Berapa Sih Gaji Akuntan di Indonesia? Yuk, Intip Selengkapnya Di Sini!

gaji akuntan

Profesi akuntan di Indonesia semakin diminati karena menjanjikan gaji yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Banyak orang yang penasaran, sebenarnya berapa sih gaji akuntan di Indonesia?

Dengan adanya informasi tersebut, orang yang tertarik untuk menjadi akuntan dapat membuat keputusan yang lebih tepat. Dalam artikel ini, Kledo akan mengulas tentang berapa gaji akuntan di Indonesia, tingkat persaingan, dan faktor lain yang mempengaruhi gaji akuntan. Baca terus untuk menemukan jawabannya!

Gaji Rata-Rata Profesi Akuntan di Indonesia

gambar 1

Profesi akuntan ternyata terdiri dari berbagai jenis bidang, lho. Jika Anda masih bingung menentukan bidang mana yang ingin ditekuni, berikut beberapa jenis karir akuntan dan besaran gajinya.

Baca juga: Administrasi Keuangan: Pengertian, Tujuan, dan Tugasnya

Akuntan perusahaan

Akuntan perusahaan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perusahaan mematuhi semua hukum dan peraturan yang berlaku serta mengawasi laporan keuangan dan pembelian.

Mereka juga mengelola keuangan internal yang meliputi perencanaan pajak, perencanaan keuangan jangka panjang, dan penyusunan laporan keuangan.

Selain itu, akuntan perusahaan juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perusahaan mengikuti semua standar akuntansi yang berlaku. Mereka membantu pemimpin perusahaan membuat keputusan yang tepat dan membantu memahami dampak keuangan dari setiap keputusan.

Rata-rata gaji akuntan perusahaan di Indonesia sangat kompetitif dan tergantung pada pengalaman, lokasi, dan jenis pekerjaan yang dilakukan. Menurut data Bursa Kerja Nasional, gaji rata-rata akuntan perusahaan di Indonesia adalah Rp.5.5 juta per bulan.

Tapi, gaji ini bisa meningkat sampai Rp.10 juta per bulan atau lebih tergantung pada tingkat pengalaman dan jenis pekerjaan yang dilakukan.

Akuntan perusahaan juga memiliki peluang untuk meningkatkan karir mereka dengan mengambil kursus lanjutan atau pendidikan akuntansi. Ini akan membantu mereka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka, serta membuka peluang untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi di perusahaan.

Baca juga: Laporan Anggaran (Budget Report): Fungsi, Format, dan Cara Buatnya

Teknisi akuntansi

Teknisi akuntansi berperan penting dalam mengatur keuangan dan menjaga agar organisasi berjalan dengan lancar. Mereka berkontribusi dalam meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan pertumbuhan bisnis.

Pekerjaan utama dari teknisi akuntansi adalah mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan masalah akuntansi. Mereka juga bertanggung jawab untuk menjaga akurasi data dan informasi keuangan, membuat laporan keuangan, dan melakukan audit.

Rata-rata gaji teknisi akuntansi di Indonesia bervariasi, tergantung pada jenis pekerjaan, kualifikasi, dan pengalaman. Gaji rata-rata teknisi akuntansi di Indonesia berkisar antara Rp3.000.000-Rp5.000.000 per bulan. Gaji ini mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kualifikasi dan pengalaman kerja.

Prospek karir teknisi akuntansi di Indonesia terus meningkat karena semakin banyak organisasi yang membutuhkan layanan akuntansi.

Teknisi akuntansi dapat bekerja di berbagai jenis organisasi seperti perusahaan manufaktur, perusahaan jasa, dan lembaga pemerintah. Perusahaan-perusahaan ini mencari orang yang memiliki keterampilan akuntansi yang baik.

Baca juga: Mengenal 3 Standar Audit yang Berlaku di Indonesia

Manajer akuntansi

Manajer akuntansi bertanggung jawab untuk memastikan kepatuhan perusahaan terhadap standar akuntansi dan peraturan perpajakan, serta memonitoring laporan keuangan internal.

Mereka juga bertanggung jawab untuk meninjau dan menganalisis laporan keuangan untuk memastikan penyampaian informasi yang akurat dan tepat waktu. Karena peran ini menjadi lebih penting dalam kegiatan bisnis, permintaan untuk tenaga manajer akuntansi juga meningkat.

Manajer akuntansi juga dibutuhkan untuk membantu dalam proses perencanaan dan pengawasan, serta memberikan saran tentang pengelolaan keuangan dan pembelian perusahaan.

Rata-rata gaji manajer akuntansi berbeda tergantung pada lokasi, pengalaman, dan keterampilan. Tidak semua posisi memiliki gaji yang sama. Namun, menurut data dari Jobstreet, rata-rata gaji manajer akuntansi di Indonesia adalah Rp. 9.814.000 per bulan.

Baca juga: Kenali Berbagai Insentif Pajak Berikut Ini

Auditor

Auditor merupakan sebuah profesi yang sangat penting, karena mereka bertanggung jawab untuk mengaudit dan meninjau keuangan dan operasi suatu organisasi.

Auditor bertanggung jawab untuk memastikan bahwa organisasi tersebut telah mematuhi standar keuangan dan hukum yang berlaku. Auditor juga dapat mengidentifikasi masalah yang ada di dalam organisasi dan memberikan saran untuk meningkatkan kinerja.

Di Indonesia, ada banyak perusahaan yang membutuhkan jasa auditor, seperti perusahaan publik, badan usaha, lembaga pemerintah, dan banyak lagi. Auditor di Indonesia juga dapat bekerja untuk lembaga swasta atau perusahaan internasional.

Rata-rata gaji untuk auditor di Indonesia bervariasi tergantung pada jenis pekerjaannya. Auditor yang bekerja untuk lembaga pemerintah dan perusahaan publik umumnya akan mendapatkan gaji lebih tinggi dibandingkan auditor yang bekerja di perusahaan swasta.

Auditor yang bekerja di lembaga pemerintah dan perusahaan publik dapat memperoleh gaji rata-rata sebesar Rp 4.000.000 – Rp 8.000.000 per bulan. Sementara itu, auditor yang bekerja di perusahaan swasta dapat memperoleh gaji rata-rata sebesar Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000 per bulan.

Selain gaji, auditor juga dapat menghasilkan uang dari bonus, insentif, dan tunjangan lainnya. Auditor yang bekerja di lembaga pemerintah dan perusahaan publik umumnya akan mendapatkan lebih banyak tunjangan dibandingkan auditor yang bekerja di perusahaan swasta.

Baca juga: Budget Adalah: Berikut Pembahasan Lengkap dan Tips Membuatnya

Akuntan publik

Prospek karir akuntan publik di Indonesia sangat baik. Karena profesi ini sangat dibutuhkan di berbagai bidang dan sektor, termasuk sektor swasta, pemerintah, dan organisasi non-profit.

Akuntan publik bertanggung jawab untuk membantu organisasi mengatur dan mengaudit keuangan mereka. Akuntan publik juga membantu organisasi mengikuti standar akuntansi yang berlaku.

Akuntan publik dapat memilih untuk bekerja di berbagai industri, seperti industri jasa keuangan, perbankan, asuransi, real estate, manufaktur, dan lainnya. Akuntan publik juga dapat memilih untuk bekerja untuk organisasi non-profit atau pemerintah.

Rata-rata gaji akuntan publik di Indonesia cukup baik. Gaji akuntan publik tergantung pada tingkat pengalaman, wilayah, dan jenis organisasi tempat mereka bekerja.

Akuntan publik yang berpengalaman dapat memperoleh gaji hingga Rp. 15.000.000 per bulan. Sedangkan akuntan publik yang belum berpengalaman dapat memperoleh gaji hingga Rp. 8.000.000 per bulan.

Account officer

Account officer adalah orang yang menangani semua tugas administrasi dan finansial dalam suatu organisasi. Mereka bertanggung jawab untuk mengawasi, mengatur, dan mengirimkan laporan keuangan.

Account officer juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa keuangan dari organisasi tersebut berada dalam kondisi yang baik.

Sebagian besar perusahaan di Indonesia membutuhkan orang-orang yang ahli dalam bidang keuangan. Karena Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, banyak perusahaan yang mencari account officer untuk mengelola keuangan mereka.

Gaji account officer di Indonesia cukup menarik. Gaji yang diberikan bervariasi tergantung pada kualifikasi dan pengalaman. Tapi umumnya, account officer di Indonesia mendapatkan gaji rata-rata sekitar Rp. 5.000.000 – Rp. 6.000.000 per bulan. Gaji ini bisa meningkat jika account officer memiliki pengalaman yang cukup dan keahlian khusus.

Baca juga: Performance Budgeting Adalah: Tujuan, Ciri, dan Prosesnya

Akuntan pemerintah

Akuntan pemerintah adalah profesi yang bertanggung jawab untuk melakukan audit dan mengelola keuangan pemerintah. Mereka memastikan bahwa lembaga pemerintah menggunakan dana yang tersedia dengan benar dan transparan.

Akuntan pemerintah juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa lembaga tersebut mengikuti peraturan dan regulasi yang ditetapkan.

Di Indonesia, prospek karir akuntan pemerintah cukup menjanjikan. Banyak organisasi pemerintah yang mencari akuntan untuk mengelola keuangan mereka.

Gaji akuntan pemerintah di Indonesia cukup tinggi. Akuntan pemerintah yang berpengalaman dapat mengharapkan gaji rata-rata sekitar Rp 6.000.000 – Rp 8.000.000 per tahun. Akuntan pemerintah yang berpengalaman juga dapat mengharapkan tunjangan dan benefit lainnya.

Certified Public Accountants (CPA)

Certified Public Accountants (CPA) adalah profesi yang diakui secara internasional untuk yang memiliki kompetensi untuk melakukan audit, menyusun laporan keuangan dan memberikan jasa konsultasi akuntansi.

Dengan lisensi yang diberikan oleh negara, mereka berhak memberikan jasa-jasa akuntansi profesional dan memiliki hak untuk memberikan opini pada laporan keuangan.

Prospek karir untuk Certified Public Accountants (CPA) di Indonesia sangat baik. Karena kebutuhan akan jasa akuntansi yang profesional dan kompeten semakin meningkat, maka banyak perusahaan yang membutuhkan Certified Public Accountants (CPA).

CPA juga bisa menawarkan jasa-jasa konsultasi akuntansi dan audit kepada perusahaan serta organisasi. Selain itu, banyak perusahaan juga membutuhkan CPA untuk membantu perusahaan dalam perencanaan keuangan dan manajemen risiko.

Menurut data yang tersedia, rata-rata gaji CPA di Indonesia berkisar antara Rp 8.000.000 – Rp 25.000.000 per bulan. Selain itu, banyak perusahaan juga memberikan bonus tahunan dan berbagai insentif lainnya.

Baca juga: 9 Rekomendasi Aplikasi Budgeting Terbaik Tahun ini

Penasihat keuangan

Sebagai penasihat keuangan, Anda akan bertanggung jawab untuk memberikan saran keuangan kepada individu atau organisasi. Sebagai penasihat keuangan, Anda dapat bertindak sebagai pelayan untuk mengatur aset dan membantu klien membuat keputusan keuangan yang tepat.

Untuk masuk ke dalam prospek karir ini, Anda harus memiliki latar belakang pendidikan dan pelatihan yang tepat.

Di Indonesia, Anda harus memiliki gelar sarjana di bidang keuangan atau akuntansi. Selain itu, Anda harus memiliki lisensi yang tepat untuk beroperasi sebagai penasihat keuangan dan ditunjang dengan pengalaman praktis di bidang keuangan.

Anda harus memiliki pengetahuan tentang pasar modal, pajak, asuransi, investasi, dan aset lainnya. Untuk meningkatkan kemampuan profesional Anda, Anda harus terus-menerus memperbarui pengetahuan terkait produk keuangan, manajemen risiko, dan strategi investasi.

Rata-rata gaji seorang penasihat keuangan di Indonesia adalah antara Rp 10.000.000 – Rp 15.000.000 per bulan. Gaji ini bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kualifikasi, pengalaman, dan lokasi tempat Anda bekerja.

Baca juga: Apa Itu Budgeting? Berikut Adalah Penjelasan Lengkap dan 20 Tips Membuat Budgeting

Analis investasi

Analis investasi adalah profesi yang berkaitan dengan penyelidikan, evaluasi, dan pengaturan portofolio investasi. Analis investasi bertanggung jawab untuk mengevaluasi kinerja portofolio dan mengidentifikasi peluang investasi baru yang menguntungkan. Mereka juga memberikan nasihat tentang investasi kepada klien mereka.

Dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil, pasar modal yang berkembang, dan penciptaan lapangan kerja baru, para analis investasi memiliki peluang yang luar biasa untuk membangun karir yang menguntungkan.

Banyak perusahaan di Indonesia yang mencari profesional investasi untuk membantu mereka mengelola portofolio investasi mereka. Selain itu, banyak pengelola aset yang mencari analis investasi yang kompeten.

Menurut survei yang dilakukan oleh PayScale, rata-rata gaji analis investasi di Indonesia adalah sekitar Rp66 juta per tahun. Menjadi analis investasi angat menarik, bukan?

Trader

Trader merupakan jenis profesi yang berurusan dengan berbagai jenis pasar, seperti pasar saham, mata uang, derivatif, dan lainnya. Anda juga bisa memilih untuk bekerja sebagai trader independen atau bergabung dengan sebuah perusahaan pialang.

Trading di pasar keuangan membawa risiko, tetapi juga peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Sebagai trader, Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang pasar keuangan, dan juga harus memiliki kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat dan cepat.

Adapun gaji seorang trader berkisar antara Rp. 8.000.000 hingga Rp. 10.000.000 tergantung pada jenis pasar tempat Anda bekerja.

Chief Financial Officer (CFO)

Chief Financial Officer (CFO) adalah salah satu posisi yang paling penting dalam sebuah organisasi. Mereka bertanggung jawab atas perencanaan, pengelolaan, dan pengawasan keuangan organisasi.

CFO akan mengatur dan mengawasi keuangan organisasi termasuk operasi keuangan, manajemen risiko, dan program strategis. Meskipun CFO masih merupakan posisi yang relatif baru di Indonesia, prospeknya menjadi semakin menarik.

Menurut survei yang dilakukan oleh Kompas, rata-rata gaji CFO di Indonesia saat ini sekitar Rp. 250 juta per tahun. Namun, gaji ini bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis perusahaan serta lokasi tempat kerja.

Baca juga: Download Contoh Anggaran Pemasaran, Komponen, dan Cara Membuatnya

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Gaji Akuntan

jobdesk akuntan 1

1. Pendidikan

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi gaji akuntan di Indonesia adalah pendidikan. Akuntan yang memiliki gelar S1 atau lebih tinggi akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripada akuntan yang hanya memiliki SMA.

2. Pengalaman

Pengalaman yang dimiliki akuntan juga berpengaruh terhadap gaji yang mereka terima. Akuntan yang berpengalaman akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripada akuntan yang baru masuk ke bidang ini.

3. Keterampilan

Keterampilan akuntansi yang dimiliki akuntan juga merupakan faktor yang mempengaruhi gaji yang mereka terima. Akuntan yang memiliki keterampilan yang lebih baik akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

4. Perusahaan

Faktor lain yang mempengaruhi gaji akuntan di Indonesia adalah perusahaan di mana ia bekerja. Biasanya, perusahaan yang lebih besar akan menawarkan gaji yang lebih tinggi untuk akuntan mereka.

5. Lokasi

Faktor lokasi juga mempengaruhi gaji akuntan di Indonesia. Akuntan di daerah yang lebih padat penduduk akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripada akuntan di daerah yang lebih sepi.

Baca juga: Tips Mengelola Anggaran Paling Efektif untuk Bisnis Anda

Bagaimana Tingkat Persaingan Karir Akuntansi di Indonesia?

Tingkat persaingan karir akuntansi di Indonesia saat ini terbilang sangat tinggi. Hal ini dikarenakan banyaknya perusahaan dan organisasi yang membutuhkan jasa akuntan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Selain itu, para akuntan di Indonesia juga harus bersaing dengan para akuntan asing yang kompeten dan berpengalaman. Para akuntan asing yang bekerja di Indonesia biasanya memiliki keterampilan yang lebih baik dan pengetahuan yang lebih luas daripada para akuntan lokal.

Oleh karena itu, para akuntan lokal harus bekerja lebih keras untuk bersaing dengan para akuntan asing.

Untuk bersaing di dunia kerja, para akuntan harus memiliki pengetahuan yang luas tentang akuntansi dan memiliki keterampilan yang relevan. Selain itu, para akuntan juga harus mampu menyelesaikan tugas-tugas mereka dengan cepat dan akurat.

Para akuntan juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik untuk membangun hubungan yang baik dengan klien mereka. Dengan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang tepat, para akuntan di Indonesia dapat bersaing dengan para akuntan asing dan memenangkan persaingan karir di bidang akuntansi.

Baca juga: Lean Canvas: Definisi, Komponen, Manfaat, dan Contohnya

Kesimpulan

Banner 1 kledo

Itulah jawaban atas pertanyaan berapa gaji akuntan, faktor yang mempengaruhinya, dan bagaimana tingkat persaingan profesi akuntan di Indonesia.

Gimana nih? Setelah mengetahui prospek kerja akuntan yang menjanjikan, semoga ini bisa membuat Anda menjadi tambah yakin untuk berkarir di bidang keuangan ini.

Nah, menjalankan tugas akuntansi dan keuangan semakin mudah dilakukan dengan menggunakan bantuan software akuntansi seperti Kledo.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa melakukan pembukuan secara otomatisasi dan memperoleh laporan keuangan yang akurat dalam waktu singkat.

Kledo merupakan software berbasis cloud yang bisa Anda akses melalui berbagai perangkat baik lewat laptop, tablet, maupun smartphone. Masih tidak percaya? Yuk, buktikan sendiri dengan mencoba free trial Kledo selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + one =