4 Tantangan Utama Bisnis Ekspedisi dan Solusinya

tantangan utama bisnis ekspedisi

Bisnis ekspedisi dan pengiriman membuka jalan baru untuk pasar eCommerce dengan menyederhanakan cara pengiriman produk. Memang, ini adalah bisnis yang menguntungkan akhir-akhir ini dalam hal menangani logistik startup eCommerce, namun selalu ada tantangan dalam setiap bisnis, termasuk bisnis ekspedisi.

Karena globalisasi, bisnis menyebar dengan cepat dan industri ekspedisi berkembang dengan sangat baik.

Permintaan untuk pengiriman yang lebih cepat, efisien, dan dapat dilacak semakin meningkat dan persaingan sangat ketat dalam hal pengiriman jarak jauh. Situasi seperti itu menimbulkan beberapa tantangan bagi bisnis ekspedisi.

Terutama bagi mereka yang sedang memasuki dunia pemasaran bahkan mereka yang sedang mengalami peralihan dari layanan konvensional ke layanan modern.

Pertanyaan terbesarnya adalah bagaimana mereka bisa bertahan dengan bisnis ekspedisi raksasa besar yang memanfaatkan teknologi dan identitas merek yang lebih baik

Dalam artikel ini kami akan menjelaskan beberapa tantangan yang dihadapi bisnis ekspedisi beserta solusi yang tersedia untuk mengatasinya.

Tantangan 1: Industri ini Sangat Kompetitif

tantangan bisnis ekspedisi

Tidak ada pemikiran tentang siapa Royal Mail, DHL, FedEx, dan beberapa lainnya mendominasi pasar layanan kurir secara global. Atau JNE, Tiki, JnT dan perusahaan ekspedisi lainya di Indonesia.

Ini adalah pemain raksasa dengan jaringan luas yang memanfaatkan seluruh kecanggihan teknologi yang kuat untuk mendapatkan manfaat.

Bersaing dengan raksasa ini adalah pertempuran David vs Goliath. Memenggal para raksasa ini tidak mudah, terlebih semua perusahaan tersebut sudah memiliki kepercayaan, modal, dan teknologi yang lebih baik dari pada bisnis yang baru dirintis.

Jadi, bagaimana perusahaan ekspedisi kecil bisa bersaing dengan raksasa ini?

Solusi: Temukan niche yang tepat

Kuncinya terletak pada penyediaan layanan khusus kepada pelanggan tertentu dan lebih personal. Ini adalah salah satu cara untuk memperluas potensi mengukir segmentasi untuk penetrasi pasar.

Mencoba menjadi raksasa bukanlah cara yang tepat, sebaliknya, tujuannya harus menjadi unik dan mencoba membedakan layanan dari pesaing lainnya.

Menawarkan fitur baru untuk melacak pesanan, pengemasan khusus, dan memadukan inovasi lain menarik perhatian pelanggan.

Pencapaian standar tersebut akan membutuhkan mereka untuk memasukkan solusi pengiriman kurir terbaru. Cara lain untuk memulai dengan buzz adalah harus menjalankan operasi di tempat yang lebih suka mengubah tantangan ini menjadi keuntungan.

Tantangan 2: Permintaan Pasar

Tantangan lain bagi bisnis ekspedisi adalah membaca data pasar untuk lebih memahami permintaan. Dengan perubahan yang semakin cepat saat ini, mengetahui apa yang pasar inginkan merupakan tantangan tersendiri bagi bisnis ekspedisi.

Dengan dinamika pasar yang berubah secara drastis, tetap up-to-date dengan data membutuhkan upaya ekstra untuk memberikan apa yang pelanggan cari.

Solusi untuk tantangan tertentu juga dapat menimbulkan tantangan lain dalam menganalisis skenario pasar dan permintaan pelanggan secar lebih luas.

Baca juga: Manajemen Logistik: Pengertian dan Tips Untuk Mengoptimalkannya

Solusi: Memahami pelanggan, lebih baik

Memahami pelanggan lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Sementara sistem pengiriman kurir dapat melakukan hal-hal secara teknis dari back-end, permintaan pelanggan lebih dipahami dengan melakukan penelitian tangan pertama. Yang paling umum dari semua tuntutan mereka adalah:

Berada di pihak mereka

Perusahaan ekspedisi perlu memahami bahwa pelanggan ingin mereka berada di pihak mereka – sebagai perwakilan mereka dalam lingkup organisasi penjual.

Bertanggung jawab (secara pribadi) untuk hasil yang diinginkan

Perusahaan ekspedisi yang dilengkapi dengan sistem pelacakan pengiriman kurir harus bertanggung jawab.

Menolak pelanggan yang mengeluh adalah halangan terbesar dan Anda tidak menginginkan perspektif pasar seperti itu.

Bisnis ekspedisi perlu memiliki akuntabilitas produk sekaligus memastikan kelancaran dan hubungan antara kedua pihak yang terlibat.

Baca juga: Punya Usaha Kargo? Berikut Tips Untuk Menekan Pengeluarannya

Menjadi Proaktif

Sikap proaktif adalah cara untuk tetap berada di depan apa yang diharapkan pelanggan.

Memahami pelanggan adalah memahami pasar dan inilah mengapa setiap pelanggan itu penting. Cobalah mengantisipasi masalah dari sisi pelanggan dan selesaikan terlebih dahulu.

Bersedia untuk memecahkan masalah

Biasanya, perusahaan ekspedisi menyebutnya ‘pekerjaan selesai’ ketika paket dikirimkan ke pelanggan.

Apa pun setelah itu seharusnya ditangani oleh dua pihak lainnya. Cobalah masuk di antara kedua belah pihak dan tanyakan apakah paket yang diterima sesuai dengan yang diharapkan. Tawarkan bantuan jika diperlukan.

Menanggapi kebutuhan mereka

Seperti disebutkan dalam poin di atas, menanggapi kebutuhan pelanggan sangat penting untuk bertahan dalam bisnis.

Kebutuhan mungkin diucapkan atau hanya disebutkan, namun jika Anda adalah pemilik bisnis menangkap dan mengetahui isyarat itu sangat penting.

Baca juga: Strategi Bisnis Ekspedisi Terbaik Bagi Anda Pemilik Bisnis Ekspedisi

Tantangan 3: Peningkatan Kebutuhan Staf

tantangan bisnis ekspedisi

Beberapa perusahaan ekspedisi sangat bergantung pada proses manual yang ketat yang dapat mengakibatkan kebutuhan staf meningkat dengan banyak celah.

Terlepas dari pelatihan dan upaya untuk menstandardisasi proses, sifat bisnis akan selalu mengarah pada beberapa atau halangan manual lainnya.

Ini bahkan dapat mengakibatkan karyawan sibuk dengan sejumlah besar beban kerja yang tidak terduga.

Di sisi lain, akan ada saat-saat di mana hanya sedikit orang yang menganggur dan yang lain mungkin terlalu banyak terlibat. Menyeimbangkan tim menjadi penting atau kebutuhan staf terus meningkat.

Dan bahkan selama saat hari besar dimana permintaan meningkat dan penjualan diskon khusus, permintaan pengiriman lebih tinggi dari yang diharapkan.

Menjadi sibuk, berantakan, dan kacau untuk mengelola setiap pesanan yang harus terpenuhi.

Waktu seperti itu menuntut untuk mempekerjakan staf tambahan untuk memenuhi permintaan pasar yang besar. Dan ini berarti biaya tambahan untuk bisnis kurir. Inilah solusi yang efektif.

Baca juga: Punya Bisnis Ekspedisi Truk? Gunakan Tips ini Untuk Lebih Menguntungkan

Solusi: Mengotomatiskan proses

Perusahaan ekspedisi kemudian harus menyeimbangkan biaya staf tambahan dan keuntungan mereka.

Mempekerjakan staf secara optimal adalah satu hal penting, tetapi untuk prose yang lebih baik mengotomatiskan seluruh proses adalah hal penting. Salah satu cara untuk mengatasi ini adalah dengan mendapatkan sistem untuk pengoptimalan rute untuk pengiriman kurir.

Ini tidak hanya menyenangkan pelanggan dan penjual dengan waktu pengiriman yang cepat tetapi juga mengurangi biaya yang terkait dengan perekrutan.

Dan bahkan untuk pengiriman non-komersial, memilih pengembangan aplikasi pengiriman kurir sesuai permintaan adalah solusi yang bagus untuk mengurangi risiko operasional yang terlibat dalam manajemen logistik manual untuk pengiriman.

Memperkenalkan teknologi seluler dalam bisnis kurir juga memastikan bahwa pengiriman berinteraksi dengan sistem di setiap langkah – mulai dari pemindahan gudang hingga pengiriman jarak jauh.

Disisi lain dalam pengelolaan keuangan, manajemen aset, dan persediaan dalam bisnis ekspedisi yang lebih mudah, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Kledo yang memiliki seluruh fitur tersebut.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang mudah digunakan dan cocok untuk semua jenis dan skala bisnis, termasuk bisnis ekspedisi Anda.

Dengan menggunakan Kledo Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan seluruh biaya perjalanan kurir Anda, memantau banyak gudang, membuat laporan keuangan secara otomatis, membuat faktur, dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui gambar di bawah ini:

Banner 3 kledo

Tantangan 4: Menjaga Pelanggan untuk Terus Mengetahui Paket Kirimannya

Bisnis ekspedisi semakin dinamis seiring berjalannya waktu. Pelanggan ingin selalu mengetahui keberadaan paket mereka dari waktu ke waktu. Dan karena mereka sekarang memiliki informasi yang baik, pertanyaan tentang kesetiaan tidak muncul.

Memilih satu layanan kurir yang memberi mereka informasi adalah salah satu prioritas utama.

Itulah mengapa sukses di pasar yang sangat kompetitif akan mengharuskan perusahaan kurir untuk tetap terhubung dengan pelanggan mereka.

Gagal melakukannya dapat mengakibatkan kehilangan pelanggan karena pesaing, terutama yang menggunakan perangkat lunak pengiriman jarak jauh waktu-nyata.

Salah satu alasan mengapa tantangan ini sering terjadi adalah karena sifat bisnis yang ditangani oleh perusahaan kurir di seluruh dunia. Ada ketidakpastian tentang apakah paket itu dikirim atau tidak.

Bisnis pengiriman konvensional menyimpan catatan manual penerimaan paket yang mungkin mencerminkan koordinasi pengiriman yang buruk dan ketidaksesuaian pengumpulan.

Selain itu, selain membuang waktu tenaga kerja manual, ini meninggalkan jejak audit yang lemah untuk pengiriman.

Solusi: Membangun Sistem Komunikasi yang Mulus

Untuk memastikan kelancaran komunikasi dalam bisnis ekspedisi, memiliki solusi pengiriman kurir terbaik adalah penting.

Perusahaan kurir yang tidak memberi tahu mereka tentang paket mereka tidak memaafkan dari sudut pandang pengirim.

Dan inilah mengapa perangkat lunak pelacakan pengiriman last-mile real-time sangat penting untuk berhasil di industri ini.

Kuncinya adalah memberi pelanggan semua informasi yang diperlukan, diperbarui bersama dengan perkiraan di mana dan kapan paket akan dikirimkan.

Teknologi memainkan peran integral dalam industri kurir yang berkembang pesat dan memenuhi permintaan pelanggan secara efisien.

Pengirim paket perlu diberitahu tentang status paket mereka. Penerima juga harus diberi tahu ketika paket mereka jatuh tempo untuk pengiriman juga.

Kurangnya pemberitahuan pengiriman menciptakan ketidakpastian di antara klien mengenai layanan Anda.

Mereka cenderung mencari layanan dari perusahaan lain yang dapat mereka percayai.

Dan mengadopsi perangkat lunak pelacakan pengiriman kurir tersebut akan memungkinkan bisnis kurir untuk mengirim pemberitahuan paket secara otomatis.

Baca juga: Tips Pemilihan Bahan Terbaik untuk Bisnis Katering

Kesimpulan

Itulah tantangan dan solusi dalam bisnis ekspedisi yang berguna bagi Anda pemilik bisnis ekspedisi untuk proses yang lebih baik. Pastikan juga Anda menggunakan sistem pencatatan keuangan, stok, dan manajemen aset yang memudahkan Anda dalam pemantauan kesehatan finansial bisnis Anda.

Anda bisa menggunakan Kledo sebagai software akuntansi keuangan pada bisnis ekspedisi Anda. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah melakukan pengelolaan keuangan dan operasional bisnis, kapanpun dan dimanapun Anda mau.

Anda juga bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − eleven =