Tugas Admin Keuangan, Tanggung Jawab, Gaji, dan Jenjang Karirnya

tugas admin keuangan banner

Admin keuangan memainkan tugas dan peran integral dalam fungsi perusahaan. Mereka sangat penting bagi perusahaan karena mereka mengawasi aktivitas keuangan, mengelola kewajiban perusahaan dan membantu mengembangkan rencana keuangan perusahaan di masa depan.

Memahami apa saja yang dibutuhkan dalam peran ini dapat membantu Anda memutuskan apakah ini adalah pilihan karier yang tepat untuk Anda.

Dalam artikel ini, kami membahas apa saja tugas seorang admin keuangan, menjelaskan kualifikasi yang diperlukan, gaji, jenjang karir, dan menjelaskan keterampilan yang harus dimiliki.

Apa yang Dilakukan Admin Keuangan?

Jika Anda tertarik dengan karier ini, Anda mungkin bertanya-tanya, “Apa yang dilakukan administrator keuangan setiap hari?

Mereka yang bekerja di bagian administrasi keuangan umumnya bertanggung jawab untuk mengawasi aktivitas dan akun keuangan perusahaan.

Ini bisa menjadi peran yang fleksibel karena keuangan adalah aspek integral dari bisnis, administrator biasanya dapat bekerja di hampir semua perusahaan.

Ini berarti mereka dapat memilih di antara berbagai industri, mulai dari perusahaan asuransi hingga lembaga pemerintah.

Karena posisi ini dapat bekerja di berbagai macam perusahaan dan industri, lingkungan kerja mereka dapat sangat bervariasi.

Namun, ada beberapa aspek umum yang bisa ditemukan dalam apa yang diharapkan dari mereka. Mereka biasanya bekerja di kantor di mana mereka memiliki ruang dan komputer sendiri.

Karena sebagian besar pekerjaan mereka mungkin bergantung pada teknologi, penting bagi mereka untuk merasa nyaman duduk dan menatap layar untuk waktu yang lama.

Mereka mungkin bekerja sendiri atau sebagai bagian dari tim akuntansi atau keuangan. Mereka biasanya bekerja dengan jam kerja standar dari Senin hingga Jumat, namun mereka juga bisa bekerja lebih lama, tergantung senioritas dan jenis perusahaan.

Jika mereka memiliki deadline yang akan datang, jam kerja mereka mungkin juga lebih lama. Hal ini biasanya terjadi di akhir tahun keuangan, karena ini bisa menjadi waktu yang sibuk bagi mereka.

Baca juga: Reklasifikasi dalam Akuntansi: Pembahasan Lengkap dan Mendalam

Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Admin Keuangan?

tugas admin keuangan 2

Posisi ini dapat memenuhi beberapa tugas keuangan dan administrasi. Untuk lebih memahami apa saja yang termasuk dalam tugas admin keuangan, ada baiknya kita mempelajari tugas-tugas ini dengan membaginya ke dalam dua kategori utama:

Tugas keuangan

Walaupun pekerjaan ini memiliki berbagai tugas administratif, sebagian besar tanggung jawab yang ada mungkin berkaitan dengan keuangan. Berikut adalah beberapa tugas keuangan yang mungkin dimiliki oleh peran ini:

  • Mengembangkan rencana keuangan perusahaan dan tujuan masa depan
  • Membuat laporan keuangan
  • Mengelola catatan keuangan yang terperinci
  • Melaksanakan urusan penggajian dan anggaran
  • Mengarahkan investasi perusahaan
  • Mengendalikan pengeluaran dan pemasukan harian
  • Memastikan bahwa semua orang mengikuti aturan keuangan perusahaan
  • Mengelola kewajiban perusahaan
  • Memproses faktur penjualan
  • Memperbarui database

Tugas administratif

Sebaliknya, meskipun tugas keuangan merupakan aspek penting, pekerjaan ini juga dapat melibatkan kewajiban administratif.

Hal ini dapat berubah tergantung pada jenis perusahaan dan tingkat senioritas mereka di perusahaan. Tanggung jawab administratif mereka mungkin termasuk:

  • Menjaga sistem file yang terorganisir dan diperbarui
  • Mengembangkan proses administrasi
  • Menyediakan layanan pelanggan, seperti menjawab telepon
  • Berkomunikasi dengan anggota tim, klien, dan manajemen
  • Mengelola deadline

Baca juga: COA Perusahaan Dagang: Pengertian, Contoh, dan Cara Membuatnya

Kualifikasi Apa yang Dibutuhkan Jika ingin Menjadi Admin Keuangan?

Berikut adalah beberapa kualifikasi penting yang dapat Anda kejar jika Anda memutuskan untuk bergabung dengan karier ini:

Pendidikan

Anda disarankan untuk mengejar gelar sarjana jika ingin bekerja di bidang administrasi keuangan. Ini biasanya merupakan tingkat pendidikan minimum yang dapat diterima oleh perusahaan.

Pertimbangkan untuk mendapatkan gelar di bidang administrasi keuangan, bisnis, ekonomi, atau akuntansi.

Anda juga dapat memutuskan untuk melanjutkan pendidikan Anda dengan memperoleh gelar master.

Memilih bidang studi yang relevan, seperti administrasi bisnis atau keuangan, dapat membantu Anda meningkatkan daya jual dan memperluas pengetahuan industri Anda.

Pelatihan dan pengalaman

Perusahaan biasanya meminta kandidat untuk memiliki sejumlah pengalaman. Ini biasanya sekitar lima tahun. Jika Anda ingin bekerja di bidang administrasi keuangan, Anda dapat mempertimbangkan untuk bekerja sebagai analis keuangan, agen penjualan, asisten keuangan, atau akuntan.

Tidak jarang pemberi kerja mengharuskan kandidat untuk memiliki pelatihan sebelumnya, karena ini umumnya diberikan pada posisi associate dan entry-level yang lebih rendah.

Beberapa perusahaan mungkin menawarkan program pelatihan manajemen. Ini bisa sangat berguna jika Anda berada di bidang administrasi keuangan, tetapi memutuskan untuk bekerja menjadi manajer keuangan.

Baca juga: Kertas Kerja Audit: Pengertian, Komponen, Contoh dan Templatenya

Apa saja Keterampilan yang Dibutuhkan untuk Mempermudah Tugas Seorang Admin Keuangan?

Memahami keahlian apa yang penting dapat membantu Anda saat melamar posisi ini.

Hal ini dapat meringkas keahlian apa yang dapat Anda tonjolkan saat menulis lamaran dan mempersiapkan diri untuk wawancara kerja. Keahlian yang berguna dalam karier ini dapat meliputi:

Social skill

Memiliki keterampilan sosial yang kuat sangat penting dalam pekerjaan ini. Kemampuan untuk menciptakan interaksi positif dengan pelanggan dan klien dapat membantu Anda sukses dalam karier keuangan.

Meskipun keuangan mungkin melibatkan neraca dan angka, namun juga melibatkan interaksi dengan sejumlah stakeholders.

Meningkatkan keterampilan sosial Anda, terutama kemampuan Anda untuk berkomunikasi secara efektif dan jelas, dapat memudahkan Anda untuk berinteraksi dengan anggota tim dan manajemen.

Keterampilan komputer

Kemampuan untuk menggunakan komputer dan mengoperasikan berbagai teknologi, software akuntansi, dan program terkait mungkin sangat penting jika Anda ingin berkarier di bidang keuangan.

Misalnya, Anda dapat menggunakan keahlian ini saat melakukan tugas-tugas penting, seperti membuat spreadsheet dan grafik. Anda juga dapat menggunakan komputer saat membuat, memperbarui, dan mengelola database.

Karena peran ini melibatkan akuntansi, penting bagi Anda untuk memahami cara menggunakan software akuntansi yang berbeda.

Jika Anda belum pernah menggunakan software akuntansi sebelumnya, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi online yang mudah dan telah banyak digunakan oleh mayoritas bisnis di Indonesia, salah satunya adalah Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 60 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini:

Banner 3 kledo

Baca juga: Contoh Laporan Keuangan Proyek, Pengertian, dan Cara Membuatnya

Keterampilan organisasi

Mengembangkan keterampilan organisasi Anda juga dapat bermanfaat. Salah satu aspek dari menjadi terorganisir adalah meningkatkan keterampilan manajemen waktu Anda.

Karena pekerjaan ini biasanya mencakup tanggung jawab yang mungkin sensitif terhadap waktu, seperti mengawasi anggaran dan membuat laporan keuangan, Anda harus dapat mengatur waktu secara efisien. Hal ini memungkinkan Anda untuk memenuhi tenggat waktu.

Memiliki kemampuan organisasi yang kuat juga berarti Anda dapat membuat rencana yang efektif, seperti saat mengatur proyek atau tujuan. Ini bisa menjadi elemen penting lainnya.

Anda dapat menggunakan kemampuan Anda untuk membuat rencana ke depan saat menjalankan tugas, terkadang dengan kemungkinan memengaruhi masa depan perusahaan secara keseluruhan, seperti saat mengembangkan rencana keuangan perusahaan.

Berapa Gaji Seorang Admin Keuangan?

Dilansir dari Glints,  rentang gaji untuk admin keuangan adalah sebesar Rp3.426.000 hingga Rp4.156.000. Namun perlu diingat, nilai gaji ini bisa dipengaruhi oleh lokasi tempat bekerja.

Admin keungan yang bekerja di kota-kota besar, seperti Jakarta atau Surabaya, biasanya akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan admin finance yang bekerja di daerah pedesaan. Ini karena biaya hidup di kota-kota besar lebih tinggi dibandingkan dengan di daerah pedesaan.

Selain itu, gaji juga bisa dipengaruhi oleh jenis perusahaan tempat bekerja. Admin keuangan yang bekerja di perusahaan besar atau multinasional biasanya akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan admin finance yang bekerja di perusahaan kecil atau menengah.

Baca juga: Contoh Laporan Keuangan Bisnis Kafe

Bagaimana Jenjang Karir Admin Keuangan?

tugas admin keuangan 1

Jenjang karir dalam bidang administrasi keuangan dapat bervariasi tergantung pada organisasi dan tingkat pengalaman. Berikut adalah contoh jenjang karir dan tugas yang mungkin terjadi jika Anda berniat menjadi admin keuangan:

Administrator keuangan junior:

  • Posisi awal dalam administrasi keuangan.
  • Melakukan tugas-tugas dasar seperti pengarsipan, entri data keuangan, dan pembuatan laporan keuangan sederhana.
  • Memerlukan pemahaman dasar tentang akuntansi dan software akuntansi keuangan.

Staff administrasi keuangan:

  • Bertanggung jawab atas tugas-tugas administratif yang lebih kompleks.
  • Memeriksa dan memproses faktur, pembayaran, dan pelaporan keuangan.
  • Terlibat dalam rekonsiliasi bank dan koordinasi dengan departemen lain.

Spesialis administrasi keuangan:

  • Mengkhususkan diri dalam area tertentu seperti manajemen kas, akuntansi pajak, atau analisis biaya.
  • Memerlukan pengetahuan lebih mendalam dalam bidang spesialisasi masing-masing.

Koordinator keuangan:

  • Bertanggung jawab atas manajemen operasional departemen administrasi keuangan.
  • Mengawasi tim administrasi keuangan junior dan staff.
  • Terlibat dalam pengambilan keputusan keuangan strategis.

Analis keuangan:

  • Terlibat dalam analisis keuangan yang lebih mendalam, seperti proyeksi, analisis risiko, dan evaluasi investasi.
  • Memerlukan pemahaman yang kuat tentang keuangan perusahaan.

Manajer administrasi keuangan:

  • Bertanggung jawab atas seluruh departemen administrasi keuangan.
  • Mengembangkan dan mengimplementasikan strategi keuangan perusahaan.
  • Terlibat dalam pengambilan keputusan strategis perusahaan.

Direktur keuangan (CFO):

  • Merupakan posisi kepemimpinan tertinggi dalam departemen keuangan.
  • Bertanggung jawab atas manajemen keuangan keseluruhan perusahaan.
  • Terlibat dalam pengambilan keputusan strategis perusahaan dan berinteraksi dengan pemangku kepentingan eksternal.

Konsultan keuangan:

  • Bekerja untuk firma konsultan keuangan atau mandiri.
  • Memberikan saran keuangan kepada berbagai klien.
  • Memerlukan keahlian yang luas dan pengetahuan mendalam dalam keuangan.

Baca juga: Contoh Laporan Keuangan Usaha Jasa

Sertifikasi yang Membantu Karir Admin Keuangan

Sertifikasi adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kredibilitas dan peluang karir dalam bidang administrasi keuangan. Berikut adalah beberapa sertifikasi yang dapat membantu Anda dalam karir admin keuangan:

Certified Public Accountant (CPA):

  • Sertifikasi ini memberikan pemahaman mendalam tentang akuntansi, audit, dan perpajakan.
  • Dibutuhkan untuk posisi-posisi yang lebih tinggi dalam akuntansi dan keuangan.

Certified Management Accountant (CMA):

  • Sertifikasi ini fokus pada manajemen keuangan, analisis biaya, perencanaan, dan pengendalian.
  • Cocok untuk orang yang ingin menjadi analis keuangan atau manajer keuangan.

Certified Financial Planner (CFP):

  • Sertifikasi ini penting bagi mereka yang ingin bekerja di bidang perencanaan keuangan dan manajemen investasi.

Certified Fraud Examiner (CFE):

  • Melatih Anda untuk mendeteksi dan mencegah penipuan keuangan.
  • Berguna untuk posisi yang melibatkan investigasi keuangan.

Certified Internal Auditor (CIA):

  • Fokus pada audit internal dan tata kelola perusahaan.
  • Berguna untuk pekerjaan di audit dan tata kelola.

Financial Risk Manager (FRM):

  • Mengkhususkan diri dalam manajemen risiko keuangan, termasuk risiko pasar dan kredit.
  • Berguna untuk pekerjaan di manajemen risiko atau investasi.

Microsoft Excel Certification:

  • Kemahiran dalam Microsoft Excel sangat penting dalam administrasi keuangan. Memiliki sertifikasi Excel dapat membantu meningkatkan keterampilan Anda.

Baca juga: Contoh Laporan Keuangan Bisnis Retail

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai tugas admin keuangan, kualifikasi, jenjang karir, dan kisaran gaji yang akan Anda dapatkan jika Anda berencana meniti karir menjadi seoarang keuangan.

Peran seorang admin keuangan dalam sebuah bisnis sangatlah penting, hal ini karena keuangan merupakan inti dalam sebuah bisnis supaya memastikan bahwa bisnis itu menguntungkan dan berkelanjutan.

Pastikan juga admin keuangan dalam bisnis memiliki tools untuk mempermudah proses kerja dalam menyelesaikan tugas meraka, salah satunya adalah menggunakan software akuntansi.

Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau seperti Kledo.

Kledo memiliki fitur pembukuan terintegrasi, pembuatan laporan keuangan instan, multi pengguna dan multi gudang, kontrol manajemen persediaan yang lebih mudah, dan masih banyak lagi.

Jika Anda tertarik mempemudah proses kerja admin keuangan dalam bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini, setelahnya Anda hanya perlu membayar 140 ribu perbulan.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 − 1 =