Sedang Mencari Software Akuntansi Kontraktor? Perhatikan Hal Ini!

software akuntansi kontraktor

Keberadaan software akuntansi sangat dibutuhkan oleh semua jenis usaha, termasuk usaha kontraktor. Sebab, software akuntansi ini akan membantu kelancaran dan pengelolaan keuangan bisnis Anda.

Perlu diingat, bahwa Anda hanya dapat membangun bisnis konstruksi Anda jika secara finansial sehat. Menjadi sehat secara finansial dimulai dengan pengelolaan uang yang baik. Tingkatkan manajemen Anda dengan perangkat lunak akuntansi yang hebat.

Menemukan perangkat lunak akuntansi dapat menjadi tugas yang menakutkan seperti menyelesaikan pajak Anda, jadi berikut adalah tips untuk menemukan perangkat lunak akuntansi konstruksi yang tepat.

Apa Saja Manfaat Software Akuntansi bagi Bisnis Kontraktor?

software akuntansi kontraktor

Sebelum mempelajari tips memilih software akuntansi yang tepat untuk bisnis Anda, ada baiknya Anda mengenal lebih dulu manfaat penggunaan perangkat lunak akuntansi ini untuk bisnis konstruksi Anda.

Berikut merupakan manfaat software akuntansi bagi bisnis konstruksi yang wajib Anda ketahui:

Perintah dan Kontrol Proyek yang Lebih Menguntungkan

Setiap tindakan pada proyek konstruksi pasti akan menghasilkan atau justru membutuhkan uang.

Sehingga sistem pelacakan, pencatatan, dan pengelolaan waktu, bahan, biaya, pesanan perubahan, pekerjaan subkontraktor, dan faktor lainnya harus ditingkatkan secara eksponensial dengan perangkat lunak yang efisien.

Data dari software akuntansi akan memberikan gambaran proyek keuangan dan operasional terkini.

Itu lebih baik daripada terlambat mengetahui bahwa sesuatu – atau banyak hal – pada sebuah proyek tidak bekerja dengan baik dan mempengaruhi keuntungan bahkan hanya akan menciptakan kerugian bagi bisnis Anda.

Baca juga: Tips Memilih Software Akuntansi Manufaktur Terbaik

Memungkinkan Piutang dan Hutang yang Lebih Cepat dan Akurat

Informasi yang dihasilkan perangkat lunak lebih mudah dikompilasi, ditinjau, dan diverifikasi.

Hasilnya adalah bisnia Anda bisa melakukan proses pembayaran dan penagihan yang lebih efisien.

Meningkatkan Kepercayaan Klien Potensial

Seberapa baik dan dengan biaya berapa perusahaan Anda dapat menyelesaikan sebuah proyek secara langsung berkaitan dengan seberapa baik Anda dapat mengelola dan memperhitungkan berbagai komponennya.

Apabila perangkat lunak akuntansi Anda bisa mengesankan klien, itu menambah kredibilitas pada bobot promosi Anda untuk memenangkan proyek tender yang menguntungkan bisnis Anda.

Pencatatan Lebih Aman

Pencatatan sangat penting bagi kehidupan bisnis Anda. Ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari kelalaian, monitor kondisi keuangan, dan memastikan bahwa kerja sama bisnis Anda bisa ter-handle dengan baik.

Sayangnya, pencatatan yang dilakukan secara manual membutuhkan tambahan biaya yang lumayan banyak serta menyita waktu yang cukup lama.

Selain itu, dokumen yang dicatat secara manual, akan rawan terjadi kehilangan dan tingkat keamanannya sangat renda.

Namun, dengan menggunakan software akuntansi, pencatatan semua transaksi bisa dilakukan secara otomatisasi. Sehingga bisa hemat biaya dan waktu.

Dan juga, software akuntansi dengan sistem cloud akan menjamin keamanan data Anda baik dari risiko kehilangan maupun serangan virus digital yang membahayakan bisnis Anda.

Akses Informasi yang Lebih Baik

Ketika pengumpulan data dipusatkan melalui perangkat lunak akuntansi, ini memungkinkan akses langsung ke informasi terkini untuk semua orang yang terlibat, pekerjaan berjalan lebih lancar.

Juga, akses langsung tersebut dapat mencegah atau menyelesaikan perselisihan argumen, memperbaiki kesalahan, atau mencegah kesalahan terjadi.

Dan karena semua orang mengetahui hal yang sama pada saat yang sama, ini bisa menghemat waktu dalam rapat, konferensi, dan perencanaan.

Pengajuan Pajak

Wajib pajak di industri yang kompleks seperti konstruksi memiliki kemampuan yang lebih besar untuk memastikan pajak mereka dihitung dan dibayar dengan benar – dan bahwa mereka dapat mempertahankan diri dari tuduhan ketidakakuratan dari otoritas pajak.

Oleh karenanya, penggunaan software akuntansi bagi bisnis kontraktor sangatlah penting. Sebab, software ini akan memudahkan pencatatan dan pelaporan pajak Anda.

Serta, software akuntansi meminimalisisr terjadinya salah hitung berapa jumlah pajak yang harus Anda bayarkan.

Pelaporan keuangan

Manfaat software akuntansi selanjutnya yakni memudahkan Anda untuk meyusun pelaporan keuangan.

Alih-alih harus mengecek ribuan dokumen secara manual, dengan menggunakan software akuntansi, Anda bisa memperoleh data keuangan yang Anda butuhkan hanya dengan hituingan detik saja.

Dalam bisnis, dikenal pepatah yang menyatakan bahwa waktu adalah uang. Oleh karenanya, Anda harus menggunakan software akuntansi untuk bisnis kontraktor Anda guna menghindari pemborosan waktu.

Baca juga: Tips Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis Anda

Hal yang Harus Dipertimbangkan dalam Memilih Software Akuntansi Kontraktor

Sebelum memilih software akuntans, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan yaitu:

Apa Kebutuhan Perusahaan Anda?

Langkah pertama, sebelum memilih menggunakan software akuntansi adalah berdiskusi dengan seluruh karyawan.

Dari personel toko, yang akan menerima inventaris, hingga CFO, yang akan menjalankan laporan.

Tanyakan kepada orang-orang ini, tugas apa yang idealnya dilakukan oleh perangkat lunak? Tugas apa dalam perangkat lunak saat ini yang tidak dioperasikan secara efisien?

Apa Manfaat dari Software Akuntansi terhadap Bisnis Kontraktor Anda?

Diskusikan manfaat waktu dan biaya yang mungkin diterima perusahaan konstruksi Anda dari perangkat lunak akuntansi. Manfaat potensial meliputi:

  • Menghilangkan kebutuhan untuk menggandakan pekerjaan track dalam spreadsheet excel atau aplikasi luar lainnya.
  • Mengurangi waktu terkait penggunaan dokumen kertas. Banyak perangkat lunak dapat menyimpan semua dokumen secara elektronik.
  • Meningkatkan integrasi kantor ke lokasi kerja melalui aplikasi tambahan ke perangkat lunak akuntansi.
  • Meningkatkan pemahaman tentang pekerjaan individu, yang dapat mengarah pada peningkatan estimasi, penganggaran, peramalan dan prediksi biaya untuk pekerjaan saat ini dan masa depan.

Baca juga: Mencari Software Akuntansi untuk Toko Online? Perhatikan Hal Ini

Apakah Software Akuntansi Anda Saat Ini Sudah Memenuhi Kebutuhan Di Atas?

Mengubah software akuntansi adalah komitmen dari setiap level perusahaan konstruksi Anda.

Setelah Anda mengumpulkan daftar kebutuhan Anda, luangkan waktu untuk menentukan apakah perangkat lunak Anda saat ini memiliki kemampuan untuk memenuhinya.

Pertimbangkan penambahan modul, pelatihan dan dukungan yang ditawarkan oleh vendor.

Juga pertimbangkan tingkat kepuasan Anda dengan vendor Anda saat ini. Jika Anda menentukan perangkat lunak Anda saat ini tidak dapat memenuhi kebutuhan Anda saat ini dan masa depan, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan software akuntansi lainnya.

Jika, setelah penilaian di atas, mengubah perangkat lunak akuntansi adalah pilihan terbaik, berikut adalah empat hal yang perlu dipertimbangkan:

Perangkat Lunak Akuntansi Terintegrasi vs Dasar Perangkat

Perangkat lunak akuntansi konstruksi yang terintegrasi penuh membantu memastikan penetapan biaya pekerjaan Anda dan buku besar akuntansi bisa disesuaikan satu sama lain.

Sistem yang terintegrasi penuh mencakup hal-hal seperti, penggajian konstruksi, penagihan, kontrol pembelian dan subkontrak, laporan buku besar berdasarkan pekerjaan, dan laporan pekerjaan.

Perangkat lunak akuntansi dasar tidak akan menyertakan modul khusus untuk penetapan biaya pekerjaan.

Namun, mungkin ada sistem penetapan biaya pekerjaan terpisah untuk memenuhi kebutuhan Anda dan dapat digunakan bersama perangkat lunak akuntansi Anda.

Catatan: Dalam kebanyakan kasus, akan bermanfaat untuk beralih ke perangkat lunak yang terintegrasi penuh setelah perusahaan konstruksi Anda secara teratur memiliki pendapatan tahunan 3 Milyar atau memiliki lima atau lebih pekerjaan utama yang terjadi pada satu waktu.

Akses & Portabilitas

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan termasuk akses banyak pengguna, preferensi keamanan, dukungan bisnis ganda, berbasis cloud versus berbasis server, dan akses seluler.

Menentukan apa yang dibutuhkan perusahaan konstruksi Anda, akan membantu menghilangkan opsi perangkat lunak yang tidak memenuhi persyaratan minimal.

Pengetahuan yang Diperlukan

Langkah selanjutnya adalah mempertimbangkan pengetahuan dan kemauan karyawan Anda.

Beberapa perangkat lunak memerlukan pengetahuan akuntansi tingkat tinggi untuk digunakan, sementara yang lain ditujukan untuk individu dengan pendidikan atau pengalaman akuntansi yang terbatas.

Biaya

Langkah terakhir adalah mempertimbangkan kemampuan finasial bisnis Anda.

Sadarilah semua aspek biaya perangkat lunak. Ini termasuk biaya untuk upgrade, lisensi tahunan, biaya dukungan, pelatihan dan biaya perangkat keras.

Seringkali, fitur premium bukan bagian dari paket perangkat lunak dasar dan memiliki biaya tambahan tambahan.

Baca juga: Sedang Mencari Software Akuntansi Usaha Dagang? Perhatikan Hal Ini

Kledo, Software Akuntansi yang Cocok Digunakan Bisnis Kontraktor

software akuntansi kontraktor

Kontraktor merupakan salah satu bisnis yang cukup kompleks dimana setiap harinya Anda harus berhadapan dengan banyak transaksi di waktu yang bersamaan.

Untuk itu, Anda membutuhkan software akuntansi yang mempunyai fitur lengkap untuk membantu menjalankan bisnis Anda.

Kledo bisa Anda jadikan sebagai pilihan software akuntansi. Sebab, Kledo mempunyai beragam fitur terlengkap mulai dari pencatatan proses transaksi, membantu interaksi dengan pelanggan, hingga penyusunan laporan keuangan.

Mulai dengan 130 ribu saja, Anda sudah bisa mendapatkan layanan terlengkap dari Kledo.

Dan juga, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis melalui gambar di bawah ini.

Banner 3 kledo

Baca juga: Sedang Cari Software Akuntansi Restoran? Perhatikan Hal Ini

Kesimpulan

Bisnis kontraktor merupakan bisnis yang setiap hrinya melibatkan transaksi yang rumit sehingga membutuhkan bantuan software akuntansi.

Namun, ada baiknya Anda harus mempertimbangkan beberap hal yang sudah kami jelaskan di atas, dalam mengambil keputusan pemilihan software akuntansi.

Kledo merupakan software akuntansi dengan fitur terlengkap dan sangat mudah digunakan.

Apabila Anda masih awam tentang akuntansi maupun cara penggunaan software, tim kami selalu siap untuk membantu Anda memberikan pemahaman dan panduan penggunaan Kledo.

Apabila Anda tertarik menggunaka Kledo gratis selama 14 hari, Anda bisa menggunakannya melalui link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three + nine =