Tips Untuk Membuat Bisnis Kontraktor Anda Lebih Berkembang

tips bisnis kontraktor

Apakah sudah waktunya untuk mengembangkan bisnis kontraktor Anda? Apakah Anda ingin memperluas ke pasar atau wilayah baru? Apakah Anda membutuhkan tips untuk menumbuhkan bisnis kontraktor Anda dengan cepat dan hemat?

Menumbuhkan bisnis kontraktor Anda, terlepas dari apakah Anda baru memulai atau telah berkecimpung di industri ini selama bertahun-tahun, memerlukan perencanaan yang cermat.

Untuk meningkatkan operasi Anda secara strategis, Anda harus memastikan bahwa Anda akan memiliki sumber daya yang Anda butuhkan dan mumpuni.

Ingin mengetahui beberapa tips terbaik untuk membuat bisnis kontraktor Anda berkembang dengan cepat? Baca terus artikel ini sampai selesai untuk penjelasan secara mendalam.

Tapi, Apa Sih Lingkup dalam Bisnis Kontraktor itu?

tips bisnis konstraktor


Kontraktor umum mengelola dan mengatur proyek konstruksi untuk properti residensial dan komersial. Mereka bertanggung jawab atas keselamatan tim konstruksi dan memastikan semuanya selesai dengan segera. Kontraktor umum dapat bekerja secara mandiri atau dengan perusahaan konstruksi atau pengembangan.

Tugas untuk kontraktor mungkin termasuk:

  • Mengawasi perancangan dan perencanaan proyek konstruksi
  • Mengawasi proyek konstruksi dan pekerjanya
  • Penganggaran untuk bahan dan tenaga kerja
  • Bertindak sebagai kontak untuk klien dan pelanggan selama proses konstruksi berlangsung.

Tips Terbaik agar bisnis Kontraktor Anda Berkembang dengan Cepat

tips bisnis kontrakor

1. Bangun tim yang hebat

Dalam bisnis konstruksi, orang-orang Anda adalah bisnis Anda. Pastikan Anda mempekerjakan karyawan yang dapat diandalkan, berpengetahuan dan terampil.

Jika Anda tidak berada pada titik di mana Anda memiliki tim, teruslah mengasah. Tetap tenang, lakukan pekerjaan dan sadar diri tentang bagaimana bisnis Anda berkembang.

Tetapi jika Anda memiliki beban kerja yang konsisten, Anda tahu betapa pentingnya membangun tim yang hebat.

Anda harus memilih orang yang dapat Anda percayai yang bekerja keras dan juga peduli dengan pekerjaan mereka.

Jika Anda memperhatikan bahwa anggota tim tertentu tidak dapat diandalkan, karyawan yang terampil setelah mereka bekerja, mungkin ada baiknya menarik mereka ke samping untuk membicarakan apakah bisnis Anda adalah tempat yang mereka inginkan untuk jangka panjang atau tidak.

Pertahankan karyawan terbaik Anda dengan mempromosikan dan memberi penghargaan atas kerja keras dan keandalan mereka.

Baca juga: Hal yang Perlu Anda Perhatikan dalam Mengelola Akuntansi Restoran

2. Kelola bisnis Anda, tetapi pimpin karyawan Anda

Karyawan Anda ingin dipimpin, bukan dikelola. Jadilah pemimpin yang hebat dan karyawan Anda akan mengikuti Anda ke mana pun.

Jika Anda mencoba dan mengelola setiap aspek pekerjaan karyawan Anda, mereka akan berpikir Anda tidak percaya diri dengan kemampuan mereka untuk membuat keputusan yang baik dan melakukan pekerjaan mereka dengan benar.

3. Berinvestasi dalam bisnis Anda

Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak keuntungan dan mempercepat pertumubgan bisnis, Anda harus menginvestasikan waktu dan uang ke dalam perusahaan Anda.

Ini berarti membeli peralatan dan teknologi baru saat dibutuhkan, melatih karyawan Anda, dan secara aktif memasarkan bisnis Anda.

Upaya yang Anda lakukan akan menentukan keberhasilan bisnis Anda. Sebagai permulaan, Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk sistem pencatatan seluruh biaya dalam bisnis kontraktor Anda.

Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah membuat keputusan penting dalam bisnis berdasarkan data keuangan yang relevan dan mudah digunakan.

Anda bisa bisa menggunakan software akuntansi seperti Kledo yang cocok digunakan oleh berbagai jenis dan skala bisnis, termasuk bisnis jasa kontraktor. Anda bisa mencobanya secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 3 kledo

4. Jadilah selektif untuk menjadi menguntungkan

Tidak cukup hanya menghasilkan lebih banyak proyek. Ketika Anda mengambil lebih banyak proyek itu harus perkerjaan menguntungkan. Tidak ada gunanya menggandakan jumlah pekerjaan yang Anda kerjakan jika Anda tidak meningkatkan keuntungan Anda.

Seperti halnya hampir semua bisnis, Anda tidak bisa menjadi segalanya bagi semua orang.

Persempit fokus Anda, tentukan bidang keahlian Anda dan pastikan Anda mengomunikasikan apa yang Anda kuasai dan apa yang tidak Anda kuasai.

Terkadang proyek baru bukanlah proyek terbaik. Proyek atau klien baru Anda harus menguntungkan untuk terus mengembangkan bisnis Anda dengan cara yang benar.

Misalnya, jika Anda benar-benar ahli dalam pekerjaan proyek pertukangan perumhan, tidak perlu membuang waktu untuk proyek pekerjaan umum ketika proyek tersebut mungkin tidak menguntungkan dan Anda tidak memiliki proses yang pasti.

Baca juga: 4 Tantangan Utama Bisnis Ekspedisi dan Solusinya

5. Buat bisnis kontraktor Anda lebih dikenal

Pemasaran dari mulut ke mulut tetap menjadi metode nomor satu yang digunakan sebagian besar perusahaan konstruksi untuk memasarkan bisnis mereka dan mendapatkan lebih banyak pekerjaan.

Dorong pelanggan terbaik Anda untuk memberi tahu orang lain tentang pekerjaan hebat yang dilakukan perusahaan Anda.

Namun sebagai pemilik bisnis kontraktor, Anda juga harus pandai memasarakan bisnis, terutama di era seperti sekarang dimana informasi dengan cepat tersebar.

Berikut adalah beberapa strategi pemasaran yang mungkin bisa Anda gunakan untuk membuat bisnis kontraktor Anda lebih dikenal banyak orang, baik melalui strategi online maupun cara tradisional

Gunakan media sosial

Pastikan kehadiran bisnis Anda di media sosial dan menjangkau audiens yang tepat. Jangan hanya menjual, tapi berikan edukasi mengenai segala hal mengenai bisnis kontraktor atau pertukangan.

Jika Anda tidak berpengalaman dalam sosial, mungkin Anda ingin mencari bantuan dari anak muda atau mengikuti kursus media sosial gratis secara online.

Sewa iklan lokal

Surat kabar masih sangat relevan untuk bisnis kontraktor, dan Anda harus memikirkan itu. Pikirkan tentang majalah lokal, spanduk, pamflet, dll. Ada banyak tempat iklan yang tersedia di daerah Anda—Anda hanya perlu berpikir di luar surat kabar.

Buat lebih banyak networking

Menunjukkan diri Anda dan menjadi lebih terlibat dalam acara komunitas akan membantu mempromosikan bisnis Anda lebih dari yang Anda tahu.

Pertimbangkan menghadiri acara jejaring profesional di pusat-pusat ekonomi dan seminar di mana pertanyaan pertama selalu “Jadi, apa yang Anda lakukan untuk mencari nafkah?”

Pastikan juga Anda membawa kartu nama.

Baca juga: 10 Tips Sukses Bisnis Bimbel Ini Wajib Dicoba, Sangat Mudah!

6. Selalu perhatikan kualitas yang Anda berikan

Sangat mudah untuk memikirkan risiko yang terkait dengan menjalankan bisnis kontraktor independen Anda sendiri, tetapi pelanggan Anda juga mengambil risiko ketika mereka memilih bekerja sama dengan Anda untuk biaya proyek konstruksi besar.

Berhati-hatilah saat mempertimbangkan tindakan apa pun yang dapat mengorbankan kualitas pekerjaan Anda.

Jalan pintas untuk mengurangi biaya mempercepat penyelesaian suatu proyek dapat merugikan.

Reputasi perusahaan Anda untuk melakukan pekerjaan berkualitas sama baiknya dengan proyek terakhir Anda, jadi jangan pernah berkompromi dengan standar tinggi Anda dalam melakukan pekerjaan berkualitas.

7. Berikan layanan pelanggan yang hebat

Menyenangkan klien Anda harus menjadi prioritas utama. Ini tidak berarti Anda harus tunduk pada setiap permintaan mereka.

Anda harus secara aktif berkomunikasi dengan klien tentang semua aspek proyek sehingga Anda dapat menjadi mitra yang setara dalam proses pengambilan keputusan.

Pelanggan yang puas akan menghasilkan kerjasama bisnis yang berulang dan referensi yang bagus.

8. Jadilah proaktif, bukan reaktif

Anda tidak bisa hanya duduk dan berharap lebih banyak pekerjaan jatuh di pangkuan Anda. Anda harus secara proaktif mencari peluang baru untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnis Anda.

Terus-menerus menjangkau pemilik, arsitek, dan kontraktor umum Anda mengetahui proyek apa yang mereka miliki di cakrawala.

9. Membuat keputusan yang cerdas.

Kita membuat ribuan keputusan setiap hari, banyak di antaranya tidak penting. Dalam hal menghasilkan lebih banyak bisnis, ini sering kali berarti membuat keputusan sulit yang akan memengaruhi kesuksesan Anda di tahun-tahun mendatang.

Luangkan waktu untuk mempertimbangkan semua sudut dan opsi dan lakukan uji tuntas Anda untuk kesuksesan di masa depan. Jangan pernah ditekan untuk membuat keputusan yang terburu-buru atau impulsif.

Untuk mengetahui apa yang bisa Kledo lakukan untuk membantu pengembangan bisnis kontraktor, Anda dapat melihatnya melalui halaman ini.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar bisnis kontraktor Anda bisa berkembang dengan cepat dan tetap menguntungkan. pastikan juga Anda menggunakan sistem terbaik untuk memantau semua proses dalam bisnis kontraktor Anda, salah satunya adalah proses pembukuan.

Proses pembukuan dalam bisnis kontaktor adalah hal yang sangat penting karena ini berhubungan dengan proses penganggaran proyek, penawaran harga ke klien dan lain sebagainya.

Akan sangat sulit jika Anda menggunakan proses pembukuan manual, oleh sebab itu Anda bisa menggunakan software akuntansi yang cocok untuk bisnis kontraktor, salah satunya adalah Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis, termasuk usaha kontraktor.

Dengan menggunakan Kledo Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan dan pengeluaran, pencatatan produk paket dan manufaktur, membuat faktur dengan tampilan dinamis, otomatisasi lebih dari 30 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apa lagi? Anda bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *