Strategi Whatsapp Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis

whatsapp marketing

WhatsApp marketing saat ini menjadi salah satu cara pemasaran yang banyak digunakan pemilik bisnis.

Konsumen modern selalu mencari cara yang ideal untuk berkomunikasi. Dengan kemajuan teknologi baru-baru ini dan perusahaan teknologi hadir dengan saluran komunikasi yang lebih baik, konsumen tidak ketinggalan dalam mengadopsi saluran tersebut. Saat ini, sebagian besar konsumen menggunakan Facebook, Instagram, Snapchat, dan WhatsApp untuk berkomunikasi.

WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia saat ini, dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif. Setiap hari, setidaknya 60 miliar pesan dikirim melalui aplikasi perpesanan ini.

Dengan miliaran konsumen menggunakan WhatsApp beberapa kali setiap hari, bisnis harus mulai melihat WhatsApp sebagai saluran baru untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka.

WhatsApp memberi bisnis platform untuk secara langsung mengirim pesan pemasaran kepada pelanggan, memenangkan kepercayaan mereka, dan membuat mereka setia pada merek mereka.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas strategi WhatsApp marketing untuk kesuksesan bisnis dan peningkatan keuntungan bisnis Anda.

Cara Memanfaatkan WhatsApp untuk Bisnis Anda

whatsapp marketing

Meskipun WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan paling populer secara global, tidak banyak bisnis dan profesional pemasaran yang menggunakannya saat ini untuk menjangkau konsumen.

Hanya 7% pemasar profesional yang menggunakan WhatsApp saat ini untuk mempromosikan bisnis.

Setiap bisnis dapat menggunakan WhatsApp untuk keuntungannya karena terutama digunakan untuk mengirim pesan dan berkomunikasi.

Berikut adalah beberapa cara menggunakan WhatsApp untuk bisnis Anda.

Tingkatkan visibilitas online

Anda dapat membuat halaman bisnis di WhatsApp dan membuat grup untuk pelanggan Anda. Setelah Anda membuat halaman bisnis WhatsApp, Anda dapat menggunakan platform ini untuk membuat profil lengkap bisnis Anda, seperti alamat fisik, tautan situs web, dan kontak berharga yang dapat digunakan pelanggan untuk menghubungi Anda.

WhatsApp juga memungkinkan Anda untuk menambahkan katalog produk Anda di halaman bisnis sehingga pelanggan dapat melihatnya dan berinteraksi dengan Anda.

Dengan membuat katalog bisnis Anda di WhatsApp, pelanggan dapat menelusuri bisnis Anda tanpa harus menelusuri dan mengalihkan perhatian ke hal lain. Ini meningkatkan tingkat konversi Anda.

Terlibat dengan pelanggan secara langsung

Jika Anda menjalankan toko online, sebagian besar pembeli online selalu terburu-buru. Ketika pelanggan bertanya, mereka selalu mengharapkan tanggapan tepat waktu dari meja layanan pelanggan Anda.

WhatsApp memudahkan Anda untuk berinteraksi dan melibatkan pelanggan Anda melalui pesan langsung.

Anda juga dapat menggunakan chatbot untuk mengotomatiskan pesan Anda sehingga pelanggan tidak perlu menunggu tanggapan Anda. Anda juga dapat membuat bagian FAQ di halaman bisnis WhatsApp Anda dan menghemat waktu pelanggan.

Atur kontak Anda

\WhatsApp adalah alat perpesanan yang berguna untuk setiap bisnis. Anda dapat menggunakan aplikasi untuk mengatur kontak Anda menggunakan sistem labelnya.

Anda juga dapat mengimpor semua kontak bisnis Anda ke WhatsApp jika Anda menggunakan CRM yang terintegrasi sempurna dengan aplikasi. Saat Anda mengintegrasikan WhatsApp dengan CRM, Anda tidak perlu menambahkan kontak pelanggan baru ke aplikasi karena itu mengotomatiskan prosesnya.

Konsumen yang telah memilih komunikasi WhatsApp Anda dapat langsung ditambahkan ke daftar pesan WhatsApp tanpa intervensi manual. Anda juga dapat menyimpan dan mengarsipkan percakapan pelanggan saat Anda berintegrasi dengan CRM.

Baca juga: Hard Selling dan Soft Selling: Pengertian, Perbedaan, dan Cara Implementasinya

8 Strategi WhatsApp Marketing untuk Promosi Bisnis

whatsapp marketing

1. Gunakan aplikasi Whatsapp untuk bisnis bukan WhatsApp biasa

WhatsApp Business adalah aplikasi gratis untuk diunduh dan dibuat dengan mempertimbangkan pemilik usaha kecil. Dengan aplikasi ini, bisnis dapat berinteraksi dengan pelanggan dengan mudah menggunakan alat untuk mengotomatisasi, menyortir, dan merespons pesan dengan cepat

Aplikasi ini hadir dengan banyak manfaat dan fitur luar biasa untuk bisnis skala kecil dan besar.

Berikut adalah beberapa manfaat dari aplikasi WA Bisnis:

  • Profil Bisnis: Buat profil bisnis dengan informasi bermanfaat untuk pelanggan Anda seperti alamat, deskripsi bisnis, alamat email, dan situs web Anda.
  • Balasan Cepat: Balasan cepat memungkinkan Anda menyimpan dan menggunakan kembali pesan yang sering Anda kirim sehingga Anda dapat dengan mudah menjawab pertanyaan umum dalam waktu singkat.
  • Pesan Otomatis: Setel pesan jauh saat Anda tidak dapat menjawab sehingga pelanggan Anda tahu kapan harus mengharapkan balasan. Anda juga dapat membuat pesan ucapan untuk memperkenalkan pelanggan Anda ke bisnis Anda.
  • Statistik Pesan: Akses metrik penting seperti berapa banyak pesan Anda yang berhasil dikirim, dikirim, dan dibaca.

Aplikasi ini terus melakukan pembaruan di masa mendatang, tetapi Anda akan lebih baik menggunakan WA Bisnis daripada menggunakan Whatsapp biasa.

2. Buat persona merek yang menarik untuk WhatsApp

Whatsapp adalah aplikasi perpesanan tempat orang menjangkau keluarga dan teman. Ini adalah cara untuk mendiskusikan hal-hal yang sangat pribadi, bahkan menggoda juga.

Strategi pertama menggunakan Whatsapp marketing untuk mempromosikan bisnis Anda adalah menyesuaikan dan menciptakan persona merek yang menarik.

Karena Anda bermaksud menggunakan WhatsApp sebagai alat untuk menjangkau pelanggan, pelanggan Anda harus dapat mengidentifikasi merek Anda dengan cepat.

Anda harus membuat persona atau karakter merek yang menarik yang mewakili merek Anda dengan nomor WhatsApp-nya. Orang tidak suka mengobrol dengan nama perusahaan yang tidak bersifat pribadi.

Anggaplah merek Anda memiliki bagian pelayanan pelanggan yang menangani keluhan dan pertanyaan pelanggan, Anda dapat membuat dedikasi nomor khusus untuk tujuan ini. Angka ini dapat dikelola oleh orang sungguhan sehingga ada perasaan manusiawi.

Seringkali pebisnis yang sibuk merasa mudah untuk terlibat dengan orang ini di WhatsApp, bertukar gambar produk yang mereka minati, mengajukan pertanyaan dan bahkan menyetujui pembayaran, persyaratan pengiriman, dan banyak lagi.

Persona adalah hal pertama yang perlu Anda pilah jika Anda ingin mendapatkan strategi WhatsApp marketing yang benar.

Baca juga: 10 Strategi Penjualan dan Cara Melakukan Perencanaan Strategi Penjualan

3. Bangun basis data kontak

Sekarang setelah kita semua memiliki persona merek kita beres. Selanjutnya Anda membutuhkan nomor pelanggan sebanyak mungkin untuk membuat daftar orang yang dapat dihubungi.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Anda TIDAK BISA mengirim pesan ke konsumen yang tidak memiliki afiliasi mutualisme dengan Anda. Anda perlu diundang oleh pelanggan untuk menjadi kontak mereka sebelum Anda dapat mengirimi mereka pesan.

Anda memerlukan nomor sebelum Anda dapat berkomunikasi dengan pelanggan Anda di WhatsApp, tetapi sebenarnya ada jalan keluarnya!

Untuk membangun basis kontak pengguna, Anda perlu menawarkan sesuatu yang berharga sebagai ganti nomor telepon mereka.

Ini bisa berupa promosi, freebie, layanan gratis, atau informasi berharga.

Anda dapat membuat promosi yang menarik untuk membuat pengguna membagikan nomor mereka kepada Anda. Setelah Anda menambahkan mereka di WhatsApp, kirimkan mereka promo/penawaran yang kemudian dapat mereka tukarkan dan mulailah hubungan mereka dengan Anda.

Banner 1 kledo

4. Tawarkan konten yang relevan kepada pelanggan

Apa yang Anda lakukan setelah Anda mulai membuat daftar telepon?

WhatsApp adalah satu-satunya aplikasi yang digunakan secara luas yang memiliki lebih banyak keterlibatan dan persentase lebih tinggi dari orang yang menggunakannya setiap hari daripada Facebook itu sendiri,” kata Zuckerberg. (Menurut CNET, tingkat keterlibatan pengguna bulanan WhatsApp setiap hari adalah 70%, sedangkan Facebook sekitar 61%.)

Whatsapp memiliki tingkat keterlibatan yang lebih tinggi daripada Facebook. Itu berarti Anda perlu menawarkan kepada pengguna, konten hebat tentang topik yang relevan untuk memastikan bahwa mereka terlibat dengan Anda.

Contohnya adalah komunitas untuk siswa yang mengikuti kursus pelatihan pemasaran digital. Di grup itu, Anda bisa memberikan konten yang bermanfaat seperti tren industri, tautan ke alat, strategi pemasaran digital, dll.

Berikut adalah strategi untuk membuat grup WhatsApp yang efektif

  • Buat grup Whatsapp (Anda dapat menambahkan hingga 256 pengguna).
  • Beri nama grup. Pastikan judul grup mencerminkan nama bisnis Anda. Misalnya Komunitas Pemasaran Digital
  • Tambahkan logo merek Anda sebagai ikon grup jika ada.
  • Buat kebijakan panduan grup. Ini akan memastikan orang tidak memposting hal-hal yang tidak sejalan dengan satu-satunya tujuan dan tujuan grup. Setelah Anda melihat orang-orang memposting konten yang tidak pantas di grup, Anda dapat segera menghapus orang tersebut.
  • Libatkan pengguna dengan konten yang bermanfaat, hadiah, gratis, dll.

Baca juga: Iklan Gratis yang Bisa Anda Gunakan Dalam Bisnis Secara Online

5. Memberikan dukungan pelanggan real-time

Menyediakan layanan pelanggan real-time adalah kemewahan yang tidak dapat dimiliki oleh bisnis kecil, tetapi dengan WhatsApp marketing, Anda dan staf kecil Anda dapat menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin dimiliki pelanggan Anda dengan cepat.

Dan karena aplikasi mendukung media yang kaya, Anda dapat menggunakan teks, audio, atau video untuk memberikan pengalaman layanan pelanggan pribadi.

Whatsapp memiliki open rate 70%, yang berarti Anda hampir dijamin akan membuka pesan Anda jika pelanggan Anda menggunakan WhatsApp bersama Anda.

Saat ini sebagian besar pengguna menginginkan cara yang lebih cepat untuk mendapatkan jawaban permintaan, jadi Anda harus meluncurkan saluran Layanan Pelanggan WhatsApp khusus agar pelanggan Anda dapat menjangkau dan menyelesaikan masalah mereka.

Anda dapat memanfaatkan sarana ini dengan memberikan dukungan pelanggan yang cepat dan berkualitas kepada pengguna.

Namun, pstikan Anda memiliki sumber daya yang memadai untuk menangani pertanyaan pelanggan.

Jangan sampai Anda menggunnakan saluran WhatsApp tetapi tidak merespons selama berjam-jam. .

6. Riset umpan balik konsumen

WhatsApp sejauh ini belum digunakan secara luas untuk penelitian tetapi menawarkan platform yang mudah digunakan, murah dan cepat untuk menjalankan beberapa penelitian cepat dan juga menghasilkan umpan balik pelanggan.

Anda dapat bertanya kepada konsumen tentang produk yang mereka sukai, meminta mereka untuk memilih di antara opsi yang diusulkan merek untuk diluncurkan bisnis.

Selain itu, menggunakan WhatsApp marketing sangat relevan untuk melakukan diskusi singkat secara internal di dalam perusahaan Anda.

Selain itu, daripada menelepon pelanggan untuk meminta umpan balik, Anda dapat membuat pertanyaan untuk grup Anda yang akan melahirkan jawaban yang relevan dengan bisnis Anda. Ini adalah riset pemasaran yang terbaik, dan gratis.

Dengan umpan balik yang Anda kumpulkan dari pelanggan, Anda dapat menanggapi permintaan mereka dan mempromosikan produk dan layanan yang Anda berikan.

Dengan mengembangkan kuesioner yang kreatif dan menghibur, Anda dapat berinteraksi dengan pelanggan Anda dengan cara yang tidak mengganggu.

Dan masukan mereka bisa sangat berharga, yang dapat dihargai dengan penawaran khusus dan kupon untuk mendorong keterlibatan di masa depan, loyalitas merek, dan retensi pelanggan jangka panjang.

Baca juga: Market Development Strategi: Pengertian, Tips, dan Contohnya

7. Manfaatkan fitur status WhatsApp

Dalam status WhatsApp, Anda bisa melihat kejadian orang-orang dalam hidup Anda lebih dari Facebook, Instagram dan SnapChat karena ini adalah salah satu aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan di dunia.

Pembaruan status di WhatsApp dapat berisi:

  • Seseorang dapat berbagi perasaannya, keadaan pikirannya atau apa pun yang dia lakukan.
  • Yang lain mengatakan itu juga merupakan media untuk memberi tahu teman Anda di mana Anda berada jika Anda sedang dalam perjalanan, liburan, atau petualangan.
  • Beberapa orang juga menggunakannya untuk menyampaikan pesan terselubung kepada seseorang, seperti membuat pernyataan.
  • Anda juga dapat menggunakannya untuk memberi tahu semua orang bahwa Anda sibuk atau tersedia atau di kantor, dll.
  • Anda juga dapat menempatkan kalimat-kalimat lucu, lelucon, puisi, dll. Ini menunjukkan bidang minat Anda dan menceritakan tentang kepribadian Anda.

Tetapi bagaimana fitur status ini dapat menguntungkan bisnis Anda?

Dalam ‘pembaruan status’, selain berbagi foto dan kejadian di sekitar Anda, ini juga dapat digunakan sebagai ‘iklan flash’ untuk bisnis Anda.

Karena status ini tersedia selama 24 jam untuk pemirsanya, ini adalah alat yang berguna untuk menyoroti pekerjaan Anda atau topik yang Anda ikuti.

Ditambah dengan kemampuan untuk membagikan tautan, Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk mengembangkan bisnis Anda dan meningkatkan jumlah pelanggan.

8. Bagikan kode promosi, penjualan kilat

Dengan fitur status whatsapp, Anda dapat membuat kode promosi khusus yang dapat dibagikan pelanggan untuk ditukarkan di bisnis Anda. Menggunakan fitur foto dan lokasi instan, status dapat memberi tahu semua orang di grup Anda tentang promosi yang Anda jalankan.

Ini dapat mencakup penjualan kilat dua jam atau satu hari khusus untuk mengarahkan lalu lintas dan menciptakan buzz.

Berdasarkan tingkat interaksi, Anda dapat memperluas promosi dengan kupon atau promosi eksklusif Status WhatsApp.

Baca juga: Analisis Pemasaran: Pengertian dan 7 Proses yang Harus Anda Ketahui

Kesimpulan

WhatsApp sebagai alat komunikasi terus berkembang dan menambahkan lebih banyak fitur dan kemungkinan yang lebih besar di masa mendatang. Ini adalah platform serbaguna yang memungkinkan Anda mengirim file, gambar, dan klip video pendek tentang produk dan layanan Anda.

Jadi bisa dibilang kalau WhatsApp marketing adalah salah satu strategi yang bisa Anda gunakan untuk menjangkau pelanggan Anda lebih personal dan juga membuat mereka lebih mudah dalam menjangkau bisnis Anda.

Pastikan juga Anda melakukan pembukuan pada bisnis Anda. Melakukan pencatatan untuk pengeluaran dan pemasukan dalam bisnis adalah hal yang harus Anda lakukan agar bisnis Anda selalu berada dalam kendali dan tidak ada anggaran dan modal bisnis yang terbuang sia-sia.

Untuk memudahkan dalam pengelolaan proses pembukuan pada usaha, ada baiknya Anda menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang sesuai kebutuhan bisnis Anda, contohnya adalah Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki harga terjangkau dan fitur terlengkap seperti pencatatan pembelian dan penjualan, penghitungan aset, penghitungan pajak, pengelolaan dan pemantauan stok, rekonsiliasi otomatis, otomasi lebih dari 30 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − 3 =