10 Software Akuntansi Terbaik untuk UMKM

software akuntansi umkm

Apakah Anda mencari software akuntansi dan pembukuan untuk UMKM Anda? Akan tetapi, banyak pemilik bisnis yang seringkali kesulitan bagi bisnis untuk menemukan softwara akuntansi yang memenuhi kebutuhan bisnis serta anggaran mereka.

Untuk membantu Anda, kami telah menyusun daftar 10 produk software akuntansi yang dapat membantu UMKM Anda.

Dalam artikel ini, kita juga akan membahas mengapa Anda memerlukan sofwtare akuntansi & pembukuan dan kriteria yang bisa digunakan untuk memilih perangkat lunak sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Mengapa UMKM Membutuhkan Software Akuntansi?

fitur software akuntansi

Setiap bisnis UMKM pasti memiliki banyak hal untuk dikelola dan diselesaikan setiap harinya. Dari pembelian hingga penjualan, keuangan hingga akuntansi, ada beberapa tugas yang sulit untuk dikelola pemilik usaha kecil.

Salah satunya yakni urusan akuntansi bisnis, di mana setiap transaksi memainkan peran penting dalam mengelola operasi bisnis. Selain itu, tugas mengelola akuntansi membutuhkan waktu lama karena mereka harus teliti dan berfokus pada detail.

Jika para pemilik bisnis menghabiskan banyak waktu hanya untuk urusan akuntansi, lalu bagaimana mereka dapat memperluas dan meningkatkan skala bisnis mereka untuk prospek masa depan?

Inilah sebabnya mengapa kebutuhan UMKM akan software akuntansi dapat membantu Anda menghemat waktu dan melakukan tugas-tugas akuntansi tanpa kesalahan, akurat dan efisien.

Mari kita lihat lima poin berikut yang membuat UMKM membutuhkan software akuntansi dan bagaimana hal itu dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya dalam banyak aspek:

1. Mengatasi catatan manual

Software akuntansi membantu Anda mengatasi pekerjaan manual dengan menginput data dan transaksi langsung ke halaman.

Hal ini juga memungkinkan Anda mendapatkan laporan perubahan harian dari semua transaksi yang memberikan informasi secara real time pada metrik penting Anda.

Baca juga: Activity Based Budgeting (ABB): Pengertian, Cara Hitung, dan Contohnya

2. Kemudahan dalam menjaga transaksi

Perangkat lunak akuntansi membantu Anda memanfaatkan fitur yang bisa menghubungkan rekening bank bisnis dan kartu kredit Anda. Daripada melakukan copy paste data dari spreadsheet ke spreadsheet lain, dengan menggunakan software akuntansi, Anda mendapatkan semua informasi transaksi di satu tempat.

Selain itu, Anda juga dapat mengetahui apa yang dibelanjakan dan apa yang masuk ke dalam bisnis dan dari mana Anda dapat memperoleh akses ke semua informasi.

3. Penyusunan laporan keuangan

Software akuntansi dapat membantu Anda membuat berbagai laporan dan laporan keuangan yang dibutuhkan pemilik UMKM untuk meminta dana dari investor agar bisa melakukan ekspansi di masa mendatang.

Mempersiapkan laporan laba rugi dan neraca secara manual merupakan pekerjaan yang membosankan. Namun, dengan perangkat lunak akuntansi, Anda dapat memperoleh informasi akurat dan membandingkan aktivitas transaksi dari bulan dan tahun sebelumnya dengan bulan saat ini berdasarkan pertumbuhan, tren penjualan, dan metrik utama lainnya.

Ini juga dapat membantu Anda membuat keputusan keuangan yang terinformasi dan praktis yang cocok untuk bisnis

4. Kategorisasi pengeluaran dan pendapatan

Software akuntansi akan mengelompokkan pengeluaran dan menjadwalkan tagihan Anda, apakah tagihan tersebut perlu dibayar secara online, dengan cek, kartu kredit, atau uang tunai.

Tentu ini bisa menghemat banyak waktu dalam mengelola arus kas, dan dengan menggunakan perangkat lunak akuntansi, Anda juga dapat mencatat pembayaran yang Anda terima dalam bentuk tunai/cek, membuat dan mengirim faktur berdasarkan tanggal, dan menerima pemberitahuan sehingga Anda tidak melewatkan jatuh tempo pembayaran.

5. Meningkatkan efisiensi

Software akuntansi membantu Anda mengotomatiskan tugas-tugas akuntansi yang membosankan dan berulang dengan tetap meningkatkan keakuratan data dan menjaga pembukuan tetap efisien dan bebas dari kesalahan.

Dengan menyerahkan semua pekerjaan Anda pada perangkat lunak akuntansi, Anda dapat berkonsentrasi pada tugas-tugas utama yang membutuhkan perhatian penuh Anda.

Secara keseluruhan, software akuntansi melayani tujuan yang tepat bagi pemilik usaha kecil untuk melacak akun dan pengeluaran, mempersiapkan perpajakan, dan mengawasi semua keuangan.

Baca juga: Akuntansi Proyek: Pengertian, Prinsip, Manfaat, dan Bedanya dengan Akuntansi Standar

Apa Saja Fitur Software Akuntansi yang Dibutuhkan UMKM?

Sekarang setelah kita mengetahui alasan UMKM membuthkan software akuntansi, penting untuk mengetahui berbagai fitur software yang sangat dibutuhkan oleh UMKM.

Mari kita lihat tujuh fitur teratas dari software akuntansi untuk usaha kecil.

1. Buku besar

Software akuntansi menyediakan fitur untuk melayani dan mengelola semua kebutuhan akuntansi Anda. Anda juga dapat memperbarui dan melihat transaksi secara real-time yang dimasukkan ke dalam buku besar, termasuk pendapatan, pendapatan, pengeluaran, aset, liabilitas, dan ekuitas.

2. Hutang dan piutang

Software akuntansi membantu Anda melacak, mengkategorikan, dan mengotomatiskan pembayaran ke vendor dan kreditur. Fitur ini memungkinkan Anda membuat jadwal dan melacak serta menyesuaikan faktur berdasarkan tanggal dan pengingat pelanggan otomatis untuk pembayaran yang terlambat.

Ini juga membantu Anda untuk mengingatkan pembayaran tagihan yang harus dibayarkan kepada kreditur sehingga Anda tidak melewatkan jatuh tenpo pembayaran.

Fitur lain yang disediakan software akuntansi untuk bisnis adalah menautkan rekening bank bisnis untuk melacak dan melakukan pembayaran secara real-time. Fitur ini juga dapat mengimpor data keuangan yang diperlukan untuk melakukan berbagai keperluan bisnis

4. Fitur rekonsiliasi

Rekonsiliasi adalah fitur penting yang disediakan software akuntansi untuk bisnis. Saat membandingkan catatan internal dari lembaga atau sumber keuangan, setiap perbedaan dapat direkonsiliasi berdasarkan uang yang dikeluarkan.

Baca juga: Apa Itu Budgeting? Berikut Adalah Penjelasan Lengkap dan 20 Tips Membuat Budgeting

5. Penggajian karyawan, fitur manajemen waktu dan pengeluaran

Software akuntansi juga memungkinkan Anda mengatur manajemen karyawan sehubungan dengan perhitungan gaji yang terutang, berbagai jenis jadwal pembayaran yang diikuti oleh bisnis, dan seluruh kompensasi.

6. Fitur laporan laba rugi

software akuntansi mencatat beban untuk menyiapkan semua laporan terkait akuntansi, termasuk laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas. Selain itu, jika bisnis kecil Anda memerlukan laporan khusus berdasarkan jumlah hari, bulan, atau tahun tertentu, maka software akuntansi bisa membantu Anda.

7. Manajemen persediaan

Jika Anda adalah bisnis kecil yang berurusan dengan produk, maka fitur manajemen inventaris software akuntansi akan benar-benar membantu Anda.

Fitur ini mencakup semuanya, mulai dari melacak tingkat dan tren stok inventaris hingga menempatkan pesanan secara otomatis dan memesan ulang item.

Baca juga: Berbagai Metode Analisis Akuntansi yang Perlu Anda Ketahui

10 Software Akuntansi Terbaik untuk UMKM

Kledo

Kledo merupakan software akuntansi karya asli anak bangsa yang hadir untuk membantu para pelaku UMKM terus tumbuh dan berkembang. Meskipun Kledo masih terhitung baru diluncurkan, namun software ini sudah digunakan lebih dari 35 ribu para pelaku usaha di seluruh Indonesia.

Kledo merupakan software berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap dibandingkan software akuntansi lainnya. Fitur tersebut misalnya aplikasi invoice, manajemen inventory, pembuatan 30 jenis laporan keuangan, perpajakan, penautan ke marketplace online, dan masih banyak lagi.

Berbagai fiturnya sangat mudah digunakan jadi sangat membantu para pelaku UMKM yang masih awam dengan dunia akuntansi dan keuangan. Perlu diketahui bahwa Kledo menyediakan 3 paket berlangganan bagi pelaku UMKM yakni paket Free, Pro, dan Elite. Yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan bisa di akses baik melalui laptop, tablet, maupun smartphone Anda.

Tertarik mencoba? Anda bisa mencoba Kledo gratis selama 14 hari atau selamanya dengan menekan tombol pada banner di bawah ini. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi tim Sales Kledo yang selalu siap membantu Anda.

Banner 1 kledo

FreshBooks

FreshBooks adalah software akuntansi berbasis cloud populer yang dirancang khusus untuk pemilik usaha kecil. Software ini memiliki banyak fitur seperti faktur, pelacakan pengeluaran, dan sejumlah laporan bisnis.

Selain itu, Anda dapat menagih dalam mata uang apa pun, menghemat waktu dengan menyiapkan faktur berulang, dan memungkinkan pelanggan membayar melalui kartu kredit secara otomatis.

Jika Anda membutuhkan lebih banyak daya, sistem ini juga terintegrasi dengan banyak layanan lain, termasuk PayPal, MailChimp, Basecamp, WordPress, Gusto, Zendesk, dan lainnya. 

Anda dapat mengakses dan menggunakan FreshBooks baik dari desktop Anda atau aplikasi iOS dan Android. Karena FreshBooks adalah sistem berbasis cloud, Anda tidak perlu khawatir kehilangan data bisnis Anda.

Baca juga: Memahami Perbedaan Kas dan Akrual dalam Metode Akuntansi

QuickBooks

QuickBooks adalah software akuntansi yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Intuit. Rilis berbasis cloud terbarunya dilakukan pada tahun 2019, tetapi mereka tetap menawarkan opsi desktop terpisah yang dapat Anda beli dan unduh. Produknya biasanya ditujukan untuk usaha kecil dan menengah, dan lebih dari tujuh juta bisnis menggunakan software ini.

Bergantung pada kebutuhan Anda, Anda dapat memilih pilihan paket mulai dari QuickBooks Online, QuickBooks Online Advanced, QuickBooks Live Bookkeeping, QuickBooks Desktop untuk Mac, QuickBooks Desktop Pro, QuickBooks Premier dan QuickBooks Enterprise. Namun, Anda juga bisa membuat paket khusus menggunakan bantuan tim QuickBooks jika Anda memerlukan opsi yang lebih dipesan lebih dahulu.

Karena banyaknya produk berbasis QuickBooks, ada baiknya Anda memeriksa situs web untuk mendapatkan pembaruan terbaru tentang harga, versi yang tersedia, dan juga penawaran apa pun yang dimiliki Intuit pada solusi akuntansi ini.

Sage

software akuntansi umkm 2

Sage Business Cloud Accounting, sebelumnya dikenal sebagai Sage One, adalah merek global yang menawarkan layanan akuntansi dan bisnis online untuk bisnis kecil. Didirikan pada tahun 1981 di Newcastle, Inggris, sebagai cara untuk mengembangkan perangkat lunak estimasi dan akuntansi khusus untuk usaha kecil.

Sekarang, Sage sudah berbasis cloud sehingga bisa digunakan sesuai industri, ukuran perusahaan, dan kebutuhan Anda.

Sage adalah salah satu software akuntansi terbaik untuk bisnis kecil karena berasal dari perusahaan terkemuka, fiturnya mudah digunakan, dan disiapkan untuk digunakan oleh banyak pengguna. Akuntan Anda dapat menggunakan software dan mengakses buku Anda tanpa biaya tambahan.

Baca juga: 10 Skandal Akuntansi Terbesar yang Pernah Terjadi di Dunia

Xero

Xero adalah sistem akuntansi berbasis web yang dirancang untuk bisnis kecil dan berkembang. Didirikan di Selandia Baru pada tahun 2006 dan digunakan oleh pemilik usaha kecil, akuntan, dan para pemegang buku.

Penggunaan Xero tidak dibutuhkan pengetahuan akuntansi tingkat tinggi karena fitur bawaannya sangat mudah digunakan.

Xero merupakan software berbasis cloud dan juga memiliki aplikasi berbasis Android dan iPhone. Xero dikenal dengan dasbornya yang intuitifs serta dapat digunakan untuk berkolaborasi dengan banyak pengguna termasuk anggota tim, karyawan, dan akuntan Anda.

Zoho

Zoho adalah software akuntansi online untuk usaha kecil yang membantu bisnis Anda melacak keuangan, membuat faktur, berkolaborasi dengan akuntan secara real time. dan banyak lagi. Zoho menggabungkan fitur akuntansi, manajemen hubungan pelanggan (CRM), kontrol inventaris, dan perangkat lunak manajemen sumber daya manusia.

Zoho Books bisa menjadi opsi UMKM kkarena menawarkan fitur dan otomatisasi akuntansi yang kuat untuk bank, pengkategorian, faktur, dan lainnya. Selain itu, Zoho juga memiliki lebih dari 40 integrasi aplikasi sehingga dapat digunakan dengan perangkat lunak yang sudah Anda gunakan.

Baca juga: Akuntansi Nonprofit: Pengertian Lengkap dan Bedanya dengan Akuntansi Komersial

Wave Financial

Jika Anda mencari software akuntansi gratis yang efektif, Wave Financial bisa menjadi pilihan Anda. Software ini menawarkan banyak fitur akuntansi penting dan berkualitas tinggi yang gratis digunakan.

Tidak ada biaya bulanan atau tahunan, Anda juga tidak perlu melisensikan perangkat lunak. Melalui program akuntansi berbasis cloud, Anda dapat membuat dan menjadwalkan faktur dan pembayaran berulang, serta mengatur pengingat pembayaran otomatis dan sinkronisasi otomatis dengan bank, kartu kredit, dan akun PayPal Anda.

Wave Financila juga membantu Anda menjalankan laporan keuangan, dan memberi Anda koneksi dan transaksi akuntan yang tidak terbatas. Jika Anda ingin mengintegrasikan aplikasi bisnis populer, Anda dapat melakukannya tanpa biaya tambahan.

Oracle NetSuite

Oracle NetSuite merupakan opsi software akuntansi terbaik untuk bisnis menengah dan berkembang yang mencari fitur lanjutan. Sebagai bagian dari penawaran perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) yang kuat, Oracle NetSuite menawarkan solusi manajemen keuangan berbasis cloud yang intuitif yang dapat melacak data keuangan Anda dan mengotomatiskan berbagai fungsi akuntansi penting.

Seperti software akuntansi berperingkat tinggi lainnya, Oracle NetSuite menawarkan fitur pelaporan, perencanaan, dan penagihan. Software ini juga mudah diintegrasikan dengan perangkat lunak lain, termasuk rangkaian lengkap solusi bisnis Oracle.

Baca juga: Cara Melakukan Analisis Anggaran Beserta Tahapannya

Money Manager Ex

Money Manager Ex dirancang dengan baik dan dilengkapi dengan fitur yang cukup untuk menyaingi perangkat lunak premium. Fitur-fiturnya mudah dipahami dan Anda bisa menyiapkan akun dan transaksi dalam waktu singkat. Kesederhanaan Money Manager Ex menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk bisnis rumahan atau usaha perseorangan.

Sofwtare akuntansi gratis ini adalah aplikasi portabel, sehingga Anda dapat menyimpan dan menggunakannya langsung dari stik USB tanpa perlu menginstalnya. Selain itu, ada juga aplikasi android yang bisa digunakan darimana saja.

GnuCash

GnuCash adalah software akuntansi yang dirancang untuk individu dan usaha kecil, dan pada awalnya disusun sebagai alternatif open source untuk aplikasi seperti Quicken Intuit.

Aplikasi ini sudah ada sejak akhir 1990-an, dan tersedia untuk Linux, GNU, OpenBSD, Android, macOS, dan Windows.

GnuCash memiliki fitur pembuatan faktur dan nota kredit, hutang dan piutang, penggajian karyawan dan bisa digunakan untuk berbagai mata uang.

Itulah pembahasan mengenai pentingnya kehadiran software akuntansi bagi UMKM, fitur utama uang dibuthkan, serta rekomendasi 10 software akuntansi terbaik yang bisa Anda pilih. Pastikan untuk memilih software akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bisnis Anda. Semoga artikel ini membantu UMKM Anda!

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 − eight =