Ingin Membuat Ringkasan Eksekutif? Yuk Pelajari Contohnya di Sini!

Ringkasan Eksekutif

Dalam penulisan proposal bisnis, ada beberapa hal yang harus tercantum di dalamnya, seperti pendahuluan, profil bisnis, struktur organisasi perusahaan, produk, target pasar, keuangan, dan strategi pemasaran. Namun di luar itu semua ada bagian yang sangat penting yang harus ada di dalam proposal bisnis, yaitu executive summary atau contoh ringkasan eksekutif.

Ringkasan eksekutif merupakan ulasan ringkas yang berisi penjelasan garis besar rencana bisnis atau poin-poin kerja sama yang ingin ditawarkan. Ringkasan eksekutif ini memiliki fungsi agar pembaca dalam hal ini calon mitra tertarik dengan proposal bisnis yang Kawan Kledo tulis.

Dengan begitu mitra yang mendapatkan tawaran kerja sama dapat mengambil langkah selanjutnya, menerima atau menolak tawaran yang Kawan Kledo ajukan. Lalu bagaimana contoh ringkasan eksekutif agar proposal yang Kawan Kledo ajukan dapat diterima oleh calon mitra?

Sebelum membahasnya lebih lanjut Kledo mau menjelaskan terlebih dahulu apa itu ringkasan eksekutif dan apa saja manfaatnya.

Ringkasan Eksekutif

contoh ringkasan eksekutif

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ringkasan eksekutif memiliki tujuan menarik calon mitra agar mau bekerja sama dengan bisnis yang Kawan Kledo miliki.

Ringkasan eksekutif ini menjadi pertemuan pertama Kawan Kledo sebagai pengaju proposal dengan calon mitra sehingga Kawan Kledo harus membuatnya semenarik mungkin agar calon mitra tertarik untuk bekerja sama.

Berikut hal-hal yang harus Kawan Kledo perhatikan dalam membuat ringkasan eksekutif:

  • Ringkasan eksekutif berisi ringkasan ide gagasan dan pesan yang ingin Kawan Kledo sampaikan. Untuk itu Kawan Kledo harus menulis ringkasan eksekutif ini dengan singkat, padat, jelas, dan juga terdapat nilai jual di dalamnya. Isi dari bagian ini adalah identitas Kawan Kledo, jenis barang yang dibuat, jenis produk, masalah yang akan dihadapi dan penyelesaiannya, rincian pendanaan, tenggat waktu pengembalian modal, dan lainnya.
  • Kawan Kledo dapat menuliskan ringkasan eksekutif di akhir. Banyak orang merasa kebingungan saat menulis ringkasan eksekutif karena menuliskannya di awal. Padahal, penulisan ringkasan eksekutif sebaiknya dilakukan di akhir, sedangkan di awal tulislah bagian dari proposal bisnis. Tulislah ringkasan eksekutif hanya dalam 1-2 halaman.

Selian digunakan saat mengajukan proposal bisnis, ringkasan eksekutif juga dapat digunakan saat perusahaan ingin merekrut tenaga ahli. Ringkasan eksekutif tidak hanya harus memenuhi kaidah penulisan proposal bisnis, namun juga harus disesuaikan dengan ciri khas perusahaan.

Untuk itu sebaiknya penyusunan ringkasan eksekutif mengacu pada ringkasan eksekutif yang sebelumnya pernah dibuat oleh perusahaan. Hal ini dikarenakan kesinambungan ringkasan eksekutif dari satu proyek dengan proyek lainnya dapat meyakinkan calon mitra untuk menjalin kerja sama.

Baca juga: Ikuti Aturan Baku Pembuatan Surat Penolakan Lamaran Kerja Ini

Manfaat dari Ringkasan Eksekutif

manfaat ringkasan eksekutif

Ringkasan eksekutif memiliki beberapa manfaat baik bagi orang yang mengajukan proposal ataupun bagi calon mitra. Apa saja manfaat tersebut?

Menjalin Kerja Sama dengan Mitra

Manfaat pertama yang didapatkan Kawan Kledo yang mengajukan proposal bisnis adalah dengan adanya ringkasan eksekutif ini Kawan Kledo dapat menjalin kerja sama dengan mitra.

Hal ini dikarenakan dengan adanya ringkasan eksekutif calon mitra dapat mengetahui infromasi bisnis secara singkat tanpa harus membaca perencanaan bisnis yang panjang.

Download Contoh Surat Penawaran Kerjasama untuk Pebisnis

Mengetahui Informasi Bisnis

Kedua, dengan adanya ringkasan eksekutif dari pihak calon mitra dapat mengetahui informasi bisnis dengan singkat dan jelas. Calon mitra tidak perlu membaca proposal secara detail yang biasanya membutuhkan waktu lebih lama.

Dengan adanya ringkasan eksekutif ini calon mitra dapat mengetahui kelayakan proposal bisnis dan dapat segera memutuskan akan menerima tawaran tersebut atau tidak.

Mengetahui Jumlah dan Tujuan Investasi

Sebuah ringkasan eksekutif yang baik di dalamnya akan memuat informasi mengenai jumlah dan tujuan investasi, jangka waktu pinjaman, kelayakan pendanaan, dan pernyataan pembayaran.

Baca juga: Buat Bisnis Lebih Profesional dengan Contoh Surat Jalan Barang Ini

Panjang Ringkasan Eksekutif

Aturan umum ringkasan eksekutif harus sesingkat mungkin. Hal ini karena audiens memiliki waktu dan perhatian yang terbatas dan mereka ingin mendapatkan detail rencana bisnis secepat mungkin.

Cobalah untuk menyimpan ringkasan eksekutif di bawah 2 halaman jika memungkinkan, meskipun bisa lebih banyak jika benar-benar diperlukan.

Kawan Kledo mungkin dapat menulisnya di satu halaman menggunakan format Lean Plan. Di sini Kawan Kledo dapat mempelajari lebih lanjut tentang format rencana bisnis satu halaman itu dan berikut format yang dapat diikuti:

1. Deskripsi Produk, Layanan, dan Masalah yang Ingin Dipecahkan

Sertakan deskripsi singkat tentang produk atau layanan yang Kawan Kledo tawarkan dan mengapa itu perlu. Bisnis Kawan Kledo tidak perlu melayani masalah sosial yang lebih besar, tetapi harus menjawab kebutuhan pelanggan atau peluang di pasar.

2. Deskripsikan Target Pasar

Target pasar adalah siapa yang Kawan Kledo pikir akan menjadi pelanggan setiap bisnis Kawan Kledo. Terkadang nama produk itu sendiri mendefinisikan pasar, seperti “Makanan Thailand Terbaik Peoria”, atau “Aksesori Dashboard Mini Cooper”.

Jika tidak, maka deskripsi singkat tentang target pasar—audiens utama, atau orang-orang yang menurut Kawan Kledo akan mengeluarkan uang untuk solusi Kawan Kledo sudah cukup.

3. Kompetitor

Setiap bisnis pastinya memiliki kompetitor, maka jelaskan secara singkat bagaimana bisnis Kawan Kledo akan membedakan bisnis Kawan Kledo dengan bisnis lainnya. Apakah Anda bersaing pada harga, kualitas, atau yang lainnya? Jelaskan secara singkat apa yang membuat bisnis Anda berbeda di sini.

4. Tinjauan Keuangan

Jika perusahaan Kawan Kledo merupakan perusahaan yang telah berkembang, ini mungkin sesederhana menyoroti penjualan dan pertumbuhan tahunan baru-baru ini selama setahun terakhir. Untuk sebuah startup, mungkin deskripsi singkat tentang aspirasi, seperti target perkiraan penjualan untuk tahun depan atau tiga tahun dari sekarang.

Ini dilakukan dengan merekomendasikan grafik highlight sederhana, grafik batang dengan penjualan dan margin kotor untuk tiga tahun ke depan.

5. Tim

Ini sangat penting bagi perusahaan pemula. Investor ingin tahu siapa yang berada di balik ide bisnis dan mengapa Kawan Kledo dan tim adalah orang yang tepat untuk membangun bisnis. Mungkin juga bermanfaat untuk menyoroti celah apa pun dalam tim ini dan bagaimana Kawan Kledo berniat untuk mengisinya.

Jika Kawan Kledo memiliki calon mitra atau kandidat, sebutkan secara singkat dan kembangkan kualifikasi mereka dalam rencana bisnis secara lengkap.

6. Kebutuhan Pendanaan

Jika Kawan Kledo menggunakan rencana bisnis atau business plan untuk mengumpulkan uang untuk bisnis, ringkasan eksekutif Anda harus menyoroti berapa banyak uang yang Kawan Kledo cari. Investor ingin mengetahui hal ini terlebih dahulu dan tidak perlu menggali melalui rencana bisnis untuk menemukan detail ini.

Membuat Ringkasan Eksekutif

membuat ringkasan eksekutif

Dalam penyusunan ringkasan eksekutif, ada kaidah yang harus dipenuhi yaitu konten yang ditulis memiliki unsur 5W1H dan juga dapat menjelaskan hal-hal berikut ini:

Masalah dan Solusinya

Hal pertama yang harus ada dalam ringkasan eksekutif adalah masalah beserta solusinya. Hal ini dikarenakan dalam sebuah proposal bisnis harus dijelaskan latar belakang masalah dan mengidentifikasikannya agar dapat diselesaikan. Dalam menuliskan masalah ini harus dibarengi dengan solusi yang akan dilakukan agar calon mitra tertarik dengan kerja sama yang Kawan Kledo ajukan.

Target Pasar yang Ingin Dituju

Hal kedua yang harus tertulis dalam ringkasan eksekutif adalah target pasar yang ingin dituju. Dengan menuliskan target pasar ini calon mitra akan mengetahui kepada siapa produk akan dijual.

Ada 2 (dua) pendekatan yang bisa Kawan Kledo gunakan dalam menyikapi pasar, yaitu bisnis yang didorong oleh pasar atau bisnis yang mendorong pasar.

Sebagai contoh, bisnis yang didorong oleh pasar adalah bisnis travel, sedangkan bisnis yang mendorong pasar adalah bisnis perencanaan keuangan.

Pada intinya ringkasan eksekutif yang Kawan Kledo buat dapat menjawab pada siapa barang akan dijual dan juga manfaat apa yang akan didapatkan dengan membeli produk tersebut.

Banner 1 kledo

Kompetitor

Selain target pasar, dalam ringkasan eksekutif Kawan Kledo juga harus menyertakan siapa yang akan menjadi kompetitor dalam bisnis Kawan Kledo. Dengan begitu Kawan Kledo dapat menetapkan langkah yang akan dilakukan agar dapat bersaing dengan kompetitor tersebut.

Ringkasan Keuangan

Menyertakan ringkasan keuangan menjadi sesuatu yang penting dalam penulisan ringkasan eksekutif karena pada akhirnya yang dicari dalam sebuah bisnis adalah keuntungan.

Dengan adanya ringkasan keuangan calon mitra akan mengetahui keadaan keuangan bisnis Kawan Kledo dan mengetahui cara Kawan Kledo dalam mengelola keuangan. Meski tidak rinci, pastikan ringkasan keuangan tersebut ditulis secara jelas.

Pencapaian

Pencapaian yang ditulis dalam ringkasan eksekutif akan menjadi pertimbangan calon mitra untuk menerima kerja sama yang Kawan Kledo ajukan. Hal ini dikarenakan Kawan Kledo dianggap cukup berprestasi untuk dijadikan mitra bisnis dan calon mitra dapat memperkecil risiko kerugian dengan bermitra dengan orang yang berprestasi.

Kawan Kledo dapat memasukan contoh produk yang pernah dibuat, informasi jumlah pelanggan, dan juga informasi pengunjung situs jika Kawan Kledo menjual produk secara online.

Komponen Ringkasan Eksekutif

contoh ringkasan eksekutif

Ada banyak variasi dalam penyusunan ringkasan eksekutif, namun setidaknya harus ada beberapa komponen berikut ini. Apa saja kira-kira?

Pengantar Ringkasan Eksekutif

Bagian pengantar ditulis pertama kali dan menjelaskan latar belakang masalah sehingga diperluka kerja sama pemilik bisnis dengan calon mitra. Pada bagian ini dijelaskan juga sudah sejauh apa proyek ini telah dikerjakan dan juga sertakan solusi yang akan dilakukan untuk menangani permasalahan yang ada. Jadikan kerja sama dengan mitra sebagai solusi dari masalah yang ada.

Lokasi

Lokasi menjadi bagian kedua yang tertulis dalam ringkasan eksekutif. Lokasi dalam ringkasan eksekutif ditulis secara lengkap mulai dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan/desa, dan juga RT/RW.

Peluang Pasar

Selanjutnya adalah menyertawakan peluang pasar dalam penulisan ringkasan eksekutif. Tulislah peluang pasar dengan jelas sesuai sesuai dengan riset yang telah dilakukan.

Skema Kerja Sama yang Ditawarkan

Pada bagian skema kerja sama yang ditawarkan jelaskan bentuk kerja sama yang ingin dilakukan. Kawan Kledo bisa memilih kerja sama melalui KPBU (Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha) atau bisa juga memilih bentuk kerja sama lainnya.

Rencana Investasi

Jangan lupa menyertakan rencana investasi pada ringkasan eksekutif karena bagian menjadi bagian terpenting dalam pengajuan kerja sama. Rencana investasi ini dapat berupa nilai belanja modal yang dibutuhkan dari pihak-pihak investor. Jelaskan juga target penjualan produk, target keuntungan yang ingin dicapai, kapan balik modal, dan juga potensi kerugian yang kemungkinan dapat terjadi.

Struktur Organisasi

Bagian terakhir yang harus ditulis dalam ringkasan eksekutif adalah struktur organisasi dimana menjelaskan para pemangku kepentingan dalam kerja sama bisnis. Susunlah struktur organisasi sebaik mungkin yang dapat mewakili pencapaian dan kualitas usaha Kawan Kledo.

Tips Menulis Ringkasan Eksekutif

Tidak peduli mengapa Kawan Kledo menulis ringkasan eksekutif, ada beberapa aturan umum yang membuatnya lebih mudah, dan pada akhirnya lebih efektif. Berikut beberapa tips menulis ringkasan eksekutif:

1. Pikirkan Ringkasan Eksekutif sebagai Promosi

Pikirkan ringkasan eksekutif sangat mirip dengan elevator pitch, tetapi dengan batasan. Ringkasan yang baik menjual sisa rencana, tetapi itu tidak bisa hanya penjualan yang sulit — itu harus benar-benar meringkas rencananya.

Pembaca mengharapkannya untuk mencakup bisnis, produk, pasar, dan sorotan keuangan Kawan Kledo. Kawan Kledo akan menyoroti apa yang paling menarik minat pembaca, untuk mencapai tujuan bisnis langsung dari rencana ini. Tetapi pembaca Kawan Kledo mengharapkan poin-poin penting tercakup.

2. Tulis Terakhir

Jangan mulai menulis rencana bisnis Kawan Kledo dengan ringkasan eksekutif ini. Meskipun ringkasan eksekutif berada di awal rencana bisnis yang telah selesai, banyak pengusaha berpengalaman memilih untuk menulis ringkasan eksekutif setelah mereka menulis yang lainnya.

Idealnya, ringkasan eksekutif singkat—biasanya hanya satu atau dua halaman, lima di bagian luar—dan menyoroti poin-poin yang telah Kawan Kledo buat di bagian lain dalam rencana bisnis, jadi jika Kawan Kledo menyimpannya untuk akhir, itu akan cepat dan mudah.

3. Buat Ringkasan Eksekutif Sesingkat Mungkin

Buatlah ringkasan eksekutif secara singkat dan padat. Banyak para ahli yang merekomendasikan satu halaman, hanya satu atau dua halaman, tidak lebih dari lima, dan terkadang bahkan lebih lama.

Buat ringkasan eksekutif sesingkat mungkin tanpa melewatkan hal-hal penting. Satu halaman lebih baik dari dua, dan dua lebih baik dari lima, dan lebih dari lima halaman terlalu panjang.

4. Tetap Buat Ringkasan Eksekutif dengan Sederhana

Formulir mengikuti fungsi, jadi jangan terlalu memperumit atau menjelaskan hal-hal dalam ringkasan Kawan Kledo. Kebanyakan ringkasan eksekutif adalah teks pendek, seringkali dengan peluru, dipecah menjadi subjudul.

Ilustrasi seperti gambar produk, atau diagram batang yang menunjukkan sorotan keuangan, biasanya merupakan tambahan yang disambut baik.

5. Prioritaskan bagian Berdasarkan Kepentingan dan Kekuatan

Atur ringkasan eksekutif hingga informasi yang paling penting muncul terlebih dahulu. Tidak ada urutan penampilan item-item kunci yang berbeda yang disertakan, justru sebaliknya— jadi gunakan urutan untuk menunjukkan penekanan.

Pimpin dengan apa yang paling Kawan Kledo ingin mendapatkan perhatian, dan ikuti dengan item dalam urutan kepentingan. Cenderung menyukai ringkasan yang dimulai dengan menyatakan masalah karena dapat menambah drama dan urgensi yang memberikan solusi dalam bisnis ini.

6. Gunakan untuk Memo Ringkasan Eksekutif

Setelah selesai, gunakan kembali sebagai memo ringkasan. Ini adalah bab pertama dari rencana formal, tetapi Kawan Kledo juga dapat menggunakannya sebagai “memo ringkasan” yang berdiri sendiri. Investor sering meminta perusahaan rintisan untuk mengirim memo ringkasan alih-alih rencana bisnis lengkap.

Ini mungkin dokumen pendek, sering dilampirkan ke email, atau hanya ringkasan dalam email. Kawan Kledo juga dapat menggunakannya lagi untuk mengisi profil startup di platform investasi atau untuk mengajukan inkubator atau kompetisi rencana bisnis.

Contoh Ringkasan Eksekutif

Periode laporan ringkasan eksekutif Kledo
Contoh ringkasan eksekutif Kledo
Kas pada laporan ringkasan eksekutif Kledo

Bagian pertama yang ada pada laporan ringkasan eksekutif adalah kas. Kas pada “Laporan Ringkasan Eksekutif” berisi detail mutasi kas selama periode yang ditunjuk. Kas terintegrasi langsung dengan “Laporan Ringkasan Bank” di “Akuntansi”.

Profitabilitas pada laporan ringkasan eksekutif Kledo

Pada bagian kedua Kawan Kledo akan menemui profitabilitas. Profitabilitas pada “Laporan Ringkasan Eksekutif” berisi ringkasan data mencakup pendapatan dan biaya. Profitabilitas ini terintegrasi langsung dengan “Laporan Laba Rugi” di “Finansial”.

Laporan Neraca Kledo

Neraca masuk pada bagian ketiga dalam laporan ringkasan eksekutif. Neraca pada “Laporan Ringkasan Eksekutif” berisi ringkasan data mencakup komponen “Laporan Neraca” yang terdiri atas Aset, Liabilitas, dan Modal Pemilik. Jelas, Neraca ini terintegrasi langsung dengan “Laporan Neraca” di “Finansial”.

Laporan pendapatan Kledo

Selanjutnya, Kawan Kledo akan menemui kolom pendapatan. Pendapatan pada “Laporan Ringkasan Eksekutif” berisi ringkasan data mencakup transaksi penjualan yang telah terjadi dalam suatu periode. Pendapatan ini terintegrasi langsung dengan “Laporan Tagihan Pelanggan” di “Penjualan”.

Laporan ringkasan eksekutif Kledo

Pada kolom performa “Laporan Ringkasan Eksekutif” Kawan Kledo akan melihat analisa terkait rasio profitabilitas. Perhitungan rasio profitabilitas didasarkan pada data Profitabilitas dan Neraca.

Laporan posisi keuangan Kledo

Terakhir, Kawan Kledo akan menemukan kolom posisi. Posisi pada “Laporan Ringkasan Eksekutif” berisi analisa terkait rasio solvabilitas. Perhitungan rasio solvabilitas didasarkan pada Neraca dan “Laporan Neraca” di “Finansial”.

Kesimpulan

Ringkasan eksekutif merupakan bagian yang ditulis dalam proposal bisnis dengan tujuan menarik calon mitra agar mau bekerja sama dengan bisnis yang Kawan Kledo kembangkan. Kawan Kledo dapat menggunakan contoh ringkasan ekskutif di atas atau Kawan Kledo bisa mengaksesnya langsung di sini.

Selain contoh ringkasan eksekutif, Kledo juga dilengkapi fitur-fitur keuangan lainnya yang pastinya akan membuat pengelolaan keuangan jadi lebih mudah.

Dengan software akuntansi Kledo, Kawan Kledo bisa membuat laporan keuangan tanpa harus melakukan pencatatan secara manual. Selain itu, Kledo juga memiliki tampilan yang cantik sehingga laporan keuangan Kawan Kledo jadi lebih menarik. Tunggu apa lagi, yuk daftar Kledo sekarang juga!

2 thoughts on “Ingin Membuat Ringkasan Eksekutif? Yuk Pelajari Contohnya di Sini!

  1. Terima kasih pak bos atas tulisannya. Saya keleyengan cari artikel terkait bagaimana cara mambuat ringkasan eksesutif ini karena baru kali ini ada klien yang minta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *