Pahami Konsep Promosi Ini untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis

konsep promosi

Konsep promosi menjadi salah satu poin yang sangat fundamental dalam dunia marketing. Konsep ini menjadi framework upaya pemasaran untuk mengenalkan produk Anda ke publik dan pada akhirnya bisa membangun basis pelanggan yang kuat.

Dengan memahami apa itu konsep promosi akan membantu Anda menentukan bagaimana cara pemasaran yang tepat. Jadi, baca terus artikel ini dan temukan cara pemasaran terbaik untuk bisnis Anda.

Apa Itu Konsep Promosi?

konsep promosi

Konsep adalah suatu pemikiran atau gagasan, yang dinyatakan dalam bentuk kata-kata maupun simbol-simbol dan menjadi bagian ilmu pengetahuan. Sedangkan promosi adalah usaha menawarkan produk dengan tujuan menarik konsumen agar mau membeli produk tersebut.

Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa konsep promosi adalah gagasan sebagai suatu bentuk usaha untuk menawarkan barang maupun jasa agar konsumen mau membeli produk tersebut.

Perlu Anda ketahui, bahwa konsep promosi ini juga bisa diartikan sebagai strategi promosi.

Baca juga: 10 Teknik Promosi yang Mudah Digunakan Pemilik Bisnis

Menggunakan Prinsip Persuasi Robert Cialdini sebagai Konsep Promosi

Pada tahun 1984, Dr. Robert B. Cialdini menulis sebuah buku berjudul Influence: The Psychology of Persuasion yang dipuji sebagai salah satu karya yang harus dibaca bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia marketing.

Dalam buku tersebut, Cialdini merumuskan 6 rumus persuasi sebagai teknik promosi, yaitu:

1. Reciprocity (timbal balik)

Prinsip pertama Cialdini menyatakan bahwa manusia terprogram untuk membalas budi dan memperlakukan orang lain seperti mereka telah memperlakukan kita.

Gagasan timbal balik mengatakan bahwa orang, secara alamiah, merasa berhutang budi kepada orang lain jika mereka telah menerima bantuan dari orang yang sama. Psikologi menjelaskan hal ini dengan menekankan bahwa manusia tidak suka merasa berhutang budi kepada orang lain.

Misalnya saja, Anda mempunyai situs blog populer yang memberikan beraga, konten edukatif yang sangat membantu pembaca. Semua informasi tersebut bisa diakses secara gratis.

Berdasarkan prinsip timbal balik, pengunjung situs Anda merasa berkewajiban membeli apa yang ditawarkan dari situs Anda. Sehingga para pembaca blog bisa dikonversi menjadi pembeli produk Anda.

2. Commitment (komitmen)

Prinsip komitmen menyatakan bahwa manusia memiliki kebutuhan yang mendalam agar dipandang sebagai sosok yang konsisten.

Dari perspektif psikologis, hal ini dapat dijelaskan oleh fakta bahwa manusia menyelaraskan komitmen dengan citra diri mereka. Pemasar, tentu saja telah menemukan cara menggunakan prinsip Cialdini kedua ini untuk mendapatkan tingkat konversi yang lebih besar.

Misalnya saja, Anda menawarkan uji coba gratis software layanan Anda. Hal ini membuat pengunjung situs menganggap diri mereka sebagai pelanggan produk Anda.

Alhasil, perubahan persepsi diri itu memudahkan Anda agar mereka mau menggunakan software layanan yang berbayar.

3. Social proof (bukti sosial)

Cialdini mendefinisikan social proof sebagai orang yang meniru apa yang dilakukan orang lain.

Sebagai contoh, jika rekan kerja kita bekerja lembur, kita cenderung melakukan hal yang sama. Jika sebuah tempat makan tertentu selalu ramai pengunjung, kita cenderung ingin mencoba tempat makan tersebut.

Kita bahkan lebih dipengaruhi oleh prinsip ini jika:

  • Kita tidak yakin dengan diri kita sendiri.
  • Orang-orang yang kita amati tampak serupa dengan kita.

Pada dasarnya, apa pun yang dilakukan oleh kebanyakan orang, kita cenderung akan meniru apa yang mereka lakukan.

Dalam dunia pemasaran modern, prinsip ini bisa diimplementasikan melalui hasil review dan testimoni para pelanggan yang telah menggunakan produk Anda. Semakin banyak komentar positif yang diterima, maka akan membuat para konsumen penasaran dan ingin menggunakan produk Anda.

Baca juga: Cara Menawarkan dan Mempromosikan Produk dengan Efektif

4. Authority (otoritas)

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa kita cenderung mematuhi sosok public figure yang sosoknya saja belum pernah kita jumpai secara langsung? Ini adalah sifat alami manusia!

Aksesori, seperti jabatan dan ketenaran, membuat rata-rata orang lebih cenderung menerima apa yang dikatakan orang tersebut. Anda dapat melihat hal ini dalam iklan, misalnya, menggunakan dokter sebagai bintang iklan pasta gigi.

5. Liking

Selamat datang di prinsip Cialdini nomor lima yakni liking yang didasarkan pada berbagi sesuatu yang serupa atau minat yang lebih dangkal, seperti daya tarik fisik.

Prinsip ini dapat diterapkan pada konversi dengan cara berikut: Sebuah perusahaan yang ingin meningkatkan tingkat konversi harus membuat page “Tentang Kami” atau “About Us” yang bagus.

Kedengarannya tidak masuk akal, tetapi masuk akal ketika Anda memahami bahwa halaman “Tentang Kami” perusahaan adalah kesempatan untuk memberi tahu calon pembeli tentang kesamaan antara staf dan pengunjung situsnya.

Karena kesamaan adalah poin utama yang membuat seseorang bisa menyukai kita. Untuk itu, halaman “Tentang Kami” yang efektif sangat penting.

6. Scarcity

Scarcity adalah persepsi bahwa produk lebih menarik ketika jumlahnya terbatas.

Kita lebih cenderung tertarik membeli sesuatu jika diberitahu bahwa produk itu adalah yang terakhir atau bahwa penawaran khusus akan segera berakhir.

Singkatnya, manusia cenderung takut kehilangan kesempatan, dan rasa takut itu adalah pendorong yang kuat agar kita bertindak cepat.

Banner 1 kledo

Bagaimana Cara Promosi supaya Tepat Sasaran?

Salah satu masalah terbesar yang Anda hadapi sebagai pemasar adalah menjangkau audiens target secara efektif.

Padahal, tujuan utama pemasaran adalah menyampaikan pesan yang tepat kepada orang yang tepat. Dan untuk melakukannya dengan benar, Anda perlu mempelajari cara menjangkau pasar sasaran Anda secara efektif.

Jika Anda memasarkan produk ke orang yang salah, Anda akan membuang-buang waktu dan uang. Anda perlu mencari cara untuk menjangkau audiens target untuk memasarkan produk Anda.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk menjangkau audiens target Anda dengan lebih efektif.

Langkah 1: Tentukan target audiens

Untuk menjangkau target audiens, Anda harus terlebih dahulu menentukan siapa target Anda. Untuk ini, Anda perlu memahami pelanggan Anda.

Anda dapat melakukannya dengan membangun buyer persona. Persona pelanggan atau pembeli adalah representasi umum tentang bagaimana pembeli ideal Anda nantinya.

Anda perlu mencantumkan atribut dan preferensi demografis serta psikografis calon pelanggan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang target audiens Anda.

Kemudian Anda dapat memasarkan merek dan produk Anda hanya kepada mereka yang kemungkinan besar benar-benar tertarik pada produk Anda.

Sehingga, akan peluang untuk mendapatkan prospek dan konversi lebih tinggi. Alhasil, ini akan membantu Anda meningkatkan pendapatan bisnis.

Langkah 2: Buat konten yang berguna dan relevan

Cara terbaik untuk menjangkau target audiens Anda adalah dengan menyediakan konten yang bermanfaat dan relevan. Menulis tentang topik yang menarik bagi audiens yang Anda tuju adalah cara pasti untuk menarik perhatian mereka.

Semakin bertarget dan relevan pemasaran konten Anda, semakin mudah bagi Anda untuk menjangkau audiens target dan melibatkan mereka.

Pemasaran konten memainkan peran utama dalam membantu Anda menghasilkan prospek dan konversi. Teknik ini dapat diimplementasikan dengan berbagai cara untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Berikut adalah beberapa metode yang paling umum:

  • Pemasaran video – Video sangat menarik dan interaktif. Video berkualitas baik dapat menarik perhatian pemirsa dengan mudah.
  • Posting dan artikel blog – Konten tertulis mungkin tidak berfungsi sebaik video dan gambar, tetapi tetap membantu Anda menarik perhatian audiens Anda. Pastikan Anda menulis tentang topik yang menarik bagi audiens target Anda dan bermanfaat bagi mereka.
  • Konten media sosial – Anda juga dapat terhubung dengan audiens target Anda melalui platform media sosial. Melalui kombinasi gambar, video, dan teks, Anda dapat terlibat dan menjangkau audiens dengan lebih efisien.

Langkah 3: Influencer marketing

Influencer marketing dengan cepat menjadi gaya pemasaran bagi pemasar digital. Anda dapat memanfaatkan kekuatan influencer media sosial untuk menjangkau audiens target Anda dengan lebih efektif. Dalam bentuk pemasaran ini, Anda bermitra dengan influencer untuk memasarkan merek Anda kepada audiens mereka.

Pemasaran influencer adalah teknik pemasaran yang sangat efektif yang dapat membantu Anda mencapai berbagai tujuan pemasaran.

Jika Anda bermitra dengan influencer yang relevan dari niche Anda, Anda dapat menjangkau calon pelanggan yang mungkin tertarik dengan merek atau niche Anda. Hal ini memungkinkan perolehan prospek yang berkualitas dan membantu Anda menjangkau audiens target Anda.

Baca juga: Tips Membuat Iklan Promosi yang Berhasil untuk Bisnis Anda

Langkah 4: Gunakan iklan bertarget

Anda dapat menjangkau target audiens secara lebih efektif dengan menggunakan iklan bertarget.

Apakah itu iklan Google atau iklan media sosial, semuanya menyediakan opsi penargetan lanjutan untuk membantu Anda menjangkau target audiens. Anda dapat menargetkan iklan berdasarkan demografi, lokasi, dan minat audiens Anda.

Ini akan memastikan bahwa iklan Anda hanya ditampilkan kepada mereka yang cenderung menunjukkan minat pada merek Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk iklan untuk menjangkau audiens yang lebih potensial daripada orang lain.

Facebook, misalnya, memberi Anda akses ke beberapa alat penargetan yang akan membantu Anda membuat dan menjalankan iklan. Mereka bahkan menawarkan analitik sehingga Anda dapat lebih mengoptimalkan kampanye iklan Anda. Platform media sosial lainnya seperti Instagram dan Twitter juga memiliki alat iklan sendiri.

Anda juga dapat membuat iklan melalui Google Ads dan menampilkannya kepada audiens di internet. Atau Anda dapat memasarkan ulang produk dan layanan Anda kepada orang-orang yang telah menunjukkan minatnya sebelumnya. Ini juga dapat dicapai melalui iklan bertarget.

Langkah 5: Refferal marketing

Banyak bisnis menggunakan referral atau rujukan untuk memperluas jangkauan mereka dan menghasilkan arahan. Sistem rujukan dapat membantu Anda memanfaatkan kekuatan basis pelanggan Anda sendiri untuk memperluas jangkauan.

Anda dapat memberikan kode referral kepada pelanggan dan memberi insentif kepada mereka untuk membagikannya kepada orang lain. Dengan cara ini, Anda dapat menjangkau audiens target dengan cepat dan dengan investasi yang lebih rendah.

Anda tentu saja dapat bermain-main dengan insentif Anda. Anda dapat menawarkan diskon kepada pengguna baru dan bahkan memberi mereka penawaran khusus.

Orang-orang yang bergabung melalui sistem seperti itu mungkin benar-benar tertarik dengan merek dan produk Anda. Metode ini telah membantu bisnis untuk tumbuh dan membangun jaringan mereka dalam skala yang lebih besar.

Langkah 6: Hashtag

Tagar khusus atau hashtag industri yang relevan dapat membantu Anda memperluas jangkauan konten media sosial. Dan, ini akan membantu memastikannya ditampilkan kepada orang-orang yang mungkin benar-benar tertarik.

Misalnya, jika Anda memiliki brand hotel mewah, Anda dapat menggunakan hashtag seperti #luxurytraveler atau #luxurytravel. Ini akan membantu Anda menjangkau orang-orang yang mungkin benar-benar tertarik untuk memesan layanan Anda.

Selain itu, ingatlah untuk menggunakan tagar yang lebih spesifik. Dalam contoh di atas, menggunakan tagar umum seperti #travelblogger atau #traveler mungkin tidak terlalu efektif.

Pasalnya, orang-orang ini mungkin tertarik dengan perjalanan, tetapi kebanyakan dari mereka mungkin tidak tertarik dengan perjalanan mewah.

Baca juga: Cara Promosi Online Shop di Instagram Paling Mudah

Strategi Membangun Loyalitas Pelanggan

konsep promosi

1: Beri reward

Salah satu cara untuk membuat pelanggan Anda loyal adalah dengan memberi reward bagi pelanggan yang sering melakukan pembelian.

Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti memberi diskon, penawaran khusus, atau hadiah produk gratis.

Dengan memberi penghargaan kepada pelanggan, Anda akan mendorong mereka untuk terus membeli produk Anda dan membantu membangun loyalitas di antara basis pelanggan.

2: Buat program loyalitas pelanggan

Cara lain untuk membuat pelanggan Anda kembali adalah dengan membuat program loyalitas pelanggan. Ini akan memungkinkan Anda untuk melacak seberapa sering pelanggan Anda mengunjungi situs web, berapa banyak yang mereka belanjakan, dan data berharga lainnya.

Informasi ini dapat digunakan untuk membuat kampanye pemasaran khusus yang akan membuat pelanggan Anda kembali.

3: Dorong pelanggan untuk berbagi pengalaman mereka

Salah satu cara terbaik untuk membuat pelanggan Anda loyal adalah dengan mendorong mereka untuk berbagi pengalaman mereka dengan Anda.

Hal ini dapat dilakukan melalui media sosial, kampanye email, atau ktak saran di dalam toko.

Dengan mendorong pelanggan Anda untuk berbagi pengalaman mereka dengan Anda, Anda akan membantu membangun loyalitas merek dan mendorong mereka untuk kembali untuk pembelian di masa mendatang.

Baca juga: Cara Promosi Online Shop di Facebook Ini Terbukti Efektif

4: Permudah prosedur retur

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk membuat pelanggan Anda kembali adalah mempermudah prosedur retur.

Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan kebijakan pengembalian yang mudah dimengerti, proses retur yang nyaman, dan menyediakan label pengiriman pengembalian yang memadai.

5: Perbarui basis data pelanggan

Salah satu cara terbaik untuk menjaga database pelanggan adalah dengan melakukan survei pelanggan secara berkala. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengumpulkan data tentang basis pelanggan Anda, preferensi, dan kebiasaan pembelian.

Dengan terus memperbarui basis data pelanggan, Anda akan dapat membuat kampanye pemasaran yang lebih disesuaikan, yang akan menjangkau audiens target secara lebih efektif.

6: Gunakan media sosial untuk membangun koneksi dengan pelanggan

Media sosial adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan pelanggan dan membangun loyalitas.

Dengan menggunakan media sosial, Anda dapat terus memberikan informasi terbaru tentang produk dan layanan terbaru Anda kepada pelanggan dan menemukan cara baru untuk terhubung dengan mereka.

Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk memberikan umpan balik, menjawab pertanyaan, dan membangun hubungan dengan pelanggan Anda.

7: Ciptakan pengalaman yang disesuaikan untuk setiap pelanggan

Menciptakan pengalaman yang disesuaikan untuk setiap pelanggan adalah salah satu cara untuk memastikan loyalitas. Dengan memenuhi kebutuhan setiap individu, pelanggan merasa dihargai dan melakukan pembelian kembali.

Strategi ini dapat digunakan di berbagai industri, seperti ritel, perhotelan, dan travel. Dengan menyesuaikan layanan dan produk sesuai kebutuhan spesifik masing-masing pelanggan, bisnis dapat menciptakan pengikut setia yang mau merekomendasikan merek Anda kepada orang lain.

Baca juga: Pentingnya Engagement dan Algoritma untuk Memaksimalkan Promosi di Instagram

Kesimpulan

Gimana nih? Sudah terpikirkan mau menggunakan konsep promosi seperti apa untuk marketing bisnis Anda? Semoga poin-poin pembahasan di atas dapat membantu Anda merumuskan konsep promosi yang tepat agar bisa membangun basis konsumen yang kuat.

Selain promosi, pembukuan menjadi hal yang tak kalah penting dalam menjalankan bisnis. Supaya proses pembukuan menjadi lebih mudah, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Kledo.

Kledo adalah software berbasis cloud yang bisa digunakan darimana saja dan kapan saja Anda butuhkan. Dan juga, Kledo memiliki fitur yang lengkap, harga terjangkau, dan pastinya sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia.

Tertarik mencoba? Yuk, jangan lewatkan kesempatan free trial Kledo selama 14 hari lewat tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 1 =