Iklan Gratis yang Bisa Anda Gunakan Dalam Bisnis Secara Online

iklan gratis

Anda tidak memerlukan anggaran pemasaran yang besar untuk meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Kunci sukses adalah memastikan Anda memiliki tujuan dan target audiens yang jelas, sekalipun Anda menggunakan iklan secara gratis.

Setelah Anda tahu apa yang ingin Anda capai dan kepada siapa Anda menjual, ada banyak teknik pemasaran dan iklan gratis yang akan membantu Anda mencapai tujuan Anda tanpa menghabiskan banyak uang.

Pada artikel kali ini, kami akan memberitahukan kepada Anda beragai cara untuk mendapatkan iklan dan promosi gratis dalam bisnis namun tetap menghasilkan penjualan yang optimal.

Beberapa Iklan Gratis yang Bisa Anda gunakan Secara Online

iklan gratis

Bagi banyak pemilik bisnis, tujuan utama untuk beriklan secara online adalah Anda akan memiliki identitas dan kehadiran merek yang kuat dan konsisten.

Namun melakukan periklanan secara online bukan selalu berarti Anda mengeluarkan uang untuk proses pemasarannya. Anda masih tetap bisa melakukan iklan secara online jika Anda mengetahui audiens dan kebutuhan pelanggan dengan baik.

Setelah Anda menetapkan merek Anda di niche pasar dan mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pelanggan Anda, pemasaran ke pelanggan dan klien Anda melalui media sosial dan berbagai platform online lainnya menjadi lebih efisien dan murah.

Berikut adalah sembilan cara untuk mengiklankan bisnis Anda secara gratis dan online:

1. Membuat dan mengelola situs web

Situs web yang mudah digunakan dan informatif adalah alat yang diperlukan bagi bisnis apa pun untuk membangun dan mempertahankan kredibilitas dan konsistensi di benak konsumen.

Anda dapat menggunakan berbagai layanan untuk membuat situs web sederhana dan hemat biaya yang memerlukan sedikit atau tanpa pengetahuan teknis.

Jangan lupa untuk mengoptimalkan situs web Anda untuk komputer dan ponsel untuk memudahkan pelanggan menemukan informasi yang mereka butuhkan terlepas dari perangkat yang mereka gunakan.

Bergantung pada bisnis Anda, Anda harus memiliki informasi berikut yang tersedia di situs web Anda:

  • Jam buka toko
  • Lokasi
  • Produk atau layanan yang tersedia
  • Nomor telepon
  • Alamat email
  • Formulir kontak
  • Misi dan nilai-nilai
  • Sejarah dan latar belakang
  • Informasi staf
  • Postingan blog

Karena praktik dan tren terbaik dalam pemasaran digital berubah dengan cepat, pastikan untuk terus memperbarui situs web Anda seiring berjalannya waktu.

2. Buat dan verifikasi profil Google Bisnisku Anda

Untuk menjangkau pelanggan baru melalui Google, pastikan perusahaan Anda muncul di hasil penelusurannya.

Google Bisnisku atau biasa dikenal Google My Business adalah alat gratis yang dapat Anda gunakan untuk menyiapkan profil bisnis dan situs web bisnis di Google.

Anda dapat membuat akun Google Bisnisku Anda sendiri secara gratis dan mengunduh aplikasi Google Bisnisku untuk mengelolanya dari ponsel Anda. Jadi bisa dipastikan ini merupakan salah satu iklan gratis yang sangat potensial untuk mengenalkan bisnis Anda.

Profil bisnis Anda akan muncul di bagian lokal Google Penelusuran, Google Maps, dan Panel Pengetahuan Google.

Setelah Anda mendaftar untuk sebuah akun dan menghubungkannya ke cantuman Anda, Anda dapat mengoptimalkannya untuk menjangkau audiens target Anda dengan:

Melengkapi profil Anda

Profil perusahaan yang lengkap membantu peringkat bisnis Anda lebih tinggi dalam hasil pencarian dan lebih cenderung menghasilkan penjualan.

Selain mencantumkan nama bisnis, situs web, dan nomor telepon Anda, isi setiap bagian profil Google Bisnisku Anda yang memerlukan informasi mendetail.

Menjawab setiap pertanyaan di bagian Q & A

Beberapa orang membuka Google, bukan situs web perusahaan, untuk mengajukan pertanyaan tentang bisnis atau mempelajari layanan dan produknya.

Google Bisnisku memiliki fitur Tanya Jawab atau Q & A yang memungkinkan calon pelanggan mengajukan pertanyaan tentang perusahaan.

Memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini adalah layanan pelanggan yang baik dan membantu mendapatkan kepercayaan pelanggan pada perusahaan Anda dan produk atau layanan yang Anda jual.

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Loyalitas Konsumen di Tahun 2022

3. Gunakan daftar layanan direktori online

Pertimbangkan untuk mendaftarkan bisnis Anda dengan layanan direktori online lainnya. Mendaftarkan bisnis Anda memungkinkannya ditemukan lebih mudah di mesin pencari.

Dalam kebanyakan kasus, Anda cukup mengisi formulir informasi dan kemudian mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh situs web untuk menyelesaikan proses konfirmasi melalui telepon atau surat pos biasa.

Ini seringkali hanya membutuhkan waktu beberapa menit, memfasilitasi visibilitas bisnis dan membantu pelanggan menemukan Anda.

Beberapa direktori utama meliputi:

  • Yahoo! Local
  • Microsoft’s Bing
  • Yelp
  • Glassdoor
  • Yellow/White Pages

4. Bisnis Anda harus hadir di media sosial

Platform media sosial memungkinkan Anda menjangkau audiens target Anda untuk pemosisian produk yang optimal dan dengan tanpa biaya alias gratis.

Buat akun khusus untuk bisnis Anda, menggunakan nama bisnis Anda dalam nama pengguna akun untuk membantu klien saat ini dan calon klien menemukan Anda dengan mudah.

Pastikan brand awareness yang Anda gambarkan di semua akun konsisten dengan identitas merek yang Anda rencanakan. Anda juga dapat menghasilkan iklan, mengarahkan lalu lintas organik ke situs web Anda, dan mempertahankan identitas merek Anda.

Bagikan konten blog atau situs web Anda di halaman media sosial Anda. Berbagi konten Anda secara online dapat mengarah ke akun media sosial atau situs web lain yang menautkan ke konten Anda, dan dengan demikian meningkatkan SEO di luar halaman Anda.

Banner 1 kledo

Baca juga: 25 Taktik Penjualan Terbaik di Tahun 2022 yang Bisa Anda Gunakan

5. Menerapkan optimasi mesin pencari (SEO)

iklan gratis

SEO adalah pilihan terbaik jika Anda sedang mencari iklan atau cara promosi gratis. Namun ingalah, walaupun proses ini tanpa biaya, Anda memerlukan waktu yang panjang untuk melihat strategi Anda berhasil.

Mengoptimalkan visibilitas situs Anda menggunakan kata kunci yang relevan merupakan aspek penting dari pemasaran online dan promosi bisnis online.

Semakin tinggi Anda muncul dalam hasil pencarian kata kunci yang relevan, semakin besar kemungkinan situs web Anda diklik oleh calon pelanggan.

Menggunakan strategi optimasi mesin pencari yang efektif akan membantu Anda sampai di sana.

Ada beberaa plugin yang tersedia untuk membantu Anda menghasilkan informasi ini dan membuat deskripsi meta untuk situs web Anda, yang juga dapat memberi peringkat situs web Anda lebih tinggi di halaman hasil mesin telusur.

Ada dua kategori utama SEO yang mungkin dicakup oleh kampanye pemasaran. SEO On-page berkaitan dengan konfigurasi di situs web Anda sementara SEO off-page mengacu pada faktor-faktor yang dapat memengaruhi bagaimana situs web Anda diindeks oleh mesin pencari.

Berikut adalah aspek kunci yang membuat SEO bekerja:

  • Ranking mengacu pada tempat mesin pencari menempatkan situs web Anda di halaman hasil mesin pencari. Peringkat tinggi di SERP berarti situs web Anda telah menunjukkan otoritas konten yang tinggi karena berkaitan dengan berbagai pencarian yang dilakukan pengguna, dan ini juga menunjukkan relevansi tinggi dengan bidang topik Anda.
  • Indexing mengacu pada saat mesin pencari mencari konten paling relevan yang terkait dengan kata kunci pengguna dan kemudian memberi peringkat hasil dalam urutan yang paling relevan hingga yang paling tidak relevan.
  • Crawling adalah proses penemuan di mana mesin pencari mengirim bot untuk membaca halaman web dan mengumpulkan data dari situs web.

6. Buat blog

Memiliki blog membantu perusahaan Anda memperkenalkan brand atau produk kepada pengikut dan berfungsi untuk terhubung ke pelanggan secara langsung.

Bisnis dapat menggunakan blog untuk mendiskusikan merek mereka, berbagi informasi bermanfaat, mempromosikan produk, dan banyak lagi.

Blogging membutuhkan pekerjaan yang konsisten untuk terus diperbarui tetapi terbukti efektif dalam meningkatkan peluang Anda untuk mendapat peringkat tinggi di mesin pencari.

Blog yang diperbarui membuat materi tetap segar, membuat Anda dan merek Anda dapat dihubungkan, melibatkan audiens Anda dan dapat meningkatkan pengoptimalan mesin telusur Anda, memberikan visibilitas merek Anda. Buat kalender editorial agar tetap teratur dan sesuai jadwal.

Beberapa ide untuk posting blog meliputi:

  • How-to dan posting instruksional
  • Guest posting
  • Tanya Jawab dengan pakar industri
  • Tips yang relevan dengan merek Anda
  • Testimoni Pelanggan

Baca juga: Apa itu Customer Value? Berikut Pengertian, Pengukuran, Manfaat dan Contohnya

7. Buat video dan podcast

Banyak perusahaan menghasilkan video how to, video informasi atau podcast atau video informasi untuk menawarkan nilai kepada audiens target mereka.

Membuat tautan ke jenis video konten ini di berbagai platform sosial membantu menghasilkan lalu lintas organik untuk situs web Anda dan membangun identitas dan kepercayaan merek.

Konten yang disediakan harus dapat digunakan dan sesuatu yang dicari dan ingin dilihat orang. Video dapat berfungsi sebagai konten blog atau sumber daya di situs web Anda.

Membuat video dalam berbagai format dapat menyebarkan kesadaran merek ke segmen pasar yang unik selama semua tahap siklus pemasaran Anda.

Video dapat berfungsi sebagai konten blog atau sumber daya di situs web Anda. Berbagai jenis video yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda termasuk video QnA, video animasi, video streaming langsung, dan video pengumuman.

Banyak juga orang mendengarkan podcast untuk mempelajari lebih lanjut tentang topik tertentu.

Gunakan saluran ini untuk keuntungan Anda dengan membuat podcast untuk perusahaan Anda sendiri. Kemudian, bagikan podcast Anda di media sosial atau situs web Anda.

Dua hal ini merupakan iklan gratis yang sangat bermanfaat bagi bisnis Anda dan memiliki dampak yang besar jika Anda mengeksekusinya dengan benar.

8. Gunakan email marketing

Newsletter dapat menjadi bagian yang bermanfaat dari bisnis Anda jika diterapkan dengan benar.

Jenis pemasaran ini memungkinkan Anda mengirim konten informasi yang berfokus pada produk atau layanan kepada pelanggan potensial dan pelanggan yang sudah ada dan dapat meningkatkan kesadaran merek dan penjualan secara keseluruhan.

Ada tiga fase kunci untuk memulai newsletter email: fase pengembangan, fase produksi, dan fase distribusi. S

etelah Anda memiliki database email dan data yang mapan, Anda dapat mendaftar untuk mendapatkan akun pemasaran email gratis melalui berbagai penyedia.

Berikut adalah beberapa jenis email yang dapat Anda kirim ke pelanggan Anda:

  • E-newsletters sering kali berisi informasi terbaru tentang bisnis Anda.
  • Email promosi mencakup diskon atau penawaran khusus lainnya untuk mempromosikan produk dan layanan perusahaan Anda.
  • Email permintaan survei atau ulasan melibatkan pelanggan, membangun kredibilitas, dan meningkatkan hasil mesin telusur dengan menghasilkan lalu lintas di situs web Anda.
  • Email re-engagement dapat digunakan saat Anda ingin mendapatkan pelanggan, pelanggan, atau klien yang tidak aktif untuk terhubung dengan merek Anda lagi.

Baca juga: Apa itu Guerilla Marketing? Berikut Pengertian, Contoh, dan Strategi Penerapannya

9. Manfaatkan pemasaran organik

Pemasaran organik adalah proses menarik pelanggan Anda secara alami dari waktu ke waktu.

Ini terbukti sangat efektif terutama ketika pemasaran organik dari mulut ke mulut sedang berlaku.

Melalui ulasan, posting, blog, dan outlet media sosial lainnya, audiens target Anda dapat meninjau produk dan layanan Anda dan membantu Anda membangun pengikut untuk merek Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan lalu lintas organik di situs web Anda:

  • Publikasikan konten yang sering dan relevan.
  • Gunakan SEO untuk teks dan gambar.
  • Periksa analitik lalu lintas Anda.
  • Tetap aktif di media sosial.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara promosi dan iklan gratis yang bisa Anda gunakan dalam proses pemasaran dan meningkatkan visibilitas merek Anda. Ingatlah, dalam proses pemasaran dan periklanan, hal terpenting bukanlah budget melainkan tujuan dan audiens Anda. Jadi pastikan Anda mengetahui dua hal tersebut agar proses permasaran Anda berjalan dengan maksimal.

Walaupun ini iklan gratis, Anda tetap harus mengukur keberhasilan strategi pemasaran dan periklanan Anda.

Untuk mengukur pengembalian keuntugan dan pencatatan biaya yang lebih baik, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap dan mudah digunakan seperti Kledo

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang mudah untuk digunakan dan menghadirkan proses pembukuan yang lebih mudah dan praktis.

Dengan Kledo, Anda bisa mencatat seluruh biaya dan transaksi yang terjadi lebih mudah, membuat faktur, melakukan manajemen persediaan dan aset, multi gudang, otomasi lebih dari 30 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 2 =