10 Tips Usaha Pemula yang Wajib Diperhatikan Pebisnis Baru

tips usaha pemula

Sedang mencari tips usaha untuk pemula? Membangun sebuah bisnis menguntungkan bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Ada berbagai tantangan dan ketidakpastian, terutama jika Anda adalah seorang pemula yang ingin membangun usaha.

Dengan ketidakpastian dan rendahnya pengalaman, membangun bisnis bagi pemula bisa menjadi hal yang sangat menyulitkan, terlebih di tengah persaingan yang ketat saat ini.

Oleh sebab itu, pada artikel ini kami akan menjelaskan tips usaha yang bisa membantu Anda sebagai pemula untuk bisa bertahan dan mendatangkan keuntungan dalam bisnis Anda.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membangun Bisnis

Tidak ada bisnis yang sukses dan berkembang dalam satu malam. Bahkan mereka yang lebih berpengalaman, juga pasti akan menemui jalan yang sulit dalam membangun bisnis baru.

Ada berbagai pertimbangan yang harus diperhatikan saat membangun bisnis, seperti modal, passion, pengalaman, teknologi, pasar, dan hal lainnya.

Tidak ada ilmu pasti yang akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis dengan mulus dan tanpa hambatan. Cara sukses di bisnis lain belum tentu cocok jika diadaptasikan ke bisnis Anda.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin memiliki bisnis yang berkembang hal yang harus Anda perhatikan adalah keinginan untuk terus dan mau belajar, selalu bersiap untuk ketidakpastian, mengambil keputusan berdasarkan data, dan bersiaplah rugi (ingat, tidak semua bisnis berjalan mulus).

Selain itu, dapat dipastikan jika setiap pebisnis yang sukses pada awalnya menghabiskan lebih banyak waktu dalam mengelola bisnisnya. Ini berarti Anda akan kehilangan waktu bersama keluarga, teman, dan otang-orang yang Anda cintai.

Jadi persiapkan diri Anda berada di jalan sepi, sendiri.

Baca juga: Tips Mencari Modal Usaha dan Hal yang Harus Diperhatikan

10 Tips Usaha Pemula yang Harus Anda Lakukan

Seperti yang kami bilang diatas, tidak ada ilmu pasti untuk memastikan bisnis Anda berkembang. Konsisten dan terus belajar dari kesalahan akan membantu Anda dalam bertahan dari ketidakpastian.

Namun, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dan sudah terbukti untuk membuat bisnis baru berkembang. Dan inilah 10 tips usaha untuk pemula yang harus Anda perhatikan.

1. Fokus pada bisnis yang bisa Anda lakukan dengan baik

Selalu pilih bisnis yang bisa Anda tangani dengan baik. Memulai bisnis tanpa memiliki pengetahuan yang tepat dapat membuat Anda rugi dalam jangka panjang.

Kumpulkan semua informasi yang Anda perlukan, lakukan riset, tanyakan kepada orang-orang yang terkait dengan bisnis Anda dan kemudian mulailah mengerjakannya.

Ini akan membantu Anda mendapatkan informasi yang benar dan membuat Anda maju dalam waktu yang lebih singkat. Selain itu, Anda perlu menentukan anggaran dan pendapatan yang akan Anda hasilkan.

Fokuslah untuk membangun bisnis dengan kebanggan dan kesenangan dalam diri, dengan melakukan apa yang Anda lakukan begitu sering sehingga Anda melakukannya lebih baik daripada orang lain.

Walaupun pada dasarnya bisnis mencari untung, namun mengerjakan hal yang tidak Anda sukai dan tidak Anda paham akan membuat Anda merasa tertekan dan malah akan menurunkan keuntungan Anda, bukan?

2. Perhatikan niche bisnis Anda

Pemilihan niche adalah di mana orang sering menyadari bahwa mereka telah membuat kesalahan.

Jika Anda terlalu luas dengan bisnis umum, Anda mungkin kesulitan untuk mengetahui siapa audiens Anda. Jika Anda terlalu spesifik,Anda mungkin menemukan niche Anda terlalu sempit.

Tidak hanya itu, tetapi ada juga aspek musiman yang harus diperhatikan dalam membangun usaha. Misalnya, jika Anda terobsesi dengan Natal, Anda dapat membangun bisnis Natal tetapi Anda mungkin kesulitan menemukan pelanggan untuk produk Anda di bulan Februari.

Tip usaha pemula lain yang perlu dipertimbangkan adalah apakah Anda akan dapat memasarkan ulang kepada pelanggan untuk tahun-tahun mendatang.

Misalnya, jika Anda menjual pakaian hamil, wanita hanya hamil selama sembilan bulan. Setelah dia melahirkan, dia kemungkinan tidak akan berbelanja di toko itu lagi.

Jadi, ketika harus memutuskan niche, pilihlah niche yang populer sepanjang tahun (Google Trends dapat menunjukkan kepada Anda seberapa stabil niche tersebut).

Anda juga bisa memilih niche yang populer seperti setidaknya ratusan ribu pencarian bulanan seperti mode, kecantikan, kebugaran, atau dekorasi rumah.

Cobalah beberapa ide bisnis yang tidak biasa!

Baca juga: Niche Marketing: Pengertian Lengkap dan Strategi Mengembangkannya

3. Pastikan bisnis Anda bertujuan untuk memecahkan masalah bukan malah menambahnya

tips usaha pemula

Tip bisnis yang penting bagi usaha pemula adalah menciptakan bisnis yang memecahkan masalah.

Jika Anda bertanya kepada sebagian besar pemilik bisnis yang gagal, masalah apa yang mereka pecahkan, mereka tidak bisa menjawab atau masalah yang mereka pecahkan tidak cukup mendesak bagi pelanggan.

Masalah yang Anda pecahkan tidak perlu rumit seperti menyembuhkan penyakit kronis. Bisa jadi sederhana, seperti kami membantu orang mengatasi kebosanan dengan memberikan pengalaman yang menghibur.

Tetapi pada akhirnya, Anda perlu tahu apa yang ingin Anda capai dengan bisnis Anda.

Dengan mengetahui masalah apa yang sedang Anda selesaikan, Anda dapat menggunakannya dalam pemasaran Anda untuk membantu orang memahami bagaimana Anda dapat membantu mereka dengan baik.

Misalnya, jika Anda menjual produk anti-mendengkur, Anda akan ingin iklan Anda menunjukkan rasa frustrasi seorang pendengkur pada tidur seseorang.

Dan kemudian tunjukkan produk Anda sebagai solusi praktis yang akan memungkinkan mereka untuk tidur sepanjang malam lagi.

Baca juga: 10 Tips Memulai Usaha Sembako dan Kisaran Modal yang Diperlukan

4. Berorientasi pada kebutuhan pelanggan

Salah satu sumber konflik terbesar dalam bisnis berasal dari kebutuhan yang tidak terpenuhi.

Jika pelanggan tidak mendapatkan layanan atau produk yang mereka harapkan, kebutuhan mereka tidak akan terpenuhi, dan mereka akan merasa frustrasi.

Tips usaha pemula yang paling penting dalam mengelola hubungan pelanggan adalah selalu berempati dengan pelanggan.

Ketika Anda mengenali rasa frustrasi mereka sebagai rasa sakit karena tidak terpenuhinya kebutuhan mereka, maka akan lebih mudah untuk tidak menganggap kritik yang mereka lontarkan kepada Anda, secara pribadi.

Sebaliknya, Anda bisa fokus untuk mencoba mendengarkan apa yang mereka katakan dengan mencerminkan maksud di balik kata-kata mereka.

Dan pada akhirnya, Anda berupaya mencapai resolusi yang memenuhi kebutuhan mereka dan membuat pelanggan Anda merasa didengar.

Dengan melakukan hal ini alih-alih hanya memberikan pengembalian dana, Anda membuka pintu untuk membangun hubungan jangka panjang dengan mereka bahkan jika mereka kesal dengan pengalaman pertama mereka dengan merek Anda.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara melakukan ini, Anda dapat membaca buku Nonviolent Communication: A Language of Life karya Marshall B. Rosenberg, PhD.

Ingatlah, mental adalah hal penting dalam membangun sebuah bisnis, disisi lain pelanggan lebih banyak selalu benar. Jadi pastikan Anda lebih banyak mendengarkan daripada berbicara.

Baca juga: Tips Bisnis Minimarket dan Berapa Modal yang Dibutuhkan

5. Fokus pada keuntungan, bukan pendapatan

Sebagian besar pengusaha terobsesi dengan pendapatan. “Saya menghasilkan 900.000.000 dalam delapan bulan,” klaim mereka.

Dan Anda tidak bisa tidak bertanya, “Hal apa saja yang Anda lakukan untuk mendapatkan nilai tersebut?” Karena menggali lebih dalam, Anda akan sering menemukan bahwa keuntungan jauh lebih penting daripada pendapatan.

Tentu bagus, jika Anda menghasilkan pendapatan 900.000.000 tetapi jika keuntungan Anda setelah delapan bulan hanya 10.000.000 apakah itu benar-benar sepadan dengan pekerjaannya?

Dan apakah itu bahkan berkelanjutan? Mungkin tidak.

Beralihlah untuk beralih dari berpikir tentang pendapatan ke berpikir tentang keuntungan. Semakin banyak keuntungan yang Anda miliki, semakin banyak uang yang Anda miliki untuk diinvestasikan kembali dalam bisnis, karyawan, dan kesuksesan Anda sendiri.

Sebagai pengusaha, Anda dibayar terakhir. Biaya usaha batu Anda harus dibayar terlebih dahulu. Jadi, Anda pasti ingin memastikan Anda menghasilkan lebih dari cukup uang untuk memanjakan diri Anda juga.

Baca juga: Ingin Membangun Bisnis Online? Yuk Cek 20 Rekomendasi Ini!

6. Mulailah dengan fokus sempit terlebih dahulu kemudian diperluas

Amazon tidak dimulai sebagai toko yang menyediakan segalanya. Ini dimulai sebagai toko buku sederhana.

Dan mereka perlahan-lahan berekspansi ke mainan dan produk lain seiring berjalannya waktu untuk memperluas bisnis mereka.

Begitulah cara Anda membangun bisnis umum. Salah satu tips bisnis yang paling penting adalah selalu memulai dengan fokus yang sempit dan berkembang menjadi vertikal yang relevan saat Anda berkembang.

Dengan memiliki fokus yang sempit, Anda dapat membangun audiens setia yang tahu apa yang diharapkan dari Anda.

Ini juga memberi Anda audiens yang terdefinisi dengan baik untuk mempermudah pemasaran Anda.

Misalnya, Anda dapat memulai toko pakaian wanita. Pada awalnya mungkin Anda menjual pakaian. Tetapi pada akhirnya Anda dapat memperluas ke sepatu, perhiasan, aksesori fesyen, atau kecantikan.

Atau Anda bisa pergi ke arah yang berbeda dan berkembang menjadi mode pria dan mode anak-anak.

Kedua jenis toko online ini masuk akal dan memiliki pelengkap vertikal alami. Selain itu, Anda dapat menguji ide toko satu produk sebelum membuka situs web yang lebih besar.

Tapi pertama-tama, Anda harus bertujuan untuk memiliki audiens yang besar dan pembeli setia. Anda perlu tahu bahwa akan ada permintaan untuk vertikal yang akhirnya Anda perluas.

Baca juga: Ingin Berbisnis? Ini 15 Bisnis yang Laku Setiap Hari

7. Mulailah bisnis yang sesuai dengan kepribadian Anda

Menurut serial entrepreneur Naval Ravikant, ia percaya bahwa kecocokan produk/pasar sebenarnya haruslah kecocokan pendiri/produk/pasar.

Pada dasarnya, maksudnya adalah tidak ada orang lain yang bisa menjalankan bisnis itu lebih baik daripada Anda.

Idealnya, Anda harus memulai bisnis yang sesuai dengan keterampilan, pengalaman, dan kepribadian Anda.

Ini lebih dari sekadar melakukan passion Anda dan benar-benar melakukan apa yang ditakdirkan untuk Anda lakukan. Bagaimana Anda bisa berkontribusi secara bermakna kepada dunia melalui bisnis Anda?

Dengan melakukan sesuatu yang hanya bisa Anda lakukan, Anda bisa menciptakan warisan yang bertahan lama sambil membuat dampak di dunia.

Kesimpulan dari tip bisnis ini: mulailah usaha yang hanya Anda yang bisa memulainya.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Mainan Anak dan Bagaimana Tips Memulainya

8. Lakukan analisis pesaing

Jika Anda ingin tetap terdepan dalam persaingan, Anda perlu terus mengawasi pesaing Anda.

Banyak bisnis, akhir-akhir ini, memanfaatkan manfaat analisis pesaing. Tujuan utama analisis pesaing adalah untuk menemukan kekuatan dan kelemahan pesaing Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mengamati strategi yang membuat mereka tetap unggul dalam bisnis mereka. Anda dapat memulai dengan menganalisis persaingan saat ini dan potensial.

Untuk melakukan hal ini dengan mudah, Anda dapat melihat pasar dari sudut pandang pelanggan dan mengelompokkan semua pesaing berdasarkan tingkat persaingan mereka untuk mendapatkan pembeli.

Baca juga: 22 Cara Meningkatkan Keuntungan dalam Bisnis, Berani Coba?

9. Lakukan saja (bahkan jika tidak sempurna)

Tips untuk pemilik usaha baru selanjutnya berasal dari Nike, lakukan saja. Dan kami tidak hanya bermaksud untuk menyarankan Anda untuk sekedar memulainya.

Maksud kami, keluarlah dari kepala Anda, berhenti berpikir berlebihan, berhenti mempertanyakan apakah Anda melakukan keputusan yang tepat, dan lakukan saja.

Para wirausahawan baru terkadang bisa saja berada di jalur yang tepat dengan bisnis hanya karena pikiran buruk mengaburkan ide mereka. Tetapi itu hanya menunda kesuksesan Anda.

Apakah Anda akan membuat kesalahan? Tentu saja. Apakah akan ada tantangan? Pasti, dan Anda harus melompat tinggi untuk melewatinya. Tapi bukankah ini yang ingin Anda lakukan?

Kewirausahaan adalah tentang terjun ke dalam. Ini tentang mengambil risiko besar sehingga Anda dapat menjalani kehidupan yang Anda inginkan.

Tujuannya bukan untuk mendapatkan kesempurnaan. Tujuannya adalah membangun bisnis yang membantu orang memecahkan masalah.

Dan semakin cepat Anda bisa melakukannya, semakin cepat Anda bisa membuat hidup orang lain lebih baik. Itulah dampak bisnis Anda terhadap kehidupan seseorang. Jadi, semakin cepat Anda meluncurkannya, semakin banyak orang yang dapat Anda bantu.

10. Gunakan teknologi untuk efisiensi

Membangun bisnis saat ini tidak sama seperti membangun bisnis 20 tahun lalu. Teknologi sudah membantu setiap proses operasional usaha dan menghemat banyak waktu.

Misalnya, jika dahulu pemilik bisnis baru disulitkan dengan proses pencatatan pembukuan dan membuat laporan keuangan yang memakan waktu dan terjadi kesalahan, saat ini sudah tersedia banyak software akuntansi modern yang mudah digunakan dan membuat laporan keuangan dalam bebera klik, salah satunya Kledo.

Kledo adalah software akuntansi online buatan Indonesia yang sudah digunakan oelh lebih dari 35 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis.

Jika Anda ingin mencoba Kledo untuk proses akuntansi usaha yang lebih baik, Anda mencobanya secara gratis selama 14 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 2 kledo

Baca juga: Contoh Peluang Bisnis Online, Tantangan, & Tips Mengembangkannya

Kesimpulan

Itulah 10 tips usaha pemula yang bisa Anda lkukan dan hal yang harus Anda perhatikan sebelum membuka usaha.

Sederhananya, membangun usaha selalu akan ada pengorbanan seperti waktu, uang, atau pikiran. Anda harus selalu bersiap untuk kemungkinan terburuk sambil membuat rencana terbaik dalam pengembangan bisnis.

Semoga tips usaha pemula diatas bisa membantu Anda dalam mengembangkan bisnis sesuai impian Anda dan berguna bagi orang sekitar juga konsumen Anda.

Pasttkan juga Anda menggunakan teknologi untuk mempermudah proses operasional, seperti software akuntansi online Kledo yang bisa Anda coba secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen + 2 =