Sedang Mencari Software Akuntansi Retail? Perhatikan Hal Ini

software akuntansi retail

Software akuntansi dalam bisnis retail adalah hal yang sangat membantu dalam proses operasional bisnis dan menentukan kesuksesan bisnis Anda.

Seperti yang diketahui retailer mana pun, kesuksesan melibatkan lebih dari sekadar menukar barang dengan uang.

Anda perlu memahami merchandising produk, periklanan dan pemasaran, kontrol stok, layanan pelanggan, riset pasar, negosiasi pemasok, dan banyak lagi.

Dan kemudian ada akun. Arus kas, penggajian, pajak, buku besar dan sebagainya, semua harus dilacak dengan hati-hati. Dengan uang masuk dan keluar sepanjang waktu, Anda tidak akan ingin membiarkan transaksi apapun tidak tercatat.

Semua ini berarti Anda tidak dapat menjalankan bisnis ritel yang sukses tanpa menyimpan catatan terperinci. Dan di situlah software akuntansi berkualitas baik dapat membantu usaha retail Anda.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan beberapa hal yang perlu Anda pahami sebelum memilih software akuntansi untuk bisnis retail.

Bagaimana Software Akuntansi membantu Pengembangan Bisnis Retail Anda?

software akuntansi retail

Software akuntansi tidak hanya untuk mencatat transaksi. Banyk software akuntansi saat ini (seperti Kledo) dapat dihubungkan ke banyak aplikasi lain.

Hal ini memberi Anda ratusan alat yang berpotensi bergabung untuk membantu Anda mengelola bisnis retail Anda menjadi lebih baik

Saat memutuskan software akuntansi mana yang akan akan Anda gunakan, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

Apakah itu dirancang untuk bisnis retail?

Apakah perangkat lunak bekerja dengan baik untuk bisnis retail? Untuk mengetahui hal ini secara pasti, Anda bisa membaca forum online dan spesifikasinya dengan seksama.

Lalu pastikan juga Anda mencoba menggunakan software akuntansi tersebut dan memahami fitur yang ada didalamnya.

Selanjutnya Anda bisa mencocokannya dengan kebutuhan bisnis Anda sehingga Anda bisa mengerti apa yang Anda butuhkan dan apa yang Anda cari.

Ingatlah, memilih software akuntansi yang tepat adalah hal penting untuk pemilik bisnis apapun. Jika sistem yang Anda pilih tidak sesuai maka Anda tidak hanya membuang-buang uang, tapi juga membuang waktu Anda yang berharga.

Baca juga: Simak! Ini Fitur Software Akuntansi yang Wajib Ada

Apakah itu memiliki beberapa tingkat akses?

Sebaiknya Anda memilih software yang memiliki tingkat izin yang berbeda untuk pemilik, pengelola, dan orang lain dengan otorisasi khusus.

Anda tidak ingin semua orang di lantai toko memiliki akses penuh ke akun Anda.

Terlebih, data keuangan dalam bisnis merupakan data yang sangat penting. Oleh sebab itu keamanannya harus terjamin.

Fitur multi pengguna dengan tingkat izin khusus juga memudahkan Anda dalam melacak kesalahan informasi yang mungkin terjadi saat penginputan data transaksi.

Bisakah itu mencatat transaksi dan mengelola penggajian?

Hampir semua software akuntansi menangani transaksi, tetapi penggajian mungkin hanya tersedia sebagai peningkatan. Periksa sebelum Anda membeli.

Atau solusi lainnya, Anda bisa menocoba menggunakan software akuntansi yang terintegrasi secara sempurna dengan aplikasi HRIS dan payroll.

Salah satu software akuntansi yang memiliki fitur integrasi seperti ini adalah Kledo yang terintegrasi dengan GajiHub.

Jika Anda tertarik, Anda bisa mencobanya secara gratis melalui gambar di bawah ini:

Banner 2 kledo

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi Online Bagi Bisnis

Bisakah itu melacak inventaris?

Beberapa software akuntansi memiliki fitur ini, yang lain tidak.

Sama seperti fitur penggajian, Anda bisa menggunakan aplikasi lain yang bisa diintegrasikan dengan mulus ke aplikasi manajemen persediaan yang memiliki fitur lebih lengka.

Lakukan riset secara mendalam, karena ini adalah fitur yang sangat berguna untuk para retailer.

Namun jika Anda menggunakan Kledo, Anda tidak perlu khawatir dengan fitur manajemen inventaris. Karena Kledo memiliki fitur manajemen inventaris terlengkap seperti multi gudang, manajemen stok, multi cabang, dan masih banyak lagi.

Apakah berbasis cloud?

Saat ini sudah banyak pemilik bisnis yang bealih menggunakan solusi akuntansi berbasis cloud dibandingkan dengan software akuntansi desktop.

Hal ini karena sistem akuntansi berbasis cloud memberi Anda akses ke akun Anda dari mana saja kapan saja, biaya dukungan yang lebih rendah, pencadangan otomatis, dan koneksi yang mudah ke aplikasi lain.

Ini juga sangat berguna jika Anda pemilik bisnis retail yang memiliki mobilitas tinggi dan harus selalu memantau perkembangan usaha Anda secara real time.

Apakah itu scalable dan extensible?

Scalable berarti akan tumbuh seperti perusahaan Anda, memungkinkan Anda menambahkan pengguna baru saat Anda membutuhkannya.

Extensible berarti Anda dapat menambahkan fitur baru ke perangkat lunak hanya dengan membeli aplikasi bisnis tambahan baru.

Kedua hal ini penting Anda pertimbangkan supaya Anda tidak perlu mengganti sistem saat bisnis Anda sudah semakin berkembang.

Mengganti sistem tidak hanya mahal, namun juga menghabiskan banyak waktu untuk beradaptasi dalam sistem baru.

Hal ini tentunya akan menyulitkan keseluruhan operasi dalam bisnis Anda jika Anda menggunakan sistem baru dan berbeda dari sistem akuntansi sebelumnya.

Software akuntansi retail mana pun yang Anda pilih, pastikan untuk menyimpan semua informasi penting Anda dengan aman dan terjamin.

Ini termasuk catatan penjualan, laporan pinjaman, informasi bank dan data pajak. Anda akan membutuhkan semuanya untuk pengembalian pajak Anda, dan juga jika bisnis Anda pernah diaudit.

Baca juga: Sedang Cari Software Akuntansi Restoran? Perhatikan Hal Ini

12 Tips Terbaik untuk Pengelolaan Akuntansi Retail yang Efektif

software akuntansi retail

Menggunakan perangkat software akuntansi retail Anda secara teratur sebagai bagian dari operasi bisnis harian Anda akan membantu Anda mendapatkan yang terbaik darinya.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam mengelola akuntansi bisnis retail Anda.

1. Catat setiap transaksi

Setiap penjualan, setiap pembelian, setiap pembayaran staf, setiap tagihan pajak. Catat semuanya, sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang bisnis Anda.

Sekecil apapun nilai dari biaya yang Anda dapatkan atau keluarkan dalam bisnis, pastikan Anda mencatatnya untuk mendapatkan informasi keuangan yang faktual.

2. Periksa dan rekonsiliasi

Periksa semua transaksi secara teratur (idealnya sekali sehari) dan pastikan jumlahnya bertambah. Lakukan ini sendiri atau minta akuntan melakukannya untuk Anda.

Melakukan rekonsiliasi manual memang sedikit memakan waktu, namun dengan menggunakan software akuntansi berbasis cloud, Anda bahkan bisa melakukannya saat Anda dalam perjalanan ke tempat liburan.

3. Tinjau perbedaan antara uang masuk dan uang keluar

Karena perbedaan ini akan berdampak pada k euntungan atau kerugian Anda, maka sangat penting untuk Anda selaku pemilik bisnis untuk memeriksa setiap nilai yang mengalami perbedaan sekecil apapun.

Awasi terus hal ini untuk melihat bagaimana kinerja bisnis Anda sehari-hari. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan informasi keuangan yang valid dan sesuai dengan keadaan bisnis Anda sebenarnya.

Baca juga: Tips Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis Anda

4. Kumpulkan semua informasi pajak yang diperlukan

Kumpulkan setiap kwitansi, faktur dan buat cadangan dari seluruh bukti transaksi yang terjadi dalam bisnis Anda.

Periksa undang-undang perpajakan terbaru untuk informasi yang harus Anda pegang untuk tujuan pajak dan penggajian. Pastikan itu disimpan dengan aman.

Ingatlah untuk selalu up-to date dengan regulasi perpajakan, sehingga Anda bisa dengan baik menghitung nilai pajak yang harus Anda bayar.

Sebagai contoh adalah tentang kenaikan PPN dari 10% ke 11%

5. Pastikan buku besar didefinisikan dengan benar

Siapkan buku besar yang tepat di software akuntansi Anda – minta bantuan akuntan di sini jika perlu.

Buku besar adalah rangkuman semua jenis transaksi yang terjadi di perusahaan.

Jika Anda salah memposting transaksi ke buku besar, maka akan berdampak dalam pembuatan laporan keuangan usaha Anda.

6. Selalu perbarui buku besar

Pindahkan tanda terima Anda dari penjualan dan pembelian ke dalam buku besar Anda.

Lakukan ini setiap hari jika memungkinkan, atau setidaknya tiga kali seminggu. Anda tidak akan mau ketinggalan, apalagi jika bisnis sedang dalam masa permintaan atau jumlah penjualan yang tinggi.

Baca juga: Mencari Software Akuntansi Untuk Toko Online? Perhatikan Hal ini

7. Dapatkan perspektif dari pihak luar

Mintalah penasihat keuangan atau akuntan Anda meninjau buku besar Anda seminggu sekali atau sebulan sekali. Penting untuk mengidentifikasi perbedaan atau kekurangan arus kas sesegera mungkin.

Hal ini penting untuk meminimalisir kesalahan yang Anda buat, terutama jika Anda tidak mengetahui secara mendalam tentang ilmu akuntansi.

8. Lakukan pelaporan rutin

Manfaatkan fitur canggih pada software akuntansi Anda. software akuntansi retail terbaik dapat menghasilkan laporan yang berguna untuk membantu Anda memahami bagaimana bisnis Anda berjalan.

Dengan software akuntansi Kledo misalnya, Anda bisa membuat lebih dari 30 jenis laporan keuangan dalam 1 kali klik, kapan saja dan dimana saja.

Dengan begitu, Anda tidak akan melewatkan setiap informasi keuangan yang penting dalam bisnis Anda.

9. Simpan setiap dokumen fisik

Penting untuk menyimpan dokumen seperti tanda terima dan faktur, bersama dengan pemberitahuan pembayaran untuk inventaris atau penggajian.

Semua dokumen ini bisa menjadi bukti jika terjadi masalah hukum dalam bisnis Anda atau saat terjadi pemeriksaan audit.

10. Pisahkan rekening bisnis dari pribadi

Jika Anda pemiliki bisnis, pastikan Anda memiliki rekening bank terpisah untuk keuangan bisnis dan pribadi.

Pertimbangkan untuk menyiapkan rekening bank terpisah untuk pengeluaran dan pendapatan masuk juga.

Mungkin terdengar rumit, tetapi cara ini membuat Anda lebih mudah untuk melihat dan memantau kesehatan keuangan bisnis Anda secara optimal.

Baca juga: Tips Memilih Software Akuntansi Manufaktur Terbaik

11. Ingatlah untuk mengajukan pengembalian pajak

Ikuti tenggat waktu pemerintah untuk pengembalian pajak, pengembalian pajak karyawan, dan semua pelaporan lain yang diperlukan. Lihat situs web pemerintah untuk tanggal-tanggal penting.

12. Perhatikan arus kas Anda

Atur proses dan kontrol untuk memeriksa arus kas Anda secara berkala. Bagikan informasi ini dengan penasihat tepercaya, seperti akuntan Anda. Jangan biarkan kekurangan kas mempengaruhi operasional dalam bisnis Anda.

Baca juga: Sedang Mencari Software Akuntansi Usaha Dagang? Perhatikan Hal ini

Kesimpulan

Teknologi telah memungkinkan retailer untuk mengelola laba dan proses akuntansi mereka dengan lebih baik.

Dengan semua angka di ujung jari Anda, software akuntansi yang baik dapat menyusun laporan dan inforamsi keuangan yang akan membantu Anda melihat dengan tepat bagaimana kinerja bisnis Anda.

Jadi jangan sampai tertinggal. Software akuntansi ritel yang tepat seperti Kledo akan membantu Anda memaksimalkan keuntungan dan memenuhi kebutuhan pelanggan Anda yang selalu berubah. Coba Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × one =