memiliki manfaat menambah nafsu makan, menghilangkan pegal linu, dan juga untuk meningkatkan stamina.
  • Jamu kunyit asam, dibuat dari kunyit dan asam jawa, terdapat tambahan seperti gula merah, temulawak dan rempah-rempah lainnya. Jamu kunyit asam memiliki manfaat untuk mengatasi masalah haid, mencerahkan kulit dan juga untuk diet.
  • Jamu Temulawak, dibuat dari temulawak, asam jawa, daun pandan, gula aren, dan jinten. Jamu temulawak ini memiliki manfaat untuk menambah nafsu makan, menyembuhkan berbagai keluhan seperti pusing, mual, dan juga menghilangkan gejala masuk angin.
  • Jamu Sinom, dibuat dari sinom (daun asam muda), temulawak, kunyit, kapulaga, kayu manis, pala, gula merah, dan gula pasir. Jamu sinom memiliki manfaat menambah nafsu makan, mengatasi maag, dan juga dapat mengatasi keputihan pada wanita.
  • Jamu Cabe Puyang, dibuat dari cabe jamu, puyang, dan rempah lainnya. Jamu cabe puyang memiliki manfaat untuk menghilangkan pegal linu dan kesemutan.
  • Pahitan, dibuat dari daun sambiloto, atau bisa juga ditambahi brotowali. Jamu pahitan memiliki manfaat mengatasi pagal, menambah nafsu makan, mencegah risiko penyakit diabetes, dan sebagai terapi ‘cuci darah’.
  • Uyub-uyub, dibuat dari kencur, jahe, bangle, laos, kunir, temulawak, puyang, dan temugiri. Uyub-uyuban memiliki manfaat untuk memperlancar asi, menghilangkan bau badan, dan mengatasi kembung.
  • Jamu Kunci sirih, dibuat dari rimpang kunci dan daun sirih. Jamu ini memiliki manfaat untuk menghilangkan keputihan, merapatkan bagian kewanitaan, dan juga bisa untuk memperkuat gigi.
  • Jamu Galian singset, dibuat dari kencur, temulawak, kunyit, asam jawa, kayu manis, merica, laos, serai, kunyit, cengkeh, kapulaga, ketumbar, dan rempah-rempah lainnya. Jamu galian singset memiliki manfaat menjaga kesehatan organ kewanitaan.

3. Rempah-rempah

rempah-rempah

Selain jamu, rempah-rempah juga menjadi produk yang laris di tengah pandemi Covid-19. Terlebih untuk membuat jamu diperlukan bahan yang berasal dari bahan rempah-rempah. Berikut rempah-rempah yang menjadi produk paling dicari tahun 2020:

  • Jahe
  • Kayu manis
  • Bawang putih
  • Ginseng
  • Kunyit
  • Cokelat
  • Ketumbar
  • Cengkeh
  • Lengkuas
  • Kemiri
  • Kencur
  • Temulawak
  • Daun salam
  • Daun mint

4. Sabun Cuci Tangan Organik

produk terlaris 2020 sabun cuci tangan

Sabun cuci tangan menjadi produk yang sangat dibutuhkan di tengah pandemi Covid-19. Sabun cuci tangan dapat menghilangkan bakteri dan virus yang ada di tangan sehingga tidak masuk ke dalam tubuh. Produk yang awalnya tidak begitu diminati kini menjadi incaran banyak orang. Namun selain membeli sabun cuci tangan di supermarket, sebenarnya kamu juga bisa membuatnya sendiri, lho. Kamu juga bisa membuat sabun organik yang berasal dari bahan alam. Berikut cara membuat sabun cuci tangan organik:

Alat dan bahan:

  • Hand blander.
  • Cetakan sabun.
  • Timbangan digital, wadah, dan takaran.
  • Minyak zaitun, minyak kelapa sawit, dan minyak kelapa.
  • Air demineral.
  • Bahan perisa, bubuk kopi, ekstrak buah dan sayur, dan lainnya.
  • Soda api.
  • Sarung tangan dan masker.

Cara membuat:

  • Gunakan sarung tangan dan masker untuk perlindungan diri.
  • Larutan wadah A: Tuang 250 gr air ke dalam wadah, lalu masukan 115 gr soda api, campur dengan diaduk. Diamkan dalam suhu ruang.
  • Larutan wadah B: Tuang 320 gr minyak zaitun, 240 gr minya kelapa sawit, dan 240 gr minyak kelapa ke dalam wadah. Campurkan bahan perisa secukupnya ke dalam larutan. Aduk dengan hand blander.
  • Tuang larutan wadah A ke wadah B.
  • Aduk rata dengan hand blander hingga mengental.
  • Tuang dalam cetakan dan diamkan selama 1×24 jam di dalam suhu ruang.
  • Setelah membeku, keluarkan dari cetakan dan potong sesuai kebutuhan.

5. Hand Sanitizer

hand sanitizer

Hand sanitizer menjadi produk yang dicari-cari di tengah pandemi Covid-19. Bahkan saking diburu, produk satu ini sampai langka dan dijual dengan harga selangit. Memang apa sih manfaat dari hand sanitizer ini? Berikut manfaat dari hand sanitizer yang menjadi barang idaman di tengah pandemi:

  • Mencegah bakteri dan untuk menjaga kebersihan.
  • Untuk membersihkan benda-benda lain seperti gadget dan gagang pintu saat tidak tersedia air dan sabun.
  • Membersihkan tinta spidol permanen.
  • Menghapus cat kuku.

Kesimpulan

Di tengah pandemi Covide-19 yang melanda dunia, banyak hal yang mendadak berubah. Termasuk dengan produk-produk yang laris di tahuan 2020. Pada awalnya, banyak pihak yang memprediksikan produk-produk yang laris seperti tumbler, tas reusable sampai produk kecantikan. Namun karena pandemi Covid-19, produk-produk seperti masker kain, sabun cuci tangan, hand sanitizer lebih dibutuhkan.

Buat kamu yang ingin membuka usaha produk-produk tersebut bisa dilakukan dengan menjadi reseller atau jika kamu memiliki kemampuan untuk memproduksi sendiri, kamu bisa memproduksi sendiri di rumah. Jangan lupa untuk mengelola keuangan bisnismu dengan baik, karena berkembangnya suatu usaha dilihat dari pengelolaan keuangan. Buat kamu yang kesulitan mengelola keuangan, bisa gunakan software akuntansi dari Kledo. Kamu bisa kunjungi Kledo di https://kledo.com dan kamu akan mendapatkan semua fitur yang dibutuhkan untuk bisnismu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *